Wikipedia:Permohonan pendapat/Informasi wisata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Tanpa konsensus Usulan proposal Wikipedia ini tidak mendapatkan konsensus. Jika Anda ingin menghidupkan kembali diskusi berhubungan dengan proposal ini, gunakan halaman diskusi atau carilah masukan yang cukup lewat forum seperti Warung Kopi.

Bogor[sunting sumber]

Sebagaimana yang sudah saya kemukakan dihalaman pembicaraan kota Bogor, bahwa Wikipedia bukanlah Yellow Pages, yang harus dibuat sedetil itu. Gimana kalau tulisan yang dirasa kurang penting, gak usah ditampilkan (dihapus saja). Seperti rute angkot, nama sekolah, tempat makan dan lainnya, saya kira itu tidak perlu. Agar kelihatan lebih rapi. ARdhan 04:18, 4 Juni 2007 (UTC)

Bogor dan Solo[sunting sumber]

Awal bagian pindahan dari Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)


Artikel Kota Bogor dan Kota Surakarta isinya kok spt "tidak terkendali" ya? Gw kewalahan ngeditnya. Aneh2 banget, sampai warnet masuk! Walaupun info ginian berguna, ensiklopedia bukanlah tempat buat hal2 spt ini. Perlukah Wikitravel dirintis buat Indonesia, dan info2 detail dipindah ke sana? Atau ditaruh di Wikibooks, bikin bagian Buku travelling? Kembangraps 08:19, 30 Mei 2007 (UTC)

Ya kalau ada yang mengelola sih, Wikitravel bahasa Indonesia bagus. Kalau tidak ditaruh di Wikitravel bahasa Inggrispun tidak apa2. Saya sendiri juga agak malas mau mengedit Solo :-) Nanti saja kalau ada info baru. Sebenarnya saya banyak gambar2 dari Solo yang belum saya gunakan. Meursault2004ngobrol 08:25, 30 Mei 2007 (UTC)

Usul saya sih.. semi-perlindungan aja.. permanen!!! Kayak Daftar stasiun radio di Indonesia & Daftar tokoh Lampung. Yang beginian nih bakal banyak jadi tempat orang jualan! Wikitravel saya setuju tuh, asal ada yang mo ngerjain. :-P Salam geboy 08:28, 30 Mei 2007 (UTC)

Lihat di Pembicaraan:Kota Surakarta. Ngakak gw. Revo sampe "berantem" sama anonim yg "cinta berat" sama kota solo. Dulu yg dilakukan, pkontributornya yg di-banned. Gimana, dilindungi saja? Kembangraps 08:31, 30 Mei 2007 (UTC)

Setuju lindungi, kecuali klo Mas Revo masih mau berantem :D. geboy 08:35, 30 Mei 2007 (UTC)

Sebetulnya, yg gw maksud adalah gimana mengatasi isinya yang sudah meluas ke sana sini, bukan soal penyumbang yg ngga bisa diatur. Gw rela deh, menata isinya, tp info2 yg sdh ada mau dikemanakan? Gw lebih suka isinya lbh mencerminkan "kebesaran" dan "keunikan" kota solo (jadi ada info tentang kejadian2 penting di sana, hal2 yg berbeda dg kota lain, ada berapa stasiun radio siaran FM dan AM, peran kota dalam sejarah, dst. bukan di mana malam ini kita makan, wah gw cari hotel apa yg pantes di sana buat nginep, daftar radio siaran, daftar warnet, ABCD....). Kembangraps 08:43, 30 Mei 2007 (UTC)
Makanya daripada berantem lagi ... hahaha. BTW coba baca halaman ini [1]. Saya kira infonya bisa dimasukkan ke sana. Meursault2004ngobrol 08:56, 30 Mei 2007 (UTC)

Yang ga notable di"hantam" saja Mas Kembang! Situ orang Solo khan? Saya sih percaya deh sama yang asli Solo. Cuma.. ya.. itu.. mudah2an ga berantem sama sesama orang Solo :D. Mas Revo juga orang Solo khan? Dan dia berantem sama sesama Solo. Mosok sesama Solo berantem? Klu saya sih orang Solo murtad (tapi masih niat nyari nama Karanganyar selanjutnya):D. geboy 08:58, 30 Mei 2007 (UTC)

Saya mendukung penghapusan semua daftar-daftar, termasuk daftar tokoh. Khususnya harus hapus daftar tempat makan, warnet, etc. Jujur saja saya sangat tidak suka kalau artikel isinya lebih banyak lists daripada paragraf. Walaupun sepertinya ditulis bukan dengan maksud ber-iklan, tetep bukan pada tempatnya di Wikipedia. dragunovadiscuss 09:06, 30 Mei 2007 (UTC)

Daftar tokoh masih bisa diterima (di wiki en ada "Son of the city"), tp memang harus dibatasi, soalnya, khususnya Solo, banyak banget. Tp daftar Radio FM, warnet dll gw babat/pindahin.

Soal berantem antarorang Solo, bukannya itu udah tabiatnya orang Solo?? Coba liat daftar kerusuhan Indonesia dari dulu sampe sekarang. Solo pusat kerusuhan Solo. Kembangraps 10:09, 30 Mei 2007 (UTC)

Sejak didirikan pada tahun 1755, sudah ada 12 kerusuhan besar di Solo atau rata2 setiap 20 tahun sekali. Meursault2004ngobrol 10:24, 30 Mei 2007 (UTC)
Ternyata orang Solo memang hobi berantem ya :-P. Wah yang ini juga harus dimasukkan sebagai "keunikan" kota Solo nih :-P. geboy 11:22, 30 Mei 2007 (UTC)

Sebenarnya itu adalah karakter sejati orang Jawa pada umumnya. Orang Solo dikatakan halus dan sopan. Nah dalam menjaga kehalusan ini mereka banyak memendam perasaan. Lalu jika suatu kali meledak ya meledak sekaligus. Meursault2004ngobrol 21:44, 30 Mei 2007 (UTC)

Kembali ke Kota Bogor dan Solo, saya setuju jika informasi seperti rule mikrolet, daftar restoran, hotel, warnet dsb dipindahkan ke Wikitravel karena seperti kata Meursault2004, meskipun informasi tsb tidak layak utk di Wikipedia tapi sayang juga untuk dihapus. Saya juga mengusulkan agar kita memproses usulan pembentukan Wikitravel bahasa Indonesia.

Saya sih mendukung ide mempertahankan informasi yang ada dan memindahkannya ke tempat yang lebih layak. Tapi saya tidak setuju dengan menempatkannya ke Wikitravel. Mohon baca [2]. Ada beberapa alasan:

  • Wikitravel bukan proyek Wikimedia.
  • Wikitravel tidak menggunakan lisensi GFDL, tidak seperti proyek Wikimedia lainnya.
  • Wikitravel tampaknya semakin menuju ke arah komersial. Lihat halaman rujukan yang saya berikan di atas.

Semangat Wikitravel, walaupun sama-sama menggunakan kata "wiki", agak berbeda dengan proyek-proyek Wikimedia. Kita, para pengguna aktif Wikipedia, sudah terbiasa dengan konsep GFDL Wikimedia, berbagi tanpa embel-embel apapun. Jika kita pindah ke books, quote, wikt, dan berbagai proyek Wikimedia lainnya, tidak terlalu berbeda konsepnya. Tapi jika ke Wikitravel, akan cukup berbeda.

Usul saya: Mengapa tak manfaatkan Wikibooks? Wikibooks Indonesia masih sedikit sekali artikelnya, agak lunak terhadap "riset asli", memperbolehkan lampiran-lampiran yang tidak diizinkan di Wikipedia. Kita buat saja ruang nama baru "Wisata:" misalnya, seperti sudah kita buat ruang nama "Resep:".

Mohon dipertimbangkan. •• ivanlanin 01:50, 31 Mei 2007 (UTC)

Ya sepertinya IvanLanin ada benarnya juga. REX dan Andri.h ayo kita kerjakan di Wikibooks. borgx(kirim pesan) 01:59, 31 Mei 2007 (UTC)

Sip, dibuka ruangnya di Wikibooks, nanti hasil babatannya dipindah ke sana. Ada satu hal di wikibooks yg betul2 membuat saya "malas". Dari pengalaman bikin resep, mosok setiap buat pranala selalu pakai tanda "|" gara2 judul artikel selalu diawali "Resep:". dihitung2 habis waktu buat coppas kata-kata itu. Ada teknik shortcutnya? Kembangraps 18:08, 31 Mei 2007 (UTC)

Saya membuat templat "r" di wikibooks untuk Kembangraps untuk mempersingkat penyuntingan khusus pranala ke artikel di ruang nama "resep". Jadi untuk:
[[Resep:Kuning telur|Kuning telur]]

diketik saja:

{{r|Kuning telur}}

-- borgx(kirim pesan) 23:37, 31 Mei 2007 (UTC)

OK Bang Borgx, saya bantu di Wikibooks, ini termasuk interproject yang sedang dirintis Kang Ivan ya? --Andri.h 01:18, 1 Juni 2007 (UTC)

Waa, trims om borgx!! Untuk Wisata, begitu jugakah (misal: instead of [[Wisata:Solo|Solo]] we use {{w|Solo}}) ? Kembangraps 08:48, 1 Juni 2007 (UTC)

Sebenarnya bisa pakai shortcut. Kalau mau menulis [[Resep:Kuning telur|Kuning telur]] ketik aja [[Resep:Kuning telur|]]. MediaWiki akan otomatis bikin hasilnya sama dengan kalau kita ketik yang pertama. •• ivanlanin 09:01, 1 Juni 2007 (UTC)

Kang tambah aja di edit tools (tombol edit) untuk shortcutnya --•• Jagawana 09:08, 1 Juni 2007 (UTC)

Wah, ini kebutuhan spesifik soalnya :) Kalau si Mbah Kembang perlu, tambahkan saja di monobook.js-nya kayak gini:

addCustomEditButton( "f/f3/Internal_link_icon.png", "Resep", "[[Resep:", "|]]", "Judulresep" );

Kalau mau ikon bentuk lain, cari di commons:Mediawiki edit toolbar. •• ivanlanin 09:31, 1 Juni 2007 (UTC)

Babat alas Salakarta dan alas Pakuan akan dilakukan Minggu. Kerja bakti. Kembangraps 09:20, 1 Juni 2007 (UTC)

Makasih untuk semua usulan dan dukungannya. Waduh, belajar teknis bahasa wiki nih. Kembangraps 09:58, 1 Juni 2007 (UTC)


Akhir bagian pindahan dari Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)

Pembuka diskusi[sunting sumber]

Wikipediawan, kita sebaiknya segera menentukan apa sebaiknya dilakukan untuk artikel-artikel seperti yang dibahas dalam diskusi pindahan dari Warung Kopi di atas. Beberapa alternatif adalah pindah ke Wikitravel, Wikibooks atau Wikia.

Silakan kemukakan pendapat, dan yang paling penting, definisi lingkup dan struktur proyeknya. Terima kasih. •• ivanlanin kamus buku kutipan sumber wikizine 05:44, 2 Juni 2007 (UTC)

Bantu untuk menjabarkan faktanya dong. Biar mudah untuk kita bahas. Thx. •• ivanlanin kamus buku kutipan sumber wikizine 09:04, 2 Juni 2007 (UTC)

Wikitravel Wikibooks Wikia
Kelebihan/peluang
  • Spesifik memang untuk genre artikel wisata
  • Brand name spesifik untuk wisata
  •  ???
Kekurangan/tantangan
  • Bukan keluarga proyek Wikimedia
  • Belum ada Wikibooks bahasa lain yang spesifik menyertakan "wisata".
  • Bukan keluarga proyek Wikimedia

Komentar[sunting sumber]

Tahap pemahaman saya sekarang, buat di Wikibooks saja. Jadi semacam buku travelling, dan info ini sangat berguna. Info2 ini akan sangat "memakmurkan" Wikibooks, perlu promosi tentu spy penyumbang bertambah. Saya kurang tahu Wikia, tetapi sepertinya Wikia bersifat umum (tidak lokal). CMIIW. Kembangraps 08:19, 2 Juni 2007 (UTC)

Saya juga setuju di Wikibooks. Di Wikitravel selain bukan bagian dari Wikimedia juga kayanya gak ada yang bahasa Indonesia ya. Dan di Wikibooks juga formatnya bisa dibuat lebih bebas, misalnya pake judul "Panduan Berinternet di Solo", atau "Wisata Kuliner Bogor". Trus kalo yang Wikia Indonesia kayanya masih kosong banget. dragunovadiscuss 10:54, 2 Juni 2007 (UTC)

kalo informasi wisata yang diindonesia , saya lebih setuju di Wikia, (kalo kosong .. yah isi dong).. , kan link nya bisa langsung ke wikia (jadi pranala luar bisa kewikia) (nb: gak tau tuh sysop disana masih idup gak? setidaknya bisa koordinasi lah...) --•• Jagawana 12:34, 2 Juni 2007 (UTC)

Lho, jadinya masih dalam tahap pemungutan suara? kirain sudah diputuskan. Kalo gitu saya vote Wikibooks. borgx(kirim pesan) 12:57, 2 Juni 2007 (UTC)

Wikia bukannya komersil? Ada iklannya malahan. Sama dong kekurangannya dengan WikiTravel. Kalau mau milih wikia lebih baik pilih WikiTravel saja sekalian, sudah sitenya travel itu. borgx(kirim pesan) 13:39, 2 Juni 2007 (UTC)

Sebenernya latar belakangnya begini:

  • Awalnya saya begitu yakin buat masukin ke Wikibooks.
  • Untuk meyakinkan tidak melakukan kesalahan, sekalian mau tau apa ada yang punya pengalaman yang sama, saya nekad nanya ke milis foundation-l :) Ada yg bilang boleh ada yang bilang nggak. Lihat deh diskusi di pranala yang saya kasih di atas.
  • Trus saya dapet email dari Angela nawarin buat make http://indonesia.wikia.com.
  • Akhirnya saya tetep yakin buat masukin ke Wikibooks, sih :)

Tapi biar seru, kita diskusi aja. •• ivanlanin kamus buku kutipan sumber wikizine 14:00, 2 Juni 2007 (UTC)

Bukan fait a comply, hanya untuk sementara sebelum ada keputusan karena ada pengguna yang katanya hari Minggu ini mau mulai bebersih ;) Saya sudah masukkan bugzilla:10115. •• ivanlanin kamus buku kutipan sumber wikizine 04:54, 3 Juni 2007 (UTC)

bugzilla:10115 sudah disetujui. Sekarang Wikibooks memiliki ruang nama "Wisata". Jadi bisa dibuat b:Wisata:Solo atau b:Wisata:Bogor. Kita kelompokkan dulu di Wikibooks, nanti kalau ternyata diputuskan ke Wikitravel atau Wikia kan gampang tinggal lihat daftar halamannya. •• ivanlanin kamus buku kutipan sumber wikizine 06:45, 3 Juni 2007 (UTC)

pake ilmu apa Kang , bisa cepat disetujuinya..hehe.. --•• Jagawana 08:40, 3 Juni 2007 (UTC)

Rajin-rajin berdoa, taat beribadah, dan yang paling penting, gosok gigi setiap hari (ivanlanin lagi eror) •• ivanlanin kamus buku kutipan sumber wikizine 10:40, 3 Juni 2007 (UTC)

OK mas Jaga, sudah kejawab pertanyaanku kepadamu di Portal Komunitas, ternyata Link Wisata-nya disini --Andri.h 13:40, 3 Juni 2007 (UTC)

Wikia emang hidup dari iklan jadi mo g mau harus betah ngerelain ada iklan. Wikia malah lokal banget. Klo berani malah bisa pesen Bogor.wikia.com atau Solo.wikia.com, tapi apa kuat untuk ngisinya? Tolololpedia.wikia.com aja mati. :)

Saya setuju untuk ke Wikibooks dan g harus ada dulu buku di en baru kita boleh ada. Mungkin bisa sebaliknya (kali2 aja en niru2 id -- hehehe). Btw, Indonesia.wikia.com juga "kosong", silakan diisi bila ingin. Birokratnya Agus Elex 2005. --N/A(bicara) 12:33, 5 Juni 2007 (UTC)