Wikipedia:Wikizine/Arsip/2008-96

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

id.Wikizine.org
Buletin berita internal independen untuk anggota komunitas Wikimedia

Terbaru | Arsip | Berlangganan Tahun 2008 Minggu 25 Nomor 96 Laporkan berita | Ruang redaksi

Berita teknis[sunting sumber]

Pemuatan
Sekarang, saat Anda memuatkan sebuah gambar, MediaWiki akan memberitahukan jika sudah ada gambar yang sama dengan nama lain. Di balik layar, hal ini dilakukan dengan cara mengkalkulasi hash berkas tersebut dan membandingkannya dengan berkas-berkas yang telah daring.
Pemindahan
Para Opsis sekarang mendapatkan tambahan opsi baru untuk mengganti nama sekaligus sub-sub halaman yang ada ketika memindahkan suatu halaman.
Kelompok pengguna global
Kelompok pengguna global-WMF sekarang dapat dibuat dengan hak-hak pengguna tertentu yang diinginkan. Para pengguna dapat dimasukkan ke dalam kelompok tersebut. Bila akunnya merupakan akun global, maka hak-hak akun tersebut pun akan berlaku secara global. Saat ini, fungsi kelompok pengguna global hanya digunakan oleh Steward untuk melakukan tugas administrasi tertentu di seluruh wiki.

Proposal[sunting sumber]

Opsis Global
Sebuah pemungutan suara global untuk proposal mengenai pembuatan "kelompok Opsis global" telah ditutup dan ditolak.
Kelompok Opsis Global akan memunculkan pengguna-pengguna dengan hak opsis di seluruh wiki. Gagasan ini ditujukan untuk memudahkan membantu pemeliharaan di wiki-wiki yang masih kecil. Para pengguna yang merupakan "Opsis Global" hanya boleh menggunakan hak-haknya sebagai Opsis di wiki kecil yang belum memiliki komunitas lokal atau belum dapat melakukan pemeliharaan wiki mereka sendiri.
Gagasan ini mendapatkan tentangan karena "Opsis Global" secara teknis juga memiliki hak Opsis di wiki-wiki besar, termasuk Wikipedia bahasa Inggris (juga bahasa Indonesia), walaupun Opsis Global ini tidak diperbolehkan untuk menggunakan hak teknisnya di sana.
Pembatasan pemuatan berkas
Pembatasan pemuatan oleh pengguna baru telah diaktifkan di seluruh wiki kecuali Commons.
Pemuatan hanya bisa dilakukan oleh pengguna yang otomatis dikonfirmasi (autoconfirmed users) yaitu para pengguna yang telah memiliki akun minimal 5 hari. Hal ini dilakukan untuk menghalangi pemuatan-pemuatan yang bermasalah.
Interwiki
Sebuah proposal untuk mengaktifkan ekstensi Interlanguage di proyek-proyek Wikimedia, yang bertujuan untuk mengubah sistem pranala interwiki antar bahasa.

Kebijakan[sunting sumber]

Draf
Mike Godwin telah menulis versi baru draf kebijakan privasi. Umpan balik dan input diharapkan.

Wikimedia Foundation[sunting sumber]

Pemilihan Dewan
Pemilihan untuk satu kursi Dewan Pengawas Wikimedia Foundation berlangsung hingga 23:59, 21 Juni 2008 (UTC). Sistem pemberian suara telah berubah versus permilihan yang telah berlalu. Hasilnya akan diumumkan pada sekitar 26 Juni 2008.
Enquête
Pada Juli 2008, Wikimedia Foundation, berkolaborasi dengan UNU-Merit, merencanakan untuk meluncurkan survei umum pertama bagi para pembaca dan kontributor Wikimedia. Saat ini sedang diupayakan menerjemahkan survei ini ke sebanyak mungkin bahasa. Bantuan untuk menerjemahkan sangat diharapkan.
Tuntutan di Jerman
Sebuah perusahaan penerbitan Jerman menuntut Wikimedia Jerman karena sebuah artikel mengenai perusahaan tersebut di Wikipedia bahasa Jerman. Artikel itu memasukkan informasi adanya indikasi kemelut di perusahaan tersebut. Pengadilan menyatakan bahwa informasi semacam itu tidak melanggar hukum dan menolak klaim bahwa Wikimedia Jerman bertanggung jawab secara hukum atas artikel yang dipermasalahkan itu.
Perusahaan penerbitan itu menyatakan naik banding terhadap keputusan pengadilan tersebut.

Media[sunting sumber]

Siaran langsung laporan kematian di wiki

Statistik[sunting sumber]

Statistik pemilih
Statistik parsial para pemilih menunjukkan indikasi bahwa hanya sedikit yang benar-benar memilih. Pengguna Wikipedia bahasa Ibrani adalah yang terbanyak secara persentase dalam penggunaan hak pilihnya. Yang terbesar dalam angka adalah Wikipedia bahasa Inggris.
Bla-bla
Wikipedia bahasa Belanda memiliki 735 artikel rekaman, lebih banyak dari Wikipedia bahasa Inggris yang memiliki 728.

Berita lain[sunting sumber]

Britannica
Sebuah situs web baru yang dioperasikan oleh Encyclopaedia Britannica (EB) akan mirip dengan Wikipedia. EB mengharapkan sebuah komunitas yang akan mengerjakan ensiklopedia tersebut menggunakan nama asli mereka dalam merevisi dan menulis artikel. Staf EB akan melakukan kontrol editorial. Penyuntingan akan memerlukan persetujuan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam artikel.

Kutipan[sunting sumber]

"Do not meddle in the affairs of cats, for they are subtle and will piss on your computer." -- Bruce Graham

Wikizine tidak menjamin akurasi, validitas, dan khususnya tapi tidak terbatas kepada, tatabahasa dan ejaan. Kepuasan tidak dijamin. Wikizine dipublikasikan oleh meta:user:Walter, dan bukan publikasi Wikimedia Foundation.

Wikizine adalah publikasi tidak regular sepanjang tersedia berita yang penting (dan waktu). Konten tersedia di bawah Lisensi Dokumentasi Bebas GNU. http://www.gnu.org/copyleft/fdl.html