Wikipedia:Warung Kopi/Penting: Fitur patroli suntingan baru telah tersedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ekstensi "FlaggedRevs" telah tersedia untuk komunitas wiki yang setuju untuk menggunakannya. FlaggedRevs adalah sebuah alat untuk patroli, mengidentifikasikan revisi-revisi artikel yang layak, dan mengubah versi default yang akan ditampilkan kepada pengunjung. Banyak sekali aspek dari ekstensi ini yang dapat dikonfigurasikan secara bebas.

Ada dua jenis konfigurasi yang disiapkan untuk proyek-proyek wiki:

  1. Konfigurasi patroli (sebuah konfigurasi minimal untuk mematroli gangguan)
  2. Konfigurasi tersuai (custom configuration) sesuai permintaan komunitas wiki

As of today, the "FlaggedRevs" extension is available to any wiki community that wishes to use it. FlaggedRevs is a tool for patrolling changes, identifying high quality article versions, and changing the default version shown to unregistered users. It's highly configurable.

As such, we're making it available in two configurations:

  1. A minimally intrusive "patrolling" configuration;
  2. Custom configurations per your request.

Siapa yang membutuhkan fitur ini dan di mana saya bisa melihat ini?[sunting sumber]

Komunitas wiki yang cukup besar akan mungkin mendapatkan manfaat lebih besar ketika menggunakan fitur ini ketimbang wiki-wiki yang lebih kecil. Jika Anda memiliki masalah dalam memeriksa vandalisme, dan/atau ingin mencoba cara-cara baru untuk mengidentifikasikan konten berkualitas tinggi, Anda dapat mengeksplorasi fungsi-fungsi ekstensi ini.

Silakan melihat instalasi demo fitur ini dalam bahasa Inggris di: http://en.labs.wikimedia.org/

Fitur ini juga digunakan dalam Wikipedia bahasa Jerman: http://de.wikipedia.org/

Wikipedia bahasa Jerman menggunakan konfigurasi tersuai (custom configuration) di mana revisi vandalisme yang terakhir terpatroli, jika ada, adalah yang ditampilkan ke pengguna anonim/pengunjung. Anda dapat melihat progres penggunaan fitur patroli mereka ini di sini:

http://tools.wikimedia.de/~aka/cgi-bin/reviewcnt.cgi?lang=english

Who needs this feature and where can I see it?


Larger wiki communities will probably benefit more from the use of this feature than smaller ones. If you have problems keeping vandalism in check, and/or want to experiment with new ways to identify high quality content, you should look into this functionality.

You can see an English language demo installation of the feature at: http://en.labs.wikimedia.org/

The feature is in production use on the German Wikipedia: http://de.wikipedia.org/

The German Wikipedia uses a custom configuration where the most recent vandalism-patrolled version, if any, is shown to unregistered users. You can track the progress of their use of the patrolling feature here:

http://tools.wikimedia.de/~aka/cgi-bin/reviewcnt.cgi?lang=english

Konfigurasi Patroli[sunting sumber]

Dalam Konfigurasi Patroli, pengguna yang telah terdaftar selama lebih dari 21 hari dan telah memiliki 150 suntingan secara otomatis diberikan hak untuk mematroli perubahan untuk memeriksa vandalisme. Hanya revisi yang dilakukan oleh mereka yang tidak memiliki hak patroli saja yang perlu untuk diperiksa.

Sebagai tambahan, Opsis akan diberi hak untuk menandai revisi sebagai "artikel terpilih" dalam hubungannya dengan proses nominasi yang telah ada. (Dengan kata lain, ini akan memberikan Anda kemampuan untuk mengidentifikasikan _revisi_ tertentu artikel sebagai "terpilih", dan bukan revisi artikel secara keseluruhan.) Opsis juga akan diberikan hak untuk mengkonfigurasi secara per halaman, apakah revisi yang akan ditampilkan kepada pengunjung adalah revisi yang telah diperiksa atau revisi terkini. Ini adalah sebuah alternatif terhadap semi perlindungan; dan sebaiknya tidak menggunakan keduanya dalam satu halaman.

Penggunaan fitur ini haruslah mengikuti kebijakan yang perlu dibuat oleh komunitas wiki Anda. Fitur-fitur ini harus digunakan secara sangat hati-hati bilamana kebijakan tersebut belum ada.

Untuk mengaktifkan Konfigurasi Patroli:

  1. Ajukan permintaan di http://bugzilla.wikimedia.org/ di bawah tipe "enhancement", komponen "site request". Anda mungkin perlu memiliki sebuah akun BugZilla untuk melakukan ini.
  2. Namai permintaan Anda "Enable FlaggedRevs Patrolling Configuration on (nama proyek wiki)".
  3. Tuliskan pranala ke permintaan BugZilla ini di halaman diskusi, Warung Kopi, dan milis, bila ada.

Jika tidak ada keberatan terhadap halaman BugZilla tersebut, permintaan ini akan dianggap valid setelah 7 hari. (Memerlukan waktu lagi untuk memprosesnya.)

Patrolling Configuration


In the Patrolling Configuration, any user who has been registered for more than 21 days and has made at least 150 edits will be automatically given the permission to patrol changes for vandalism. Only changes made by users who are not permitted to patrol changes need to be patrolled.

In addition, sysops will be given the permission to flag versions of "featured articles" in accordance with existing nomination processes. (In other words, this gives you the ability to identify specific _versions_ of an article as "featured", rather than the article as a whole.) Finally, sysops will be permitted to define on a per-page basis that changes need to be patrolled before being visible to unregistered readers. This is an alternative to semi-protection; it doesn't make sense to use both on a given page.

The use of these features is subject to policies that your wiki community will need to develop. They should be used carefully until such a policy is in place.

To activate the patrolling configuration,

1) File a request on http://bugzilla.wikimedia.org/ of type "enhancement", component "site request". You may need to create a BugZilla account to do this.

2) Title your request "Enable FlaggedRevs Patrolling Configuration on (my project name)".

3) Post a link to your BugZilla request to your project's "Village pump" and mailing list, if available.

If there are no objections on the BugZilla page, the request will be considered valid after 7 days. (It may still take a while longer to process it.)

Konfigurasi Tersuai[sunting sumber]

Ekstensi FlaggedRevs sangatlah fleksibel untuk dikonfigurasi. Kami ingin mengakomodasi permintaan-permintaan tersuai. Karena ada konfigurasi yang cukup 'berbahaya', Konfigurasi Tersuai memerlukan persyaratan yang lebih tinggi.

  1. Baca mengenai opsi konfigurasi di http://www.mediawiki.org/wiki/Extension:FlaggedRevs dan cobalah demo langsung di http://en.labs.wikimedia.org/
  2. Buat sebuah halaman di bawah ruang nama "Project:" (misalnya, "Wikipedia:", "Wikibooks:") di komunitas wiki Anda yang menjelaskan konfigurasi yang akan Anda gunakan.
  3. Buat sebuah permintaan BugZilla sebagaimana di atas, dengan judul "Enable FlaggedRevs custom configuration on (nama proyek wiki)" yang merujuk pada halaman proposal yang telah Anda buat. Berikan terjemahan bahasa Inggris untuk semua informasi yang relevan - atau kami tidak dapat memproses permintaan Anda.
  4. Berikan pranala di proposal Anda dan permintaan BugZilla di semua jalur yang relevan di komunitas wiki Anda, seperti "Warung Kopi" dan milis.

Jika tidak ada keberatan dalam 14 hari, permintaan Anda akan dianggap valid. Jika ada keberatan, cobalah untuk membuat konsensus. Jika diperlukan, Anda dapat mengadakan pemungutan suara (sebuah mayoritas yang sangat besar, minimal dua pertiga, biasanya diperlukan).

Ingat bahwa konfigurasi tersuai membutuhkan waktu lebih panjang untuk diproses, dan mungkin akan mengantri di technical support selama beberapa minggu.

Developer kami _hanya_ akan melihat informasi yang tercantum di permintaan BugZilla, karena itu pastikan bahwa semua hal yang relevan telah diberikan pranala di sana.

Custom Configurations


The FlaggedRevs extension is highly flexible in its configuration. We are willing to accommodate custom requests. Since some configurations of FlaggedRevs could be considered highly disruptive, the requirements are somewhat higher.

1) Read about the configuration options at: http://www.mediawiki.org/wiki/Extension:FlaggedRevs and experiment with the live demo at: http://en.labs.wikimedia.org/

2) Create a page in the "Project:" namespace (e.g. "Wikipedia:", "Wikibooks:") of your wiki community describing the configuration you want to use.

3) Create a BugZilla request as above, titled "Enable FlaggedRevs custom configuration on (my project name)" pointing to the proposal page you have created. Provide an English translation of all relevant information if possible - or we may not be able to help you.

4) Post a link to your proposal and to the BugZilla request to the various relevant channels of your wiki community, e.g. "village pump", mailing list.

If there are no objections within 14 days, your request will be considered valid. If there are objections, please try building consensus. If necessary, you can also resort to a poll (a very large majority, at least two thirds, is generally necessary).

Note that custom configurations will take longer to process, and might sit in the technical support queue for several weeks.

Our developers will _only_ look at the information attached to the BugZilla request, so please make sure that everything relevant is at least linked from there.

Penerjemah dibutuhkan[sunting sumber]

Antarmuka ekstensi FlaggedRevs perlu diterjemahkan ke sebanyak mungkin bahasa. Ekstensi ini dapat diterjemahkan menggunakan http://translatewiki.net/ - ikuti instruksi di sana untuk menjadi translator.

Translators needed


The user interface of the FlaggedRevs extension needs to be translated into as many languages as possible. The extension can be localized using http://translatewiki.net/ - please follow the instructions there to become a translator.

Antarmuka developer diperlukan[sunting sumber]

Jika Anda adalah seorang developer PHP dengan pengalaman JavaScript/CSS, bantuan Anda untuk meningkatkan antarmuka pengguna (dengan meningkatkan CSS atau menambahkan fitur AJAX) akan sangat dihargai. Silakan periksa kopi kode program MediaWiki dan FlaggedRevs terbaru, dan segera memulai:

http://www.mediawiki.org/wiki/Subversion
http://mediawiki.org/wiki/Extension:FlaggedRevs

Jika Anda memerlukan akses komiter ke sistem kontrol versi kami, silakan e-mail ke <commitaccess at wikimedia dot org>, dengan melampirkan SSH key Anda, dan nama pengguna yang diinginkan sebagaimana pranala di atas.

User interface developers needed


If you are a PHP developer with JavaScript/CSS experience, your help in improving the user interface experience (by improving the CSS or adding AJAX features) would be appreciated. Just check out a fresh copy of the MediaWiki code and the FlaggedRevs code and get started:

http://www.mediawiki.org/wiki/Subversion
http://mediawiki.org/wiki/Extension:FlaggedRevs

If you need committer access to our version control system, please e-mail <commitaccess at wikimedia dot org>, attaching your SSH key and desired username as per the above link.