Winarni Monoarfa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Winarni Monoarfa
Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Pusat dan Daerah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI
Mulai menjabat
13 Juli 2018
Informasi pribadi
Lahir 21 November 1962 (umur 56)
Bendera Indonesia Makassar, Indonesia

Prof. Dr. Ir. Winarni Dien Monoarfa, MS(lahir di Gorontalo, 21 November 1962; umur 56 tahun) adalah Guru Besar pada Universitas Hasanuddin.[1]

Tahun 2002 Winarni diajak oleh Fadel Muhammad untuk menjabat Kepala Badan Lingkungan Hidup, Penelitian dan Dampak Lingkungan Hidup Daerah (BALITBANGPEDALDA) Provinsi Gorontalo (2002-2004). Tahun 2003 ia terpilih sebagai Ketua Dewan Riset Daerah Provinsi Gorontalo, dan pada tahun 2004 setelah meraih penghargaan Guru Besar dari Universitas Hasanuddin namanya sempat disebut sebagai calon Penjabat Bupati Bone Bolango (daerah pemekaran baru), hanya saja saat itu penolakan dari berbagai tokoh masyarakat yang tidak ingin daerahnya dipimpin oleh wanita memaksa Fadel Muhammad untuk tidak menunjuk dirinya sebagai Penjabat Bupati di daerah tersebut, sehingga Gubernur saat itu lebih menginginkan agar Winarni menduduki posisi barunya sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Gorontalo (2004 - 2012).

Setelah mengikuti Program Pendidikan Reguler Lemhanas selama 9 bulan pada tahun 2007 ia meraih penghargaan terbaik (Seroja). Atas prestasinya tersebut gelar 'Seroja dari Timur' melekat ke dalam namanya. Pada tahun 2008 Winarni Monoarfa didaulat sebagai Ketua Forum KTI (Kawasan Timur Indonesia) menggantikan Marwah Daud Ibrahim (2008 s/d sekarang). Karier dari ibu 5 anak ini mulai mencapai puncak kariernya setelah ia dipercayakan sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo pada tahun 2012. Di luar kariernya sebagai birokrat, Winarni Monoarfa juga turut berperan sebagai Ketua ICMI Gorontalo dan mendirikan Sekolah Al-Azhar 46 di Provinsi Gorontalo.

Referensi[sunting | sunting sumber]