Women's March Jakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Women's March di Jakarta
Bagian dari 2017 Women's March
Tanggal4 Maret, 2017
LokasiJakarta, Indonesia
Tujuan
MetodeDemonstration
Jumlah
Estimasi peserta 1000

Women's March Jakarta adalah sebuah gerakan yang diadakan untuk merayakan Hari Perempuan Internasional tanggal 2017 oleh sejumlah kelompok aktifis perempuan untuk bersatu menuntut adanya perubahan.[1] Gerakan yang diadakan pada tanggal 4 Maret di Jakarta, Indonesia ini mendorong adanya perubahan sosial, budaya, hukum, dan ekonomi agar hak-hak perempuan diakui, dipenuhi, dan dilindungi. Sehingga gerakan ini memiliki sebuah visi dan misi agar Indonesia menjadi tempat yang ramah, aman, dan nyaman buat semua perempuan. Acara ini memiliki tagline Perempuan Gerak Bersatu.[2] Acara ini juga merupakan sebuah wujud solidaritas dengan gerakan perempuan lainnya diseluruh dunia.[3]

Tuntutan Women's March Jakarta 2017[sunting | sunting sumber]

  1. Menuntut Indonesia kembali ke toleransi dan keberagaman.
  2. Menuntut pemerintah mengadakan infrastruktur hukum yang berkeadilan gender.
  3. Menuntut pemerintah dan masyarakat memenuhi hak kesehatan perempuan dan menghapus kekerasan terhadap perempuan.
  4. Menuntut pemerintah dan masyarakat melindungi lingkungan hidup dan pekerja perempuan.
  5. Menuntut pemerintah membangun kebijakan publik yang pro-perempuan dan kelompok marginal lain, termasuk perempuan difabel.
  6. Menuntut pemerintah dan partai politik meningkatkan keterwakilan dan keterlibatan perempuan di bidang politik.
  7. Menuntut pemerintah dan masyarakat menghapus diskriminasi dan kekerasan terhadap kelompok LGBT.
  8. Menuntut pemerintah dan masyarakat lebih memperhatikan isu global yang berdampak pada perempuan, serta membangun solidaritas dengan perempuan di seluruh dunia.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Post, The Jakarta. "Women's March Jakarta 2017 to raise gender equality issues". The Jakarta Post (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-10-22. 
  2. ^ "Women's March Indonesia". Women's March Indonesia (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-10-22. Diakses tanggal 2017-10-22. 
  3. ^ "Women's March Jakarta 2017". F.RE.A.K (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-10-22. Diakses tanggal 2017-10-22.