Wringinputih, Muncar, Banyuwangi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wringinputih
Kantor-desa-wringinputih-muncar-banyuwangi.jpg
Kantor Desa Wringinputih
Map-of-wringinputih-muncar-banyuwangi-regency.png
Peta lokasi Desa Wringinputih
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenBanyuwangi
KecamatanMuncar
Kodepos
68472
Kode Kemendagri35.10.05.2007 Edit the value on Wikidata
Luas15,24 km2
Jumlah penduduk12.662 jiwa
Kepadatan830,84 jiwa/km2

Wringinputih adalah sebuah desa di kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia.

Pembagian wilayah[sunting | sunting sumber]

Desa ini terdiri dari 3 dusun, yaitu:

  • Dusun Krajan
  • Dusun Tegalpare

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Balai desa Wringinputih berada di dusun Krajan, tepatnya berada di Jalan KH. Askandar KM 2 Krajan Wringinputih (Utara Panti Asuhan Askandariyah).

Sejarah dan perkembangan[sunting | sunting sumber]

Nama Wringiputih diambil dari sejarahnya yaitu pada zaman dahulu ada pohon beringin yang berwarna putih. Desa Wringinputih merupakan awalnya adalah bagian wilayah Desa Sumberberas. Desa ini kemudian dimekarkan berdasarkan Kuputusan Gubernur Kepala Daerah (KDH) Tingkat I Jawa Timur Nomor 7 Tahun 1995 tentang Penetapan Desa Persiapan Wringinputih Menjadi Desa Wringinputih Kecamatan Muncar Kabupaten Daerah Tingkat II Banyuwangi.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Desa Wringinputih berbatasan sebelah barat dengan Desa Sumberberas. Di sebelah timur berbatasan dengan laut (Selat Bali) dan Teluk Pangpang dan Semenanjung Sembulungan. Sedangkan di sebelah selatan berbatasan dengan Desa Kedunggebang dan di sebelah utara berbatasan dengan sungai dan Desa Kedungringin.

Akses[sunting | sunting sumber]

Desa Wringinputih terletak 45 Km dari pusat kabupaten Banyuwangi. Desa Wringinputih dapat di tempuh dari jalur utara melalui pertigaan Srono ke timur 10 Km, terus dari perempatan tembokrejo kearah selatan 5 KM. Dari pasar Sumberayu ke arah timur 2 KM. Sedang dari arah selatan dapat di tempuh dari arah Kecamatan Tegaldlimo.

Penduduk dan sosial budaya[sunting | sunting sumber]

Mata pencaharian masyarakat desa Wringinputih sebagian besar adalah petani sawah, dengan berbagai komoditas yang ada seperti padi, semangka, melon, jagung, lombok, dll. Desa Wringinputih dianugerahi tanah yang sangat subur sehingga dalam setahun para petani terus dapat menanam berbagai komoditas. Sebagian masyarakat desa Wringinputih Muncar bermatapencaharian nelayan yang berada di kampung Muncing, Kawangsari dan Wringinputih selatan. Dan sebagian lagi bermatapencaharian buruh pabrik atau buruh tani, pedagang dan sebagian kecil pegawai kantor. Desa wringinputih sedang menggalakan penanaman hutan bakau untuk melestarikan ekosistem pinggiran pantai. Kami sangat bangga dengan adanya dukungan dari berbagai pihak untuk pelestarian hutan mangrove tersebut. Gemah Ripah loh jinawi.


Galeri[sunting | sunting sumber]