William Ellery Channing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
William Ellery Channing

William Ellery Channing adalah pengkhotbah Unitarian terkemuka di Amerika Serikat pada awal abad kesembilan belas dan bersama dengan Andrews Norton, salah satu teolog terkemuka Unitarianisme.[1] Dia dikenal karena mengartikulasikan dengan semangat khotbah dan pidato publik, dan sebagai seorang pemikir terkemuka dalam teologi liberal.[1] Bertentangan dengan ortodoksi Calvinis tradisional Amerika, Channing disukai karena adanya hubungan lembut penuh kasih dengan Allah.[1] Ia menentang Calvinisme dalam hal ‘’Menyatakan Allah yang harus ditakuti’’.[1] Kita diberitahu untuk mencintai dan meniru Tuhan, tetapi juga bahwa Allah melakukan hal-hal yang kita anggap paling kejam dalam setiap hidup manusia.[2] Pada tahun 1803 Channing disebut sebagai pendeta Gereja Federal Street di Boston, di mana ia tinggal selama sisa hidupnya.[2] Dia tinggal di antara ketegangan antara agama dan konservatif liberal dan ia mengambil posisi moderat, menolak ekstrem kedua kelompok.[2] Namun ia menjadi juru bicara utama dan penafsir Unitarianisme.[2] Hal ini dikarenakan ia memberitakan khotbah di Baltimore tahun 1819, ia memberikan judul "Unitarian Kristen".[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d (Inggris)Mircea Aliade. 1987. The Encyclopedia of Religion. New York: Macmillan Publishing Company. Pg.201-202.
  2. ^ a b c d e (Inggris)Wendy Doniger. 2006. Britannica Encyclopedia of World Religion. London: Encyclopedia Britannica. pg.195.