Wilayah perbatasan Neustria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Benteng-benteng di wilayah perbatasan Breton.

Wilayah perbatasan Neustria adalah dua wilayah perbatasan yang didirikan pada tahun 861 oleh Raja Francia Barat dari Dinasti Karoling, Karl yang Botak. Wilayah-wilayah ini diperintah oleh pejabat yang diangkat oleh raja dan mereka dijuluki warden, prefect atau markgraf ("marquis" dalam bahasa Prancis). Dua wilayah perbatasan ini didirikan untuk melawan orang-orang Breton dan Nortmann. Maka dari itu, masing-masing dari wilayah perbatasan ini disebut "Wilayah Perbatasan Breton" dan "Wilayah Perbatasan Norman".

Pada tahun 911, Robert I dari Prancis menjadi markgraf kedua wilayah ini dan mengambil gelar demarchus. Keluarganya yang kemudian menjadi keluarga Capetia menguasai seluruh Neustria hingga tahun 987, ketika Hugh Capet terpilih sebagai Raja Franka. Pada masa itu, serangan dari orang-orang Viking dan Breton sudah tidak separah seperti pada masa pendiriannya. Setelah Dinasti Capetia menguasai Prancis, tidak ada lagi markgraf yang diangkat.

Markgraf[sunting | sunting sumber]

Wilayah perbatasan Norman Wilayah perbatasan Breton
  • 886 – 888 Odo
  • 888 – 911 Robert, united marches
Wilayah perbatasan bersatu

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Smith, Julia M. H. Province and Empire: Brittany and the Carolingians. Cambridge University Press: 1992.
  • Guillotel, Hubert. "Une autre marche de Neustrie." Onomastique et Parenté dans l'Occident médiéval. Edited Christian Settipani and Katharine S. B. Keats-Rohan. 2000.