Wildlife (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wildlife
Poster film Wildlife
SutradaraPaul Dano
ProduserJake Gyllenhaal
Oren Moverman
Riva Marker
Ann Ruark
Alex Saks
Andrew Duncan
Paul Dano
Ditulis olehPaul Dano
Zoe Kazan
Berdasarkan
Wildlife
oleh Richard Ford
PemeranCarey Mulligan
Jake Gyllenhaal
Ed Oxenbould
Bill Camp
Penata musikDavid Lang
SinematograferDiego García
PenyuntingMatt Hannam
Louise Ford
Perusahaan
produksi
June Pictures
Nine Stories Productions
DistributorIFC Films
Tanggal rilis
Durasi104 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
Pendapatan
kotor
$3.754.539[2][3]

Wildlife adalah film drama Amerika Serikat tahun 2018 yang disutradarai oleh Paul Dano dan diproduseri oleh Jake Gyllenhaal, Oren Moverman, Riva Marker, Ann Ruark, Alex Saks, Andrew Duncan dan Paul Dano. Naskah film ini ditulis oleh Paul Dano dan Zoe Kazan berdasarkan novel Wildlife karya Richard Ford. Film ini dibintangi oleh Carey Mulligan, Jake Gyllenhaal, Ed Oxenbould dan Bill Camp.

Film Wildlife ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 20 Januari 2018[4][5] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 19 Oktober 2018.[6] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1960, Jeanette Brinson (Carey Mulligan) dan suaminya, Jerry (Jake Gyllenhaal), pindah ke Great Falls, Montana, bersama putra remaja mereka, Joe (Ed Oxenbould). Perseteruan meningkat setelah Jerry dipecat dari pekerjaan sebagai pemain golf di sebuah klub. Jerry ditawarkan pekerjaan lamanya kembali, tetapi menolak karena prestasinya dan alih-alih mencari pekerjaan, Jerry tidur di dalam mobilnya dan menyaksikan upaya pemadam kebakaran setempat melawan kebakaran hutan yang mengamuk di gunung-gunung terdekat. Untuk memenuhi kebutuhan keluarga ketika Jerry mencari pekerjaan, Jeanette mengambil pekerjaan sebagai instruktur renang, sementara Joe bekerja di sebuah studio fotografi lokal. Suatu hari, Jerry memutuskan untuk mengambil pekerjaan bergaji rendah melawan kebakaran hutan, yang membuat Jeanette marah dan membuat Joe khawatir. Jeanette berbicara terbuka tentang pernikahannya yang tegang dengan Jerry kepada Joe dan tekanan situasi itu sedikit mempengaruhi kehidupan sekolah Joe.

Ketika Jerry pergi, Jeanette terlibat asmara dengan salah seorang muridnya, Warren Miller (Bill Camp), seorang pria tua kaya yang bekerja sebagai dealer mobil. Joe berulang kali ditinggal sendiri ketika Jeanette menghabiskan waktu bersama Warren, awalnya dengan kedok sebagai bawahan Warren, lalu Jeanette terbuka tentang ketidakpuasan dan kegelisahannya. Suatu malam, setelah makan malam yang diadakan oleh Warren, Warren menari dengan Jeanette yang mabuk dan menciumnya, lalu Warren menghabiskan malam di rumah Joe. Joe terkejut melihat mereka malam itu juga dan setelah Miller pergi, Joe berseteru dengan Jeanette tentang perselingkuhannya. Jeanette tidak mengaku peduli dengan Warren atau tidak lagi mencintai Jerry, tetapi ia mengakui bahwa perselingkuhan akan membuat hidup mereka lebih baik secara ekonomi, lalu ia memohon Joe untuk memikirkan rencana yang lebih baik demi dirinya sendiri. Joe tidak bisa menerima kondisi Jeanette.

Jerry kembali dan disambut hangat oleh Jeanette, yang memberitahu bahwa ia telah mulai menyewa apartemen di kota dan Joe bebas untuk tinggal bersamanya. Hancur dan mencurigai perselingkuhannya, Jerry meminta Joe untuk mengakui hubungan Jeanette. Marah ketika mendengar bahwa Warren tidur dengan Jeanette di rumah keluarga, Jerry yang mabuk pergi ke rumah Warren dan mencoba membuat keributan. Warren menangkapnya dan berseteru dengan Jerry, memperingatkannya tentang perilakunya dengan Joe yang muncul. Ketika Jerry yang terluka memohon agar Joe membantunya melarikan diri sebelum polisi tiba, Joe melarikan diri dengan berjalan kaki ke kantor polisi, tempat ia menemukan bahwa ayahnya belum ditangkap. Kembali ke rumah, Joe mengetahui dari Jerry bahwa Warren tidak akan menuntut, tetapi pernikahan orang tuanya berakhir.

Jeanette pindah ke Portland, Oregon, untuk mengajar sementara Joe hidup damai dengan Jerry, yang telah menjadi salesman yang sukses. Jeanette kembali spontan pada akhir pekan ke suatu reuni yang tegang, tetapi sopan, di mana ia mengetahui bahwa Joe telah dipromosikan dan berada di daftar kehormatan. Joe membawa orang tuanya ke studio fotografi di mana ia meminta agar mereka ikut potret keluarga untuk kepentingannya. Jeanette yang tidak nyaman pada awalnya keberatan, tetapi menerimanya, lalu keluarga Brinson mengambil satu potret terakhir bersama.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Carey Mulligan sebagai Jeanette Brinson
  • Jake Gyllenhaal sebagai Jerry Brinson
  • Ed Oxenbould sebagai Joe Brinson
  • Bill Camp sebagai Warren Miller
  • Zoe Margaret Colletti sebagai Ruth-Ann
  • Darryl Cox sebagai Clarence Snow

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Wildlife mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 94%, berdasarkan 197 ulasan, dengan rating rata-rata 7,7/10.[7] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 80 dari 100, berdasarkan 41 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[8]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film Wildlife mendapatkan $1.050.616 di Amerika Utara dan Kanada dan $2.703.923 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $3.754.539.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $$104.589, menempati posisi ke-29 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Wildlife (12A)". British Board of Film Classification. October 30, 2018. Diakses tanggal January 9, 2020. 
  2. ^ a b "Wildlife (2018)". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 9, 2020. 
  3. ^ a b "Wildlife (2018)". The Numbers. Diakses tanggal January 9, 2020. 
  4. ^ Debruge, Peter (2017-11-29). "Sundance Film Festival Unveils Full 2018 Features Lineup". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-11-29. 
  5. ^ Hayes, Eric (January 21, 2018). "Day 3: Carey Mulligan Embarks on a Frantic Search for Meaning in Paul Dano's 'Wildlife'; Lakeith Stanfield Stars in a Delightful Oddity". Sundance Film Festival. Diakses tanggal July 23, 2018. 
  6. ^ Erbland, Kate (July 23, 2018). "'Wildlife': First-Time Filmmaker Paul Dano on How Zoe Kazan Helped Him Make His Passion Project". IndieWire. Diakses tanggal July 23, 2018. 
  7. ^ "Wildlife (2018)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal January 9, 2020. 
  8. ^ "Wildlife reviews". Metacritic. Diakses tanggal January 9, 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]