William James (sejarawan angkatan laut)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

William M. James (1780 – 28 Mai 1827) adalah seorang pengacara Inggris yang menjadi sejarawan angkatan laut yang menulis sejarah angkatan laut pada Revolusi Prancis dan perang Napoleon, 1793–1815.

Karier[sunting | sunting sumber]

William James belajar hukum dan memulai kariernya sebagai seorang pengacara. Dia berlatih sebelum Mahkamah Agung Jamaika dan menjabat sebagai pengawas di Wakil Panglima Pengadilan Jamaika mulai tahun 1801 sampai tahun 1813. Pada tahun 1812, ketika perang antara Inggris dan Amerika Serikat, James ada di Amerika Serikat. Ditahan oleh pihak berwenang Amerika sebagai bangsa Inggris, ia melarikan diri ke Halifax, Nova Scotia pada tahun 1813.

Pengalaman ini menarik baginya dalam Perang 1812 dan ia mulai menulis tentang hal itu, terutama membela reputasi Angkatan Laut Kerajaan dan menunjukkan kesalahan faktual dan klaim yang berlebihan dari Amerika untuk melawan Angkatan Laut Kerajaan. Upaya awalnya berupa surat yang ditulis kepada editor Naval Chronicle dengan nama pena 'Boxer'. Pada 1816, ia menerbitkan pamflet pertamanya, Sebuah penyelidikan manfaat dari tindakan angkatan laut utama antara Inggris dan Amerika Serikat. Pamflet ini menyebabkan kontroversi di Amerika Serikat, yang mengarah ke banyak kritik Amerika penayangan James.

James menulis enam jilid Sejarah Angkatan Laut Britania Raya, 1793 - 1827 sebagai reaksi terhadap Amerika, bagian dari Perang 1812.

Latar belakang hukum James mempengaruhi untuk memperoleh bukti. Dia berusaha dan berhasil naik kapal perang Amerika dan berbicara dengan awak kapal, untuk memverifikasi karakteristik dari tangan pertama. Dalam pengejaran ini ia mengklaim, misalnya, bahwa Konstitusi USS tidak jauh lebih besar, tetapi juga lebih berat dan bersenjata dari HMS Guerriere - bertentangan dengan klaim Amerika sebelumnya bahwa kapal telah sama pada saat perjanjian mereka. James tidak malu-malu untuk mengkritik perwira Inggris juga.[1]

James meninggal di South Lambeth, London, pada tahun 1827, tetapi karya-karyanya terus dipublikasikan. Kapten Frederick Chamier melanjutkannya pada tahun 1837 dengan memasukkan Perang Burma dan Pertempuran Navarino. Buku ini tetap menjadi referensi utama dan sering digunakan untuk konsultasi untuk catatan masyarakat Angkatan Laut yang menerbitkan indeks sejarah pada tahun 1895, sekarang tersedia di Internet.

Perdebatan[sunting | sunting sumber]

Theodore Roosevelt, sebagai sarjana muda Harvard University di 1876-1877, memberikan respon dari perspektif Amerika yang diterbitkan pada tahun 1882 sebagai Perang Angkatan Laut 1812. Buku ini memembuat James bertanya untuk apa Roosevelt mencari kesalahan dan kekeliruan berdasarkan pada penelitan anti-Amerika, meskipun penelitian sumber-sumber primer melelahkan James. Di berbagai tempat, Roosevelt mengeritik bahkan mengejek James. Buku ini menjadi sensasi di Amerika Serikat dan masih dianggap sebagai buku sumber (tidak kurang dari tiga buku tentang Perang 1812 yang ditulis pada tahun 2006, dikutip dari respon Roosevelt); Namun, kesimpulan Roosevelt telah dibantah oleh Profesor Andrew Lambert pada tahun 2012 melalui bukunya The Challenge: Inggris terhadap Amerika dalam Perang Angkatan Laut 1812.

Upaya Roosevelt tidak benar-benar mengacu pada dua buku James tentang Perang 1812. Sebaliknya, Roosevelt mengacu pada buku James, seri Sejarah Angkatan Laut, versi singkat. Ini menghindari argumen James. Dan bukti rinci 1817 dan 1818 dipandang oleh sebagian orang sebagai bagian besar menyangkal kritik Roosevelt tentang kerja James. Selain itu, Roosevelt juga dituduh mengabaikan klaim Amerika sebelumnya bahwa memprovokasi James, klaim yang baik untuk dipahami dan bermanfaat bagi moral Amerika pada saat itu[2].

Kesimpulan utama James bahwa tidak ada kapal Amerika yang berkekuatan sama menangkap kapal Inggris - pada dasarnya tetap tak tertandingi[3].

Namun kita bisa juga membaca Ian Tol Enam fregat, yang diterbitkan pada tahun 2006, dimana Tol mengutip tujuan Roosevelt tidak hanya menampilkan distorsi James dan rekayasa tetapi juga menampilkan Amerika kontemporer nya James sama-sama bersalah dari tuduhan. Dalam bukunya Roosevelt menyatakan:

"Dan itu harus selalu diingat bahwa kemenangan, menang terhormat, bahkan jika lebih dari satu musuh lemah, tidak mencerminkan keuntungan pada bangsa yang diperoleh oleh siapa pun. Itu diberikan kepada kita sebagai bangsa yang memiliki kapal buatan sendiri lebih baik dan lebih bersenjata dari kapal frigat Inggris ... Beberapa warga negara saya akan mempertimbangkan ini tetapi kurang setuju, bahwa jawabannya harus sejarah bukanlah pujian."[4]

Karya yang dipublikasikan[sunting | sunting sumber]

  • An Inquiry into the merits of the principal naval actions between Great Britain and the United States: comprising an account of all British and American ships of war captured and destroyed since 18 June 1812 (Halifax: Holland, 1816).
  • A full and correct account of the chief naval occurrences of the late war between Great Britain and the United States of America: preceded by a cursory examination of the American accounts of their naval actions fought previous to that period (London: T. Egerton, 1817); (London: Conway Maritime Press, 2002).
  • Warden membantah; Pertahanan angkatan laut Inggris terhadap kekeliruan interprestasi penulisan ... berjudul, “A statistical ... account of the United States of North America,” by D. B. Warden, ... dalam sebuah surat kepada sang penulis (London, 1819).
  • The naval history of Great Britain from the declaration of war by France in February 1793 to the accession of George IV in January 1820: with an account of the origin and progressive increase of the British Navy ... 5 jilid (London Baldwin, Cradock & Joy, 1822–24); Edisi baru pada 6 jilid ... dan bagian Perang Burma dan Pertempuran Navarino. (London: R. Bentley, 1837); (London: Richard Bentley, 1847); (London: Richard Bentley, 1859); (London: Richard Bentley, 1860); (London: Richard Bentley & Son, 1886); (London: Macmillan, 1902); (London: Conway Maritime Press, 2002).
William James' 6 jilid dapat diperoleh di domain publik dan di Ebook di:
  • James, William, (1826), The naval history of Great Britain...Volume 1,
    Harding, Lepard and Co., London, pp.567, Ebook (full view)
  • —— (1822), The naval history of Great Britain...Volume 2,
    Baldwin, Cradock and Joy, London pp.646, Ebook (full view)
  • —— (1837), The naval history of Great Britain...Volume 3,
    Richard Bentley, London, pp.386, Ebook (full view)
  • —— (1824), The naval history of Great Britain...Volume 4,
    Baldwin, Chadock and Joy, London, pp.500, Ebook (full view)
  • —— (1847/1859), The naval history of Great Britain...Volume 5,
    Richard Bentley, London, pp.458, Ebook (full view)
  • —— (1837), The naval history of Great Britain...Volume 6,
    Richard Bentley, London, pp.458, Ebook (full view)

Catatan[sunting | sunting sumber]

  • H. Furber, 'How William James came to be a naval Historian', American Historical Review, vol. 38 (1932–33), pp. 74–85.
  • Andrew Lambert, introduction to 2002 and 2004 editions of James's works, as listed above.
  • Andrew Lambert, The Challenge: America Against Britain in the Naval War of 1812 (London: Faber & Faber Limited, 2012).
  • John Knox Laughton, revised by Andrew Lambert, 'James, William (d. 1827)' in Oxford Dictionary of National Biography (2004).
  • Lambert, Andrew (2004), 'Introduction', in William James, Naval Occurrences of The War of 1812: A Full and Correct Account of the Naval War between Great Britain and the United States of America, 1812–1815 (London: Conway Maritime Press), pp. I-V.
  • Toll, Ian W. (2006) Six Frigates (W.W. Norton & Company)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lambert (2004), pp. I-II
  2. ^ Lambert (2004), p. v
  3. ^ Lambert (2004), p. II
  4. ^ Toll (2006) p.464.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]