Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/RianHS untuk pengurus 30 Januari 2021/STJ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Berikut merupakan halaman sesi tanya jawab untuk calon pengurus Wikipedia bahasa Indonesia tahun 2021, RianHS (bicarakontr.kontr. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth).

Sesi tanya jawab berlangsung mulai 13 Januari hingga 26 Januari. Proses pemilihan akan berlangsung jika calon pengurus telah memberi konfirmasi persetujuan dengan menandatangani pada bagian yang telah disediakan di halaman pemilihan.

Format[sunting sumber]

Tambahkan pertanyaan di bawah baris dengan menggunakan format berikut: #{{PP pertanyaan
|T=Pertanyaan
|J=Jawaban}}

Pertanyaan[sunting sumber]

Rachmat04[sunting sumber]

Hai! Selamat telah lolos dari sesi verifikasi. Agar saya dapat mengenal Anda, izinkan saya bertanya beberapa hal.

  1. Sejak menjadi kontributor di Wikipedia bahasa Indonesia, bagaimana Anda memandang Wikipedia ini dan masalah apa yang menurut Anda perlu dihadapi?
    Hai, Mas Rachmat04! Sebagaimana yang saya tulis di halaman pengguna saya, selain sebagai ensiklopedia bebas (yang sudah kita ketahui bersama), Wikipedia dijadikan rujukan cepat bagi warganet yang ingin mengetahui suatu topik secara ringkas karena biasanya paragraf awal artikel Wikipedia ditampilkan di bagian atas halaman penelusuran Google. Selain itu, artikel Wikipedia biasanya dibaca dengan lebih komprehensif oleh pelajar atau mahasiswa untuk mendalami subjek yang mereka pelajari. Tak lupa pula, Wikipedia juga diminati oleh penggemar budaya pop atau olahraga tertentu.

    Masalah Wikipedia sendiri cukup kompleks. Namun, jika kita mampu menyediakan informasi berkualitas bagi tiga kelompok utama versi saya di atas (pencari info cepat, pelajar, dan penggemar), menurut saya sudah cukup bagus. Artikel berkualitas datang dari penyunting yang berkualitas. Untuk itu, idealnya, kita perlu memindahkan sebanyak-banyaknya pembaca pasif Wikipedia, menjadi penyunting pemula, hingga menjadi penyunting tingkat lanjut yang mampu menulis Artikel Pilihan dan melakukan pemeliharaan Wikipedia. Ini memang meniru konsep corong pemasaran. Perilaku vandal pasti akan selalu ada sampai akhir zaman. Namun, kalau jumlah pemelihara Wikipedia lebih besar daripada jumlah pelaku vandal, kualitas Wikipedia otomatis akan terjaga. — RianHS (bicara) 13 Januari 2021 04.58 (UTC)
  2. Jika Anda lolos menjadi Pengurus, aspek apa saja dari tanggung jawab Pengurus yang ingin Anda tangani?
    Yang pertama, tentu memperhatikan WP:PPP dan melihat apa saja yang bisa saya lakukan di sana. Saya tetap melakukan pemeliharaan standar yang telah saya lakukan selama ini seperti merapikan dan mengklasifikasikan ulang halaman kategori dan membuat/memperbarui templat. Saya juga bersedia dimintai bantuan oleh pengguna lain selama saya bisa. Kalau saya belum menguasai hal-hal yang diperlukan untuk membantu, saya mau belajar kepada pengurus/pengguna lain yang mengerti dan lebih berpengalaman. — RianHS (bicara) 13 Januari 2021 04.58 (UTC)

Trims, ··· 🌸 Rachmat04 · 13 Januari 2021 03.19 (UTC)

Terima kasih kembali. — RianHS (bicara) 13 Januari 2021 04.58 (UTC)

Johnstad Di Maria[sunting sumber]

Halo! Berikut pertanyaan dari saya.

  1. Beberapa bulan yang lalu, ada halaman fanspage di Facebook yang mempermasalahkan penyuntingan yang dilakukan anak berkebutuhan khusus di beberapa topik seperti pertelevisian atau perkeretaapian. Apa yang dapat Anda lakukan untuk menangani masalah penyuntingan anak berkebutuhan khusus tersebut?
    Pertanyaan ini saya jawab belakangan, ya. Saya mencari dulu postingan yang dimaksud supaya lebih memahami konteksnya. — RianHS (bicara) 13 Januari 2021 06.37 (UTC)

    Pertelevisian dan perkeretaapian adalah bagian WBI yang tidak pernah saya sentuh karena saya merasa tidak terhubung (relate) sama sekali dengan kedua topik tersebut. Meskipun demikian, jika dipercaya menjadi pengurus, tentu tidak elok jika saya menghindari topik tertentu. Topik perkeretaapian sepertinya lebih mudah diawasi karena ada sekelompok pengguna yang berminat dan membuat Portal dan ProyekWiki-nya sehingga suntingan merusak lebih cepat diatasi dan jika perlu dilaporkan ke pengurus. Topik pertelevisian agaknya belum dikelola dengan baik dan mungkin perlu panduan seperti en:WP:NMEDIA, penegasan penerapan Wikipedia:Pemastian, dan pembuatan ProyekWiki Pertelevisian Indonesia (misalnya) dengan editor yang berminat dengan pertelevisian sebagai koordinator proyek. Setahu saya, tindakan yang bisa pengurus lakukan adalah menggunakan perkakas kepengurusan seperti melindungi halaman, melakukan pemblokiran, dsb. Saya belum punya gagasan sistemik jangka menengah atau jangka panjang untuk mengatasi problem ini. — RianHS (bicara) 17 Januari 2021 04.03 (UTC)
  2. Sempat ada pengguna yang berpengalaman yang terindikasi melakukan penyuntingan berbayar. Apa pandangan Anda mengenai penyuntingan berbayar? Apakah Anda menyetujui atau menolak? Jika menyetujui, apa yang perlu dilakukan agar penyuntingan berbayar ini tidak menurunkan kualitas artikel Wikipedia? Jika menolak, bagaimana cara Anda untuk mencegah adanya penyuntingan berbayar di Wikipedia?
    Kebijakan Wikipedia memungkinkan adanya kontribusi yang dibayar meskipun berpotensi menimbulkan konflik kepentingan. en:WP:PAID sudah menjelaskan dengan spesifik langkah-langkah yang harus dilakukan kontributor tersebut, sedangkan di WP:DIBAYAR belum. Sebaiknya, konten WP:DIBAYAR juga perlu diberi langkah spesifik: (1) menempatkan templat {{Paid}} di halaman penggunanya seperti yang dilakukan Pengguna:Fadlun; (2) memasang templat {{Connected contributor (paid)}} di halaman pembicaraan artikel, serta (3) memberitahukan kontribusi berbayar di ringkasan suntingan artikel. Ketiganya bisa menarik perhatian pengguna lain yang kemudian bisa memastikan kelayakan isi artikel tersebut — RianHS (bicara) 13 Januari 2021 06.37 (UTC)
  3. Apa kontribusi Anda di Wikipedia bahasa Indonesia yang menurut Anda bisa dibanggakan? Kontribusi tidak terbatas pada pengembangan artikel, tetapi juga bisa usulan kebijakan atau teknis.
    Sejumlah artikel yang berkaitan dengan koronavirus karena sudah dikunjungi jutaan kali sepanjang tahun 2020. Selain itu, saya beberapa kali terlibat dalam pengusulan Artikel Pilihan sejak diajak Bung Mimi meninjau artikel hipertensi paru. — RianHS (bicara) 13 Januari 2021 06.37 (UTC)
  4. Apakah jika diangkat jadi pengurus nanti, Anda bersedia untuk ikut acara-acara komunitas seperti kopdar?
    Tentu saja. Saya sudah dua kali bertemu sesama Wikipediawan di Yogyakarta dan Makassar. — RianHS (bicara) 13 Januari 2021 06.37 (UTC)

Salam -- Johnstad Почта 13 Januari 2021 05.36 (UTC)

Terima kasih atas pertanyaannya, Johnstad Di Maria. Mohon maaf, saya harus keluar kota untuk urusan pekerjaan dan baru bisa menggunakan laptop pekan depan. Namun, sebisa mungkin saya akan menjawab pertanyaan-pertanyaan selanjutnya melalui ponsel. Jangan ragu untuk meninggalkan pertanyaan.RianHS (bicara) 13 Januari 2021 06.41 (UTC)

Terima kasih telah menjawab pertanyaan dari saya. Saya ada pertanyaan tambahan.

  1. Apa yang Anda ketahui mengenai Growth Feature? Apakah Anda setuju atau tidak jika fitur ini diberlakukan di Wikipedia bahasa Indonesia? Berikan alasan setuju atau tidak. Jika Anda setuju, apakah nantinya Anda bersedia menjadi mentor dalam fitur ini?
    Fitur yang membantu pengguna baru untuk lebih memahami cara-cara menyunting di Wikipedia. Fitur ini sudah pernah dibahas sedikit di sini dan di sini. Saya sangat setuju. Jika sudah diterapkan di WBI, saya juga bersedia menjadi mentor.

Salam -- Johnstad Почта 21 Januari 2021 08.09 (UTC)

Salam kembali, Johnstad Di Maria. — RianHS (bicara) 21 Januari 2021 08.24 (UTC)

Hanamanteo[sunting sumber]

  1. Mengingat Anda adalah dokter dan saat ini pandemi COVID-19 masih berlangsung, apakah Anda tertarik untuk mengembangkan artikel yang berkaitan dengan COVID-19 dan artikel bertema kesehatan lainnya lalu mengusulkan hingga menjadi AP?
    Terima kasih atas pertanyaan spesialnya. :)

    Setelah aktif mengembangkan artikel bertema COVID-19 pada awal hingga pertengahan 2020, saya mengalami kejenuhan informasi sehingga menarik diri dari tema semacam ini. Saya salut sekali dengan Anda yang masih konsisten memperbarui artikel tiap hari sampai sekarang. Artikel yang berkaitan dengan COVID-19 sepertinya sulit untuk memenuhi kriteria AP karena informasinya masih dinamis dan cepat berubah. Kalau artikel kesehatan yang lebih umum, virus dan bakteri sangat potensial jadi AP karena tinggal mengadopsi dari versi bahasa Inggrisnya. Sempat terpikir untuk mengembangkan kedua artikel ini tapi belum terwujud sampai sekarang. — RianHS (bicara) 13 Januari 2021 16.00 (UTC)

    Oh iya, saya masih mengembangkan artikel medis, yang terakhir adalah menerjemahkan CoronaVac (meskipun belum selesai). — RianHS (bicara) 13 Januari 2021 20.54 (UTC)
  2. Ketika Anda melihat halaman yang belum terperiksa dan tergolong sepi dikunjungi, apakah Anda akan langsung memeriksa halaman itu atau tidak?
    Tidak perlu karena bisa jadi suntingan yang meningkatkan mutu artikel malah jadi versi tertunda. — RianHS (bicara) 13 Januari 2021 16.00 (UTC)
  3. Anda mengutamakan mutu atau jumlah artikel? Pertanyaan yang sama juga untuk editor dan peninjau otomatis.
    Mutu artikel, terutama artikel-artikel strategis yang berpotensi ramai dikunjungi. Namun, ada kalanya kita perlu memperbanyak jumlah artikel untuk mendukung dan menghilangkan pranala merah pada “artikel strategis” tersebut, meski hanya berupa artikel tingkat rintisan atau awal, yang penting bisa memberikan informasi yang cukup dan enak dibaca. Contoh artikel yang diutamakan mutunya adalah Penyakit koronavirus 2019, sementara artikel yang mendukungnya adalah masker medis dan penyanitasi tangan.

    Untuk editor dan peninjau otomatis, sebenarnya yang penting adalah mutunya. Namun, karena tidak mudah untuk mengukur mutu editor, saya memilih jumlah editor, dengan catatan mereka bisa menjalankan tugasnya. — RianHS (bicara) 13 Januari 2021 16.00 (UTC)
  4. Ada ribuan halaman yang memliki perubahan tertunda, tetapi belum kunjung ditinjau editor. Jika seandainya sistem validasi artikel tetap dipertahankan, bagaimana cara Anda mengurai permasalahan ini yang belum terpecahkan selama bertahun-tahun?
    Saya punya pendekatan yang berbeda, yaitu memeriksa artikel dari kategori mereka. Misalnya, saya ke halaman Kategori:Rintisan bertopik biologi, lalu mengeklik pranala “perubahan yang ditunda” untuk sampai ke daftar halaman tertinjau usang dengan kategori rintisan bertopik biologi. Nah, saya baru memeriksa artikel-artikel di situ, yang sudah ratusan hari memiliki versi tertunda. Pendekatan ini bisa dipakai oleh editor lain, yang punya minat dan kategori favoritnya masing-masing. — RianHS (bicara) 13 Januari 2021 16.00 (UTC)
  5. Ada ribuan berkas tak terpakai yang terkatung-katung hingga kini, ratusan pengalihan rusak dan kategori tak terpakai yang tidak jelas nasibnya. Sistem patroli artikel baru juga masih menemui kendala manakala banyak artikel tak layak yang bisa lolos selama berbulan-bulan. Apa yang Anda lakukan seandainya Anda terpilih menjadi pengurus?
    Dari pengamatan dan pengalaman saya, tanpa bermaksud merendahkan, mayoritas orang Indonesia belum terbiasa bekerja sama dalam suatu proyek jika dikerjakan secara daring. Mulai dari game online gim daring, pengelolaan media sosial, hingga pekerjaan profesional, banyak yang belum luwes dan memilih untuk bekerja sendiri-sendiri.

    Sepanjang keaktifan saya di WBI ~1,5 tahun terakhir, dari sudut pandang pengguna biasa, saya melihat kebanyakan pengguna asyik dengan minatnya masing-masing. Kolaborasinya jarang, kecuali saat awal COVID-19 merebak dan artikel Sriwijaya Air Penerbangan 182 baru-baru ini — berbeda dengan Wikipedia bahasa Inggris yang penggunanya sering berinteraksi.

    Persoalan berjibun seperti berkas tak terpakai, pengalihan rusak, dsb. tidak bisa diselesaikan seorang diri; saya rasa perlu proyek yang bisa langsung diterapkan dengan langkah-langkah yang spesifik dan jelas. ProyekWiki sepertinya terlalu luas dan terlalu berjangka panjang. Sebaliknya, tantangan kolaborasi artikel baru di Halaman Utama terlalu singkat dan sederhana. Mungkin, proyek mingguan bisa dicoba. Contoh: proyek pekan ini — merapikan berkas apalah.. dirancang oleh pengguna yang memahami gambaran besar persoalannya. — RianHS (bicara) 13 Januari 2021 16.00 (UTC)

NFarras[sunting sumber]

Halo! Berikut beberapa pertanyaan dari saya:

  1. Apa yang Anda lakukan apabila menemukan artikel dengan kualitas terjemahan buruk, apakah Anda akan memperbaikinya atau hanya memberikan tag pemeliharaan?
    Kalau saya tertarik, memahami subjeknya, dan sedang punya waktu luang, saya akan memperbaiki bagian-bagian penting artikel tersebut, tetapi kalau tidak, hanya memberikan tag pemeliharaan. — RianHS (bicara) 13 Januari 2021 20.54 (UTC)
  2. Bagaimana cara Anda menyelesaikan konflik dengan pengguna lain?
    Sebagian besar konflik bisa selesai dengan komunikasi yang baik, kemampuan mengendalikan diri yang baik, dan kebijaksanaan untuk mencari penyelesaian terbaik. Saya berusaha menerapkan semuanya. — RianHS (bicara) 13 Januari 2021 20.54 (UTC)
  3. Ada ribuan topik artikel di Wikipedia. Pada suatu hari, Anda menerima usulan penghapusan terhadap sebuah artikel dengan topik yang belum pernah Anda pelajari sebelumnya. Apa yang akan Anda lakukan?
    Mengecek apakah ada pedoman/panduan Wikipedia tentang kelayakan topik tersebut. Contoh yang tidak saya pahami adalah artikel pertelevisian, misalnya. Lalu, saya mencari tahu apakah ada artikel serupa yang pernah dihapus dan membandingkan dengan riwayat penghapusan pengurus lainnya. Jika memang layak dihapus, saya akan menghapusnya. Jika layak, tetapi perlu pemeliharaan, saya akan memasang tag pemeliharaan. Namun, jika saya masih ragu, saya akan berkonsultasi dengan pengurus lain yang punya pengalaman serupa. — RianHS (bicara) 13 Januari 2021 20.54 (UTC)

Semoga sukses! Naufal Farrasbicara 13 Januari 2021 13.58 (UTC)

Terima kasih. — RianHS (bicara) 13 Januari 2021 20.54 (UTC)

Terima kasih atas jawabannya. Saya ingin menambah satu pertanyaan lagi:

  1. Akhir-akhir ini, Wikipedia Bahasa Indonesia dibanjiri oleh artikel artis atau selebriti yang minim referensi dan bahkan mungkin tidak layak untuk dipertahankan di Wikipedia. Di sisi lain, Wikipedia Bahasa Indonesia saat ini hanya mengandalkan WP:LAYAK untuk menangani artikel artis/selebriti karena WP:ARTIS belum mencapai konsensus. Padahal, sudah seharusnya ada kebijakan yang mengatur hal ini secara spesifik. Bagaimana tanggapan anda mengenai permasalahan ini?
    Saya setuju jika proposal WP:ARTIS diajukan lagi sebagai kebijakan resmi. Semoga kali ini bisa menarik perhatian para pengguna aktif WBI dan bisa mencapai konsensus. Kelihatannya draf kebijakannya sudah dirumuskan dengan baik. Saya ngikut saja dengan rumusannya karena tidak paham situasi dunia hiburan saat ini (sangat jarang menonton televisi kecuali kebetulan sedang di tempat umum; tidak hobi nonton film, serial, dsb.) dan jika sudah jadi kebijakan, tinggal dijalankan. — RianHS (bicara) 23 Januari 2021 18.17 (UTC)

Naufal Farrasbicara 22 Januari 2021 02.57 (UTC)

Padliansyah553[sunting sumber]

  1. Apa visi dan misi Anda di WBI dan apa visi dan misi Anda jika terpilih menjadi pengurus di WBI?
    Saya membayangkan WBI bisa semakin mendekati Wikipedia bahasa Inggris dalam memberikan informasi yang tepercaya dan memiliki komunitas yang tumbuh ke arah yang lebih baik. Kalau misi, saya ingin menyediakan pengetahuan sains dasar bagi siapa saja yang membutuhkannya dan semoga menjadi tabungan amal jariah. Saya tidak punya visi-misi yang spesifik sebagai pengurus, hanya ingin membantu memelihara Wikipedia. — RianHS (bicara) 14 Januari 2021 04.51 (UTC)
  2. Apa yang akan Anda lakukan bila menemukan artikel yang dibuat oleh pengguna baru namun tak memenuhi standardisasi di WBI?
    Kalau artikelnya memenuhi kriteria penghapusan cepat, akan saya hapus. Namun, jika sepertinya masih layak dan masih berpotensi diperbaiki, saya akan menyematkan templat {{tidak dikembangkan}} dan {{tidak memenuhi kriteria kelayakan}}, dan memberi tenggat waktu, misalnya 7 hari. — RianHS (bicara) 14 Januari 2021 04.54 (UTC)
  3. Bagaimana Anda membimbing pengguna baru?
    Ini pertanyaan sederhana tapi sulit menjawabnya. Saya sudah beberapa kali mengajak teman-teman dekat untuk membuat akun dan menyunting di Wikipedia, tetapi semuanya tidak ada yang bertahan lama. Mungkin karena keterampilan menyunting Wikipedia punya kurva belajar yang eksponensial, ada banyak hal yang perlu dipelajari, dan kadang pengguna baru bingung mau menyunting apa dan dari mana.

    WKT uji coba fitur mentoring adalah langkah yang sangat bagus untuk membantu pengguna baru. Semoga bisa cepat diwujudkan. Mengadopsi Open Task dan Task Center dari En.Wiki juga sangat membantu. Saya sendiri belum bisa berkontribusi untuk mewujudkan hal ini karena tidak paham keteknisan MediaWiki, hehe. — RianHS (bicara) 14 Januari 2021 05.26 (UTC)

Semoga sukses!— Padliansyah553 pandir?  13 Januari 2021 14.37 (UTC)

Terima kasih. — RianHS (bicara) 14 Januari 2021 05.26 (UTC)

Hidayatsrf[sunting sumber]

Halo, saya ingin mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut. Beberapa pertanyaan mungkin agak bersifat teknis (khususnya tetang fitur-fitur kepengurusan), bisa Anda skip jika kurang mengerti:

  1. Meskipun sudah melakukan sesuai kebijakan, saat menjadi pengurus Anda mungkin akan menerima berbagai ketidaksukaan, komplain, bahkan "hujatan" dari pengguna lain terkait tindakan Anda sebagai pengurus (misalnya saat menghapus halaman/berkas). Bagaimana Anda akan menyikapi hal tersebut?
    Menerima komplain merupakan bagian dari pekerjaan profesional saya sehari-hari. Jadi, saya sudah terbiasa. Jawaban saya sama seperti pada pertanyaan NFarras nomor 2 tentang konflik di atas. — RianHS (bicara) 14 Januari 2021 05.28 (UTC)
  2. Jika Anda menemui artikel yang secara faktual layak dimasukkan Wikipedia tetapi minim rujukan apakah Anda akan langsung menghapusnya?
    Tidak, cukup tag {{tanpa referensi}}, {{tak akurat}}, atau semacamnya. Kalau saya cukup paham subjeknya dan artikelnya punya versi bahasa Inggris, misalnya, saya akan menyalin rujukan dari Wikipedia bahasa Inggris. — RianHS (bicara) 14 Januari 2021 22.36 (UTC)
  3. Bagaimana Anda akan menggunakan fitur pemblokiran pengguna? Apakah Anda akan menjadikan pemblokiran sebagai sebuah "hukuman" atau tindakan preventif?
    Saya akan menggunakannya sesuai kebijakan WP:BLOK sebagai tindakan untuk mencegah kerusakan atau penurunan kualitas WBI. — RianHS (bicara) 14 Januari 2021 22.36 (UTC)
  4. Berdasarkan halaman Istimewa:Statistik validasi rata-rata penundaan tinjauan di WBI saat ini mencapai 500 hari lebih. Halaman dengan perubahan tertunda mencapai 39.000 lebih. Bahkan jika semua pengguna aktif dijadikan editor, butuh waktu yang luar biasa lama untuk meninjaunya. Bagaimana menurut Anda menyikapi masalah ini?
    Jawaban saya seperti pada pertanyaan Hanamanteo nomor 4 di atas. Sejak menjadi editor ~1,5 tahun yang lalu, saya sudah menerima revisi halaman (approve) >1.000 kali dan belum termasuk artikel yang saya tolak perubahannya — tapi beberapa artikel populer memang saya periksa lebih dari sekali. Mayoritas artikel yang saya tinjau berada dalam kategori biologi dan subkategori di bawahnya. Kalau mau meninjau artikel yang sudah tertunda ratusan hari, pendekatan per kategori (terutama kategori “Rintisan bertopik X”) sangat bisa dilakukan untuk mengurangi jumlah halaman tertunda. — RianHS (bicara) 14 Januari 2021 22.59 (UTC)
  5. Di WBI banyak sekali templat dan modul yang belum dilengkapi dokumentasi. Padahal dokumentasi sangat penting untuk mengetahui cara menggunakan templat/modul tersebut. Menurut Anda bagaimana cara menghadapi persoalan ini?
    Ini salah satu hal sering saya lakukan, menyalin templat dari EN.WP tanpa membuat dokumentasinya. Saya akan menyertakan dokumentasi, meskipun sederhana, saat membuat templat-templat selanjutnya. Saya belum tahu, apakah bisa mengurutkan halaman-halaman templat berdasarkan jumlah penggunaannya (pranala baliknya)? Kalau bisa, kita bisa mulai menyisir templat-templat tersebut mulai dari yang paling banyak digunakan dan memeriksa apakah dokumentasinya sudah memberikan penjelasan yang memadai. — RianHS (bicara) 15 Januari 2021 23.24 (UTC)
  6. Selain penghapusan halaman, pengurus juga bisa melakukan penghapusan/penyembunyian revisi. Apa yang Anda ketahui tentang fitur penghapusan revisi (RevisionDelete) yang nantinya bisa Anda akses jika menjadi pengurus? Kira-kira bagaimana Anda akan memanfaatkan fitur tersebut?
    Penghapusan revisi adalah fitur untuk menyembunyikan versi terdahulu/riwayat halaman agar tidak bisa dilihat publik. Fitur ini digunakan sesuai dengan kebijakan Wikipedia:Penghapusan revisi, seperti mengandung unsur pembeberan informasi pribadi, pelecehan, atau pelanggaran hak cipta. — RianHS (bicara) 15 Januari 2021 23.32 (UTC)
  7. Jika terpilih menjadi pengurus bagaimana Anda Akan memanfaatkan fitur Nuke atau penghapusan massal?
    Fitur ini akan saya gunakan hanya setelah ada kesepakatan bahwa memang ada “kerusakan luas” yang diakibatkan oleh seorang pengguna, yang perlu diatasi dengan cepat menggunakan nuke. — RianHS (bicara) 15 Januari 2021 23.43 (UTC)
  8. Apa yang Anda ketahui tentang range block?
    Fitur untuk memblokir sekelompok/kisaran IP sehingga mereka tidak bisa menyunting. — RianHS (bicara) 15 Januari 2021 23.43 (UTC)
  9. Apa yang Anda ketahui tentang fitur AbuseFilter?
    Fitur untuk mencegah pengguna tertentu agar tidak bisa melakukan tindakan-tindakan (suntingan) tertentu, dan mengatur tindakan otomatis sebagai respons terhadap suntingan tersebut. — RianHS (bicara) 15 Januari 2021 23.53 (UTC)
  10. Apa yang Anda ketahui tentang fitur MergeHistory (penggabungan riwayat halaman) yang bisa Anda akses jika nanti menjadi pengurus?
    Fitur ini menggabungkan riwayat revisi dua halaman. Saya belum tahu kapan fitur ini digunakan atau kriteria apa yang perlu dipenuhi dua halaman tersebut sebelum digabungkan — RianHS (bicara) 15 Januari 2021 23.53 (UTC)
  11. Jika terpilih menjadi pengurus Anda bisa menyunting sebagian halaman di ruang nama MediaWiki, modul, dan templat-templat yang dilindungi. Seandainya Anda menemukan masalah di luar pengetahuan Anda, apakah Anda akan coba-coba menyuntingnya sendiri atau meminta bantuan pengurus lain yang lebih paham?
    Saya akan berkonsultasi dengan pengurus lain yang lebih paham. — RianHS (bicara) 15 Januari 2021 23.53 (UTC)

Demikian pertanyaan saya, maaf kalau cukup panjang, semoga sukses! Terima kasih. --Hidayatsrf (bicara) 13 Januari 2021 14.31 (UTC)

Terima kasih banyak. — RianHS (bicara) 15 Januari 2021 23.53 (UTC)

Ardfeb[sunting sumber]

  1. Bagaimana pendapat Anda tentang artikel mengenai perusahaan-perusahaan besar, tapi isinya masih sangat sedikit atau bahkan belum ada referensinya? Adakah upaya khusus yang akan Anda lakukan untuk memperbanyak isi dari artikel mengenai perusahaan?
    Suatu topik punya artikel yang sedikit dan/atau berkualitas rendah karena kontributornya juga tidak banyak dan tidak bersungguh-sungguh mengembangkan artikel dalam topik tersebut. Hal ini tidak bisa dipaksakan karena penyunting Wikipedia adalah sukarelawan. Saya tidak punya upaya khusus untuk mengembangkan artikel bertopik perusahaan karena bukan minat saya. :) — RianHS (bicara) 15 Januari 2021 23.59 (UTC)

ardhan (bicara) 14 Januari 2021 15.36 (UTC)

Dimas Laksani[sunting sumber]

Halo, saya ingin bertanya beberapa hal kecil saja.

  1. Apa kelemahan anda dalam berwikipedia dan bagaimana strategi anda untuk menghadapi kelemahan tersebut? (jika merasa tidak ada tidak perlu dibuat-buat)
    Pertama, ketersediaan waktu yang tidak konsisten. Kadang, saya punya banyak waktu luang untuk nge-Wiki dan kadang saya harus menyelesaikan tanggung jawab lain sehingga waktu untuk berselancar di internet (termasuk membuka Wikipedia) jadi berkurang. Cara mengatasinya adalah memanfaatkan waktu kosong yang singkat (10–15 menit) untuk berwikipedia, termasuk saat menjawab pertanyaan ini.

    Kelemahan kedua adalah saya belum lama aktif di Wikipedia sehingga belum memahami dengan baik semua aturan dan kebijakan, terutama kebijakan di EN.WP dan Commons yang berpotensi untuk diadopsi di WBI. Cara mengatasinya adalah belajar sedikit demi sedikit. — RianHS (bicara) 16 Januari 2021 03.41 (UTC)
  2. Jika anda bosan berwikipedia, apa yang akan anda lakukan untuk mengembalikan semangat berwikipedia anda? Bagaimana cara anda agar tidak bosan berwikipedia?
    Lebih seringnya, sih, bosan dengan bagian Wikipedia tertentu. Oleh karenanya, saya sering berpindah-pindah: mengembangkan artikel tulisan sendiri, menerjemahkan artikel dari EN.WP, membuat templat navigasi, melakukan pemeliharaan, merapikan kategori, portal, proyekwiki, dsb. — RianHS (bicara) 16 Januari 2021 03.41 (UTC)
  3. Apa harapan anda untuk wikipedia kedepannya?
    Pertanyaan ini serupa dengan beberapa pertanyaan lain di atas — saya pikir saya sudah menjelaskannya dengan baik. Kalau mau ditambah lagi, saya berharap kontributor-kontributor Wikipedia bisa berkontribusi dengan nyaman dan tidak terganggu dengan hal-hal seperti pengancaman dan pembeberan informasi pribadi sehingga tak perlu lagi ada kejadian seperti tagar BoikotWikipedia beberapa bulan yang lalu. — RianHS (bicara) 16 Januari 2021 03.41 (UTC)

Terima kasih. Salam. ✿Dimas Laksani✿ 16 Januari 2021 01.55 (UTC)

Terima kasih kembali. Salam. — RianHS (bicara) 16 Januari 2021 03.41 (UTC)

Ronniecoln Loudtiago[sunting sumber]

Halo! Saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan, semoga bermanfaat bagi Anda.

  1. Bagaimana Anda menyikapi kasus vandalisme dan penyalahgunaan jangka panjang (long-term abuse) yang terjadi akhir-akhir ini, terutama banyaknya informasi palsu di artikel-artikel bertopik pertelevisian?
    Halo! Kurang lebih jawaban saya sama seperti pada pertanyaan pertama Johnstad Di Maria di atas. — RianHS (bicara) 17 Januari 2021 04.20 (UTC)
  2. Bisa dijelaskan perbedaan antara block dan ban?
    Pemblokiran dilakukan oleh pengurus sesuai dengan kebijakan WP:BLOK, sedangkan keputusan ban dilakukan oleh Yayasan Wikimedia, Komite Arbitrase, atau hasil konsensus untuk mencegah pengguna menyunting situs, halaman, atau topik tertentu, atau berinteraksi dengan pengguna tertentu. — RianHS (bicara) 17 Januari 2021 04.20 (UTC)
  3. Bila ada pengguna baru yang kebetulan tidak mengetahui cara menyunting di Wikipedia, apa yang akan Anda lakukan?
    Saya akan mengarahkannya ke WP:TUTORIAL dan video panduan resmi di YouTube. Jika ada pertanyaan yang spesifik, saya akan membantunya. — RianHS (bicara) 17 Januari 2021 04.32 (UTC)
  4. Apa pandangan Anda mengenai artikel-artikel perusahaan kecil di Wikipedia dan juga kontribusi berbayar di Wikipedia?
    Asalkan memenuhi kriteria WP:LAYAK dan tidak melanggar kebijakan lain seperti Wikipedia:Vanitas, saya pikir tidak ada masalah.

    Untuk WP:DIBAYAR, pandangan saya sama seperti pada pertanyaan kedua Johnstad Di Maria di atas. — RianHS (bicara) 17 Januari 2021 04.32 (UTC)

Sekian pertanyaan dari saya. Salam. – Ronniecoln Loudtiago (bicara)  16 Januari 2021 pukul 14.19 WIB

Terima kasih atas pertanyaannya. Salam kembali. — RianHS (bicara) 17 Januari 2021 04.32 (UTC)

NaufalF[sunting sumber]

Halo, saya ingin memberikan tiga pertanyaan untuk Anda, semoga sukses atas pencalonannya!

  1. Bagaimana cara Anda menyikapi konflik antar pengguna? (Misal konflik penyuntingan maupun konflik di halaman pembicaraan yang berkepanjangan)
    Halo! Maksudnya perang suntingan, ya? Pertama-tama, sikap saya adalah menyarankan pihak berkonflik untuk mengikuti pedoman penyelesaian perselisihan yang ada. Kemudian, jika konfliknya berkepanjangan, melindungi halaman untuk sementara waktu, memindahkan kelangsungan pembicaraan ke Warung Kopi yang sesuai, dan/atau meminta pendapat pengurus lain merupakan opsi yang bisa dipilih. Sependek keaktifan saya di WBI, saya belum pernah melihat konflik penyuntingan artikel yang berlarut-larut. Namun, jika ada beberapa kasus seperti ini, membuat en:WP:RFC seperti di EN.WP sepertinya patut dicoba.
  2. Bagaimana Anda menyikapi pengguna yang tidak terima penghapusan artikel yang dibuatnya dan/atau diblokir dan malah menyerang Anda pribadi?
    Sebisa mungkin saya selalu mengingat bahwa pasangan komunikasi kita di balik media digital apa pun juga seorang manusia. Oleh karena itu, saya berusaha untuk berlaku sopan. Saya akan mengingatkan pengguna tersebut tentang Wikipedia:Asumsikan niat baik dan Wikipedia:Jangan menyerang pribadi, menunjukkan kekeliruannya, dan membantunya jika memang ia punya niat baik untuk memajukan WBI.
  3. Menurut Anda, pengguna seperti apa yang pantas mendapatkan hak peninjau otomatis?
    Pengguna yang setidaknya telah memahami sebagian besar panduan dan kebijakan WBI (terutama kumpulan panduan menulis) dan mengerti tata bahasa Indonesia yang baik.

Suwun, Naufal Fuadi [diskusi?] 20 Januari 2021 01.38 (UTC)

Terima kasih kembali. — RianHS (bicara) 20 Januari 2021 05.05 (UTC)

Adhiwangsa[sunting sumber]

Halo, saya ingin bertanya kepada Anda

  1. Apabila Anda merasa perlu melakukan pemblokiran sebagai langkah untuk menangani vandalisme, pemblokiran jenis apa yang Anda pilih, blokir IP atau range block? Jika Anda mengambil langkah range block, bagaimana Anda memastikan langkah tersebut tidak salah sasaran? Jika Anda mengambil langkah blokir IP, bagaimana Anda memastikan orang tersebut tidak melakukan vandalisme kembali?
    Saya tidak terlalu mengerti tentang keteknisan internet seperti ini (kisaran alamat IP dan semacamnya), hehe. Jika perlu untuk melakukan pemblokiran, saya akan memblokir alamat IP. Mayoritas pelaku vandal punya kebiasaan tertentu atau menyunting topik tertentu. Hal ini memang tidak bisa mencegah vandalisme berulang, tetapi setidaknya ada pola yang sudah bisa dibaca untuk mempercepat penanganan vandalisme.

Terima kasih, Adhiwangsa ❯❯❯ Ngobrol 20 Januari 2021 02.14 (UTC)

Terima kasih atas pertanyaannya. — RianHS (bicara) 20 Januari 2021 05.14 (UTC)

Mrbonbon[sunting sumber]

Halo, terima kasih sudah mau mencalonkan diri menjadi pengurus.

  1. Pertanyaannya, bagaimana Anda bisa meyakinkan kami bahwa pencalonan pengurus ini bukan semata alat panjat sosial sesaat, dan setelah terpilih beberapa bulan menjadi tidak aktif seperti contoh-contoh di waktu terdahulu?
    Terima kasih atas pertanyaannya yang sangat menarik, Mrbonbon. Dengan ataupun tanpa status kepengurusan, saya mengidentifikasikan diri sebagai kontributor WBI dan mempromosikan WBI di kehidupan sehari-hari, misalnya ke keluarga, rekan kerja, dan para mahasiswa yang rutin bergantian magang ke instansi tempat saya bekerja. Harapannya, makin banyak calon kontributor WBI dari kalangan profesional. Ini adalah salah satu alasan saya menggunakan nama asli sebagai nama pengguna, seperti yang saya tuliskan di video Gelar Wicara Daring Wikimedia Indonesia di YouTube ini (geser ke menit 50:30, lihat di kolom live chat/rekaman chat teratas). Yang jelas, Ivan Lanin pun mengidentifikasikan dirinya sebagai "Wikipediawan pencinta bahasa Indonesia" pada berbagai kesempatan dan saya merupakan salah satu orang yang terinspirasi dan ikut berkontribusi di WBI karena "promosi" ini.

    Kalau soal ketidakaktifan, selama masih sempat, saya mengusahakan diri untuk terus berkontribusi di Wikipedia. Bukti untuk meyakinkan: Suntingan saya pernah sangat menurun di sekitar bulan September 2020 (lihat di sini) karena saya dimutasi (pindah unit kerja) dan diberi pekerjaan baru. Namun, setelah menyesuaikan diri di tempat kerja yang baru, saya kembali berkontribusi seperti biasa. — RianHS (bicara) 24 Januari 2021 08.52 (UTC)

Mrbonbon (bicara) 24 Januari 2021 04.09 (UTC)

Lihat pula[sunting sumber]