Wikipedia:Tombol Tuju ke

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Tombol Tuju ke (Inggris: Go button) ditampilkan di kotak pencarian di menu samping kiri sebelum tombol "Cari". Fungsi tombol ini adalah untuk menampilkan suatu halaman secara langsung, tanpa perlu memilih halaman tersebut dari daftar pada hasil pencarian. Dengan kata lain, tombol ini memungkinkan Anda untuk berpindah dari satu halaman ke halaman yang lain tanpa perlu mengikuti pranala.

Penggunaan[sunting sumber]

Untuk menampilkan suatu halaman, masukkan nama halaman atau artikel yang Anda tuju pada kotak teks pencarian dan tekan tombol "Tuju ke" atau tekan tombol enter. Cara kerja tombol ini cukup kompleks seperti yang akan dijabarkan berikut ini. Setiap langkah dilakukan berurutan, dan jika tidak ditemukan artikel yang sesuai dengan kriteria pada setiap langkah, pencarian akan dilanjutkan ke langkah selanjutnya.

  1. Mencoba mencari halaman dengan judul yang sama persis dengan yang dimasukkan.
  2. Mencoba dengan judul yang seluruhnya adalah huruf kecil.
  3. Mencoba dengan judul yang seluruh huruf pertama dari setiap kata adalah huruf besar dan huruf-huruf lainnya huruf kecil.
  4. Mencoba dengan judul yang seluruhnya adalah huruf besar.
  5. Mencoba pencarian judul dengan dengan mengabaikan kapitalisasi huruf terhadap keseluruhan judul atau sebagian judul. Jika ditemukan beberapa artikel atau halaman yang cocok, urutan prioritasnya adalah: 1) namespace utama, 2) halaman diskusi dari namespace utama, 3) halaman pengguna, 4) halaman diskusi pengguna, 5) halaman Wikipedia, 6) halaman diskusi Wikipedia, 7) halaman gambar, 8) halaman bicara gambar.
  6. Mencoba mencari keseluruhan isi artikel dan menampilkan daftar halaman yang cocok, seperti lazimnya yang dilakukan jika menekan tombol "Cari".

Penggunaan tombol ini mengurangi beban server dan sangat berguna untuk efisiensi pencarian. Jika tidak ditemukan suatu hasil pencarian sampai langkah ke lima, pencarian akhirnya akan sama dengan cara pencarian normal yang dilakukan dengan menekan tombol "Cari".

Lihat pula[sunting sumber]