William Collins, Sons

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
William Collins, Sons
Perusahaan indukHarperCollins
Didirikan1819
PendiriWilliam Collins
Negara asalBritania Raya
Jenis terbitanBuku
Situs resmicollins.co.uk

William Collins, Sons (sering disebut sebagai Collins) adalah sebuah perusahaan percetakan dan penerbitan asal Skotlandia yang didirikan oleh seorang kepala sekolah Presbiterian, William Collins, di Glasgow pada 1819, dalam kemitraan dengan Charles Chalmers, adik dari Thomas Chalmers, pendeta Gereja Tron, Glasgow.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perusahaan tersebut pada awalnya menghadapi beberapa rintangan, dan Charles Chalmers meninggalkan usahanya pada 1825. Perusahaan tersebut kemudian meraih kesuksesan pada 1841 sebagai pencetak Alkitab, dan, pada 1848, putra Collins Sir William Collins mengembangkan firma tersebut sebagai usaha penerbitan, yang mengkhususkan diri dalam buku pendidikan dan agama. Perusahaan tersebut berganti nama menjadi William Collins, Sons and Co Ltd. pada 1868.[1]

Pada 8 Februari 2013, beberapa bagian percetakan non-fiksi Collins diumumkan akan digabung dengan percetakan HarperPress untuk membentuk percetakan William Collins yang baru.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Keir, David (1952). The House of Collins: The Story of a Scottish Family of Publishers from 1789 to the Present Day. Collins: London. ISBN B00005XH0X.
  2. ^ Farrington, Joshua (8 February 2013). "HarperCollins merges non-fiction divisions". Bookseller. Diakses tanggal 20 February 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]