Wikipedia:Sepuluh hal yang mungkin Anda tidak tahu tentang Wikipedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Sepuluh hal yang mungkin Anda tidak tahu tentang Wikipedia ialah daftar pengetahuan yang mendalam tentang Wikipedia secara rinci menyasar kepada mereka yang membatasi atau tanpa pengalaman lebih dulu dengan proyek (seperti jurnalis, editor dan pembaca baru). Penjelasan ini dapat tidak mengejutkan bagi editor yang punya pengalaman namun dengan harapan membantu sekeliling dunia memberi tahu pikiran dari pekerjaan kami.

Kami bukan untuk dijual[sunting sumber]

Jika Anda yakin Wikipedia dibeli oleh raksasa Internet yang ramah lingkungan, jangan khawatir. Wikipedia bukanlah situs web komersial. Wikipedia dikelola oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba 501(c)(3) berbasis di San Fransisco. Kami didukung dengan sumbangan dan hibah. Misi kami ialah membawa pengetahuan bebas kepada siapa saja.

Siapa pun dapat menggunakan karya kami dengan beberapa ketentuan[sunting sumber]

Wikipedia telah mengambil sebuah isyarat dari komunitas perangkat lunak gratis (mencakup proyek GNU, Linux dan Mozilla Firefox) dan telah menghilangkan batasan hak cipta tradisional pada muatan kami. Sebagai ganti, kami mengangkat apa yang diketahui sebagai "izin bebas" (pilihan antara CC-BY-SA dan GFDL): hampir seluruh teks dan karangan yang dibuat oleh para pengguna kami akan selalu bebas bagi siapa saja untuk menyalin, mengubah dan membagikan. Kami hanya meminta Anda mengakui karya kontributor dan bahwa Anda tidak mengadakan batasan baru pada karya atau perbaikan yang Anda buat.

Kami berbicara Banyumasan[sunting sumber]

… dan hampir 300 bahasa yang lain. Memang, hanya kira-kira 100 dari edisi bahasa Wikipedia yang memiliki lebih dari 10.000 artikel, namun itu bukan karena kami tidak berupaya. Artikel pada tiap bahasa secara umum dimulai dan dikembangkan secara sendiri-sendiri walaupun ada beberapa terjemahan langsung atau adaptasi yang dilakukan oleh penerjemah sukarela. Wikimedia Foundation didukung oleh jaringan bertumbuh organisasi lokal pada lebih dua puluh negara yang membantu kami meningkatkan kesadaran di tingkat lokal. Pada banyak negara termasuk Amerika Serikat, Wikipedia di antara sepuluh situs web yang paling banyak mendapat kunjungan.

Anda tidak dapat benar-benar mengubah sesuatu di Wikipedia…[sunting sumber]

… hanya barangkali menambahkan. Wikipedia ialah sebuah basis data dengan media penyimpanan abadi. Sebuah artikel yang Anda baca hari ini ialah hanya versi terbaru; kami menyimpan semua versi sebelum ini dan siapa saja dapat mengakses. Hal ini mengizinkan kami membandingkan versi atau mengembalikan ke versi lama selama diperlukan. Sebagai pembaca, Anda bahkan dapat mengambil versi spesifik dari artikel yang sedang Anda baca. Melalui pilihan "Pranala Permanen" di sebelah kiri daftar pilihan halaman dan pranala tersebut akan menuju kepada halaman yang tidak akan pernah berubah. (Namun bila artikel telah dihapus, pranala tersebut tidak lagi berfungsi).

Kami sangat peduli kualitas karya kami[sunting sumber]

Wikipedia mempunyai seperangkat kebijakan dan proses pengendalian kualitas dalam upaya perbaikan artikel. Editor dapat memantau perubahan terbaru, mengikuti kontribusi pengguna, menandai artikel bermasalah untuk ditinjau lebih lanjut, dan banyak hal. Artikel pilihan diberi status sebagai hal yang luar biasa. ProyekWiki fokus pada pengembangan topik tertentu. Kami peduli akan berbagai hal yang patut dan tak pernah berhenti berpikir tentang cara-cara yang baru.

Kami tidak meminta Anda percaya pada kami[sunting sumber]

Merupakan hal yang alami dari sebuah kerja sama terbuka dan karya yang sedang dalam kemajuan bahwa kualitas beragam tiap waktu dari artikel ke artikel. Manakala beberapa artikel dari kualitas unggul, sebagian lain tak dapat disangkal kurang lengkap. Pula sejak Wikipedia dapat diperbarui oleh hampir siapa saja, artikel mudah terjadi kesalahan, termasuk vandalisme. Maka harap untuk tidak menggunakan Wikipedia kepada membuat keputusan kritis. Ensiklopedia ini sangat bermanfaat untuk memperbaiki pengenalan pada suatu subjek dan terhadap mempelajari istilah penelusuran yang dapat digunakan kepada memperoleh subjek di luar Wikipedia. Pranala luar yang bermanfaat pula disediakan untuk membantu Anda mempelajari lebih lanjut.

Kami tidak sendirian[sunting sumber]

Wikipedia ialah bagian dari pergerakan menumbuhkan pengetahuan bebas yang diawali dengan menyerap ilmu pengetahuan dan pendidikan. Wikimedia Foundation secara langsung menyelenggarakan delapan cabang proyek untuk ensiklopedis: Wiktionary (sebuah kamus dan tesaurus), Wikisource (perpustakaan sumber dokumen), Wikimedia Commons (media menyimpan lebih dari empat puluh juta gambar, video, berkas suara dan media lain), Wikibuku (koleksi buku teks dan pedoman), Wikiversity (sumber belajar interaktif), Wikinews (situs berita jurnalisme warga), Wikiquote (koleksi kutipan) dan Wikispecies (petunjuk semua bentuk kehidupan). Seperti Wikipedia sendiri, semua proyek ini memiliki lisensi bebas dan terbuka untuk berkontribusi.

Kami tidak lain pengumpul fakta[sunting sumber]

Artikel dalam Wikipedia tidak mencakup pencantuman pengarang dan kontributor ialah relawan yang tidak menerima upah. Baik Anda menyatakan sebagai seorang dengan jabatan tetap, menggunakan nama asli, lebih memilih nama samaran atau kontribusi tanpa registrasi, perbaikan dan argumen Anda akan dinilai pada relevansi. Kami memerlukan pembuktian sumber dipetik terhadap semua pernyataan signifikan dan kami tidak mengizinkan penyunting melakukan publikasi terhadap penelitian pribadi saat menulis artikel. Semua penyunting harus mematuhi pandangan tidak berpihak; mereka hanya akan mengumpulkan pendapat relevan yang dapat ditelusuri kepada sumber yang terpercaya.

Kami bukan diktator[sunting sumber]

Wikimedia Foundation dikendalikan oleh Dewan Pengawas yang memerlukan beberapa anggota dipilih dari komunitas Wikimedia. Secara umum, dewan dan anggota Wikimedia Foundation tidak memegang peran dalam persoalan karangan, proyek dikelola secara tersendiri dan secara konsensus. Pendiri Wikipedia Jimmy Wales sekali-kali bertindak sebagai penengah pada Wikipedia bahasa Inggris, namun pendapat mereka hanya berlaku bila komunitas menyetujui. Wikipedia bersifat transparan dan kritis; pertentangan didiskusikan secara terbuka dan terdokumentasi dalam Wikipedia itu sendiri.

Kami di sini untuk jangka panjang[sunting sumber]

Kami memerlukan Wikipedia tetap ada minimal seratus tahun dari sekarang, bila tidak beralih menjadi sesuatu yang lebih signifikan. Semua tentang Wikipedia ialah lisensi, organisasi dan manajemen kami, perhatian sedunia, strategi penggalangan dana, penggunaan perangkat lunak sumber terbuka kami dan upaya tanpa henti kami untuk mencapai visi kami. Kami ingin Anda membayangkan dunia yang setiap individu manusia dapat leluasa berbagi dalam segala pengetahuan. Ini adalah komitmen kami dan kami membutuhkan bantuan Anda.

Lihat pula[sunting sumber]