Wikipedia:Wikimania Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman ini digunakan untuk sentralisasi perkembangan informasi tentang Wikimania 2013. Untuk diskusinya silakan dilakukan di milis maupun di halaman pembicaraannya

Wikipediawan dari Surakarta mengajukan diri untuk menyelenggarakan Wikimania 2013. Wikipediawan dari kota-kota lain di seluruh Indonesia (juga dari negara-negara tetangga: Singapura, Malaysia, dll.) turut diundang untuk mewujudkan Wikimania Indonesia 2013 ini. Walaupun penyelenggaraannya direncanakan bertempat di Surakarta (melihat kesiapan infrastruktur serta relawan), namun hal ini bukan semata-mata ditujukan untuk mengangkat profil kota penyelenggara, melainkan ditujukan untuk keseluruhan komunitas Wiki(p/m)edia* bahasa Indonesia, bahasa Melayu, bahasa Jawa - Jawa Banyumasan, bahasa Sunda, bahasa Banjar, bahasa Bugis, bahasa Aceh, hingga bahasa Tetun.

* Yang dimaksud di sini tidak hanya sekadar Wikipedia, tetapi juga mereka yang aktif terlibat di proyek-proyek Wikimedia lainnya: Wiktionary, Wikisource, Wikibooks, Wikiquote, dan para penerjemah antarmuka MediaWiki/Wikimedia, serta tidak ketinggalan anggota chapter yang tidak aktif di situs, tetapi lebih aktif di dunia nyata mempromosikan proyek-proyek pengetahuan bersumber terbuka ini.

Dukungan seluruh pengguna sangat diharapkan bagi terwujudnya Wikimania Indonesia 2013 ini.

Mengapa Indonesia?

Komunitas Wikipedia Indonesia, seperti yang diketahui, merupakan salah satu komunitas awal Wikipedia. Dimulai pada bulan November 2003, komunitas Wikipedia bahasa Indonesia telah melahirkan 16 komunitas Wikimedia lainnya, yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, bahkan dari luar Indonesia. Komunitas penutur 9 bahasa ini juga menaungi lebih dari 230 juta penutur bahasa lingua franca Melayu/Indonesia di Asia Tenggara dan di perantauan. Banyak dari mereka yang masih belum memiliki akses ke sumber pengetahuan umat manusia terbesar di dunia maya ini. Dengan mengadakan Wikimania di Indonesia, hal ini akan membawa kesadaran lebih besar akan telah tersedianya bahan-bahan ini di internet dan akan kebutuhan penyunting-penyunting yang mendesak, terutama dari kalangan akademika.

Mengadakan Wikimania Indonesia tidak berarti menutup keterlibatan pengguna-pengguna dari negara lain, terutama yang berdekatan secara geografis dengan Indonesia. Wikimania Indonesia juga diharapkan dapat menjadi "milik" pengguna-pengguna dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara lainnya. Menyelenggarakan Wikimania di Indonesia yang notabene adalah negara dengan penduduk terbanyak di Asia Tenggara sama ibaratnya dengan menyelenggarakan Wikimania Asia Tenggara.

Mengapa Surakarta?

Surakarta memiliki sejarah yang panjang dengan Wikipedia bahasa Indonesia. Beberapa dari penyunting awal maupun pengurus dan mantan pengurus Wikipedia Indonesia memiliki hubungan dengan kota yang memiliki sejarah literatur yang panjang ini. Selain itu lokasi yang strategis dan kesiapan relawan juga menjadi faktor pendukung dalam memilih Surakarta sebagai calon tuan rumah Wikimania 2013.

Beberapa potensi Surakarta yang dapat membuat kota ini terpilih antara lain dari segi peninggalan sejarah, teknologi dan infrastruktur, biaya penyelenggaraan yang relatif tidak mahal, dukungan dari pemerintah daerah, serta akses yang memadai bagi kaum difabel membuat kota Surakarta menjadi pilihan yang teratas dari antara kota-kota lainnya di Indonesia. Selain itu, seperti yang dilakukan pada Wikimania-Wikimania sebelumnya, tersedia pula banyak pilihan perjalanan wisata bagi para peserta setelah konferensi berakhir, untuk semakin memperkenalkan kekayaan wisata Indonesia kepada para penyunting Wiki(p/m)edia dari seluruh dunia.

Jadwal

  • 30 March 2012 (23:59 UTC): Bidding ends; all major information on the bid pages must be final.
  • 31 March 2012: Question & Answer phase begins; bid teams answer questions from Jury and public and refine their bids.
  • 31 March 2012 (Time TBD): First public meeting with bidders on IRC (#wikimania channel on Freenode).
  • 14 April 2012 (Time TBD): Second public meeting with bidders on IRC (#wikimania channel on Freenode).
  • 15 April 2012 (23:59 UTC): Question & Answer phase ends; beginning of Jury deliberation.
  • 28 April 2012: Jury decision made; announcement of host city of bidders and public.
  • Agustus 2012: Wikimania 2012 Washington D.C.
  • 2013: tim mulai mematangkan persiapan
  • Agustus 2013: Wikimania 2013 Surakarta

Selain itu, rencananya tim yang akan volunteer di konferensi ini akan bertemu minimal 2 kali di kota Solo, sekali sebelum April 15, sekali lagi apabila Solo terpilih.

Contact person

Pengguna:Bennylin
Pembicaraan Pengguna:Bennylin, Istimewa:Surel pengguna/Bennylin, (email saya untuk nomor HP)

FAQ

Apa itu Wikimania?
Lihat Wikimania
Bagaimana caranya saya dapat berpartisipasi?
Anda diundang untuk mendaftar ke Milis Wikimania Indonesia


Kriteria

Kriteria penting untuk menyelenggarakan Wikimania

  • Tim beranggotakan sukarelawan (baik online maupun di darat) yang sanggup menyediakan waktu selama 6 bulan untuk mensukseskan jalannya konferensi.
    • Tim online dapat membantu untuk hal-hal seperti contact support dan lain-lain, sehingga meringankan beban tim darat.
  • Mengidentifikasi partner potensial untuk mendukung pencalonan.
    • Pemerintah lokal
    • Institusi pendidikan besar
    • Sponsor finansial yang tidak bertentangan dengan tujuan Wikimedia
  • Adanya dukungan sukarelawan yang cukup banyak selama jalannya konferensi.
  • Mengikuti panduan Wikimedia Foundation tentang konferensi Wikimania (mis. tentang hotel, transportasi, dll.)

Pranala luar

Calon lain

Berikut ini adalah kota-kota yang juga mencalonkan diri menjadi tuan rumah Wikimania 2013