Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/RXerself untuk pengurus 30 Januari 2021/STJ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Berikut merupakan halaman sesi tanya jawab untuk calon pengurus Wikipedia bahasa Indonesia tahun 2021, RXerself (bicarakontr.kontr. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth).

Sesi tanya jawab berlangsung mulai 13 Januari hingga 26 Januari. Proses pemilihan akan berlangsung jika calon pengurus telah memberi konfirmasi persetujuan dengan menandatangani pada bagian yang telah disediakan di halaman pemilihan.

Format[sunting sumber]

Tambahkan pertanyaan di bawah baris dengan menggunakan format berikut: #{{PP pertanyaan
|T=Pertanyaan
|J=Jawaban}}

Pertanyaan[sunting sumber]

Rachmat04[sunting sumber]

Hai! Selamat telah lolos dari sesi verifikasi. Agar saya dapat mengenal Anda, izinkan saya bertanya beberapa hal.

  1. Sejak menjadi kontributor di Wikipedia bahasa Indonesia, bagaimana Anda memandang Wikipedia ini dan masalah apa yang menurut Anda perlu dihadapi?
    Wikipedia dimiliki dan dikembangkan bersama-sama dan saya harap akan tetap demikian. Seiring tahun berlalu, saya tidak pernah membayangkan bahwa Wikipedia bisa menjadi sebesar, sepopuler, dan seberpengaruh ini dibandingkan dahulunya. Saat ini dan ke depannya saya rasa salah satu masalah ada di situ. Pengalaman singkat yang saya pernah temui ketika mengajak orang menyunting di Wikipedia adalah bahwa hal itu susah, atau isinya sudah terlanjur berantakan, atau tidak ada uangnya, dll. atau beberapa bahkan belum tahun kalau ensiklopedi ini bisa disunting. Saya ingin lebih banyak orang tahu tentang cara Wikipedia bekerja, cara Wikipedia mencari solusi, cara Wikipedia membentuk konsensus, sehingga saya harap setelah orang mengerti, ia tidak perlu lagi ragu untuk berkontribusi. Khususnya untuk Wikipedia bahasa Indonesia adalah membuat kontennya tumbuh dan berkembang menjadi suatu wadah pengetahuan yang lebih kredibel.
  2. Jika Anda lolos menjadi Pengurus, aspek apa saja dari tanggung jawab Pengurus yang ingin Anda tangani?
    Selain dari kewajiban-kewajiban pengurus seperti melakukan patroli terhadap suntingan terkini dan pengguna, saya ingin juga melakukan pengawasan terhadap halaman-halaman lama atau tertinjau usang yang seringkali kontennya tidak sesuai dengan peraturan konten Wikipedia atau diserang vandalisme. Untuk membantu pengurus lainnya juga, saya harap saya menjadi salah satu orang yang bisa dihubungi jika ada pengguna yang membutuhkan bantuan/menemukan masalah.

Trims, ··· 🌸 Rachmat04 · 13 Januari 2021 03.18 (UTC)

Yow, sama-sama mszzz. RXerself (bicara) 13 Januari 2021 15.36 (UTC)

Johnstad Di Maria[sunting sumber]

Halo! Berikut pertanyaan dari saya.

  1. Beberapa bulan yang lalu, ada halaman fanspage di Facebook yang mempermasalahkan penyuntingan yang dilakukan anak berkebutuhan khusus di beberapa topik seperti pertelevisian atau perkeretaapian. Apa yang dapat Anda lakukan untuk menangani masalah penyuntingan anak berkebutuhan khusus tersebut?
    Selama bertahun-tahun ini berkontribusi di Wikipedia, drama-drama yang saya saksikan biasanya drama-drama picisan dan bentuknya "what happens in Wikipedia, stays in Wikipedia." Kini ensklopedia kita telah dikonsumsi oleh khalayak yang lebih luas dan lebih beragam cara pandangnya terhadap Wikipedia. Telah ada Pancapilar dan Kode Etik Bersama dan saya rasa komunitas terutama pengurus harus berperan aktif terhadap hal ini. Saya harap saya dapat langsung berkoordinasi dengan pengurus lain terkait ini tapi jika tidak yang saya lakukan tentu tindakan yang dianggap perlu seperti melindungi, mengembalikan suntingan, atau menyembunyikan riwayat suntingan halaman terkait, melindungi halaman pengguna, serta jika mungkin secara tidak langsung terbuka, memberi tahu sukarelawan bahwa peristiwa ini telah terjadi dan mohon teman-teman ikut mengawasi. Jika dibutuhkan juga saya dapat menghubungi pengguna yang menjadi korban sembari memberi tahu bahwa hal tersebut merupakan hal yang tidak terpuji. Hal demikian memang menjadi salah satu titik rawan kita juga sebagai komunitas, yaitu ketika masalah "tumpah" ke platform lain dan otomatis menjadi "di luar yurisdiksi" pengurus. Saya harap ketika dihadapkan dengan masalah seperti itu saya dapat berkoordinasi dengan pengurus begitupun kontributor terpercaya lain untuk menentukan langkah-langkah apa yang dapat diambil seperti melaporkan ke platform media sosial tersebut. Saya harap ke depannya tata tertib ini dapat lebih diperhatikan oleh pengguna-pengguna.
  2. Sempat ada pengguna yang berpengalaman yang terindikasi melakukan penyuntingan berbayar. Apa pandangan Anda mengenai penyuntingan berbayar? Apakah Anda menyetujui atau menolak? Jika menyetujui, apa yang perlu dilakukan agar penyuntingan berbayar ini tidak menurunkan kualitas artikel Wikipedia? Jika menolak, bagaimana cara Anda untuk mencegah adanya penyuntingan berbayar di Wikipedia?
    Penyuntingan berbayar tidak masalah untuk saya namun menjadi masalah jika penyuntingan juga menjadi masalah untuk Wikipedia. Hal ini karena suntingan berbayar atau yang dilakukan oleh orang terdekat subjek, selama pengalaman saya, cenderung bernada memuji, menyorot latar belakang atau prestasi yang trivial, dsb. yang tentu menjadi PR tambahan bagi pengguna lain. Meskipun jika si pengguna telah mengungkapkan bahwa dia dibayar/dekat dengan subjek, ketika memuat artikel seperti itu, saya rasa bukan menjadi alasan untuk menempatkan dia pada standar yang lebih rendah dibandingkan dengan pengguna lainnya.
  3. Apa kontribusi Anda di Wikipedia bahasa Indonesia yang menurut Anda bisa dibanggakan? Kontribusi tidak terbatas pada pengembangan artikel, tetapi juga bisa usulan kebijakan atau teknis.
    Saya dulu pernah mengusulkan pengubahan artikel "Shalat" menjadi "Salat" setelah membaca suatu opini di suatu surat kabar, lalu sekarang setiap kali saya melihat kata "salat" tanpa "h" saya sering teringat hal itu. Saya terkadang masih membuka halaman Siklon Cempaka (dan versi bahasa Inggrisnya) yang menjadi artikel buatan saya pertama dari nol yang sesuai latar belakang saya.
  4. Apakah jika diangkat jadi pengurus nanti, Anda bersedia untuk ikut acara-acara komunitas seperti kopdar?
    Ya dong.

Salam -- Johnstad Почта 13 Januari 2021 05.37 (UTC)

Terima kasih RXerself (bicara) 13 Januari 2021 16.16 (UTC)

Terima kasih telah menjawab pertanyaan dari saya. Saya ada pertanyaan tambahan.

  1. Apa yang Anda ketahui mengenai Growth Feature? Apakah Anda setuju atau tidak jika fitur ini diberlakukan di Wikipedia bahasa Indonesia? Berikan alasan setuju atau tidak. Jika Anda setuju, apakah nantinya Anda bersedia menjadi mentor dalam fitur ini?
    Saya pernah sempat baca mengenai memasangkan pengguna baru dengan pengguna senior untuk mengajar. Oh, ternyata seperti ini penerapannya. Saya setuju dengan pemasangan fitur ini di WBI karena semakin seringnya pengguna baru yang muncul kemudian meminta bantuan terhadap hal-hal dasar. Kalau dengan fitur ini, pengguna baru sebelum berkontribusi lanjut bisa diarahkan untuk menyelesaikan tugas-tugas sederhana untuk mempelajari dasar penyntingan di Wikipedia dan kalau perlu juga didampingi oleh pengguna tertentu. Tentu saya bersedia menjadi mentor.

Salam -- Johnstad Почта 21 Januari 2021 08.07 (UTC) Terima kasih. RXerself (bicara) 21 Januari 2021 15.06 (UTC)

Hanamanteo[sunting sumber]

  1. Pengurus diharapkan dapat ikut serta dalam diskusi di Warung Kopi, tetapi Anda tergolong jarang ikut serta dalam diskusi di Warung Kopi. Jika seandainya Anda terpilih menjadi pengurus, apakah Anda akan lebih meningkatkan keikutsertaan Anda dalam diskusi di Warung Kopi?
    Dahulu saya mengikuti diskusi di WKB dan WKT namun saya tidak mengikuti lagi WKB karena saya tidak berani lagi untuk memberi usul di luar latar saya. Jika saya menjadi pengurus saya akan mulai mengikuti WKT kembali sementara untuk topik lain saya akan coba lebih sering buka.
  2. Ketika Anda melihat halaman yang belum terperiksa dan tergolong sepi dikunjungi, apakah Anda akan langsung memeriksa halaman itu atau tidak?
    Biasanya ketika berselancar lewat Halaman sembarang, isi artikel saya baca.
  3. Anda mengutamakan mutu atau jumlah artikel? Pertanyaan yang sama juga untuk editor dan peninjau otomatis.
    Kualitas.
  4. Ada ribuan halaman yang memliki perubahan tertunda, tetapi belum kunjung ditinjau editor. Jika seandainya sistem validasi artikel tetap dipertahankan, bagaimana cara Anda mengurai permasalahan ini yang belum terpecahkan selama bertahun-tahun?
    Hal ini memang penting pula. Menyambung jawaban saya di atas, saya rasa ketimbang membuat artikel baru, kita dapat menampilkan tantangan peninjauan untuk editor pada halaman utama. Mungkin tidak perlu setiap hari, misalnya hari Jumat saja atau tanggal tertentu dalam satu bulan.
  5. Ada ribuan berkas tak terpakai yang terkatung-katung hingga kini, ratusan pengalihan rusak dan kategori tak terpakai yang tidak jelas nasibnya. Sistem patroli artikel baru juga masih menemui kendala manakala banyak artikel tak layak yang bisa lolos selama berbulan-bulan. Apa yang Anda lakukan seandainya Anda terpilih menjadi pengurus?
    Wikipedia bahasa Indonesia disunting oleh banyak orang setiap jamnya dan tidak ada manusia yang bisa mengawasi semuanya sekaligus. Penambahan pengguna pengurus adalah salah satu langkah yang bisa mempersering frekuensi patroli di Wikipedia. Fungsi pada halaman Perubahan terbaru juga telah tersedia untuk menyaring hanya halaman baru, pengguna baru, dan pengguna anonim dan beberapa waktu ke belakang relatif sering saya gunakan. Untuk artikel lama yang lebih sulit karena harus sedang diedit atau topiknya kebetulan sedang mencari baru terlihat. Hal yang berbeda yang saya bisa lakukan sebagai pengurus adalah melakukan penghapusan cepat namun itu tidak akan menjadi opsi pertama saya. Untuk berkas, banyak berkas-berkas di halaman Berkas yang tak terpakai memiliki resolusi kecil dan diunggah pada masa-masa awal WBI. Saya tidak mungkin menghapusnya dengan sekehendak sendiri meskipun jika saya pengurus dan saya mau, saya bisa. Mengenai pengalihan rusak dan kategori tidak terpakai, saya bisa rapikan.

NFarras[sunting sumber]

Halo! Berikut beberapa pertanyaan dari saya:

  1. Apa yang Anda lakukan apabila menemukan artikel dengan kualitas terjemahan buruk, apakah Anda akan memperbaikinya atau hanya memberikan tag pemeliharaan?
    Memberikan tag jika saya tidak ahli tentang subjek artikel sembari biasanya merapikan paragraf pembuka saja. Jika kebetulan saya familiar terhadap subjek, saya akan perbaiki.
  2. Bagaimana cara Anda menyelesaikan konflik dengan pengguna lain?
    Diskusi langsung dengan pengguna yang bersangkutan sembari menjelaskan alasan saya mengambil langkah saya dan menanyakannya alasan mengambil langkahnya.
  3. Ada ribuan topik artikel di Wikipedia. Pada suatu hari, Anda menerima usulan penghapusan terhadap sebuah artikel dengan topik yang belum pernah Anda pelajari sebelumnya. Apa yang akan Anda lakukan?
    Saya tidak mungkin untuk mengerti topik yang memang bukan keahlian saya. Jika artikel memang terlihat menyalahi kriteria kelayakan tentu penghapusan dapat saya pertimbangkan. Tapi jika alasan penghapusan adalah mengenai kebenaran isi artikel spesifik terhadap ilmu atau subjeknya, untuk segala maksud dan tujuan, saya tidak bisa menghapus artikel tersebut jika saya tidak punya pemahaman terkait subjeknya.

Semoga sukses! Naufal Farrasbicara 13 Januari 2021 14.02 (UTC)

Terima kasih! RXerself (bicara) 13 Januari 2021 17.11 (UTC)
Sama-sama dan terima kasih atas jawabannya. Naufal Farrasbicara 13 Januari 2021 17.13 (UTC)

Saya ingin menambah satu pertanyaan lagi:

  1. Akhir-akhir ini, Wikipedia Bahasa Indonesia dibanjiri oleh artikel artis atau selebriti yang minim referensi dan bahkan mungkin tidak layak untuk dipertahankan di Wikipedia. Di sisi lain, Wikipedia Bahasa Indonesia saat ini hanya mengandalkan WP:LAYAK untuk menangani artikel artis/selebriti karena WP:ARTIS belum mencapai konsensus. Padahal, sudah seharusnya ada kebijakan yang mengatur hal ini secara spesifik. Bagaimana tanggapan anda mengenai permasalahan ini?
    Saya pikir memang seharusnya ada peraturan-peraturan topik-topik tertentu seperti itu. Artikel artis, sinetron, acara TV, perusahaan, dan pengusaha seringkali saya lihat mendominasi halaman Perubahan terbaru dengan perubahan tertunda yang bisa sudah bertumpuk. Pembicaraan mengenai kebijakan seperti itu akan saya dukung jika dihidupkan kembali.

Naufal Farrasbicara 22 Januari 2021 02.57 (UTC)

Hidayatsrf[sunting sumber]

Halo, saya ingin mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut. Beberapa pertanyaan mungkin agak bersifat teknis (khususnya tetang fitur-fitur kepengurusan), bisa Anda skip jika kurang mengerti:

  1. Meskipun sudah melakukan sesuai kebijakan, saat menjadi pengurus Anda mungkin akan menerima berbagai ketidaksukaan, komplain, bahkan "hujatan" dari pengguna lain terkait tindakan Anda sebagai pengurus (misalnya saat menghapus halaman/berkas). Bagaimana Anda akan menyikapi hal tersebut?
    Untuk komplain, tentu jika memang punya substansi bisa saya pertimbangkan. Untuk hujatan, sesungguhnya Tuhan bersama orang-orang yang sabar.
  2. Jika Anda menemui artikel yang secara faktual layak dimasukkan Wikipedia tetapi minim rujukan apakah Anda akan langsung menghapusnya?
    Tidak, mungkin saya akan menunggu satu, atau dua minggu sebelum melihat perkembangan informasi tentang subjek artikel itu kembali. Pada saat yang sama, Wikidata mungkin dapat menjadi alternatif.
  3. Bagaimana Anda akan menggunakan fitur pemblokiran pengguna? Apakah Anda akan menjadikan pemblokiran sebagai sebuah "hukuman" atau tindakan preventif?
    Kebanyakan pengguna yang kemudian diblokir adalah pengguna yang memang pelanggarannya berat, biasanya melakukan vandal lintas wiki dan pada titik itu Steward global umumnya sudah mengambil tindakan. Pemblokiran saya rasa akan menjadi langkah terakhir dan saya mungkin hanya akan memberikan pemblokiran sementara karena saya rasa ketika beberapa suntingan seseorang dibalikkan oleh pengurus, itu sendiri sudah menjadi suatu peringatan.
  4. Berdasarkan halaman Istimewa:Statistik validasi rata-rata penundaan tinjauan di WBI saat ini mencapai 500 hari lebih. Halaman dengan perubahan tertunda mencapai 39.000 lebih. Bahkan jika semua pengguna aktif dijadikan editor, butuh waktu yang luar biasa lama untuk meninjaunya. Bagaimana menurut Anda menyikapi masalah ini?
    Seperti jawaban saya untuk Hanamanteo di atas, kita bisa mengadakan rubrik tantangan peninjauan bagi editor di Halaman Utama mungkin seminggu sekali atau beberapa kali sebulan.
  5. Di WBI banyak sekali templat dan modul yang belum dilengkapi dokumentasi. Padahal dokumentasi sangat penting untuk mengetahui cara menggunakan templat/modul tersebut. Menurut Anda bagaimana cara menghadapi persoalan ini?
    TemplateData bagi saya adalah yang paling penting pada dokumentasi karena banyak pengguna baru yang belajar menyunting menggunakan VE sedangkan bagian dokumentasi lainnya akan berguna untuk pengguna yang sudah mahir. Saya pernah menerjemahkan TemplateData templat awalan "Cite ..." yang sangat penting karena digunakan pada pelatihan menyunting Wikipedia. Untuk templat-templat lain saya masih belum menemukan prioritas templat mana yang perlu dibuat dokumentasinya. Mungkin kita bisa mengadakan survei pengguna terkait ini.
  6. Selain penghapusan halaman, pengurus juga bisa melakukan penghapusan/penyembunyian revisi. Apa yang Anda ketahui tentang fitur penghapusan revisi (RevisionDelete) yang nantinya bisa Anda akses jika menjadi pengurus? Kira-kira bagaimana Anda akan memanfaatkan fitur tersebut?
    Penyembunyian/penghapusan revisi pernah digunakan oleh pengurus untuk melindungi privasi kontributor pada suatu artikel. Saya pribadi pernah menggunakannya di Wikipedia bahasa Sunda untuk mencegah akun anonim yang melakukan vandal dengan mengembalikan suntingannya setelah suntingannya itu sendiri dibatalkan. Jika riwayat ditutup, ia tidak bisa lagi mengakses versi vandal dari artikelnya.
  7. Jika terpilih menjadi pengurus bagaimana Anda Akan memanfaatkan fitur Nuke atau penghapusan massal?
    Saya mungkin tidak akan menggunakannya.
  8. Apa yang Anda ketahui tentang range block?
    Saya baru tahu ada fungsi ini dan telah baca sedikit, sepertinya fungsi untuk memblokir pengguna anonim pada alamat IP dengan jangkauan (range) tertentu.
  9. Apa yang Anda ketahui tentang fitur AbuseFilter?
    Ekstensi untuk mencegah suntingan tertentu. Yang saya tahu ekstensi ini mencegah kita menambahkan pranala bit.ly pada halaman Wikipedia.
  10. Apa yang Anda ketahui tentang fitur MergeHistory (penggabungan riwayat halaman) yang bisa Anda akses jika nanti menjadi pengurus?
    Sepertinya fungsi ini adalah fungsi lanjutan yang tidak akan saya pakai sebelum memahami cara kerjanya.
  11. Jika terpilih menjadi pengurus Anda bisa menyunting sebagian halaman di ruang nama MediaWiki, modul, dan templat-templat yang dilindungi. Seandainya Anda menemukan masalah di luar pengetahuan Anda, apakah Anda akan coba-coba menyuntingnya sendiri atau meminta bantuan pengurus lain yang lebih paham?
    Beberapa perbaikan yang pernah saya lakukan seperti pada Templat:Kotak info kepulauan/panjang, Templat:Infobox gunung, dan modul etimologi di Wiktionary bahasa Indonesia sebagian besar saya lakukan sendiri namun baru ketika menemui masalah saya mendiskusikannya di halaman pembicaraan terkait. Tapi sejauh ini saya belum pernah menemui kendala untuk menyunting halaman yang dilindungi karena saya tidak punya akses dan tidak bisa mencoba.

Demikian pertanyaan saya, maaf kalau cukup panjang, semoga sukses! Terima kasih. --Hidayatsrf (bicara) 13 Januari 2021 14.33 (UTC)

Terima kasih. RXerself (bicara) 14 Januari 2021 16.20 (UTC)

Padliansyah553[sunting sumber]

  1. Apa visi dan misi Anda di WBI dan apa visi dan misi Anda jika terpilih menjadi pengurus di WBI?
    Saya tidak punya visi misi. Saya hanya punya ide: mengedepankan kualitas, yang dapat dicapai dengan banyak hal melalui cara yang berbeda oleh setiap pengguna. Tapi bagi saya, kerapihan artikel sesuai standar baik dari segi alur paragraf, bahasa, dan rujukan menjadi salah satu yang terpenting.
  2. Apa yang akan Anda lakukan bila menemukan artikel yang dibuat oleh pengguna baru namun tak memenuhi standardisasi di WBI?
    Tergantung standar apa yang tidak terpenuhi. Yang paling mendasar tentu apakah memenuhi kriteria penghapusan cepat atau tidak. Jika iya, hanya akan saya beri tag untuk kemudian dihapus setelah beberapa hari sembari memberi kesempatan bagi pengurus lain untuk menilai. Jika tidak dan masalah ada seperti pada isi atau bahasa, akan saya sunting lalu saya beri tag pemeliharaan (seperti pada artikel ini contohnya) tapi ini bukan oleh pengguna baru. Tapi mirip lah.
  3. Bagaimana Anda membimbing pengguna baru?
    Tidak menggigit pengguna baru dan WP:ANB telah menjadi pedoman dasar untuk pengguna lama dalam menghadapi pengguna baru. Dari beberapa pelatihan yang saya hadiri sebagai pelatih, saya menyimpulkan bahwa membimbing dengan menunjukkan langsung halaman, menjelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti dengan nada senang, dan memaklummi kesalahan awam merupakan hal yang harus dibiasakan selain terkadang kita harus turun langsung menyunting artikel yang dibuat pengguna untuk menunjukkan contoh yang benar. Di saat yang sama saya akui banyak pengguna baru yang menanyakan mengenai bantuan sedangkan dua halaman bantuan ini bisa lebih baik lagi. Keberlanjutan kontributor merupakan salah satu rekomendasi dalam rencana gerakan strategis Wikimedia 2030.

Semoga sukses!— Padliansyah553 pandir?  13 Januari 2021 14.45 (UTC)

Terima kasih! RXerself (bicara) 14 Januari 2021 17.08 (UTC)

Ardfeb[sunting sumber]

  1. Bagaimana pendapat Anda tentang artikel mengenai perusahaan-perusahaan besar, tapi isinya masih sangat sedikit atau bahkan belum ada referensinya? Adakah upaya khusus yang akan Anda lakukan untuk memperbanyak isi dari artikel mengenai perusahaan?
    Adalah hal yang lumrah jika kita menemukan kekurangan dari segi konten pada sebuah ensiklopedia yang sepenuhnya dikembangkan oleh sukarelawan. Ada berbagai penyebab mengapa suatu artikel itu minim isinya seperti karena memang sumber netralnya sulit atau pengguna yang tertarik pun tidak banyak sedangkan Wikipedia. Saya sendiri pun berusaha berfokus pada topik yang memang saya familiar terhadap sumbernya karena dengan demikian saya memiliki kepercayaan tinggi terhadap kualitas konten yang saya tulis. Ada banyak topik lain yang saya rasa lebih bagus dikembangkan sebelum perusahaan.

ardhan (bicara) 14 Januari 2021 15.45 (UTC)

Terima kasih telah bertanya.~~ RXerself (bicara) 14 Januari 2021 17.28 (UTC) ~~

Dimas Laksani[sunting sumber]

Halo, saya ingin bertanya beberapa hal kecil saja.

  1. Apa kelemahan anda dalam berwikipedia dan bagaimana strategi anda untuk menghadapi kelemahan tersebut? (jika merasa tidak ada tidak perlu dibuat-buat)
    Saya cenderung hanya menyunting jika senggang saja. Jika menjadi pengurus, saya akan menyempatkan waktu untuk menyunting karena saya pun akan memiliki tanggung jawab ekstra.
  2. Jika anda bosan berwikipedia, apa yang akan anda lakukan untuk mengembalikan semangat berwikipedia anda? Bagaimana cara anda agar tidak bosan berwikipedia?
    Mengawasi perubahan terbaru adalah hal yang saya rasa paling sederhana untuk dapat berkontribusi di Wikipedia. Itu yang saya sering lakukan jika tidak memmiliki inspirasi dan justru dengan itu terkadang saya menemukan serangkaian artikel yang dapat kemudian saya perbaiki lebih lanjut.
  3. Apa harapan anda untuk wikipedia kedepannya?
    Lebih terintegrasi dengan Wikidata karena saya melihat bahwa banyak informasi dalam WBI seharusnya juga dimuat di Wikidata atau bahkan hanya dimuat di Wikidata dan WBI tinggal mengkuerinya. Integrasi ini saya harap bisa membuat artikel lebih rapih, lebih mudah disunting, dan lebih tidak rentan terhadap vandal.

Terima kasih. Salam. ✿Dimas Laksani✿ 16 Januari 2021 01.58 (UTC)

Sama-samaaa. RXerself (bicara) 16 Januari 2021 07.15 (UTC)

Ronniecoln Loudtiago[sunting sumber]

Halo! Saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan, semoga bermanfaat bagi Anda.

  1. Bagaimana Anda menyikapi kasus vandalisme dan penyalahgunaan jangka panjang (long-term abuse) yang terjadi akhir-akhir ini, terutama banyaknya informasi palsu di artikel-artikel bertopik pertelevisian?
    Pada beberapa kesempatan lalu ketika saya menemukan banyak informasi tanpa referensi pada artikel yang sudah lama tidak ditinjau (dengan topik apapun), biasanya teks akan saya hapus.
  2. Bisa dijelaskan perbedaan antara block dan ban?
    Block atau blokir akan mencabut hak seorang pengguna untuk menyunting pada suatu proyek Wikimedia sedangkan ban pada prinsipnya sama namun bisa diterapkan hanya untuk ruang nama atau topik tertentu.
  3. Bila ada pengguna baru yang kebetulan tidak mengetahui cara menyunting di Wikipedia, apa yang akan Anda lakukan?
    Pengguna demikian akan saya arahkan ke halaman seperti WP:1 dan Wikipedia:Menulis artikel yang lebih baik. Pengguna juga biasanya akan bertanya pada halaman warung kopi atau pembicaraan pengguna lain dan dari situ akan dibimbing.
  4. Apa pandangan Anda mengenai artikel-artikel perusahaan kecil di Wikipedia dan juga kontribusi berbayar di Wikipedia?
    Seluruh artikel sudah seharusnya memenuhi kriteria kelayakan. Saya pernah menemukan artikel seperti itu dan umumnya akan saya baca dahulu isinya lalu jika memang tidak layak, saya beri tag penghapusan cepat dengan asalan tidak memenuhi kepentingan (A7). Untuk kontribusi berbayar, hal itu diperbolehkan di Wikipedia asalkan diungkapkan oleh si pengguna dan serupa dengan itu, saya tidak ambil masalah. Tapi tentu seperti kontribusi lainnya di Wikipedia, kriteria kelayakan dan pedoman-pedoman lainnya tetap harus dipatuhi.

Sekian pertanyaan dari saya. Salam. – Ronniecoln Loudtiago (bicara)  16 Januari 2021 pukul 14.20 WIB

Terima kasih.... RXerself (bicara) 16 Januari 2021 12.48 (UTC)

NaufalF[sunting sumber]

Halo, saya ingin memberikan tiga pertanyaan untuk Anda, semoga sukses atas pencalonannya!

  1. Bagaimana cara Anda menyikapi konflik antar pengguna? (Misal konflik penyuntingan maupun konflik di halaman pembicaraan yang berkepanjangan)
    Setelah pengurus menerima kabar konflik, setiap pengguna yang terlibat berhak menyampaikan pandangannya terhadap konflik dan di saat yang sama, pengurus dapat memeriksa riwayat masing-masing pengguna. Kepatuhan terhadap Pancapilar serta pedoman kelayakan artikel menjadi dasar dalam menilai pendapat masing-masing pihak. Jika dihadapkan dalam situasi demikian, saya berharap semua pihak dapat berdamai baik dengan satu sama lain maupun dengan hasil dari penyelesaian masalah tanpa adanya pemblokiran atau pertikaian yang berkelanjutan.
  2. Bagaimana Anda menyikapi pengguna yang tidak terima penghapusan artikel yang dibuatnya dan/atau diblokir dan malah menyerang Anda pribadi?
    Jika memang keputusan pemblokiran atau penghapusan tersebut ingin dibatalkan, pengguna tersebut dapat meminta pendapat pengurus ataupun kontributor lain tentang keputusan yang diterapkan kepadanya. Saya tidak peduli jika yang bersangkutan menyerang ad hominem namun tentu pertimbangan komunitas akan menjadi berbeda.
  3. Menurut Anda, pengguna seperti apa yang pantas mendapatkan hak peninjau otomatis?
    Pengguna yang sering menmbuat kontribusi yang bagus dengan tetap mematuhi kebijakan dan pedoman yang ada di Wikipedia bahasa Indonesia.

Suwun, Naufal Fuadi [diskusi?] 20 Januari 2021 02.37 (UTC) Terima kasih kembali. RXerself (bicara) 21 Januari 2021 14.59 (UTC)

Mrbonbon[sunting sumber]

Halo, terima kasih sudah mau mencalonkan diri menjadi pengurus.

  1. Pertanyaannya, bagaimana Anda bisa meyakinkan kami bahwa pencalonan pengurus ini bukan semata alat panjat sosial sesaat, dan setelah terpilih beberapa bulan menjadi tidak aktif seperti contoh-contoh di waktu terdahulu?
    Pertanyaan yang bagus. Saya sendiri melihat bahwa menjadi pengurus merupakan sebuah amanah dari komunitas, terutama dari pengguna-pengguna yang mencalonkan saya. Kebanyakan dari kontribusi saya akhir-akhir ini adalah merawat artikel-artikel yang sudah ada dan saya memiliki gagasan untuk memperbaiki kualitas WBI. Karena itu, dengan menjadi pengurus saya harap saya dapat membuat kontribusi saya dalam membantu pengurus-pengurus lain menjadi lebih baik lagi dan dalam taraf yang lebih lanjut. Saya tidak melihat status pengurus sebagai sebuah status sosial yang berderajat jauh lebih tinggi daripada pengguna lain. Cara saya melihat pengguna yang baik adalah berdasarkan kontribusinya yang memang berkualitas baik dan itu pula yang ingin terus saya tingkatkan pada diri saya sebagai seorang pengguna juga.

Mrbonbon (bicara) 24 Januari 2021 04.13 (UTC)

Terima kasih. RXerself (bicara) 24 Januari 2021 19.29 (UTC)

Lihat pula[sunting sumber]