Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/RaFaDa20631 untuk pengurus 30 Januari 2021/STJ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Berikut merupakan halaman sesi tanya jawab untuk calon pengurus Wikipedia bahasa Indonesia tahun 2021, RaFaDa20631 (bicarakontr.kontr. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth).

Sesi tanya jawab berlangsung mulai 13 Januari hingga 26 Januari. Proses pemilihan akan berlangsung jika calon pengurus telah memberi konfirmasi persetujuan dengan menandatangani pada bagian yang telah disediakan di halaman pemilihan.

Format[sunting sumber]

Tambahkan pertanyaan di bawah baris dengan menggunakan format berikut: #{{PP pertanyaan
|T=Pertanyaan
|J=Jawaban}}

Pertanyaan[sunting sumber]

Rachmat04[sunting sumber]

Hai! Selamat telah lolos dari sesi verifikasi. Agar saya dapat mengenal Anda, izinkan saya bertanya beberapa hal.

  1. Sejak menjadi kontributor di Wikipedia bahasa Indonesia, bagaimana Anda memandang Wikipedia ini dan masalah apa yang menurut Anda perlu dihadapi?
    Bagi saya, Wikipedia adalah ensiklopedia yang bebas disunting oleh siapapun, dan isinya bisa didistribusikan ulang, dimodifikasi, dan juga dapat digunakan untuk tujuan apapun termasuk untuk tujuan komersial sebagaimana termaktub adalam Pengertian Karya Seni Budaya Bebas. Wikipedia merupakan situs web yang selalu muncul duluan di "mesin pencari sejuta umat", tetapi situs ini cukup menarik bagi makhluk-makhluk iseng atau berkebutuhan khusus yang tergoda untuk menulis, lihat pertanyaan di bawah.
    Masalah yang perlu dihadapi di Wikipedia adalah: Pertama, hak cipta. Kita sudah memfasilitasi pengunggahan lokal untuk isi nonbebas dan berkas yang hanya DP di salah satu negara (karena Commons hanya menerima berkas yang dianggap bebas atau DP di Amerika Serikat dan negara asalnya). Namun masih banyak berkas karya sendiri yang diunggah secara lokal dan belum di-Commonskan, kecuali berkas yang menampilkan patung atau gedung yang mungkin dipotret atau dilukis di negara yang tak memiliki FoP, maka kita sudah siapkan halaman panduan FoP di sini. Kedua adanya campur tangan "orang dalam" dalam memutakhirkan artikel bertopik perusahaan yang sedang beroperasi. Banyak perusahaan yang artikelnya belum memenuhi kriteria sumber tepercaya, dan pemutakhirannya malah ditangani oleh "orang dalam" sehingga ada dugaan orang tersebut melakukan kontribusi berbayar, lihat di bawah terkait pandangan saya mengenai kontribusi berbayar.
  2. Jika Anda lolos menjadi Pengurus, aspek apa saja dari tanggung jawab Pengurus yang ingin Anda tangani?
    Memfasilitasi pengguna-pengguna yang biasa memakai Twinkle, seperti pembuatan templat-templat baru, pemeliharaan ruang nama MediaWiki:, pelindungan templat yang berpeluang menjadi templat berisiko tinggi, penjagaan modul-modul berisiko tinggi, dan juga rencana pemusnahan unggahan berkas nonbebas sebelum 1 Oktober 2020 yang tidak mengikuti kriteria isi nonbebas.

Trims, ··· 🌸 Rachmat04 · 13 Januari 2021 03.19 (UTC)

Nuwun, RaFaDa20631 (bicara) 13 Januari 2021 07.55 (UTC)

Johnstad Di Maria[sunting sumber]

Halo! Berikut pertanyaan dari saya.

  1. Beberapa bulan yang lalu, ada halaman fanspage di Facebook yang mempermasalahkan penyuntingan yang dilakukan anak berkebutuhan khusus di beberapa topik seperti pertelevisian atau perkeretaapian. Apa yang dapat Anda lakukan untuk menangani masalah penyuntingan anak berkebutuhan khusus tersebut?
    Kebetulan saya juga aktif di FB, dan khusus untuk topik perkeretaapian saya juga kenal admin fanspagenya. Sebenarnya soal anak berkebutuhan khusus (ABK) di Wikipedia, kebetulan saya sudah lama berpengalaman (ketika saya bekerja sama dengan Muhammad Pascal Fajrin) untuk mengajukan pelindungan terhadap artikel yang mungkin berisiko tinggi. Serta jika bisa, melacak alamat IP. Biasanya ABK itu terlihat dari pemberian informasi baru yang tidak mesti sesuai di lapangan, tetapi tidak diberikan bukti referensi, dan pola penyuntingannya sama persis untuk semua akun dan/atau alamat IP. Kalau seandainya extended confirmed dan sistem perubahan tertunda mirip Wikipedia bahasa Inggris itu berlaku, pertimbangkan SDM yang minim meski jumlah artikel kita sudah di atas 500.000+... Namun konsekuensinya juga mengajak pengguna biasa untuk ikut memantau Istimewa:Perubahan terbaru.
    Sayangnya, pemberian peringatan kepada ABK itu justru membuat perilakunya makin "edan". Contohnya LTA Tokyo Metro, yang fanatik terhadap sistem transportasi Jakarta. Saya merasa perlu ada pedoman bagi orang tua. Bisa menerjemahkan dari pedoman di Wiki Inggris ini.
  2. Sempat ada pengguna yang berpengalaman yang terindikasi melakukan penyuntingan berbayar. Apa pandangan Anda mengenai penyuntingan berbayar? Apakah Anda menyetujui atau menolak? Jika menyetujui, apa yang perlu dilakukan agar penyuntingan berbayar ini tidak menurunkan kualitas artikel Wikipedia? Jika menolak, bagaimana cara Anda untuk mencegah adanya penyuntingan berbayar di Wikipedia?
    Biasanya, kontribusi berbayar tidak hanya dilakukan oleh individu, tetapi yang paling banyak adalah orang yang mengaku sebagai "humas" atau "sekretaris perusahaan". Saya paling tidak suka dengan kontribusi berbayar. Jujur, saya pernah bekerja sama dengan humas PT KAI terkait koreksi logo KAI 2011, dan pastinya nama pengguna beliau adalah nama aslinya. Namun kami sepakat baik saya maupun beliau saya minta untuk tidak menuntut bayaran apapun terkait perihal ini, just a correction. Saya sudah pernah mengingatkan dengan kebijakan konflik kepentingan terutama bagi mereka yang terindikasi merupakan humas perusahaan.
  3. Apa kontribusi Anda di Wikipedia bahasa Indonesia yang menurut Anda bisa dibanggakan? Kontribusi tidak terbatas pada pengembangan artikel, tetapi juga bisa usulan kebijakan atau teknis.
    Usulan kebijakan yang paling saya banggakan dan bisa diberlakukan secara efektif dan harus betul-betul disosialisasikan secara berkala dengan seluruh komunitas Wikipedia dan juga pengguna pendatang baru adalah isi nonbebas, juga kebijakan antiplagiat, dan beberapa panduan pengutipan seperti pedoman penggunaan pranala luar IMDb atau panduan mengenai Freedom of Panorama. Selain itu, rencananya saya akan mengoptimalkan peralatan Twinkle dan juga perubahan atas sejumlah halaman dengan ruang nama "MediaWiki:".
  4. Apakah jika diangkat jadi pengurus nanti, Anda bersedia untuk ikut acara-acara komunitas seperti kopdar?
    Bisa, menyesuaikan dengan kondisi, dan tentunya senggang. Dan kalau misalnya digelar di Jogja, upayakan di Jogja saja dulu, biar saya nggak mencar ke mana-mana.

Salam -- Johnstad Почта 13 Januari 2021 05.38 (UTC)

Nuwun. RaFaDa20631 (bicara) 13 Januari 2021 08.01 (UTC)

Terima kasih telah menjawab pertanyaan dari saya. Saya ada pertanyaan tambahan.

  1. Apa yang Anda ketahui mengenai Growth Feature? Apakah Anda setuju atau tidak jika fitur ini diberlakukan di Wikipedia bahasa Indonesia? Berikan alasan setuju atau tidak. Jika Anda setuju, apakah nantinya Anda bersedia menjadi mentor dalam fitur ini?
    Sangat setuju dengan fitur ini. Justru dengan adanya alat ini, para pendatang baru dapat merasakan secara bertahap bagaimana caranya menulis artikel dengan baik dan benar. Secara bertahap mulai dari ejaan, tanda baca, sampai akhirnya menambahkan pernyataan baru dan juga pengutipan. Saya bisa jadi mentor, dan saya juga akan mengajak teman-teman saya dari proyek saya untuk bersama-sama jadi mentor.

Salam -- Johnstad Почта 21 Januari 2021 08.08 (UTC)

Hanamanteo[sunting sumber]

  1. Pengurus diharapkan dapat ikut serta dalam diskusi di Warung Kopi, tetapi Anda tergolong jarang ikut serta dalam diskusi di Warung Kopi. Jika seandainya Anda terpilih menjadi pengurus, apakah Anda akan lebih meningkatkan keikutsertaan Anda dalam diskusi di Warung Kopi?
    Saya justru mendampingi setiap masyarakat yang biasa membuka Wikipedia:Warung Kopi (Bantuan). Itupun saya jarang buka karena ya, gak hanya sebatas sibuk di dunia nyata, tapi yang lebih berat, apa solusi yang ingin saya berikan belum mesti meyakinkan. Bahkan ketika saya ingin membuka diskusi aja, ada yang tak merespon, yaudah karena saya juga memaklumi mereka juga sih...
  2. Ketika Anda melihat halaman yang belum terperiksa dan tergolong sepi dikunjungi, apakah Anda akan langsung memeriksa halaman itu atau tidak?
    Langsung periksa. Dan menerima atau menolak itu tergantung apa bagian yang disunting. Kalau perubahan ejaan atau pernyataan yang sudah tidak diragukan lagi referensinya, ya saya terima aja. Tapi kalau informasi yang diberikan masih trivial, tanpa referensi, otomatis saya tolak.
  3. Anda mengutamakan mutu atau jumlah artikel? Pertanyaan yang sama juga untuk editor dan peninjau otomatis.
    Saya sangat mengedepankan mutu artikel. Apalah gunanya Wikipedia bahasa Indonesia punya lebih dari 500.000+ artikel malah nggak dirawat dengan baik? Makanya saya berharap seluruh stakeholders Wikipedia harus mau gotong royong membangun artikel berkualitas.
  4. Ada ribuan halaman yang memliki perubahan tertunda, tetapi belum kunjung ditinjau editor. Jika seandainya sistem validasi artikel tetap dipertahankan, bagaimana cara Anda mengurai permasalahan ini yang belum terpecahkan selama bertahun-tahun?
    Saya langsung terjun ke Istimewa:Halaman tertinjau usang untuk mengecek apakah perubahannya memang sudah direferensikan, dimutakhirkan, dll. Bahkan kadang saya juga memutuskan perombakan besar, seperti menerjemahkan dari Wiki Inggris. Saya pernah coba ini dan lihatlah sendiri, ada artikel yang bertahun-tahun tak ditinjau.
  5. Ada ribuan berkas tak terpakai yang terkatung-katung hingga kini, ratusan pengalihan rusak dan kategori tak terpakai yang tidak jelas nasibnya. Sistem patroli artikel baru juga masih menemui kendala manakala banyak artikel tak layak yang bisa lolos selama berbulan-bulan. Apa yang Anda lakukan seandainya Anda terpilih menjadi pengurus?
    Berkas nonbebas tak terpakai, langsung hapus. Berkas bebas, pindah ke Commons (jika sudah memenuhi kriteria WP:MTC dan bukan buah pelanggaran hak cipta). Pengalihan rusak, dialihkan ke judul yang eksis dulu. Kategori kosong, saya coba membuatnya lebih berisi. Untuk dua terakhir ini saya memutuskan untuk memanfaatkan halaman tersebut kalau masih berguna. Mengingat banyak di antara kategori memiliki ID Wikidata yang tidak sama dengan kategori versi bahasa Inggrisnya, penerjemahan dengan ContentTranslation tidak otomatis memasukkan artikel hasil terjemahan ke kategori yang sesuai. Biasa mengecek Istimewa:Halaman baru untuk melihat halaman apa yang baru. Saya bisa langsung menjatuhkan peringatan untuk orang yang diduga membuat artikel yang melanggar konflik kepentingan.
Nuwun. RaFaDa20631 (bicara) 13 Januari 2021 11.07 (UTC)

Hidayatsrf[sunting sumber]

Halo, saya ingin mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut. Beberapa pertanyaan mungkin agak bersifat teknis (khususnya tetang fitur-fitur kepengurusan), bisa Anda skip jika kurang mengerti:

  1. Meskipun sudah melakukan sesuai kebijakan, saat menjadi pengurus Anda mungkin akan menerima berbagai ketidaksukaan, komplain, bahkan "hujatan" dari pengguna lain terkait tindakan Anda sebagai pengurus (misalnya saat menghapus halaman/berkas). Bagaimana Anda akan menyikapi hal tersebut?
    Di dunia nyata, saya malah lebih sering dikomplain atau dibenci. Tapi di sini saya menawarkan suatu win-win solution. Sebelum saya memulai tindakan tersebut, saya juga harus memikirkan apa alasan yang benar-benar jelas melatarbelakangi usulan penghapusan saya, serta menunjukkan kepada mereka apa kebijakan yang terkait dengan masalah ini.
  2. Jika Anda menemui artikel yang secara faktual layak dimasukkan Wikipedia tetapi minim rujukan apakah Anda akan langsung menghapusnya?
    Tidak. Justru perlu dikembangkan dan diberikan referensi berkualitas tinggi. Jika tersedia versi bahasa lain yang lengkap, ya terjemahkan saja.
  3. Bagaimana Anda akan menggunakan fitur pemblokiran pengguna? Apakah Anda akan menjadikan pemblokiran sebagai sebuah "hukuman" atau tindakan preventif?
    Hanya dipakai untuk orang yang terindikasi vandal tanpa peringatan. Saya beri waktu 1 hari dulu. Mengulang, 1 minggu. Mengulang lagi, 1 bulan. Mengulang terakhir kalinya, selamanya. Saya juga mengimbau untuk membuat klarifikasi bila mereka ingin berniat dengan sungguh-sungguh menulis artikel yang berguna. Jadi saya menggunakan ini sebagai tindakan preventif, kecuali pengguna yang terindikasi pelanggaran hak cipta, vandalisme, dan plagiarisme, adalah hukuman.
  4. Berdasarkan halaman Istimewa:Statistik validasi rata-rata penundaan tinjauan di WBI saat ini mencapai 500 hari lebih. Halaman dengan perubahan tertunda mencapai 39.000 lebih. Bahkan jika semua pengguna aktif dijadikan editor, butuh waktu yang luar biasa lama untuk meninjaunya. Bagaimana menurut Anda menyikapi masalah ini?
    Sebenarnya saya sudah melihat kelemahan terbesar dari FlaggedRevs sebagaimana yang Bapak maksud jika Wiki ini mencapai >500.000+ dengan jumlah peninjau yang sedikit. Istimewa:Halaman tertinjau usang justru banyak mengandung halaman yang belum dimutakhirkan. Memutakhirkan artikel diharapkan bisa membantu meningkatkan kualitas artikel, daripada hanya sekadar meninjau atau menolak revisi.
  5. Di WBI banyak sekali templat dan modul yang belum dilengkapi dokumentasi. Padahal dokumentasi sangat penting untuk mengetahui cara menggunakan templat/modul tersebut. Menurut Anda bagaimana cara menghadapi persoalan ini?
    Saya sekarang hampir selalu membuat templat baru plus dokumentasinya. Saya mengharapkan agar semua orang yang menyalin templat dari Wiki lain juga menerjemahkan dokumentasi templatnya
  6. Selain penghapusan halaman, pengurus juga bisa melakukan penghapusan/penyembunyian revisi. Apa yang Anda ketahui tentang fitur penghapusan revisi (RevisionDelete) yang nantinya bisa Anda akses jika menjadi pengurus? Kira-kira bagaimana Anda akan memanfaatkan fitur tersebut?
    Fitur ini untuk menghapus revisi yang tidak perlu dilihat di bagian "Versi Terdahulu". Pemakaiannya hanya untuk revisi yang diduga copyvio, vandal, atau mengganggu. Kasus yang jarang: informasi yang harus dirahasiakan karena berisi materi kontroversial, lihat Versi terdahulu dari artikel Gerakan 30 September.
  7. Jika terpilih menjadi pengurus bagaimana Anda Akan memanfaatkan fitur Nuke atau penghapusan massal?
    Alat untuk memusnahkan halaman-halaman yang dibuat oleh pengguna tertentu. Tapi saya akan memakainya untuk memusnahkan semua berkas yang terindikasi melanggar hak cipta yang diunggah oleh pengguna tertentu.
  8. Apa yang Anda ketahui tentang range block?
    Alat untuk memblokir range alamat IP tertentu yang digunakan untuk menyunting.
  9. Apa yang Anda ketahui tentang fitur AbuseFilter?
    Filter yang dibuat untuk menyaring pengguna melakukan tindakan merusak/mengganggu/spam.
  10. Apa yang Anda ketahui tentang fitur MergeHistory (penggabungan riwayat halaman) yang bisa Anda akses jika nanti menjadi pengurus?
    Pada halaman yang dipindah dengan sistem cut-paste ke halaman baru, seperti yang dilakukan oleh TyewongX di topik kereta api, MergeHistory dipakai bila dua halaman dengan riwayat revisi berbeda digabungkan.
  11. Jika terpilih menjadi pengurus Anda bisa menyunting sebagian halaman di ruang nama MediaWiki, modul, dan templat-templat yang dilindungi. Seandainya Anda menemukan masalah di luar pengetahuan Anda, apakah Anda akan coba-coba menyuntingnya sendiri atau meminta bantuan pengurus lain yang lebih paham?
    Jelas minta ke pengurus lain. Karena khusus untuk modul, saya tak menguasai pemrograman hehe. Kalau MediaWiki sih, saya mungkin mengerti pola-polanya, tapi tetap harus konsultasi dulu ke pengurus lain.

Demikian pertanyaan saya, maaf kalau cukup panjang, semoga sukses! Terima kasih. --Hidayatsrf (bicara) 13 Januari 2021 14.34 (UTC)

Nuwun. RaFaDa20631 (bicara) 14 Januari 2021 12.14 (UTC)

Padliansyah553[sunting sumber]

  1. Apa visi dan misi Anda di WBI dan apa visi dan misi Anda jika terpilih menjadi pengurus di WBI?
    Visi: Mewujudkan Wikipedia bahasa Indonesia sebagai solusi ekosistem ilmu pengetahuan terbaik untuk Indonesia dan dunia
    Misi: (1) Meningkatkan integritas Wikipedia sebagai ensiklopedia yang berpedoman pada tiga kebijakan konten yaitu Pemastian, Sudut pandang netral, dan Sumber tepercaya. (2) Memberikan akses bagi teks dan berkas multimedia secara bebas dan legal bagi masyarakat. (3) Menjadikan Wikipedia bahasa Indonesia sebagai sentralnya informasi tentang segala hal berkaitan dengan Indonesia.
  2. Apa yang akan Anda lakukan bila menemukan artikel yang dibuat oleh pengguna baru namun tak memenuhi standardisasi di WBI?
    Di sini saya tidak memiliki standar selain daripada kelayakan. Terkait kelayakan, saya beri toleransi waktu maksimal 1 minggu (kalau sebulan kan kelamaan) untuk menambahkan referensi berkualitas tinggi. Kalau kaitannya dengan kerapian cukup beri tag {{rapikan}}.
  3. Bagaimana Anda membimbing pengguna baru?
    Saya berharap mereka bisa mendatangi Wikipedia:Warung Kopi (Bantuan) terkait dengan cara menyunting yang lebih baik. Mengingat banyak sekali halaman yang hanya memberikan garis besar kebijakan/pedomannya. Sebagai latihan awal, saya bisa memberikan pedoman menyunting di VisualEditor, karena alat ini sangat versatile dan mudah digunakan daripada sebatas wiki markup.
    Tambahan lain: Dengan banyaknya masalah yang dihadapi pengguna pendatang baru, fitur mentoring ini merupakan salah satu solusi keren yang ditawarkan Trizek (WMF). Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini fitur ini bisa dilaksanakan.

Semoga sukses!— Padliansyah553 pandir?  13 Januari 2021 14.48 (UTC)

Nuwun. RaFaDa20631 (bicara) 14 Januari 2021 11.58 (UTC)

Karsono Puguh[sunting sumber]

Halo. Saya punya pertanyaan-pertanyaan berikut.

  1. Seperti diketahui, seringkali terjadi vandalisme artikel yang dilakukan oleh pengguna anonim. Bagaimana strategi untuk mengatasinya?
    Strategi saya adalah metode "tiga lapis benteng". Benteng pertama, balikkan suntingan. Benteng kedua, lewat diskusi di halaman pembicaraan, bagaimana perubahannya apa bisa disetujui atau tidak. Benteng terakhir, barulah pelindungan semi dalam jangka waktu tertentu, atau selamanya kalau memang berisiko tinggi.
  2. Apakah nantinya akan diberlakukan aturan atau kebijakan baru untuk mempersempit peluang pengguna anonim melakukan vandalisme artikel?
    Sulit untuk melakukan seperti itu kecuali artikel yang divandal sudah kronis dan berkepanjangan. Alamat IP itu bisa dipakai siapa saja. Kalau IP-nya diblokir permanen, maka misalnya saya yang memakai suatu IP tidak bisa menyunting, karena mayoritas pengguna di sini menggunakan IP dinamis, dan tak semua dapat hak pengecualian blokir IP.
  3. Mengenai isu freedom of panorama pada objek fotografi, strategi apa yang akan dilakukan agar bisa semakin banyak pengguna memahami akan pentingnya isu tersebut?
    Ada esai WP:FoP Mas, juga menggelar diskusi FoP di Facebook Pengguna WBI, Telegram Wikimedia Indonesia, tapi sayangnya tak banyak yang merespon. Maka saya juga mengirim sebuah kiriman di blog saya, bahkan info ini juga dibagikan ke rekan-rekan di Canon Photo Club Indonesia (saya gabung ke situ karena saya pengguna kamera Canon). Singkatnya, saya lebih banyak sosialisasi ke masyarakat fotografer daripada ke pengguna di sini. Karena yang lebih parah bukan hanya sebatas Wikimedia Commons, melainkan sampai Flickr atau YouTube bisa terkena dampaknya, karena kedua situs itu menyediakan jenis lisensi Creative Commons.
  4. Tampaknya masih cukup banyak berkas foto/gambar yang lisensinya kurang sesuai, bahkan ada juga yang tidak berlisensi. Langkah apa saja yang dilakukan untuk mensosialisasikan pemilihan jenis lisensi gambar/foto sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan?
    Pertama, halaman MediaWiki:Licenses harus segera saya perbarui, juga mengadakan daftar tag hak cipta berkas yang diizinkan. Kedua', memutakhirkan WP:NONBEBAS (ini sudah clear) dan WP:KPG (halamannya justru dibalikkan oleh Hanamanteo karena belum disepakati komunitas. Nanti itu bakal saya paketkan dalam satu paket kebijakan hak cipta. Ketiga, halaman Wikipedia:Pengunggahan akan dijadikan sebagai pengganti dari Istimewa:Pengunggahan. Diharapkan pengguna akan lebih mudah untuk mengunggah berkas.

Terima kasih.. Karsono Puguh (bicara) 14 Januari 2021 15.19 (UTC)

Nuwun. RaFaDa20631 (bicara) 14 Januari 2021 16.16 (UTC)

Ardfeb[sunting sumber]

  1. Bagaimana pendapat Anda tentang artikel mengenai perusahaan-perusahaan besar, tapi isinya masih sangat sedikit atau bahkan belum ada referensinya? Adakah upaya khusus yang akan Anda lakukan untuk memperbanyak isi dari artikel mengenai perusahaan?
    Topik perusahaan itu sangat riskan dan berisiko tinggi. Sejak kriteria kelayakan artikel bertopik organisasi dan perusahaan saya perbarui (itupun dibalikkan juga oleh Hanamanteo hadehh), malah tidak ada ekspektasi untuk menjadi lebih baik. Kalau ingin lihat isi sangat sedikit atau tanpa referensi, coba lihat Pfizer. Artikel ini hanya memasukkan paragraf pembuka. Berbeda dengan topik lain, pengembangannya harus ditangani dengan hati-hati terutama bila itu diterjemahkan, karena kalau tidak menguasai teknisnya, bisa dianggap merusak citra perusahaan. Mobilisasi semua orang yang ahli di bidangnya sangat penting. Templat {{expert needed}} bakal diberikan untuk bagian artikel yang harus ditulis secara teknis. Misalnya orang-orang biologi untuk artikel bertopik perusahaan biotek, tokoh-tokohnya, harus turun tangan. Apabila perusahaan itu tidak layak, hukumannya adalah KPC A7.
    Paling disayangkan adalah perusahaan Indonesia. Itu malah disunting oleh CorSecnya (sekretaris perusahaannya). Itu bisa berubah jadi konflik kepentingan.

ardhan (bicara) 14 Januari 2021 15.48 (UTC)

RaFaDa20631 (bicara) 14 Januari 2021 16.27 (UTC)

NFarras[sunting sumber]

Halo! Berikut satu pertanyaan dari Saya

  1. Bagaimana cara Anda menyelesaikan konflik dengan pengguna lain?
    Saya lebih menyukai win-win solution. Perlu dicari apa yang saya inginkan dan apa yang ia inginkan. Ada bocah, tapi pemikirannya dewasa, dan saya yang tua misalnya nauzubillah, masih mental bocah. Artinya kita sama-sama menang dalam mencari berbagai alternatif solusi. Saya tawarkan solusi A, oh dia menolak, dan saya minta beri alasannya apa, apa, apa. Ia malah menawarkan solusi B, oh saya belum sreg dengan solusi ini. Maka kebijakan jalan tengah yang mana saya dan dia sepakat, perlu dicari agar semua persoalan beres. Saya minta dia juga memberikan hal-hal penting yang perlu segera diselesaikan, karena saya percaya banyak jalan untuk membereskan konflik. Semua kembali ke kebijakan yang dahulu disepakati oleh orang-orang yang aktif di sini sebelum saya, dan saya berhak untuk mengubahnya agar fleksibel dengan perkembangan zaman.

Semoga sukses! Naufal Farrasbicara 15 Januari 2021 12.43 (UTC)

Nuwun. RaFaDa20631 (bicara) 15 Januari 2021 12.56 (UTC)

Terima kasih atas jawabannya. Saya ingin menambah satu pertanyaan lagi:

  1. Akhir-akhir ini, Wikipedia Bahasa Indonesia dibanjiri oleh artikel artis atau selebriti yang minim referensi dan bahkan mungkin tidak layak untuk dipertahankan di Wikipedia. Di sisi lain, Wikipedia Bahasa Indonesia saat ini hanya mengandalkan WP:LAYAK untuk menangani artikel artis/selebriti karena WP:ARTIS belum mencapai konsensus. Padahal, sudah seharusnya ada kebijakan yang mengatur hal ini secara spesifik. Bagaimana tanggapan anda mengenai permasalahan ini?
    Kebijakan mengenai kelayakan artikel akan segera dikembangkan sebagai satu paket kebijakan kelayakan dengan topik lain (perusahaan, organisasi, musik, dll.) seperti di Wikipedia bahasa Inggris. Nanti saya mengundang semua orang untuk hadir di sini mengikuti diskusinya. Akan saya buat Wikipedia:Permohonan pendapat/Paket kebijakan dan pedoman kelayakan artikel 2021 untuk hal tersebut.
    Kalau ini disetujui, selebritas yang hanya aktif sebagai pemeran di FTV juga gagal memenuhi kriteria kelayakan. Masalah besarnya, sumber yang digunakan bukanlah sumber dengan verifikasi, cek fakta, dan editorial, serta bergantung pada jurnalisme tabloid, ditandai dengan sumber yang ditulis dengan gaya bahasa sensasional, menggosip, dll. Selain itu, seringkali saya temukan tulisan-tulisan tentang artis hanya bergantung pada sumber-sumber primer dan tersier. Sumber-sumber ini dapat dianggap tidak bisa dipercaya kebenarannya karena tidak melalui proses editorial pula. Padahal selain kebijakan yang Anda sebutkan, kebijakan mengenai biografi tokoh yang masih hidup itu juga berlaku.

Naufal Farrasbicara 22 Januari 2021 02.55 (UTC)

Nuwun. RaFaDa20631 (bicara) 23 Januari 2021 01.31 (UTC)

Dimas Laksani[sunting sumber]

Halo, saya ingin bertanya beberapa hal kecil saja.

  1. Apa kelemahan anda dalam berwikipedia dan bagaimana strategi anda untuk menghadapi kelemahan tersebut? (jika merasa tidak ada tidak perlu dibuat-buat)
    Saya lamban dalam beradaptasi di Wikipedia, serta terkadang saya agak keras kepala karena saya juga belum mempelajari seluruh kebijakan dan pedoman sampai khatam, terutama saat-saat saya pertama kali terjun ke sini pada 2014. Nah saya dulu kan begitu. Misalnya mengusulkan artikel bagus tapi akhirnya ditolak, atau menyunting halaman kebijakan tetapi langsung dibalikkan. Maka saya mencoba mempelajari bagaimana kriteria-kriteria artikel bagus itu, dengan melihat artikel-artikel yang pernah mendapat status AB sebagai bahan rujukan (terutama di cara mengutip dan kualitas sumbernya). Rencananya jika saya jadi pengurus, saya mengusulkan setiap perubahan kebijakan dan pedoman itu dijadikan satu paket sehingga bisa disetujui secara serentak oleh komunitas.
  2. Jika anda bosan berwikipedia, apa yang akan anda lakukan untuk mengembalikan semangat berwikipedia anda? Bagaimana cara anda agar tidak bosan berwikipedia?
    Agar tidak bosan dan bisa mengembalikan semangat saya menulis lagi, justru mencoba motoran keliling Jateng-DIY, atau travelling, untuk mencari dokumentasi foto baru, yang nantinya bisa dipakai untuk artikel-artikel yang sedang saya kembangkan lebih lanjut.
  3. Apa harapan anda untuk wikipedia kedepannya?
    Semoga kualitas Wikipedia semakin bagus, penyunting-penyuntingnya ramah, dan harapan saya, bisa menjadi alternatif informasi yang kredibel dengan rujukannya yang berkualitas tinggi.

Terima kasih. Salam. ✿Dimas Laksani✿ 16 Januari 2021 01.59 (UTC)

Nuwun. RaFaDa20631 (bicara) 16 Januari 2021 08.49 (UTC)

Ronniecoln Loudtiago[sunting sumber]

Halo! Saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan, semoga bermanfaat bagi Anda.

  1. Bagaimana Anda menyikapi kasus vandalisme dan penyalahgunaan jangka panjang (long-term abuse) yang terjadi akhir-akhir ini, terutama banyaknya informasi palsu di artikel-artikel bertopik pertelevisian?
    Saya ini kalau mendapat informasi begini, vandalisme yang dilakukan oleh terduga sebuah LTA, saya harus hati-hati menangani ini, tidak bisa main blokir/ban di suatu topik.
  2. Bisa dijelaskan perbedaan antara block dan ban?
    Di kebijakan Wikipedia bahasa Inggris, block itu artinya tindakan untuk mencegah setiap pengguna melakukan suntingan apapun di Wikipedia. Ban itu artinya tindakan melarang secara formal untuk melakukan suntingan-suntingan tertentu. Di sini blokir benar-benar akan menghilangkan kemampuan orang-orang untuk menyunting, tidak seperti ban.
  3. Bila ada pengguna baru yang kebetulan tidak mengetahui cara menyunting di Wikipedia, apa yang akan Anda lakukan?
    Saya justru memberikan pelatihan apa yang mereka tidak tahu, dijelaskan secara terperinci, di halaman pembicaraannya.
  4. Apa pandangan Anda mengenai artikel-artikel perusahaan kecil di Wikipedia dan juga kontribusi berbayar di Wikipedia?
    Perusahaan UMKM bisa layak asalkan kriteria kelayakan organisasi dan perusahaan sudah terpenuhi: empat kriteria sumber yang bagus: signifikan, pihak ketiga, independen, dan tepercaya. Selain itu apakah perusahaan itu juga sudah dikenal secara luas karena produk-produknya yang berkualitas tinggi dan mendapat penghargaan yang signifikan. Kontribusi berbayar harus sebisa mungkin dihindari, karena pada dasarnya penulis-penulisnya tidak dibayar bahkan oleh Wikimedia sekalipun. Kecuali bisa memberikan klarifikasi atas kontribusi berbayarnya itu, maka pemblokiran akan tetap berlanjut.

Sekian pertanyaan dari saya. Salam. – Ronniecoln Loudtiago (bicara)  16 Januari 2021 pukul 14.21 WIB

Nuwun. RaFaDa20631 (bicara) 17 Januari 2021 04.34 (UTC)

Medelam[sunting sumber]

Halo! Saya ingin meminta penjelasan untuk satu hal saja.

  1. Saya cukup penasaran pun tertarik dengan pernyataan Anda pada Special:Diff/17834455. Bolehkah Anda memberikan penjelasan lebih lanjut untuk hal ini, termasuk apa yang Anda akan lakukan, semisal Anda telah memiliki tongkat pel di tangan (baca: alat-alat kepengurusan)?
    Saya sudah punya rencana program jika saya sudah jadi pengurus. Terkait dengan Special:Diff/17834455 saya membuat program 1: pemusnahan berkas dan artikel dengan kecurigaan pelanggaran hak cipta (dengan optimasi Twinkle). Program ini prioritasnya tinggi dan membutuhkan banyak templat dan halaman kategori (banyak yang belum di-Wikidatakan, diterjemahkan, atau bahkan dibuat). Program 2: pengadaan sumber-sumber referensi terutama sumber-sumber bersejarah, pindaian koran (terutama peristiwa yang terjadi pada kurun waktu 1980 hingga 2000-an awal). Untuk stasiun kereta api Indonesia, kami sudah menyediakan situs web delpher.nl kemudian juga buku-buku KITLV, buku-buku sejarah perkeretaapian, dan masih banyak lagi. Harapannya pembaca dapat dengan mudah mengakses koleksi buku-buku tersebut dan akan dimasukkan dalam artikel-artikel stasiun, layanan, dan sejarah transportasi rel.

Medelam (bicara) 19 Januari 2021 09.36 (UTC)

Nuwun. RaFaDa20631 (bicara) 20 Januari 2021 06.48 (UTC)

NaufalF[sunting sumber]

Halo, saya ingin memberikan tiga pertanyaan untuk Anda, semoga sukses atas pencalonannya!

  1. Bagaimana cara Anda menyikapi konflik antar pengguna? (Misal konflik penyuntingan maupun konflik di halaman pembicaraan yang berkepanjangan)
    Win-win solution, lihat jawaban NFarras (bicara) di atas.
  2. Bagaimana Anda menyikapi pengguna yang tidak terima penghapusan artikel yang dibuatnya dan/atau diblokir dan malah menyerang Anda pribadi?
    Saya beri tahu alasannya apa. Terutama yang agak sulit itu konflik kepentingan. Kalau ranahnya blokir, pengajuan keberatan atas blokir tersebut biasanya saya menyuruh mengirim klarifikasi. Nanti sesama rekan pengurus bisa didiskusikan apakah ini layak dibuka blokirnya atau tidak. Saya sudah biasa diserang di dunia nyata, lihat juga di atas.
  3. Menurut Anda, pengguna seperti apa yang pantas mendapatkan hak peninjau otomatis?
    Yang layak mendapatkan peninjau otomatis: (1) Orang yang setiap perubahan informasinya selalu diberikan referensinya dan bukti-bukti lain yang meyakinkan di lapangan, tidak sebatas bertumpu sumber primer tetapi juga sekunder. (2) Orang yang sudah memahami kriteria pengunggahan berkas dan juga hak cipta.

Suwun, Naufal Fuadi [diskusi?] 20 Januari 2021 02.36 (UTC)

Nuwun RaFaDa20631 (bicara) 20 Januari 2021 06.32 (UTC)

Mrbonbon[sunting sumber]

Halo, terima kasih sudah mau mencalonkan diri menjadi pengurus.

  1. Pertanyaannya, bagaimana Anda bisa meyakinkan kami bahwa pencalonan pengurus ini bukan semata alat panjat sosial sesaat, dan setelah terpilih beberapa bulan menjadi tidak aktif seperti contoh-contoh di waktu terdahulu?
    Entah saya disetujui atau tidak oleh komunitas menjadi pengurus, saya memilih tetap sebagai bagian dari komunitas ini. Saya memang tidak akan menyebut kepengurusan sebagai alat pansos, saya menyatakan diri sebagai "seorang pengguna pendatang baru biasa", dan saya juga bisa bekerja sama dengan kawan-kawan nonpengurus. Saya berharap akan banyak bibit-bibit unggul yang bisa meneruskan estafet Wikipedia. Saya percaya, baik pengurus maupun nonpengurus harus menciptakan atmosfer per-Wikipediaan yang sehat.
    Bagi saya tidak aktif itu wajar, tapi ya tak sampai berbulan-bulan. Saya malah berharap ingin tetap stay bersama seluruh komunitas. Ada penurunan karena mungkin saya sekarang mau penelitian juga sih. Saya tidak menganggap semua ini beban kerja saya, justru menantang saya untuk bisa membagi waktu, karena saya mulanya sulit untuk membagi waktu.

Mrbonbon (bicara) 24 Januari 2021 04.17 (UTC)

Nuwun. RaFaDa20631 (bicara) 24 Januari 2021 14.13 (UTC)

Lihat pula[sunting sumber]

Wikipedia:Pemilihan pengurus 2021