Wikipedia:Pemandu pembuatan artikel/Neologis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kelayakan
Sumber
Konten
Selesai

Terimakasih telah menggunakan Pemandu pembuatan artikel!

Neologisme adalah kata-kata baru dan istilah yang biasanya tidak muncul di kamus mana saja. Kata-kata tersebut mungkin digunakan secara luas dalam beberapa komunitas. Protologisme adalah kata-kata yang belum digunakan secara luas.

Apa itu kelayakan?
Jika topik yang dipilih sesuai dengan kriteria kelayakan artikel, bisa dipastikan artikel tersebut akan bertahan lebih lama.

Sangat mungkin menemukan banyak fakta tentang istilah tertentu dan menunjukkan bukti penggunaannya di Internet atau bahkan di masyarakat yang lebih luas. Mungkin wajar, lalu, untuk merasa bahwa Wikipedia harus memiliki halaman yang dikhususkan untuk istilah baru ini, tetapi ini biasanya tidak terjadi. Ada beberapa alasan mengapa artikel tentang (atau berjudul dengan) neologisme atau protologisme mungkin tidak cocok untuk ensiklopedia:

  • Salah satu alasannya yaitu Wikipedia bukanlah kamus, jadi artikel yang mencoba untuk mendefinisikan sebuah neologisme atau protologisme tidak cocok untuk Wikipedia.
  • Alasan lain adalah bahwa artikel tentang neologisme atau protologisme sering mencoba melacak penggunaan istilah tersebut seperti yang diamati di komunitas yang diminati atau di internet — tanpa dapat mengaitkan klaim ini dengan sumber tepercaya yang dapat diverifikasi dan independen dari subyeknya. tanpa sumber tepercaya they cannot be diterima oleh Wikipedia. Hal ini benar meskipun mungkin ada banyak contoh istilah yang digunakan di Wikipedia.

Dalam kebanyakan kasus, artikel tentang neologisme dihapus. Artikel tentang protologi hampir selalu dihapus karena sering dibuat dalam upaya menggunakan Wikipedia untuk meningkatkan penggunaan istilah tersebut. Sampai sekarang, halaman tentang neologisme tidak diterima oleh Pembantu pembuatan artikel saat ini.

Namun, kriteria inklusi Wiktionary berbeda dari Wikipedia, dan mungkin mencakup neologisme yang tidak dapat diterima oleh Wikipedia.
Jika Anda tertarik untuk menulis artikel tentang neologisme, Anda bisa berkontribusi ke Wiktionary kami.

Wiktionary




Pemandu ini sedang dalam pengembangan aktif.
Templat:Leave feedback

Terima kasih.