Wilayah pendudukan Rusia di Ukraina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
  Area dan kota-kota yang diduduki oleh Rusia dan pasukan separatis pro-Rusia
(Untuk peta interaktif semi-up-to-date lainnya, lihat di sini)

Wilayah pendudukan Rusia di Ukraina didefinisikan sebagai wilayah Ukraina yang diduduki sementara (Ukraina: Тимчасово окупована територія України) dalam hukum Ukraina selama Perang Rusia-Ukraina, dan tidak membedakan antara administrasi Rusia dan pro-Rusia karena keduanya secara de facto dikendalikan oleh pemerintah Rusia. Pendudukan dimulai pada tahun 2014 setelah invasi Rusia dan aneksasi semenanjung Krimea, bersama dengan Republik Donetsk dan Republik Lugansk yang sebagian besar tidak dikenal merebut bagian-bagian dari Oblast Donetsk dan Luhansk selama Perang di Donbas.

Pada tahun 2022, pasukan Rusia memulai invasi skala penuh ke negara itu dan berhasil menduduki lebih banyak wilayah di seluruh negeri. Namun, karena perlawanan sengit Ukraina yang terus berlanjut, ditambah dengan tantangan logistik (misalnya, barisan konvoi Rusia yang terhenti menuju ke Kyiv), Rusia mengumumkan penarikannya dari pendudukannya di Chernihiv, Kyiv, Sumy, dan Oblast Zhytomyr pada awal April.

Mulai September 2022, pasukan Rusia terus menduduki sebagian oblast Donetsk, Kharkiv, Kherson, Luhansk, Mykolaiv, dan Zaporizhzhia, serta seluruh wilayah Republik Otonom Krimea dan kota dengan status khusus Sevastopol.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Dengan Euromaidan dan Revolusi Martabat sejak November 2013, protes rakyat di seluruh Ukraina menggulingkan presiden pro-Rusia saat itu, Viktor Yanukovych, yang melarikan diri ke Rusia untuk keselamatan. Petro Poroshenko, salah satu pemimpin oposisi selama Euromaidan, menang telak dalam pemilihan setelah tersingkirnya Yanukovych.

Sentimen pro-Eropa yang berkembang di tengah periode pergolakan ini menyebabkan kegelisahan di Kremlin, dan presiden Rusia Vladimir Putin segera memutuskan untuk memobilisasi pasukan Rusia yang selalu hadir di semenanjung Krimea dan melanjutkan untuk menerima hasil referendum oleh rakyat Krimea, yang berhasil tetapi dikenakan sanksi dari negara-negara Barat.

Selain itu, dengan protes tandingan pro-Rusia di Ukraina timur dan selatan sebagai tanggapan atas penggulingan Yanukovych, Rusia diduga mendukung separatis militan pro-Rusia di wilayah Donbas dalam menguasai gedung-gedung pemerintah utama. Separatis ini akhirnya menciptakan Republik Donetsk dan Lugansk, serta sejak itu berkonflik dengan pemerintah Ukraina yang sekarang pro-Eropa, yang dikenal sebagai Perang di Donbas.

Menanggapi intervensi militer Rusia, Parlemen Ukraina mengadopsi undang-undang pemerintah (dengan pembaruan dan perpanjangan lebih lanjut) untuk memenuhi syarat Republik Otonom Krimea dan bagian dari wilayah Donetsk sekaligus wilayah Luhansk sebagai wilayah yang diduduki sementara dan tidak terkendali:

  1. Republik Otonom Krimea:
    • Hukum Ukraina No.1207-VII (15 April 2014) "jaminan hak dan kebebasan warga negara, dan peraturan hukum di wilayah pendudukan sementara Ukraina".[1]
  2. Rayon terpisah dari Oblast Donetsk dan Luhansk:
    • Perintah Kabinet Menteri Ukraina No.1085-р (7 November 2014) "daftar permukiman di wilayah yang sementara tak dikendalikan oleh Otoritas Pemerintah, dan daftar tengara yang terletak di jalur kontak".[2]
    • Hukum Ukraina No.254-19-VIII (17 Maret 2015) "tentang pengakuan rayon, kota, dan desa-desa di wilayah Donetsk dan Luhansk sebagai wilayah pendudukan sementara".[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Про забезпечення прав і свобод громадян та правовий режим на тимчасово окупованій території України" [On ensuring the rights and freedoms of citizens and the legal regime in the temporarily occupied territory of Ukraine]. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-25. Diakses tanggal 2017-01-01. 
  2. ^ "Про затвердження переліку населених пунктів, на території ... – від 07.11.2014 № 1085-р". zakon4.rada.gov.ua. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 February 2015. Diakses tanggal 8 April 2018. 
  3. ^ "Про визнання окремих районів, міст, селищ і сіл Донецької та Луганської областей тимчасово окупованими територіями" [About recognition of separate areas, cities, settlements and villages of Donetsk and Luhansk areas as temporarily occupied territories]. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-05-12. Diakses tanggal 2017-01-01.