Wilhelm Friedemann Bach

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wilhelm Friedemann Bach, ≈1725
Wilhelm Friedemann Bach

Wilhelm Friedemann Bach (22 November 1710 – 1 Juli 1784) adalah seorang komponis Jerman zaman Barok. Meskipun kejeniusannya diakui sebagai organis, improvisasi dan komposer, penghasilan dan pekerjaannya tidak stabil dan dia meninggal dalam kemiskinan.

Friedemann Bach terkenal karena keterampilan improvisasinya. Diperkirakan bahwa ketika di Leipzig prestasi ayahnya menetapkan standar yang tinggi sehingga ia berfokus pada improvisasi daripada komposisi. Bukti yang ditambahkan untuk spekulasi ini mencakup fakta bahwa output komposisinya meningkat di Dresden dan Halle.

Komposisi Friedemann mencakup banyak kantata gereja dan karya instrumental, yang paling terkenal adalah fugues, polonaise, dan fantasi untuk clavier,[1] dan duet untuk dua seruling. Dia memasukkan lebih banyak elemen gaya kontrapuntal yang dipelajari dari ayahnya daripada salah satu dari tiga saudara komposernya, tetapi penggunaan gaya itu memiliki keunggulan individualistis dan improvisasi yang disayangi karya-karyanya untuk musisi pada akhir abad ke-19, ketika ada sesuatu dari kebangkitan reputasinya.

Siswa Friedemann termasuk Johann Nikolaus Forkel, yang pada 1802 menerbitkan biografi pertama Johann Sebastian Bach; Friedemann, serta adik lelakinya Carl Philipp Emanuel Bach, adalah informan utama untuk Forkel.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^  Hadow, William Henry (1911). "Bach, Karl Philipp Emanuel". Dalam Chisholm, Hugh. Encyclopædia Britannica. 3 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 130–131. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Borysenko, Elena. The Cantatas of Wilhelm Friedemann Bach. Thesis (Ph.D.) Eastman School of Music, University of Rochester, 1981. In 2 volumes. ("Vol. II ... consists primarily of selected movements from the cantatas of W.F. Bach, followed by translations of the texts of these movements and a critical commentary.")
  • Falck, Martin. Wilhelm Friedemann Bach; Sein Leben und seine Werke, mit thematischem Verzeichnis seiner Kompositionen und zwei Bildern. Leipzig: C. F. Kahnt, 1919.
  • Helm, Eugene. "Wilhelm Friedemann Bach", in Christoph Wolff et al., The New Grove Bach Family. NY: Norton, 1983 (ISBN 0-393-30088-9), pp. 238–50.
  • Kahmann, Ulrich. Wilhelm Friedemann Bach. Der unterschätzte Sohn. Bielefeld: Aisthesis, 2010.
  • WF Bach - the neglected son Biography, major works and recommended recordings. Gramophone, April 2010
  • Schulenberg, David. The Music of Wilhelm Friedemann Bach. Rochester: University of Rochester Press, 2010.
  • Daniel Hensel: Wilhelm Friedemann Bach. Epigone oder Originalgenie, verquere Erscheinung oder großer Komponist?; Stuttgart: ibidem, April 2011, ISBN 978-3-8382-0178-8