Wikipedia:Menyumbangkan materi berhak cipta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Wikipedia:SUMBANGHAKCIPTA)
Halaman ini untuk setiap orang yang hendak menyumbangkan karya-karya terbaiknya untuk Wikipedia. Untuk informasi verifikasi penggunaannya, lihat Wikipedia:Permintaan izin.

Banyak orang yang bersedia "menyumbang" materi berhak cipta ke Wikipedia. Paling banyak dapat berupa teks (termasuk monograf, artikel, dll.) atau gambar (foto dsb.). Terkadang karya tersebut diumumkan, terkadang juga tidak diumumkan di situs lain, yang barangkali bertentangan lisensinya dengan lisensi Wikipedia. Halaman ini berisi panduan mengenai cara menyumbang karya di Wikipedia.

(Petunjuk ini boleh digunakan untuk karya-karya domain publik, tetapi halaman ini berfokus pada karya berhak cipta karena mereka memiliki persoalan kompleks.)

Maknanya apa?[sunting sumber]

Kami tidak menganut penggunaan eksklusif hanya untuk Wikipedia. Anda masih memegang hak untuk memilikinya, tetapi menggunakan ketentuan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa Creative 3.0 Tanpa Adaptasi (CC-BY-SA) dan Lisensi Dokumentasi Bebas GNU (GFDL) (tanpa versi, tanpa invarian, tanpa teks sampul depan, dan tanpa teks sampul belakang). Setiap orang—bukan hanya Wikipedia—diizinkan untuk mengumumkan kembali, menggandakan, mendistribusikan, dan mengomunikasikan karya Anda selama karya tersebut dicantumkan sumber dan atribusinya dengan benar. Wikipedia tidak menerima berkas yang "hanya untuk Wikipedia, tetapi tidak mengizinkan penggunaan di luar Wikipedia atau membuat ciptaan turunan." Turunan dapat bernilai komersial, maka kami tidak menerima materi yang lisensinya melarang penggunaan secara komersial atau hanya untuk tujuan pendidikan.

Ingatlah bahwa Ketentuan Penggunaan Wikimedia Foundation mengizinkan setiap teks buatan orang lain atau yang dibuat bersama oleh Anda dan teman Anda untuk diimpor ke sini menggunakan lisensi CC BY-SA atau kompatibel dengan lisensi CC BY-SA, tanpa perlu mempertimbangkan lisensi GFDL, tetapi teks yang Anda buat harus dilisensikan menggunakan dua-duanya lisensi CC BY-SA dan GFDL.

Perlu diketahui juga bahwa materi yang Anda sumbangkan akan terus dikembangkan oleh masyarakat Wikipedia. Dapat ditambah, dihapus, disusun ulang, diilustrasikan, dibagi ke beberapa artikel, diterjemahkan, atau diubah tanpa memperhitungkan ekspektasi Anda. Kontribusi Anda akan tercatat dalam riwayat, sehingga dapat mempertahankan pengakuan Anda sebagai penulis — karena lisensi kami juga mengharuskan penyediaan kredit.

Perlu diingat, bahwa manfaat kebebasan menyunting adalah bahwa Anda dapat menyertakan peningkatan yang dibuat oleh orang lain ke dalam situs web Anda atau karya turunannya, selama dilisensikan menggunakan CC BY-SA atau GFDL.

Bila karya Anda tidak ingin diutak-atik, Anda boleh menggunakan proyek saudari kami, Wikisource.

Mengapa kami tidak menerima sumbangan Anda?[sunting sumber]

Anda dilarang menyumbangkan karya orang lain[sunting sumber]

Jika Anda bukan pemegang hak cipta atas materi tersebut, Anda tidak boleh menyumbangkan materi tersebut ke Wikipedia! Contohnya:

  • Kebanyakan situs web melarang menggandakan materi yang ada di dalamnya, baik teks maupun gambar. Kecuali materi tersebut domain publik, atau lisensi copyleft yang kompatibel dengan CC BY-SA 3.0 Tanpa Adaptasi, atau melampirkan izin yang jelas berkaitan dengan lisensi tersebut, jangan menyalin atau mengunggahnya ke Wikipedia.
  • Jika Anda pembuat aslinya tetapi hak-hak Anda telah diserahkan oleh penerbit, Anda tidak dapat melisensikan karya tersebut untuk kami.
  • Jika Anda adalah subjek foto, Anda tidak memiliki hak cipta atas foto tersebut karena hak tersebut dipegang sang pemotret.

Wikipedia bukan kompendium universal[sunting sumber]

Wikipedia bukanlah kompendium universal. Ada hal-hal yang boleh disertakan dan hal-hal yang tidak. Penjelasan ada di halaman "Wikipedia:Wikipedia bukanlah". Secara khusus, kami mencoba untuk tidak menyertakan konten yang berada di bawah tingkat kelayakan ensiklopedis. Kami barangkali tidak membutuhkan artikel tentang organisasi mahasiswa di kampus Anda (kecuali dalam kasus khusus seperti Oxford Union). Di sisi lain, kami terbuka untuk artikel ensiklopedis, dengan sumber yang dikutip dan ditulis dari sudut pandang netral (SPN). Teks dari kebanyakan situs web biasanya tidak memenuhi kriteria ini, jadi mungkin yang terbaik adalah memparafrasakan, daripada menyalin kata per kata. Ini juga menghindari kebutuhan untuk melisensi ulang konten.

Wikipedia tidak mempublikasikan riset asli[sunting sumber]

Wikipedia bukan sumber primer, dan tidak menerbitkan penelitian atau klaim yang belum teruji. Penjelasannya ada di "Wikipedia:Bukan riset asli". Singkatnya, Wikipedia tidak akan mempertimbangkan untuk meliput suatu persoalan setidaknya sampai memiliki riwayat yang sudah membuktikan adanya perhatian yang signifikan oleh sumber pihak ketiga, atau (untuk sains) oleh komunitas ilmiah global. Oleh karena itu, jika karya Anda tidak diteliti, tidak diterbitkan, teoretis, mutakhir, atau tidak tercakup secara mendalam melalui sumber terpercaya lainnya, Anda perlu mencari cara lain untuk menerbitkannya terlebih dahulu. Atau, Anda dapat mempertimbangkan untuk menerbitkannya di Wikiversity, jika topiknya cocok untuk proyek itu.

Kontribusi dalam bentuk media (gambar, video, dan sejenisnya) pada dasarnya dapat dianggap "riset asli" dalam pengertian ini; tetapi mereka masih akan dilindungi oleh kebijakan serupa.

Menyumbang foto-foto[sunting sumber]

Jika Anda mengakui bahwa foto Anda berguna untuk pengembangan Wikipedia, silakan unggah ke Wikimedia Commons (jika Anda sudah punya akun di sini, Anda dapat masuk log otomatis ke sana), sehingga bisa digunakan di semua proyek. Mohon agar lebih familier dengan tag hak cipta berkas. Sebagai fotografer, silakan pilih salah satu lisensi berikut

  • {{CC-BY-4.0}} atau {{CC-BY-SA-4.0}} untuk tetap melindungi hak cipta, dengan dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons (ingat, tidak menerima lisensi CC yang melarang pembuatan turunan dan/atau penggunaan secara nonkomersial)
  • {{Attribution}} atau{{CopyrightedFreeUseProvidedThat}} untuk tetap melindungi hak cipta, dengan pembebasan untuk pembuatan turunan dan penggunaan komersial. Ingat, tidak menerima pengguna yang melarang pembuatan turunan dan/atau penggunaan secara nonkomersial
  • {{CC0}} atau {{PD-self}} untuk melepas karya ke domain publik.

Kontribusi juga boleh dilisensikan ganda, dengan kata lain menggunakan dua lisensi berbeda, dan memungkinkan pengguna memilih lisensi mana yang mereka inginkan untuk menggunakan konten Anda.

Kami mengajak Anda untuk menempatkan keterangan deskriptif dan informasi sumber (seperti kapan dipotretnya) ke halaman deskripsi gambar.

Memberi kami izin untuk menggandakan materi yang sudah daring[sunting sumber]

Salah satu cara sederhana untuk memberikan izin untuk menggandakan materi yang sudah daring adalah dengan menempatkan izin itu secara jelas di situs tempat materi tersebut dibuat. Umumnya disebut pemberitahuan "copyleft". Pemberitahuan ini setidaknya harus memuat bahwa Anda (atau bagian dari situs Anda) dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi-BerbagiSerupa Creative Commons 3.0 Tanpa Adaptasi (CC-BY-SA) dan Lisensi Dokumentasi Bebas GNU (GFDL) (tanpa versi, tanpa bagian invarian, teks sampul depan, atau teks sampul belakang) atau domain publik. Untuk teks, pernyataan rilis yang baik mungkin berbunyi:

Teks situs web ini [atau halaman yang spesifik] boleh digandakan dan dimodifikasi di bawah Lisensi Atribusi-BerbagiSerupa Creative Commons 3.0 Tanpa Adaptasi dan Lisensi Dokumentasi Bebas GNU (tanpa versi, tanpa bagian invarian, teks sampul depan, atau teks sampul belakang).

Bila Anda ingin melepaskan seluruh hak Anda, Anda boleh menggunakan lisensi CC0 seperti ini:

Teks situs web ini [atau halaman yang spesifik] dibebaskan di bawah pembebasan Creative Commons Zero 1.0 (CC0).

Jika Anda memverifikasi teks tersebut dengan menempatkan catatan pada situs web, gunakan {{Text release}} untuk memastikan bahwa rilisan tersebut terdokumentasi di halaman pembicaraan. Silakan buka instruksinya. Jangan gunakan templat jika pernyataan lisensi tersebut tidak dipublikasikan di situs web Anda, karena teks tersebut dapat dihapus sewaktu-waktu.

Jika Anda mengizinkan Wikipedia atau situs Wikimedia lainnya untuk menggunakan konten ini baik dalam wujud teks maupun gambar, tetapi Anda tidak ingin menempatkan pernyataan lisensi di situs web, Anda masih perlu melisensikan materi tersebut dengan lisensi yang disebutkan di atas dan ikuti petunjuk berikut:

Untuk teks, kirimkan surel, gunakan templat yang dapat Anda cari lewat Wikipedia:Permintaan izin:
(1) dengan mengajak pembuat mengirim pernyataan tersebut ke permissions-en@wikimedia.org;
(2) setelah dikirim, tempatkan {{OTRS pending}} di halaman pembicaraan artikel.
Seseorang akan membalas ke surel Anda bahwa konten tersebut sudah disetujui untuk dilisensikan dengan lisensi bebas.
Untuk gambar, silakan isi formulir berikut:

Try our new Interactive Release Generator!
Jika Anda mengajukan secara manual, Anda dapat:
(1) mengajak pembuat mengirim surat pernyataan yang sama ke permissions-commons@wikimedia.org;
(2) lalu mengunggah langsung ke Wikimedia Commons dan tempatkan {{OTRS pending}} pada halaman deskripsi berkas.
Seseorang akan membalas ke surel Anda bahwa konten tersebut sudah disetujui untuk dilisensikan dengan lisensi bebas.

Jika Anda ingin melisensikan konten situs Anda di bawah lisensi bebas, tetapi tidak memikirkan artikel tertentu untuk memasukkan konten, Anda dapat mengikuti petunjuk di atas, dan mencantumkan situs Anda di salah satu halaman berikut, berdasarkan jenis konten dan lisensi:

Pertanyaan lain silakan ajukan di Wikipedia:Pertanyaan hak cipta media.

Halaman terkait[sunting sumber]