Wind River (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Wind River
Wind River Poster.jpg
Poster film Wind River
Sutradara Taylor Sheridan
Produser Peter Berg
Matthew George
Basil Iwanyk
Wayne Rogers
Skenario Taylor Sheridan
Pemeran Jeremy Renner
Elizabeth Olsen
Jon Bernthal
Gil Birmingham
Kelsey Chow
Musik Nick Cave
Warren Ellis
Sinematografi Ben Richardson
Penyunting Gary D. Roach
Perusahaan
produksi
Acacia Entertainment
Savvy Media Holdings
Thunder Road Pictures
Film 44
Distributor The Weinstein Company[1]
Tanggal rilis
  • 21 Januari 2017 (2017-1-21) (Festival Film Sundance)
  • 4 Agustus 2017 (2017-8-4) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 18 Agustus 2017 (2017-8-18) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
107 menit[2]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $11 juta[3]
Pendapatan kotor $44,998,252[4][5]

Wind River adalah film kriminal thriller Amerika Serikat tahun 2017 yang disutradarai oleh Taylor Sheridan dan diproduseri oleh Peter Berg, Matthew George, Basil Iwanyk dan Wayne Rogers. Naskah film ini ditulis oleh Taylor Sheridan. Film ini dibintangi oleh Jeremy Renner, Elizabeth Olsen, Jon Bernthal, Gil Birmingham dan Kelsey Chow.

Film Wind River merupakan film kolaborasi ketiga Jeremy Renner dan Elizabeth Olsen setelah film Avengers: Age of Ultron dan Captain America: Civil War. Film ini ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 21 Januari 2017[6] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 4 Agustus 2017 secara terbatas dan 18 Agustus 2017 secara luas.[7] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Di Wind River Indian Reservation di Wyoming, agen United States Fish and Wildlife Service Cory Lambert (Jeremy Renner), menemukan mayat Natalie Hanson (Kelsey Chow), seorang gadis warga reservasi yang berusia 18 tahun. Mayatnya membeku tanpa sepatu, memakai pakaian musim dingin dan terdapat noda darah di celananya bagian paha. Agen khusus FBI Jane Banner (Elizabeth Olsen) datang untuk menyelidiki apakah pembunuhan memang terjadi. Jane tidak mempersiapkan diri sehingga ia meminjam pakaian dari penduduk setempat untuk kondisi musim dingin. Jane dipanggil Cory dan Kepala Kepolisian Ben (Graham Greene) untuk memeriksa mayat tersebut dan setelah melakukan pemeriksaan, tim investigasi memerintahkan otopsi penuh pada mayat tersebut.

Keesokan harinya, tim investigasi meminta keterangan dari Martin Hanson (Gil Birmingham), ayah Natalie, bahwa Natalie berkencan dengan pacar baru, namun ia tidak mengetahui nama dan asal-usul lelaki itu. Mereka juga mengetahui bahwa kakak Natalie, Chip (Martin Sensmeier), adalah pecandu narkoba dan saat ini, Chip tinggal dengan Littlefeather bersaudara, bandar narkoba lokal di reservasi.

Otopsi Natalie menunjukkan temuan luka berat dan kekerasan seksual serta memastikan anggapan Cory bahwa gadis tersebut meninggal karena terpapar, khususnya perdarahan paru yang disebabkan oleh penghirupan udara sub-nol yang cepat selama berlari tanpa alas kaki di tempat bersalju. Namun, tenaga medis dalam laporannya tidak dapat menyimpulkan secara definitif bahwa korban dibunuh sehingga Jane mengurungkan niatnya untuk menghubungi unit investigasi FBI tambahan. Jane memberitahu Ben bahwa ia akan tetap membantu, namun Jane tidak akan memberikan informasi terbaru kepada atasannya karena ia yakin atasannya meminta Jane untuk berhenti terlibat dalam kasus ini.

Jane, Cory dan Ben kemudian mengunjungi lokasi Littlefeather bersaudara untuk meminta keterangan dari Chip. Terjadi konfrontasi bersenjata dengan Sam Littlefeather (Gerald Tokala Clifford), yang berakhir dengan tewasnya Sam di tangan Jane, sementara Chip dan bandar narkoba lain ditangkap.

Cory melihat jejak mobil salju yang mengarah jauh dari properti itu kembali ke area di mana mayat Natalie ditemukan. Ia meyakinkan Jane untuk menunda menginterogasi tersangka yang tersisa agar bisa mengikuti jejak sebelum salju turun. Beberapa jarak mendaki gunung, keduanya menemukan mayat kedua, namun kali ini mayat pria yang telanjang dan rusak oleh satwa liar. Chip mengungkapkan bahwa pacar Natalie bernama Matt (Jon Bernthal) dan ia bekerja sebagai staf keamanan di lokasi pengeboran minyak terdekat di mana Matt juga tinggal.

Jane mengunjungi rumah Cory dan mengungkapkan bahwa mayat pria tersebut adalah Matt Rayburn, yang bekerja sebagai staf keamanan di lokasi pengeboran minyak terdekat, sama seperti keterangan Chip. Cory memberitahu Jane bahwa tubuh putrinya ditemukan di salju tiga tahun yang lalu, setelah mengadakan pesta di rumahnya, yang diadakan tanpa sepengetahuan Cory, saat ia dan istrinya menghabiskan malam ke luar rumah.

Bersama Ben, deputi lokal dan kepolisian, Jane mengunjungi lokasi pengeboran dan disambut oleh beberapa rekan kerja Matt, yang mengaku tidak pernah melihat Matt sejak ia pergi beberapa hari yang lalu setelah berseteru dengan pacarnya. Ketika pesta terjadi dan seluruh staf keamanan pengeboran minyak tidur, Cory telah menelusuri kembali mayat kedua, mengikuti jejak dan mendaki gunung, Cory menemukan jalur turun langsung ke kamp pengeboran yang disiapkan oleh Jane dan para deputi yang tiba di lokasi. Cory mulai mencoba berkomunikasi denngan Ben melalui radio.

Di lokasi pengeboran minyak, Jane, Ben dan para deputi bertemu dengan staf keamanan pengeboran minyak. Jane melakukan kesalahan dengan mengklaim bahwa Natalie berseteru dengan Matt dan menghilang, dan bahwa hilangnya Natalie sedang diselidiki. Keamanan pengeboran minyak menunjukkan bahwa mayat gadis yang ditemukan adalah mayat Natalie dan mereka mempelajarinya dengan memantau saluran radio penegakan hukum, meskipun identitas Natalie tidak pernah dibahas melalui radio. Seorang deputi memperhatikan bahwa staf keamanan pengeboran minyak mulai mengelilingi Jane, Ben dan para deputi dan ia menarik senjatanya. Jane, Ben dan deputi dijebak oleh staf keamanan pengeboran minyak, dengan senjata saling membidik satu sama lain. Jane memberitahukan situasinya dan semua orang berjalan menuju mobil karavan tempat Matt tinggal.

Di masa lalu, terungkap bahwa tim keamanan pengeboran minyak, setelah berpesta dengan minuman keras, kembali ke lokasi pengeboran dan menemukan Matt dan Natalie berpelukan di tempat tidur di salah satu mobil karavan. Ketika Pete (James Jordan), anggota tim yang sangat kasar, berperilaku tidak pantas terhadap Matt dan Natalie secara terus-menerus, hal itu menyebabkan perkelahian antara Matt dan Pete, dengan Matt dipukul oleh anggota tim keamanan lainnya hingga tak sadarkan diri. Pete memperkosa Natalie, dan saat Matt terbangun, ia menyerang Pete dan anggota lainnya. Meskipun Matt terdesak oleh anggota lain, hal ini menjadi kesempatan bagi Natalie untuk meloloskan diri keluar dari lokasi pengeboran di malam yang dingin ketika Matt dipukuli sampai mati.

Di masa kini, Jane mencoba membuka pintu ke mobil karavan yang sama seperti yang ditunjukkan di masa lalu, namun terkunci. Setelah mendengar peringatan melalui radio dari Cory, Ben berteriak pada Jane untuk menjauh dari pintu itu dan Pete menembak Jane dengan senapan dari balik pintu. Insiden tembak-menembak terjadi. Jane tertembak di leher dan deputi yang tersisa terbunuh, termasuk Ben. Ketika Jane akan dieksekusi oleh anggota tim keamanan pengeboran yang tersisa, Cory melepaskan tembakan dari kejauhan, membunuh mereka semua kecuali Pete, yang mencoba melarikan diri. Cory menangkap Pete di padang belantara dan membuatnya tak sadarkan diri. Ketika Pete terbangun, Cory memaksa Pete untuk mengakui bahwa ia memperkosa Natalie dan membantu memukuli Matt sampai mati, lalu menawarkan kematian yang sama yang ia berikan untuk Natalie, yaitu perjalanan bertelanjang kaki. Cory memberitahu bahwa Natalie berhasil mencapai enam mil tanpa alas kaki sebelum ia jatuh dan meninggal, namun ia memprediksi bahwa Pete tidak akan bertahan lebih dari beberapa ratus meter. Cory melihat dari jarak jauh Pete yang tersandung jauh sebelum jatuh dan mati di salju.

Di rumah sakit, Cory memberitahu Jane yang pulih dan merasa bersalah karena bertentangan dengan apa yang ia rasakan, bahwa Jane tidak lemah. Cory kemudian mengunjungi Martin, ayah Natalie, yang duduk di halaman rumahnya dengan membawa pistol, mencoba bunuh diri. Martin memberitahu Cory bahwa Chip telah menelepon dari stasiun, yang merupakan pertama kalinya mereka berbicara dalam satu tahun dan hal ini mengurungkan niat Martin untuk melakukan bunuh diri. Cory memberitahu Martin bahwa anggota kru minyak yang hilang tersebut tidak benar-benar hilang, dan bahwa "ia meninggal dalam rintihan." Ia dan Martin kemudian duduk bersama di halaman rumah Martin yang beku dan menghadap ke reservasi yang sepi, masing-masing berbagi dalam duka kematian seorang anak perempuan. Sementara itu, FBI tidak memiliki statistik tentang hilangnya wanita penduduk asli Amerika, yang jumlahnya tetap tidak diketahui.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Jeremy Renner sebagai Cory Lambert
  • Elizabeth Olsen sebagai Jane Banner
  • Gil Birmingham sebagai Martin Hanson
  • Jon Bernthal sebagai Matt Rayburn
  • Kelsey Chow sebagai Natalie Hanson
  • Julia Jones sebagai Wilma
  • Graham Greene sebagai Ben
  • Martin Sensmeier sebagai Chip Hanson
  • Tyler Laracca sebagai Frank Walker
  • Gerald Tokala Clifford sebagai Sam Littlefeather
  • Eric Lange sebagai Dr. Whitehurst
  • James Jordan sebagai Pete Mickens
  • Ian Bohen sebagai Evan
  • Hugh Dillon sebagai Curtis
  • Matthew Del Negro sebagai Dillon
  • Teo Briones sebagai Casey Lambert
  • Tantoo Cardinal sebagai Alice Crowheart
  • Apesanahkwat sebagai Dan Crowheart
  • Althea Sam sebagai Annie Hanson

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Wind River mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 87%, berdasarkan 214 ulasan, dengan rating rata-rata 7.7/10.[8] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 73 dari 100, berdasarkan 44 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[9]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Wind River mendapatkan $33,800,859 di Amerika Utara dan $11,197,393 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $44,998,252, melebihi anggaran produksi film $11 juta.[5]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $161,558, menempati posisi ke-29 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $2,975,732, menempati posisi ke-10 di box office.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fleming, Jr., Mike (January 19, 2017). "Sundance 2017: $6 Mill Grateful Dead Docu Deal? Will Streaming Services Drive Deal Avalanche?". Deadline. Diakses tanggal January 24, 2017. 
  2. ^ "Wind River (15)". British Board of Film Classification. August 29, 2017. Diakses tanggal April 26, 2018. 
  3. ^ "Wind River – PowerGrind". The Wrap. Diakses tanggal August 5, 2017. 
  4. ^ a b "Wind River (2017)". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 23, 2017. 
  5. ^ a b "Wind River (2017)". The Numbers. Diakses tanggal December 23, 2017. 
  6. ^ Siegel, Tatiana (January 9, 2017). "Sundance: Weinstein Company to No Longer Distribute Jeremy Renner's 'Wind River' (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal January 9, 2017. 
  7. ^ Hipes, Patrick (March 17, 2017). "'Mary Magdalene', 'Current War' & 'Wind River' Get 2017 Release Dates From Weinstein". Deadline.com. Diakses tanggal March 17, 2017. 
  8. ^ "Wind River (2017)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal December 23, 2017. 
  9. ^ "Wind River reviews". Metacritic. Diakses tanggal December 23, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]