William Edward Burghardt Du Bois

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

William Edward Burghardt Du Bois (lahir di Great Barrington, Massachusetts, Amerika Serikat, 23 Februari 1868 – meninggal di Accra, Ghana, 27 Agustus 1963 pada umur 95 tahun) adalah seorang ahli sosiologi dari Amerika Serikat. Sebagai orang kulit hitam, Du Bois lebih beruntung karena mendapat kesempatan belajar di perguruan tinggi. Dia kuliah di Universitas Fisk dan mendapatkan gelar doktor dari Universitas Harvard. Dia juga sempat melakukan kunjungan singkat ke Universitas Berlin. Selama di Harvard dan Berlin, Du Bois berkenalan dengan pemikir terkenal seperti filsuf William James dan Josiah Royce, serta pakar sosiologi Max Weber.

Pada mulanya, Du Bois mengajar bahasa Yunani dan bahasa Latin di sebuah perguruan tinggi kulit hitam. Dia kecewa karena tidak dapat mengajar sosiologi. Du Bois pindah pada tahun 1896 ke Univesitas Pennsylvania untuk meneliti orang kulit hitam di Philadelphia. Penelitian itu menghasilkan satu buku klasik dalam sosiologi awal, yaitu The Philadelphia Negro. Setelah proyek itu selesai, Du Bois pindah ke Universitas Atlanta. Dia tidak pernah menjabat sebagai pengajar tetap di Pennsylvania dan hal itu merupakan salah satu hal yang mengecewakan hatinya. Di Universitas Atlanta Du Bois mengajar sosiologi dari tahun 1897 sampai 1910 dan menangani berbagai penelitian mengenai kehidupan orang kulit hitam di Amerika. Pada saat itu dia menulis memoar autobiografinya yang pertama dan terpenting, yaitu the Souls of Black Folk. Selain bersifat sastra dan sangat pribadi, buku itu menampilkan teori umum yang memberi sumbangan besar untuk pemahaman atas orang kulit hitam Amerika dan hubungan antar ras. Du Bois juga menerbitkan sejumlah karya autobiografi seperti itu, serperti Darkwater:Voices from within The Veil, Dusk of Dawn: An Essay toward an Autobiography on a Race Concept, dan The Auto Biography of W. E. B. Du Bois: A Soliloquy on Viewing My Life from the Last Decade of Its First Century. Pendapat Du Bois tentang Dusk of Dawn adalah "Tulisan saya lebih berupa autobiografi suatu ras, bukan autobiografi saya sendiri".

Selama berada di Universitas Atlanta, Du Bois aktif dalam kegiatan publik dan politik. Tahun 1905, dia menghadiri satu acara di Buffalo, New York yang berhasil membentuk Pergerakan Niagara. Pergerakan itu adalah organisasi hak sipil antar ras yang mendukung penghapusan perbedaan derajat yang berdasarkan pada ras dan warna kulit. . Gerakan itu menjadi dasar bagi National Association for the Advancement of Colored People (NAACP) pada tahun 1910. kelak Du Bois menjadi direktur riset dan publikasinya. Dia menerbikan majalan NAACP yaitu the Crisis dan banyak menulis di majalah itu tentang kesenjangan taraf hidup orang kulit hitam di Amerika. Du Bois menerima jabatan itu karena ada kesermpatan untuk menyebarkan idenya. Apalagi karena dia satu-satunya penanggung jawab untuk pendapat editorial di majalah itu. Tetapi jabatannya di Universitas Atlanta tidak dapat dipertahankan karena perselisihan dengan Booker T. Washington.Waktu itu Washington sangat populer dan dipandang para pemimpin dan politisi kulit putih sebagai wakil bagi orang kulit hitam Amerika.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ritzer, George (2012). Teori Sosiologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. pp. 352–355. ISBN 9786022290445.