Wikipedia:Pelatihan pengurus/Metode pelatihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pelatih dapat menuliskan gagasan untuk pelatihan opsis di sini.

Menganalisis sumbangan pelajar[sunting sumber]

Salah satu pendekatan adalah menengok kontribusi pelajar dan kemudian membuat rekomendasi bagaimana caranya dia dapat meningkatkan dirinya.

Melibatkan pelajar dalam proses ini dapat mempermudah munculnya ide untuk rekomendasi. Pelatih dapat menyuruh para pelajar untuk menganalisis diri sendiri, menganalisis satu sama lain, atau malah menganalisis pelatih sendiri.

Sistem empat tahap[sunting sumber]

Sistem empat tahap dikembangkan oleh Malinaccier di Wikipedia bahasa Inggris untuk melatih dengan lebih efektif para calon opsis.

Tahap-tahap tersebut ialah:

  • Tahap pertama berkenaan dengan pertanyaan yang dirancang untuk mengetahui kontribusi terbaik pelajar, dan apa kekuatan dan kelemahan umum mereka (minimum 3 hari)
  • Tahap kedua berkenaan dengan kebijakan. Pelatih akan menanyakan beberapa seri pertanyaan tentang kebijakan, atau memberikan nasihat tentang administrasi Wikipedia. Pelatih kemudian akan mengkritik tanggapan pelajar, dan memberikan bantuan di segi-segi yang diperlukan oleh pelajar, sebagaimana terlihat dari tanggapannya (minimum 17 hari)
  • Tahap ketiga berkenaan dengan filosofi Wikipedia (inklusionisme, deletionisme, dst.). Pelatih akan menanyakan beberapa pertanyaan tentang filosofi Wikipedia dan aspek-aspek yang kontroversial dalam kebijakan Wikipedia (minimum 11 hari)
  • Tahap keempat adalah tahap yang mengarahkan pelajar untuk menjelajahi aspek penyuntingan dan aspek lain yang mungkin dihadapinya sebagai opsis. Pelatih hanya akan menyediakan bimbingan minimal dalam tahap ini, dan seharusnya hanya menjawab pertanyaan alih-alih mengajukannya kepada pelajar.

Daftar bacaan ringkas[sunting sumber]

  1. Prinsip: pancapilar (ensiklopedia, netral, isi bebas, beretika, tanpa beban) dan komunitas
  2. Isi: biografi, sudut pandang netral, bukan riset asli, dan pemastian
  3. Pemblokiran dan pencekalan
  4. Perlindungan
  5. Penghapusan
  6. Vandalisme
  7. Permintaan
  8. Kontroversi

Bacaan lebih lanjut[sunting sumber]