Wikipedia:ProyekWiki Televisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Selamat datang di ProyekWiki Televisi. Beberapa Wikipediawan membentuk sumber dan grup kolaborasi ini yang didedikasikan untuk meningkatkan cakupan Televisi di Wikipedia dan organisasi informasi dan artikel tentang topik ini. Halaman ini dan subhalamannya berisi saran dan berbagai sumber; diharapkan proyek ini akan membantu memfokuskan upaya Wikipediawan lain yang tertarik pada topik tersebut. Jika Anda ingin membantu, silakan tambahkan diri Anda sebagai partisipan di proyek ini, tanyakan pada halaman pembicaraan, dan lihat to-do list, dibawah.

  • Acara televisi
  • Musim dan episode dari acara televisi
  • Karakter/tokoh yang berasal dari acara televisi
  • Judul acara ditulis dengan cetak miring (contoh: Si Doel Anak Sekolahan)
  • Judul episode ditulis di dalam tanda petik ganda (contoh: "Band Geeks")
  • Karena gambar dari acara televisi biasanya adalah gambar berhak cipta yang nonbebas, berikan tag yang sesuai dan alasan penggunaan nonbebas (bisa memakai templat {{Non-free use rationale}} atau {{Non-free use rationale 2}}) kepada halaman deskripsi gambar-gambar acara televisi. Gambar tanpa tag atau tanpa alasan dapat dihapus sewaktu-waktu oleh Pengurus.
  • Tulis bagian deskripsi konten/cerita acara menggunakan bahasa sendiri dengan acara (atau episode spesifik) sebagai referensinya. Menyalin-tempel deskripsi dari tempat lain (termasuk keterangan resmi) adalah plagiarisme dan dilarang. Memparafrase atau merangkum deskripsi dari tempat lain diperbolehkan asalkan mencantumkan sumber.
    • Analisis tentang konten/cerita acara harus mengutip analisis dari sumber tepercaya dan tidak boleh berisi analisis sendiri. Bagian analisis sebaiknya dipisahkan dari bagian deskripsi.
  • Selain bagian cerita/konten, artikel pertelevisian sebaiknya memiliki bagian pembuatan (biasanya berjudul "Produksi") dan bagian tanggapan. Semua informasi di sana harus mengutip sumber tepercaya.
  • Artikel episode dan karakter umumnya tidak perlu dibuat, kecuali episode atau karakternya memenuhi kriteria kelayakan umum, yaitu dibahas secara signifikan oleh sumber sekunder. Artikel panjang yang sumbernya hanya dari acara itu sendiri (sumber primer) tidak memenuhi kriteria dan akan digabungkan ke artikel lain.
    • Artikel episode yang hanya berisi cerita dan kredit kemungkinan akan digabungkan ke artikel musim atau daftar episode.
    • Artikel karakter yang hanya berisi penampilan atau "biografi"-nya kemungkinan akan digabungkan ke artikel daftar karakter.
  • Untuk kategorisasi, lihat Wikipedia:Pedoman penamaan/Kategori

Artikel pedoman[sunting sumber]

Berikut adalah artikel-artikel yang bisa dijadikan contoh untuk membuat artikel pertelevisian yang baik.

Artikel pilihan[sunting sumber]

Artikel bagus[sunting sumber]

Tugas terbuka[sunting sumber]

sunting·versi terdahulu·pantau·hapus singgahan  Daftar PR untuk Wikipedia:ProyekWiki Televisi:

Daftar PR kosong: hapus tag {{PR}} atau klik pada sunting untuk menambah daftar.

  • Artikel Sinetron perlu perbaikan besar-besaran, khususnya di bagian analisis cerita dan tema (tidak boleh analisis sendiri seperti saat ini). Segala informasi yang ada harus mengutip sumber tepercaya.

Partisipan[sunting sumber]

Kontak utama: ?

Jangan ragu untuk menambahkan diri Anda di sini, dan untuk menunjukkan bidang minat tertentu.

  1. Daud I.F. Argana (bicara) 25 Februari 2022 12.25 (UTC)Balas[balas]


Kategori[sunting sumber]

Tekan simbol "►" untuk melihat semua subkategori:

ProyekWiki terkait[sunting sumber]

Pranala proyek saudara[sunting sumber]