Wikipedia:Pembeberan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pembeberan (Inggris: Spoiler) adalah memberikan informasi jalannya cerita atau akhir cerita dalam suatu hal (seperti buku, film, acara televisi, atau permainan video). Orang yang belum membaca, menonton, atau memainkan sesuatu, mungkin ingin melakukannya sebelum membaca pembeberan di dalam suatu artikel.

Artikel di Internet kadang memberikan "peringatan pembeberan" untuk memperingati pembaca bahwa ada pembeberan di artikel itu supaya mereka dapat menghindari pembeberan untuk dibaca mereka. Wikipedia dahulunya memiliki peringatan semacam itu di beberapa artikel, kecuali untuk penyangkalan isi dan kepala bagian (seperti "Plot" atau "Akhir cerita") yang merupakan templat adanya pembeberan. Pedoman Tidak ada penyangkalan di artikel membahas mengapa peringatan pembeberan tidak digunakan di Wikipedia.

Wikipedia tidak memasang peringatan pembeberan karena Wikipedia adalah ensiklopedia netral yang tidak melakukan "penyensoran". Alasan lainnya juga karena susah mendefinisikan artikel mana saja yang harus diberi penyangkalan (contohnya pengertian setiap orang tentang artikel berisi hal yang dewasa berbeda-beda).

Lihat pula

Untuk pembeberan informasi pribadi (doxxing), lihat: