Wikipedia:Terjemahkan kami

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman ini merupakan panduan bagi siapa pun, tetapi hanya bagi relawan baru, yang bersedia membantu menerjemahkan artikel dari Wikipedia bahasa inggris ke bahasa lain.

Selamat datang[sunting sumber]

Halo!

Siapa pun dipersilakan untuk menggunakan kembali konten dari Wikipedia, di mana saja, asalkan atribusi yang tepat diberikan. Namun kita sangat tegas, artikel-artikel yang ada di Wikipedia ini tetapi tidak pada satu atau lebih dari lebih dari 285 Wikipedia dalam bahasa lain (seperti Wikipedia Bahasa Rusia, Wikipedia Bangladesh atau Wikipedia Bahasa Jepang), bagi relawan yang mau menerjemahkan artikel bahasa Inggris kami untuk mengisi kesenjangan.

Sebelum Anda mulai[sunting sumber]

Sebelum Anda mulai menerjemahkan artikel, silahkan mengambil waktu untuk membiasakan diri dengan dasar-dasar bagaimana cara menyunting Wikipedia. Secara khusus, harap perhatikan lima pilar, atau prinsip-prinsip yang memandu bagaimana kami bekerja.

Berikut adalah bagaimana Anda bisa membantu[sunting sumber]

  1. Mendaftar untuk sebuah akun Wikipedia (tidak wajib, tapi sangat berguna).
  2. Menemukan artikel yang cocok pada Wikipedia bahasa inggris, tapi tidak Wikipedia dalam bahasa lain (atau di mana pada bahasa lain hanya sepotong).
  3. Menerjemahkan artikel bahasa Inggris ke dalam bahasa baru. Anda dapat melakukan ini di editor teks atau pengolah kata. Tolong jangan menggunakan alat seperti Google Translate.
  4. Pada artikel lain, pergi ke halaman yang sesuai atau masukkan nama yang diinginkan di kotak pencarian. Kemudian klik tombol bertanda "membuat" atau "edit" dalam bahasa baru. Jika anda belum masuk ke akun kemudian beberapa bahasa tidak memiliki pilihan untuk membuat artikel secara langsung. Dalam kasus itu, cobalah mencari bahasa ke kiri dari Wikipedia:Artikel wizard, atau membuat akun, atau meminta bantuan di Wikipedia lainnya.
  5. Tempelkan terjemahanmu di halaman target. Jangan khawatir terlalu banyak tentang format pada tahap ini.
  6. Simpan halaman, termasuk mengedit ringkasan yang menyediakan atribusi wajib atas hak cipta yang menyatakan apa yang anda lakukan dan menyatakan bahwa teks tersebut diterjemahkan dari Wikipedia Bahasa Inggris. Anda harus menyediakan link antarbahasa ke artikel sumber oleh nama, untuk memberikan kredit kepada penulis aslinya. Kami menyarankan teks untuk mengedit ringkasan seperti:
    Konten ini diedit dari artikel bahasa Inggris yang ada Wikipedia di [[:en:nama sebenarnya dari artikel Bahasa Inggris tersebut]]; lihat sejarah untuk atribusi. Format berikut..
  7. Pergi ke sisibar dan klik "Tambahkan tautan" atau "Edit tautan" (dalam bahasa wiki tersebut). Masukkan "id" sebagai bahasa wiki anda tambahkan dari konten tersebut, dan beri judul dari halaman yang anda diterjemahkan, kemudian klik "Link dengan halaman".
  8. Jika sesuai, edit lagi, rapikan tata letaknya, dan tambahkan link, judul dan gambar. Jika anda ingin menambahkan template, lakukan juga. (Perhatikan bahwa template untuk barang-barang seperti Infoboxes memiliki kata-kata yang berbeda dalam Wikipedia dalam bahasa lain, dan tidak bisa disalin begitu saja dari Wikipedia lain. Cek daftar template yang tersedia di Wikipedia di mana anda menerjemahkan.)
  9. Simpan lagi, termasuk edit ringkasan yang cocok .
  10. Periksa dan perbaiki seperlunya.

Terima kasih!

Kelas kolaborasi[sunting sumber]

Wikipedia menyambut keterlibatan siswa mengenai pengeditan artikel . Artikel terjemahan ini sangat cocok untuk keterlibatan mahasiswa. Kami menyarankan mereka untuk diminta menerjemahkan dari bahasa yang mereka pelajari, ke bahasa yang sudah akrab.

Upaya-upaya tersebut memberikan hasil berupa pengalaman menerjemahkan di dunia nyata untuk siswa, yang akan terdorong oleh kenyataan bahwa hasil pekerjaan mereka akan dilihat oleh ribuan pembaca Wikipedia. Ini juga bermanfaat bagi pembaca Wikipedia, yang mendapatkan akses ke informasi tentang budaya lain dan masyarakat. Untuk bantuan pengaturan kelas proyek terjemahan, silakan lihat Wikipedia:WikiProject koordinasi Kelas dan Wikipedia:Sekolah dan proyek-proyek universitas.

Kotak Pengguna[sunting sumber]

{{User Translator 2}} dapat digunakan untuk menunjukkan kesediaan anda untuk menerjemahkan/mengoreksi dan partisipasi anda dalam proyek ini:

{{User Translator 2|es}} produces:

Templat:User Translator 2

{{User Translator 2|hi|proofreader=yes}} produces:

Templat:User Translator 2

{{User Translator 2|ar|project=no}} produces:

Templat:User Translator 2

{{User Translator 2|de|proofreader=yes|project=no}} produces:

Templat:User Translator 2

Setelah menempatkan template ini di halamanpengguna, halaman akan ditambahkan sesuai subkategori Kategori:Tersedia penerjemah di Wikipedia. Ketika pemeriksa atribut diatur ke 'ya', halaman tersebut juga akan ditambahkan ke subkategori Kategori:Tersedia pemeriksa di Wikipedia.

Lihat pula[sunting sumber]

  • Kategori:Wikipedia terjemahan template
  • KEMUDAHAN Pedoman untuk Penulis dan Penerjemah Artikel Ilmiah
  • Terjemahan mesin
  • Template:Notenglish-bagian
  • Pengguna:Keymanweb/Keymanweb (online virtual keyboard alat yang mendukung lebih dari 300 bahasa yang berbeda)
  • Wikipedia:Dasar copyediting, tugas umum berikut terjemahan
  • Wikipedia:Halaman yang membutuhkan terjemahan ke dalam bahasa inggris, untuk halaman-halaman di Wikipedia bahasa inggris yang akan segera dihapus kecuali diterjemahkan
  • Wikipedia:Menerjemahkan Jerman Wikipedia
  • Wikipedia:Penerjemah yang tersedia
  • Wikipedia:WikiProject Studi Penerjemahan

Pranala luar[sunting sumber]