Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)/Arsip/Mei 2011

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Tahun/Tanggal

Saya berusaha memasukkan tanggal/tahun ke templat {({cite book})} (hapus tanda kurung) dan {cite web}} dengan menggunakan |date = dan |year = . Tapi, saat muncul di bagian referensi, yang muncul adalah tahun dan tanggal hari ini. Misal, saya menulis {({cite web|title = xxx|date = 2007})} tetapi kalau dihapus tanda kurungnya menjadi "xxx". 2007.  Kenapa bisa begini ya? Septmars (bicara) 08:59, 2 Mei 2011 (UTC)

Artikel Bagus

Saya ingin tahu kenapa simbol artikel bagus versi WBI kadang2 suka gak ada dalam artikel yg sama di Wikipedia bahasa lain? Beda sekali sama AP yang simbol bintangnya kelihatan di artikel yg sama di semua bahasa. F1Fans | Alonsista(kirim pesan) 14:31, 15 Mei 2011 (UTC)

Contoh AP mana yg di semua bahasa sama? Sepengetahuan saya itu pilihan masing2 bahasa jadi kecil kemungkinan ada artikel yg jadi AP di semua bahasa.  Sanko  bicara  15:02, 15 Mei 2011 (UTC)
Maksudnya gini, kan kalo artikel pilihan pasti dapat bintang, terus di Wikipedia bahasa lain di bagian Interwiki-nya (yg pinggir halaman) status bintangnya akan kelihatan dari Wikipedia bahasa mana (misal Fernando Alonso AP di WBI, di Wikipedia Inggris/bahasa lain akan kelihatan status AP si artikel tsb dlm bhs Indonesia melalui tanda bintang). Nah klo artikel bagus (AB) kok gak kelihatan ya simbol status artikel bagusnya di interwiki bahasa lain. Salam. F1Fans | Alonsista(kirim pesan) 15:30, 15 Mei 2011 (UTC)
Sepertinya itu harus dilakukan secara manual. Asep Taufiq (bicara) 15:32, 15 Mei 2011 (UTC)
Saya lihat juga banyak pengguna dari Wikipedia bahasa lain yang mampir ke WBI untuk mengetikkan templat agar terlihat bahwa di Wikipedia lainnya sudah menjadi artikel pilihan/bagus. Mungkin kita perlu berkeliling dunia (baca: mengetik manual di seluruh artikel Wikipedia lainnya) untuk menandakan bahwa di WBI sudah menjadi artikel pilihan/bagus. Salam. Albertus Aditya (bicara) 15:36, 15 Mei 2011 (UTC)
Oh gitu maksudnya, OK nanti kalau lowong saya juga akan bantu keliling beberapa bahasa untuk memberi penandaan manual. Tapi tidak semua bahasa non latin bisa saya garap, ada yg takut bikin rusak disana lalu di banned  Sanko  bicara  21:24, 15 Mei 2011 (UTC)
Saya coba keliling bahasa lain, dan bingung bagaimana menandai bahwa artikel yang di Bahasa Indonesia adalah Artikel Bagus.  Sanko  bicara  09:10, 21 Mei 2011 (UTC)
Sertakan skrip ini {{Link GA}}. Asep Taufiq (bicara) 09:20, 21 Mei 2011 (UTC)
Masih belum paham, bagaimana dengan di bahasa uk ini? karena yang Bahasa Inggris muncul tandanya, yang di WBI tidak. Sebaliknya di WBI tidak terlihat tanda itu untuk Bahasa Inggris? Contoh lagi di nl tidak muncul tandanya sama sekali baik Inggris dan Indonesia.  Sanko  bicara  09:30, 21 Mei 2011 (UTC)

Apakah templat infobox settlement perlu diterapkan bagi semua kota di Indonesia?

Terdapat ketidakseragaman pencantuman templat kotak info pada kota-kota di Indonesia. Ini terkesan demokratis, tetapi terkesan membingungkan. Ini perlu ditertibkan. Yang berikut ini adalah hasil pengamatan saya.

{{Ibukota provinsi}}

{{Infobox settlement}}

{{Dati2}}

Beda sendiri

Saran untuk standardisasi

Reindra (bicara) 13:34, 18 Mei 2011 (UTC)

Saya kira itu ide yang sangat bagus. Bisa dimasukkan ke Wikipedia:ProyekWiki kota di Indonesia.
βέννγλιν 13:55, 18 Mei 2011 (UTC)
Lho, kok diskusi ini diposting di dua Warkop? Lebih baik satu saja, ndra...
βέννγλιν 16:20, 18 Mei 2011 (UTC)
Yang satu lagi sudah dihapus. Reindra (bicara) 09:12, 21 Mei 2011 (UTC)

Tool baru: penerjemah berkas SVG

PS: 73% artikel di WBI adalah rintisan... :(
βέννγλιν 16:25, 18 Mei 2011 (UTC)

Ada pula beberapa artikel yang semestinya tidak lagi dinilai sebagai rintisan, namun {{tag}} rintisan masih digunakan. Terima kasih buat informasinya. Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 05:18, 19 Mei 2011 (UTC)
Dengan asumsi 5% (saya rasa itu cukup besar) dari 119.170 artikel dengan tag rintisan sebenarnya bukan rintisan, maka didapat 113.211 dari 164.006 atau 69%. Jadi dari studi ini dapat dikatakan 69%-73% artikel WBI adalah rintisan. Salam.
βέννγλιν 10:08, 19 Mei 2011 (UTC)
What? 73% artikel di WBI adalah rintisan? Tapi lebih mending daripada Melayu. Ezagren ngorbol 05:43, 19 Mei 2011 (UTC)
Tapi tulisan di ruang nama Wikipedia bukan artikel 'kan? Saya lihat beberapa halaman pedoman diisi templat rintisan bertopik Wikipedia. -- Adiputra बिचर -- 11:28, 19 Mei 2011 (UTC)

Membenarkan pendapat Pak Moel, contohnya artikel Godean, Sleman, artikel ini berukuran lebih dari 9.000 bita tetapi masih ada {{base-stub}}-nya. Sepertinya masih banyak artikel yang seharusnya sudah tidak berupa rintisan tetapi masih menggunakan templat tersebut.

Masalahnya, apa yang menjadi kriteria sebuah artikel masih berupa rintisan? Misalnya jika dari ukuran, berapa bita? Salam. Wagino 20100516 (bicara) 02:14, 20 Mei 2011 (UTC)

Sejauh sepengertian saya, tidak ada panduan dalam bentuk jumlah bita untuk menentukan bila artikel bukan lagi sebuah "rintisan". Salam — Tjmoel Icons-flag-id.png bicara 03:22, 20 Mei 2011 (UTC)

Templat:Navbox

Di komputer yang sedang saya pakai, tulisan pada templat navbox di WBI tampak lebih kecil daripada templat yang sama di WBIng. Mungkin ukuran yang ditentukan di sini (di WBI) berbeda. Mohon pengurus memperbesar tulisannya sedikit lagi agar lebih nyaman dibaca. Jika tulisannya kecil, sulit dibedakan mana yang dicetak tebal. -- Adiputra बिचर -- 09:16, 7 Mei 2011 (UTC)

Apa nggak kepencet zooming? Di tempat saya normal saja kok. Saya menggunakan banyak navbox di beberapa artikel yg saya sunting.  Sanko  bicara  09:38, 7 Mei 2011 (UTC)
Sepertinya begitu. Ternyata setelan tampilan komputer yang sedang saya pakai sedikit berbeda dengan yg sering saya pakai. Jadi, ukuran tulisan di halaman Wikipedia Indonesia ditampilkan lebih kecil dari biasanya. Sekarang ukurannya sudah saya perbesar. -- Adiputra बिचर -- 09:47, 7 Mei 2011 (UTC)

 Selesai

Tulisan Warung Kopi dan Wikipedia ... berubah

Permisi, ikut diskusi sebentar. Kalau dari komputer saya kemarin tulisan Warung Kopi yang di sebelah kiri menjadi Warkop. Kalau sekarang tulisan Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas menjadi Dari Wikipedia saja. Kenapa ya? Apa di tempat Anda semua begitu? Redyka ngobrol 10:03, 7 Mei 2011 (UTC)

ada screenshot?  Sanko  bicara  10:26, 7 Mei 2011 (UTC)

SS Warkop.PNG

Ini screenshot-nya. Di bawah judul kan tertulis Dari Wikipedia, biasanya Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Redyka ngobrol 10:58, 7 Mei 2011 (UTC)

Iya sama, baru perhatikan. Yang Warkop tdk lihat kemarin. Hayo yg punya kerjaan ngaku.  Sanko  bicara  12:54, 7 Mei 2011 (UTC)

Kalimat/kata Warkop sekarang telah kembali menjadi Warung Kopi, hanya untuk tulisan Dari Wikipedia Bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas saja yang belum/tidak kembali lagi (masih tetap Dari Wikipedia saja). Salam. Wagino 20100516 13:00, 7 Mei 2011 (UTC)
Masih Dari Wikipedia saja, blm berubah. Kena/menga paa..ya..? eMpu 15:49, 7 Mei 2011 (UTC)
Kalau mau ubah tulisan itu, bisa dilakukan di [1], proyek penerjemahan MediaWiki. Jangan-jangan ada yang usil ke sana ubah-ubah itu. (tetapi memang asya lebih suka tulisan "Dari Wikipedia" alih-alih "Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas" (lebih ringkas)) •• KℇℵℑℭK 13:07, 13 Mei 2011 (UTC)

Validasi Halaman

Saya menemukan artikel yang "belum diperiksa" dan saya telah menambahkan suntingan agar lengkap. Untuk permohonan artikel tersebut agar terperiksa, kan, harus buat permohonan di Wikipedia:Validasi artikel/Permohonan peninjauan. Tapi di sana tercantumkan kata-kata "Halaman ini bukan permintaan untuk "meninjau"/memeriksa/proofread artikel yang baru Anda tulis atau terjemahkan, tetapi melakukan tinjauan terhadap revisi tertunda".

Jadi, kemana saya harus melakukan permohonan pemeriksaan? Apa langsung kontak editornya? Ataukah ke halaman Wikipedia:Validasi artikel/Permohonan peninjauan , dengan kata-kata "mohon diperiksa"??

Mohon Bantuan dan Penjelasannya (-.-) Wagasho ilmi 10:18, 7 Mei 2011 (UTC)

OK OK sudah. Anda telaten menterjemahkannya.  Sanko  bicara  10:25, 7 Mei 2011 (UTC)

Jadi, jika lain waktu untuk melakukan permohonan validasi halaman yang "belum diperiksa" apakah harus ke Wikipedia:Validasi artikel/Permohonan peninjauan terlebih dahulu dengan kata-kata "mohon diperiksa"?? Atau langsung kontak editor?? --Wagasho ilmi 10:46, 7 Mei 2011 (UTC)

Di Wikipedia:Validasi artikel/Permohonan peninjauan saja, ada 51 editor, cuma mungkin lagi sibuk semua menyunting, meronda, atau lainnya.  Sanko  bicara  12:52, 7 Mei 2011 (UTC)

Rujukan

Sampel (ditambahkan setelah Ezagren ikut berkomentar)

Itu rujukan kenapa jadi angka-angka aneh begitu yah? a, b, c, d nya kemana? Serenity 10:53, 7 Mei 2011 (UTC)

Rujukan di artikel mana?  Sanko  bicara  17:05, 7 Mei 2011 (UTC)
Artikel yang ada rujukannya. Yang di sebelah ini, lho, maksud dari ybs. (Pengguna:Serenity). Saya juga sedikit heran, kemarin-kemarin "Dari Wikipedia bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas", sekarang kok "Dari Wikipedia" saja? Selain itu alat-alat penyuntingan pakai jenis Vector walau tampilan saya Monobook. Dulunya alat-alat penyuntingan saya Monobook. --Ezagren ngorbol 17:23, 7 Mei 2011 (UTC)

Iya, di versi (Inggris) masih a b c d bukan angka, juga tulisan di atas masih blm berubah From Wikipedia, the free encyclopedia  Sanko  bicara  19:27, 7 Mei 2011 (UTC)

Karena sepertinya sudah kembali walaupun apa penyebab kembalinya, maka:  Selesai Albertus Aditya (bicara) 10:43, 24 Juni 2011 (UTC)

Usulan tambahan kode CSS untuk superscript dan subscript

Perbandingan jarak antar baris antara Wikipedia bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris

Saya perhatikan ada perbedaan kode CSS yang digunakan antara Wikipedia Bahasa Indonesia dengan Wikipedia Bahasa Inggris yang menyebabkan jarak antar baris pada artikel Wikipedia Bahasa Indonesia tidak konsisten ketika menemui baris dengan referensi di dalamnya. (Berkas contoh terlampir di sebelah kanan ini.)

Saya pikir ini penting, untuk kenyamanan membaca artikel-artikel di Wikipedia Bahasa Indonesia, terutama pada paragraf dengan banyak referensi di dalamnya.

Untuk itu, saya mengusulkan agar pada berkas CSS yang dimuat untuk Wikipedia Bahasa Indonesia (saya tidak tahu nama berkasnya) agar ditambahkan beberapa baris kode sederhana sebagai berikut:

sub, sup {
   line-height: 1em;
}

— Saifulwebid (Bicara • Kontrib.) 19:32, 12 Mei 2011 (UTC)

Berkasnya ada di MediaWiki:Common.css (berlaku untuk semua kulit) atau MediaWiki:Vector.css (hanya berlaku untuk yang memiliki kulit Vector). Untuk menyunting berkas itu, diperlukan hak seorang pengurus. •• KℇℵℑℭK 13:10, 13 Mei 2011 (UTC)

Kalau dibutuhkan pengurus, saya coba bantu kalau nanti terbentuk konsesus. Tetapi, menurut saya yang sekarang sudah cukup bagus, dan sejujurnya saya lebih suka yang versi di WBI daripada di WB Inggris. Tetapi, kalau nanti udah konsesus, saya siap melaksanakan hasilnya. Salam. Albertus Aditya (bicara) 14:38, 13 Mei 2011 (UTC)

Bagaimana tahapan/cara agar konsensus tersebut terbentuk? Mungkin ada halaman yang harus saya pelajari mengenai konsensus? — Saifulwebid (Bicara • Kontrib.) 01:39, 14 Mei 2011 (UTC)
Coba Anda baca-baca sekilas di sini. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 01:56, 14 Mei 2011 (UTC)
Terima kasih pak Wagino. — Saifulwebid (Bicara • Kontrib.) 04:10, 14 Mei 2011 (UTC)

Gini aja, musyawarahnya dijalankan dulu saja sampai Senin, siapa tahu ada usulan atau hal-hal lain. Kalau tidak ada hal yang signifikan, bisa dimulai voting selama 1 minggu, jika 70% dari suara yang masuk nanti setuju untuk diubah, maka akan diubah. Salam. Albertus Aditya (bicara) 01:59, 14 Mei 2011 (UTC)

Setuju. Terima kasih mas Albert. — Saifulwebid (Bicara • Kontrib.) 04:10, 14 Mei 2011 (UTC)

Diskusi berlangsung sejak 17 Mei 2011, 00.00 UTC. Silakan beri persetujuan/per-tidaksetujuan. Salam. Albertus Aditya (bicara) 15:07, 16 Mei 2011 (UTC)

  1. Setuju Setuju untuk dirapikan diratakan seperti versi Bahasa Inggris.  Sanko  bicara  21:55, 16 Mei 2011 (UTC)
  2. Setuju Setuju — Saifulwebid (Bicara • Kontrib.) 04:03, 17 Mei 2011 (UTC)
  3. Setuju Setuju --  -iNu-  ►  04:26, 22 Mei 2011 (UTC)
  4. Setuju Setuju rada pusing kalau baca dengan jarak yang tidak konsisten. --BlackKnight mail 02:02, 24 Mei 2011 (UTC)
  5. Setuju Setuju Saya sependapat dengan BlackKnight, tetapi untuk

Karena telah mendapat 4 persetujuan dan tanpa pertentangan selama masa diskusi maka diskusi ini dianggap mufakat, dengan keputusan akan dilakukan perubahan sebagaimana diajukan dalam diskusi ini. Salam. Albertus Aditya (bicara) 11:12, 24 Mei 2011 (UTC)

Omong-omong, bagian yang ditambahkan/diubah yang mana ya di MediaWiki:Vector.css dan di MediaWiki:Common.css? Salam. Albertus Aditya (bicara) 11:18, 24 Mei 2011 (UTC)
Saya pikir di MediaWiki:Common.css, karena hal tersebut terjadi di semua kulit. Mungkin kalau dirasa bermasalah bagi pengguna tertentu dengan kulit selain Vector, baru diterapkan di MediaWiki:Vector.css saja. — Saifulwebid (Bicara • Kontrib.) 12:55, 24 Mei 2011 (UTC)
Kalau perubahannya di bagian Common, maka ada beberapa bagian yang harus dirapikan untuk subscript dan superscript-nya. (yang mana ya, saya bingung?). Karena kalau tidak dirapikan, hasilnya bisa "berantakan" bahkan "njomplang". Jadi, usul saya, rapikan yang bagian common, karena itu akan berlaku bagi semua kulit.  tatasport  bicara  13:02, 24 Mei 2011 (UTC)
Setuju Setuju — Saifulwebid (Bicara • Kontrib.) 00:15, 25 Mei 2011 (UTC)

Dengan sudah ditambahkannya kode dimaksud pada kedua MediaWiki tersebut di atas, maka:  Selesai Albertus Aditya (bicara) 10:37, 24 Juni 2011 (UTC)

Tanya Tentang JavaScript

Mohon pencerahannya, beberapa menit yang lalu saya coba memasukkan beberapa kode JavaScript untuk halaman pengguna saya, tapi kok nggak muncul ya efeknya, hehehe... harapan saya bisa muncul efeknya seperti halnya di blog. Mohon pencerahannya, dan kalau memang itu (red, JavaScript tidak diperbolehkan di WBI tolong beri rujukan referensi agar saya bisa mengetahui informasinya. Juga kalo bisa bagaimana caranya. Makasih. Salam. Riemogerz Icons-flag-ps.png bay de way 02:39, 19 Mei 2011 (UTC)

Kalo pengen tau lebih jauh tentang penerapan kode JavaScript untuk halaman pengguna Wikipedia, Silahkan kunjungi halaman pengguna ini >> Pengguna:il8n di commons-wiki.
Selain itu bacaan yang bermanfaat ada beberapa :
mengenai User scripts
mengenai Gadget
atau soal Scripts
Semoga bermanfaat.
Iwan Novirion™ Kirim Pesan   12:33, 5 Juni 2011 (UTC)

Cara memasukkan gambar di wikipedia

Bagaimana cara memasukkan gambar di wikipedia? Dan dalam kebijakan tidak diperbolehkan mengambil gambar dari Google Image, boleh tidak mengambil gambar dari website lain atau harus mengambil gambar sendiri?

Trims

Muhammad Faizarha (bicara) 10:43, 21 Mei 2011 (UTC)

Di sebelah kiri bagian peralatan terdapat Unggah berkas, jika mengambil dari website lain, itu dilakukan karena sudah tidak ada sumber lain yang bisa dipakai. Dalam aturannya harus menyebutkan sumber pengambilan dan pilihan lisensi adalah 'Penggunaan wajar'. Jika bisa membuat sendiri atau memotret sendiri saya sarankan diunggah di Commons agar bisa dipakai di berbagai proyek dan bahasa Wikipedia/media lainnya selain Bahasa Indonesia.  Sanko  bicara  11:47, 21 Mei 2011 (UTC)

Panjang artikel

Artikel ini (Bahasa Jawa Cirebon) di dalamnya terdapat kamus kecil yang selalu diperbarui oleh yang empunya artikel, lama-kelamaan artikel tersebut akan semakin panjang dan panjaaaaaaaaaaaang karena kamus tersebut. Adakah kebijakan dan peraturan di Wikipedia mengenai hal ini? Heiwa.pngAriyanto Gartoon-Evolution.png 05:50, 23 Mei 2011 (UTC)

Ada. Pindahkan (baca: potong) tabelnya ke wiktionary.
βέννγλιν 06:58, 23 Mei 2011 (UTC)

Artikel terisolasi

http://toolserver.org/~lvova/cgi-bin/go.sh?interface=en&language=id&listby=creator Menarik dicermati bahwa lima pengguna teratas memiliki jumlah artikel terisolasi yang jauh lebih banyak dari sisanya, dan bahwa tiga dari delapan besar adalah robot.
βέννγλιν 06:53, 27 Mei 2011 (UTC)

Bung Bennylin ada tuh 61 artikel, ayo diselesaikan! Salam, Naval Scene (bicara) 06:59, 27 Mei 2011 (UTC)
Wow! Namaku di posisi 14! Bagaimana, nih? Salam. Wagino 20100516 (bicara) 07:10, 27 Mei 2011 (UTC)
Maksudnya Artikel terisolasi itu apa ya? Saya ada 8.  Sanko  bicara  11:36, 27 Mei 2011 (UTC)
Saya tidak ada dalam daftar. Mengenai isolated article, baca ini.-- Adiputra बिचर -- 11:39, 27 Mei 2011 (UTC)
Betul, mayoritas artikel terisolasi adalah artikel yatim, tetapi rupanya program ini juga mencari artikel yang sedikit terhubung dengan artikel lain, jadi tidak benar-benar yatim, alias artikel tiri :).
βέννγλιν 16:09, 27 Mei 2011 (UTC)
Letak kekuatan dari Wikipedia adalah keterkaitan antar artikelnya (wikifikasi) sehingga mampu terindeks dengan baik oleh Google dan muncul di halaman pertama untuk kata kunci yang dicari pengguna. Ini salah satu faktor yang membuat Wikipedia menjadi populer dan menjadi rujukan, karena setiap kata kunci yang diketik di Google maka artikel Wikipedia selalu muncul di halaman pertama. Artikel yang terisolasi akan sulit terindeks dan kecil kemungkinannya akan muncul di halaman hasil pencarian Google. Sayang khan jika kita cape-cape bikin artikel tapi tidak terindeks Google dan jarang ada yang mengakses artikel itu . Solusi termudah ya dengan melihat "suggest link" dan menambahkan (wikifikasi) di artikel yang tercantum disana, misal dengan menambahkan lihat pula. Salam -  StefanusRA  |  ✉  16:30, 27 Mei 2011 (UTC)
Saya tidak sependapat dengan pak Stefanus, karena setelah saya coba, beberapa artikel terisolasi yang saya buat juga muncul di Google. -- Adiputra बिचर -- 18:21, 27 Mei 2011 (UTC)
Ya sepertinya Google mempunyai bot pendata yg hebat, artikel terisolasi saya yg bukan terjemahan muncul di halaman pertama, bahkan itu artikel yg tidak punya interwiki. Kecuali memang yg mempunyai situs sendiri atau terjemahan maka artikel di WBI tidak muncul di halaman pertama, krn halaman pertama terisi situs resmi atau Wikipedia bahasa Inggris.  Sanko  bicara  00:30, 28 Mei 2011 (UTC)

Terima kasih informasinya, tampaknya makin banyak punya artikel terisolasi berarti punya aktivitas tinggi dalam membuat Artikel Baru yang mandiri. Tinggal mencari relasi atau membuat relasi dari artikel lainnya. Sanko  bicara  12:58, 27 Mei 2011 (UTC)

Benar. Sedikit beda dengan membuat artikel karena membirukan pranala merah. -- Adiputra बिचर -- 14:12, 27 Mei 2011 (UTC)