Wizz Air

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Wizz Air
Wizz Air logo.svg
IATA ICAO Kode panggil
W6 WZZ WIZZAIR
Didirikan 2003
Hub Bandar Udara Internasional Budapest Ferihegy, Bandar Udara Internasional Katowice, Bandar Udara Warsaw Frederic Chopin, Bandar Udara Gdańsk Lech Wałęsa
Kota fokus Bandar Udara Sofia
Aliansi ELFAA
Ukuran armada 13(+30)
Kota tujuan 32
Kantor pusat Vecsés, Hungaria
Orang penting József Váradi
Situs web http://www.wizzair.com

Wizz Air merupakan sebuah maskapai penerbangan bertarif rendah Polandia/Hungaria[1] yang memfokuskan kepada pasar di Eropa Tengah. Basis utamanya terletak di Bandar Udara Internasional Katowice (Polandia). Maskapai ini juga memiliki basis di Bandar Udara Internasional Budapest Ferihegy (Hungaria), Bandar Udara Warsaw Frederic Chopin (Polandia), Bandar Udara Gdańsk Lech Wałęsa (Polandia), Bandar Udara Poznań Ławica (Polandia), Bandar Udara Internasional Aurel Vlaicu (Bucharest, Rumania) dan Bandar Udara Sofia (Bulgaria).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Maskapai peenrbangan ini diresmikan pada September 2003. Investor pertamanya adalah Indigo Partners, sebuah firma saham pribadi Amerika Serikat untuk investasi pada transportasi. Penerbangan pertamanya dilakukan pada 19 Mei 2004 dari Katowice*[1], 19 hari setelah Polandia dan Hungaria menjadi anggota Uni Eropa dan pasar penerbangan Eropa tunggal. Maskapai ini telah mengangkut 250,000 penumpang pada 3.5 bulan pertamanya, hampir 1.4 juta penumpang pada tahun pertama operasinya dan hari ini mencapai 5 juta penumpang.

CEO dan chairman maskapai ini bernama Jószef Váradi, mantan CEO Malév Hungarian Airlines. Perusahaan ini diregistrasikan di London dengan subsidiari operasi di Polandia, Hungaria dan Bulgaria. Wizz Air Bulgaria diresmikan pada September 2005 [2]. Pada 2007, Wizz Air merencanakan untuk mendirikan sebuah basis operasi di Zagreb, Kroasia.

Passengers alighting at Eleftherios Venizelos Airport, Athens, Greece.
Bulgarian-registered Wizz Air Airbus A320-200 just off the ground at London Luton Airport, England
Wizz Air Airbus A320-200 parked at Brussels South Charleroi Airport before its flight to Ljubljana, Slovenia
Wizz Air Airbus A320-200 boarding at Aurel Vlaicu International Airport, (Baneasa)Bucharest before departing for London Luton Airport

Wizz Air telah terpilih sebagai maskapai penerbangan bertarif rendah terbaik di Polandia oleh pembaca pasazer.com, portal berita pariwisata terbesar di Polandia.

József Váradi, CEO Wizz Air mendapat penghargaan Ernst & Young sebagai 'Brave Innovator' pada 2007. Penghargaan tersebut menandakan bisnis maskapai tersebut di Hungaria dan sekitarnya, model bisnis dan pengelolaan bisnis Wizz Air.

Destinasi[sunting | sunting sumber]

Artikel utama: Destinasi Wizz Air

Wizz Air mengumumkan peluncuran rute baru antara Katowice dan Gdansk di Polandia menuju Cork di Irlandia, Luebeck di Jerman dan Doncaster/Sheffield juga Katowice menuju Bandar Udara Bournemouth di Britania Raya. Destinasi musim panas dari Budapest mencakup Rhodes, Corfu, Split, Burgas dan Heraklion di Pulau Crete. Maskapai ini akan meluncurkan penerbangan dari Budapest dan Warsaw menuju Bandar Udara Faro, melayani Faro, ibukota daerah Algarve di Portugal.

Armada[sunting | sunting sumber]

Pada Agustus 2006, armada Wizz Air mencakup [3] :

Delapan pesawat beroperasi dibawah Wizz Air Hungary dan satu pesawat untuk Wizz Air Bulgaria. Maskapai ini menyewa 1 Airbus A320-200 dan memiliki pesanan untuk 32 pesawat Airbus A320. [5] Empat pesawat berikutnya akan dikirim pada Mei-Juli 2007. Maskapai ini bertujuan untuk mengoperasikan 25-30 pesawat dalam kurun waktu 3-5 tahun. Armada Wizz Air dapat dikenali di bandar udara karena warnanya putih, pink dan ungu. Semua pesawat A320 Wizz Air menggunakan mesin IAE V2500, semuanya disewa dari GECAS. Kecepatan teknisnya mencapai 99.5%, melewati batas rata-rata internasional, dijamin oleh organisasi perawatan Lufthansa Technik. [6]

Wizz Air Bulgaria[sunting | sunting sumber]

Divisi Wizz Air Bulgaria telah diberi lisensi untuk memulai operasi penerbangannya menuju Jerman, Moldova, Turki dan Yunani. Hari ini, Wizz Air Bulgaria mengoperasikan penerbangan dari Sofia menuju London dan Roma, dan penerbangan musiman dari Britania Raya menuju Bourgas. 2 penerbangan mingguan menuju Dortmund akan diluncurkan dan dimulai pada 29 Oktober 2007.

Harga[sunting | sunting sumber]

Wizz Air merupakan sebuah maskapai penerbangan bertarif rendah, penumpang hanya membayar harga tiket plus pajak dan ongkos yang mencakup biaya tambahan untuk bahan bakar, asuransi dan ongkos fasilitas pesawat, pajak udara, ongkos pelayanan penumpang, dan pajak keamanan. Pajak dan ongkos tersebut mencakup 55 euro untuk perjalanan pulang pergi. Terdapat tambahan 3 euro per penerbangan per penumpang untuk pemesanan melalui website menggunakan kartu kredit dan 5 euro per pembukuan untuk pemesanan melalui telepon.

Kecelakaan dan Insiden[sunting | sunting sumber]

30 Mei 2007 - Penerbangan 290 dari Bucharest menuju Budapest. Pada 6:20 pagi, di landasan pacu sebelum lepas landas, mesin pesawat mengalami kebakaran. Personil di darat segera mengevakuasi penumpang tanpa ada yang terluka.[7]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]