World Book Encyclopedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
World Book Encyclopedia
Negara Amerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
Seri22-volume
SubjekPengetahuan Umum
GenreEnsiklopedia rujukan
PenerbitScott Fetzer Company
Tanggal rilis1917–kini
Jenis mediaPublikasi
Desimal Dewey031.21

World Book Encyclopedia (Ensiklopedia Buku Dunia) adalah ensiklopedia cetak yang dipublikasikan di Amerika Serikat. Ensiklopedia ini disusun yang mencakup bidang-bidang utama dalam pengetahuan secara seragam, tetapi memiliki penekanan pada sisi ilmiah, teknik dan medis.[1] Bermarkas di Chicago, Illinois ensiklopedia ini merilis edisi pertama pada 1917 (8 volume) yang berlanjut dengan edisi terbaru di setiap tahun setelahnya kecuali tahun 1920, 1924, dan 1932, dengan revisi besar-besaran pada edisi 1929 (13 volume), 1960 (20 volume), 1971 (22 volume), and 1988 (dengan 10.000 entri baru).[2] Edisi pertama dipublikasikan oleh Hanson-Roach-Fowler Company, dan sempat beralih di beberapa perusahaan hingga Scott Fetzer Company, cabang Berkshire Hathaway yang memperoleh hak kepemilikan sejak 1985.

Kumpulan volume World Book Encyclopedia pada 1990

Pada edisi pertama, terdapat sebuah ungkapan pada pengantar buku "Sebagai pedoman, ensiklopedia sebagaimana mestinya mengandung unsur kelayakan formalitas dan teknik. Maka usaha tepercaya telah dilakukan di World Book untuk mencegah kekurangan ini." Materi-materi ensiklopedia diperiksa dan dinilai oleh para pakar. World Book Encyclopedia telah dikenal luas sebagai penggunaan sumber referensi murid-murid sekolah untuk memenuhi laporan ilmiah. Ensiklopedia ini mengklaim sebagai ensiklopedia resmi yang paling up to date, dengan lebih dari 14.000 entri yang direvisi pada edisi 2016.[3]

World Book juga mempublikasi ensiklopedia versi virtual (online) sejak 1998 yang disebut World Book Online memuat 23 database subskripsi dengan seluruh artikel dalam tampilan print set ditambah beberapa ribu artikel tambahan setiap tahun. Selain dalam bahasa Inggris, Artikel-artikel juga tersedia di bahasa Spanyol.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Encyclopedias in English and Other Languages". Library Research Guides. Indiana University. 
  2. ^ Kobasa, Paul A. (2008). "Encyclopedia". World Book Online Reference Center. 
  3. ^ "World Book Encyclopedia 2016". 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]