Wikipedia:Tindakan resmi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Wikipedia:RESMI)

Tindakan resmi dilaksanakan oleh akun-akun pegawai ("orang dalam") Wikimedia Foundation (WMF), biasanya menggunakan akun internal mereka berdasarkan kebijakan resmi Wikimedia Foundation.

Tindakan ini dijelaskan oleh WMF sebagai "perubahan atau penghapusan konten tertentu dalam suatu proyek Wikimedia, atau tindakan terhadap individu tertentu, yang dilakukan oleh pegawai-pegawai dan di bawah wewenang Wikimedia Foundation, setelah menerima satu atau beberapa keluhan dari masyarakat umum, atau berdasarkan peraturan perundang-undangan. Keluhan sebagaimana yang dimaksud dapat berupa, tetapi tidak terbatas pada, pelanggaran privasi, perlindungan anak, pelanggaran hak cipta, atau pelecehan. Tindakan resmi tersebut harus mengacu pada Ketentuan Penggunaan."

Terkait dengan perubahan tindakan resmi, Yayasan menyatakan "Pengurus Wikimedia dan orang lain yang memiliki kekuatan teknis untuk mengembalikan atau menyunting tindakan resmi diperingatkan untuk tidak melakukannya. Perubahan tanpa izin yang melibatkan pegawai Wikimedia tidak hanya akan dibalikkan, tetapi dapat berujung sanksi, seperti pencabutan hak individu yang terlibat. Bila diragukan, anggota komunitas harus berkonsultasi dengan karyawan Yayasan yang melakukan tindakan resmi, atau manajer mereka. Namun, detail mengenai tindakan resmi hanya dibagikan asalkan tidak membahayakan keselamatan pengguna, publik, atau proyek."

Untuk teks lengkap kebijakan resmi Wikimedia Foundation, lihat meta:Office actions.

Untuk halaman yang saat ini dilindungi oleh tindakan resmi, lihat Kategori:Halaman yang dilindungi berdasarkan tindakan resmi

Untuk pembatasan penyuntingan yang diberikan berdasarkan tindakan resmi, baca Istimewa:Kontribusi pengguna/WMFOffice.

Latar belakang[sunting sumber]

Kebijakan tindakan resmi ini diluncurkan di Wikipedia bahasa Inggris oleh Jimmy Wales pada Februari 2006, dan tak lama kemudian di Meta, untuk memperkuat praktik dan proses lama yang diikuti oleh Yayasan, yang tidak secara resmi dicatat di tempat lain dalam proyek pada waktu itu. Mulanya tindakan resmi menyasar pada pelindungan dan pemantauan perubahan teks artikel biografi, sebagai tanggapan atas aduan konten, yang ditempatkan langsung ke karyawan Yayasan, oleh individu yang terkena dampak. Danny Wool adalah anggota staf Yayasan yang pertama kali ditunjuk untuk menerima, meninjau, dan bertindak atas permintaan semacam itu, setelah Jimmy Wales.

Halaman tindakan resmi telah mengalami beberapa iterasi sejak, di kedua situs, dan kelak diperluas untuk memasukkan bermacam-macam tindakan resmi yang telah dilaksanakan selama bertahun-tahun sebagai praktik umum, memperluas cakupan aslinya. Pada saat yang sama, proses internal yang ketat telah dikembangkan oleh Yayasan untuk melengkapi serta membakukan tindakan resmi dan penggunaan hak lanjutan oleh karyawan.

Tindakan resmi mulanya dilaksanakan sebagai tindakan sementara, mengurangi tekanan yang disebabkan oleh situasi kontroversial dan meminta perhatian komunitas kepada mereka dengan harapan penyelesaian. Namun, tindakan resmi tertentu sejak itu telah berkembang menjadi permanen dan tidak dapat diajukan banding karena sifat masalah yang cukup serius (misalnya, dalam kasus Superprotect).

Lihat pula[sunting sumber]

  • wmf:Policies, daftar semua kebijakan resmi Yayasan Wikimedia