Woonerf

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah woonerf yang dirancang secara khusus di Utrecht timur

Woonerf (pelafalan dalam bahasa Belanda: [ˈʋoːnɛr(ə)f]) adalah jalan tinggal (living street), seperti yang awalnya diterapkan di Belanda dan di Flandria (Belgia). Teknik yang digunakan di woonerf mencakup ruang bersama (shared space), pelambatan lalu lintas, dan batas kecepatan rendah.

Istilah "woonerf" telah diadopsi langsung oleh beberapa publikasi berbahasa Inggris. Di Britania Raya, area ini disebut home zone (zona rumah).

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Kata yang berasal dari bahasa Belanda ini secara harfiah diterjemahkan sebagai "halaman tempat tinggal"[1] atau "lahan perumahan".[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Jalan tua Belanda yang diubah menjadi woonerf

Sejak penemuan mobil, kota-kota dibangun sebagian besar untuk mengakomodasi penggunaan mobil.[3]

Seluruh wilayah Emmen di Belanda ditetapkan sebagai woonerf pada tahun 1970-an.[4]

Pada tahun 1999 Belanda memiliki lebih dari 6000 woonerven[5] dan saat ini sekitar 2 juta orang Belanda tinggal di woonerven.[6] Manfaat woonerf dipromosikan oleh woonERFgoed, sebuah jaringan profesional dan penduduk.[7]

Pada tahun 2006 dilaporkan bahwa orang-orang di Hesselterbrink, sebuah lingkungan di Emmen, kecewa tentang bagaimana prinsip woonerf telah menjadi tindakan rekayasa lalu lintas lain yang "hanya sedikit lebih dari tanda dan standar seragam". Mereka sekarang telah mencakup prinsip-prinsip ruang bersama (shared space) sebagai cara memikirkan kembali woonerf. Mereka dilaporkan "sekarang tahu bahwa pengemudi mobil harus menjadi penduduk. Kontak mata dan interaksi manusia adalah cara yang lebih efektif untuk mencapai dan mempertahankan area yang menarik dan aman daripada tanda dan aturan".[4] [8]

Peraturan[sunting | sunting sumber]

Belgia[sunting | sunting sumber]

Rambu lalu lintas yang menunjukkan awal dari woonerf (dan erf yang lebih umum)

Peraturan lalu lintas Belgia (pasal 2.32)[9] mendefinisikan woonerf dan erf umum, serta rambu lalu lintasnya. Woonerf memiliki fokus perumahan; erf dapat memiliki kegunaan utama lainnya seperti "kerajinan, perdagangan, pariwisata, pendidikan, dan rekreasi".

Dalam pasal 22bis,[10] peraturan lalu lintas Belgia menjelaskan apa yang diperbolehkan dan apa yang tidak diperbolehkan dalam (woon)erf:

Di dalam erven dan woonerven:

  1. Pejalan kaki dapat menggunakan lebar penuh jalan umum; dan bermain juga diperbolehkan.
  2. Pengemudi tidak boleh membahayakan atau menghalangi pejalan kaki; jika perlu mereka harus berhenti. Selain itu mereka harus dua kali lebih berhati-hati terhadap anak-anak. Pejalan kaki tidak boleh menghalangi lalu lintas secara tidak perlu.
  3. Kecepatan dibatasi hingga 20 km per jam.
  4. Parkir dilarang, kecuali jika ada tanda visual seperti warna permukaan yang berbeda, huruf P atau rambu lalu lintas yang mengizinkan parkir.

Belanda[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan Pasal 44 kode lalu lintas Belanda, lalu lintas kendaraan bermotor di woonerf atau "area rekreasi" dibatasi pada kecepatan berjalan kaki.[11]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bicycle & Pedestrian Advisory Committee - Agenda - Wednesday, January 11, 2012" (PDF). Santa Clara Valley Transportation Authority. 11 January 2012. hlm. 2. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal September 10, 2013. Diakses tanggal 25 August 2013. 
  2. ^ "Woonerf". Oxford Dictionaries. Oxford University Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 22, 2013. Diakses tanggal 2015-07-13. 
  3. ^ MacPhee, Ian. "Is Vancouver ready for pedestrian priority streets?". re:place Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-11-29. Diakses tanggal 29 March 2012. 
  4. ^ a b "Final evaluation by imma-san". Shared Space. 2006. 
  5. ^ Home Zones briefing sheet, Robert Huxford, Proceedings, Institution of Civil Engineers, Transport, 135, 45-46, February, 1999
  6. ^ Sterke woonerfwijken: voorkomen is beter dan herstructureren, diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-09-03 
  7. ^ The woonerfgoed network 
  8. ^ "Woonerf revisited – The Emmen pilot in Shared Space" (PDF). 2006. [pranala nonaktif permanen]
  9. ^ "Belgian traffic regulation, article 2.32". Diakses tanggal 1 June 2021. 
  10. ^ "Belgian traffic regulation, art. 22bis". Diakses tanggal 1 June 2021. 
  11. ^ Road Traffic Signs and Regulations in the Netherlands Diarsipkan 2009-04-19 di Wayback Machine. Ministerie van Verkeer en Waterstaat, June 2006 Accessed 7 February 2007.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Tipe jalan