Wikipedia:Panduan mengembangkan artikel perguruan tinggi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Panduan ini memuat tata cara pengembangan artikel perguruan tinggi (akademi, institut, politeknik, sekolah tinggi, dan universitas) dan diterapkan pada semua artikel perguruan tinggi dan entitas yang ada di bawahnya. Saran yang disajikan di sini disesuaikan berdasarkan sistem pendidikan yang dianut di suatu negara, dan pendekatan alternatif dan pengecualian dapat diberlakukan. Artikel perguruan tinggi di Amerika Serikat mungkin sedikit berbeda dari artikel di Britania Raya, misalnya. Namun saran yang ada di bawah ini sengaja kita adaptasikan di seluruh dunia. Alangkah baiknya untuk berbicara sebelum mencoba mengubahnya, karena mungkin ada alasan keanehan yang tidak langsung terlihat.

Kelayakan[sunting sumber]

Secara umum, semua perguruan tinggi secara de facto layak dimasukkan di Wikipedia. Namun untuk kelayakan entitas di bawahnya, mohon lihat dahulu pedoman di bawah ini. Saran-saran ini hanya sebatas aplikasi dan tidak dapat menggantikan kriteria kelayakan secara umum. Saran semacam ini tidak akan memberikan dukungan apa pun terhadap usulan penghapusan. Meski Anda boleh merujuk saran ini, apa yang Anda baca di sini bukan kebijakan atau pedoman dan tidak boleh disamakan dengan itu. Perlu diingat bahwa setiap orang dapat mendirikan sebuah institusi dan menyebutnya sebagai "perguruan tinggi" atau "universitas", sehingga perlu diperjelas apakah sebuah institusi memerlukan penyertaan di Wikipedia berdasarkan penggunaan istilah-istilah ini oleh institusi tersebut.

Sumber tepercaya[sunting sumber]

Kebijakan pemastian Wikipedia mempersyaratkan bahwa "materi yang kontroversial harus dikaitkan dengan sumber yang dapat telah dipublikasi dan tepercaya dalam bentuk kutipan sebaris." Statistik, peristiwa sejarah, dan pemeringkatan perguruan tinggi harus dikutip. Semua kutipan dalam artikel perguruan tinggi harus berasal dari sumber yang dapat dipercaya.

Waspada bila akan menggunakan sumber buatan sendiri, termasuk siaran pers dan informasi lain tentang perguruan tinggi yang diterbitkan oleh lembaga itu sendiri atau ditulis oleh pegawainya yang dibayar: informasi yang dikutip harus orisinal, tidak dibuat sendiri (lihat #Sudut pandang netral di bawah), dan tidak melibatkan klaim pihak ketiga. Sumber buatan sendiri bukan penentu bahwa subjek tersebut layak. Tidak seperti sumber pihak ketiga, sumber buatan sendiri beserta klaim yang digunakan untuk mendukungnya dapat dihapus tanpa diskusi jika isinya kontroversial atau kurang netral.

Akan tetapi, perguruan tinggi dapat menerbitkan berbagai macam informasi penting dan otoritatif yang harus dimasukkan dalam artikel. Buku fakta/almanak, laporan rektorat, katalog mata kuliah, dan/atau buku pegangan fakultas adalah sumber informasi yang bagus dan otoritatif di perguruan tinggi atau universitas dan mudah didapatkan di situs web untuk rektorat, registrar, atau lembaga penelitian. Perpustakaan atau kantor arsip universitas menyimpan buku sejarah universitas yang cukup bagus untuk disebut sumber terpercaya.

Surat kabar mahasiswa dapat dianggap sebagai sumber tepercaya untuk memverifikasi informasi, tetapi bukanlah sumber yang kuat untuk menunjukkan reputasi sebagai organisasi berita arus utama, dan harus dievaluasi kasus demi kasus. Organisasi media mahasiswa (misalnya yang sudah menerbitkan artikel sendiri) dapat lebih diandalkan, karena memiliki mekanisme pemastian independensi editorial dari administrasi perguruan tinggi/universitas. Pemberitaan arus utama juga dapat digunakan.

Organisasi independen dan pemerintah negara dapat mengumpulkan dan menyebarkan informasi tentang perguruan tinggi dan universitas. Di Amerika Serikat, Carnegie Foundation for the Advancement of Teaching menerbitkan klasfikasi deskriptif perguruan tinggi di sana, sedangkan Kementerian Pendidikan AS menerbitkan statistik lewat situs web College Navigator, dan National Science Foundation menerbitkan informasi berkaitan biaya penelitian dan pengembangan.

Sudut pandang netral[sunting sumber]

Tulislah artikel Anda menggunakan sudut pandang netral. Wikipedia bukan alat pendorong reputasi akademis – jangan sebatas memuji institusinya tetapi sampaikanlah dengan bahasa yang netral dan fakta yang dapat diverifikasi. Mohon tegaskan fakta bukan opini, perkuat dasar pemikiran, dan tidak perlu memberi tahu pembaca yang akan dipikirkan. Terkait dengan kontroversi di kampus, wakilkan seluruh pandangan yang signifikan secara netral dan adil tanpa memberikan bobot yang tidak semestinya pada kedua pihak. Hindari pula "baru-baru ini" atau "akhir-akhir ini".

Waspada pernyataan yang tidak jelas seperti "banyak yang menganggap program studi ilmu ekonomi Universitas A itu bagus" atau "STIE B dikenal luas sebagai institusi terkemuka". Ungkapan ini tidaklah faktual dan hanyalah opini penulis yang tersamar. Tambahkan informasi yang lebih spesifik, dan dukung pernyataan tersebut dengan referensi ke sumber independen yang tepercaya seperti buku, majalah, studi, dll. Selain itu, penggunaan istilah hiperbolis dan kata lain yang harus dihindari tidak disarankan (misalnya, "Universitas Z sangat bergengsi..." atau "Z College adalah terkenal..."). Kami tegaskan lagi, Wikipedia adalah ensiklopedia, bukan pamflet penerimaan mahasiswa baru. Sebagai aturan umum, ajektiva kualitatif sangat dihindari, dan semua ajektiva apapun harus diteliti dengan cermat. Semua pernyataan ini harus dikutip ke pihak ketiga atau dihapus--sangat sedikit dari mereka di WP yang benar-benar didasarkan pada apa pun selain humas perguruan tinggi itu sendiri.

Hindari pernyataan visi dan misi karena kata-kata tersebut dianggap promosi.

Pemeringkatan[sunting sumber]

Sampaikan pemeringkatan perguruan tinggi dengan tepat dan jujur. Melakukan manipulasi terhadap pemeringkatan dapat memberikan kesan tidak netral dan tidak benar. Klaim bahwa sebuah institusi "berperingkat tinggi" atau "sangat eksklusif" setara kekaburan klaimnya dengan kata-kata seperti "bergengsi" dan "sangat baik." Pemeringkatan harus ditulis secara benar dengan menggunakan nilai numerik dan tahun serta sumber sumber yang dapat diverifikasi; jika memungkinkan, dan harus menampilkan rentang: bukan "28", melainkan "28 di antara 29" atau "28 di antara 200". Jangan menggunakan peringkat perguruan tinggi untuk menyintesis citra institusi, baik atau buruk. Sampaikan satu pernyataan faktual yang merangkum keseluruhan peringkat "terbaru" yang diperoleh dalam survei penting (misalnya, "Pada tahun 2010, institusi 'A' menduduki peringkat ke-3 oleh The Economist, ke-5 The New York Times, dan ke-8 oleh Financial Times. "). Jangan memberi peringkat subfaktor – detail seperti "peringkat ke-x dalam pengabdian masyarakat" atau "peringkat ke-3 dalam penelitian" tidak boleh menjadi peringkat utama, dan hanya boleh ditampilkan bila faktor utama dalam artikel telah disebutkan. Pemeringkatan menurut wilayah tertentu, jarang digunakan, kecuali untuk menunjukkan peringkat kampus dalam sebuah sistem.

Tata nama[sunting sumber]

Saran ini hanya komplemen pedoman penamaan umum dan pedoman penamaan umum harus dipatuhi.

Artikel perguruan tinggi[sunting sumber]

  1. Secara umum gunakanlah nama umum dalam bahasa Indonesia (tidak harus menggunakan nama resmi). Anda dapat melihat panduan identitas branding universitas lewat situs web, publikasi, atau iklan.
  2. Kapitalisasi setiap kata harus digunakan karena merupakan nama diri)
  3. Jangan menggunakan singkatan atau akronim resmi.
  4. Untuk perguruan tinggi yang masuk dalam sistem universitas yang lebih besar, nama perguruan tinggi tersebut harus disebutkan dulu, kemudian beri tanda koma, lalu beri nama kota lokasi kampusnya. Contohnya, Universitas California, Berkeley dan Universitas California, San Diego. Kebanyakan situs web perguruan tinggi menyediakan klarifikasi tentang bagaimana menamakan universitas berdasarkan lokasi kampusnya. Hal ini dapat dilakukan menggunakan penjenamaan umum.

Disambiguasi[sunting sumber]

  1. Mohon untuk tidak membuat disambiguasi hingga ada konflik atas judulnya.
  2. Jangan membuat disambiguasi lebih dari semestinya.
  3. Untuk dua atau lebih institusi yang menggunakan nama yang sama, keduanya harus diikuti nama lokasinya (kota/provinsi/negara bagian) dalam tanda kurung.
  4. Anda boleh membuat pengalihan ke halaman yang sesuai. Mohon tambahkan catatan atas untuk mempranalakan ke artikel lain dengan nama yang sama atau mirip.
  5. Tambah pranala ke artikel perguruan tinggi pada halaman disambiguasinya, terutama pada singkatan umumnya seperti UI. Sejumlah institusi tidak memiliki singkatan yang sama dengan organisasi lain (seperti UCLA), dan dapat langsung dialihkan ke artikel perguruan tinggi tanpa perlu disambiguasi.

Artikel terkait[sunting sumber]

  1. Jangan menggunakan singkatan atau akronim pada judul artikel, walaupun namanya panjang. Gunakan selalu nama lengkapnya, misalnya Daftar alumni Universitas Gadjah Mada, bukan "Daftar alumni UGM".
  2. Untuk program keolahragaan perguruan tinggi, kata-kata Universitas atau lainnya dapat dihilangkan, dan diikuti dengan nama tim. Contohnya:Stanford Cardinal. Ada juga yang tetap menggunakan kata-kata tersebut (misal, New York University Violets), lihat #Subartikel.

Daftar[sunting sumber]

  1. Termasuk daftar yang disematkan dan artikel daftar yang berdiri sendiri.
  2. Harus secara akurat mendeskripsikan konten.
  3. Daftar harus diawali dengan "Daftar..." (contoh: Daftar alumni Universitas Indonesia).

Struktur[sunting sumber]

Struktur artikel perguruan tinggi harus mengikuti format umum di bawah ini. Bab, subbab, sub-subbab pada artikel boleh diperluas, disesuaikan, atau diubah bergantung pada kebutuhan dan jenis institusi. Mungkin membantu untuk melihat artikel-artikel perguruan tinggi di Wikipedia dengan standar tinggi (seperti bahasa Inggris) sebelum memulai, menyunting, dan/atau menerjemahkan artikel Anda. Pastikan untuk selalu mengutip referensi.

  • Kotak info – Semua artikel perguruan tinggi harus menggunakan {{Infobox University}} untuk memberikan rincian dasar tentang institusi, dengan gambar utama berupa segel/logo akademik dan jangan menghiasi kotak info dengan ikon tambahan. Jika memiliki hak cipta, gambar tersebut harus memiliki alasan penggunaan media nonbebas. Masukkan informasi secukupnya serta berikan referensi yang dapat diverifikasi untuk informasi yang berpotensi menimbulkan perdebatan seperti pendanaan abadi dan admisi.
  • Paragraf pembuka – harus memuat informasi dasar: nama, lokasi (kota; jelaskan beberapa kampus jika ada), nama pendirinya, dan afiliasi lain atau jaringannya, jika ada. Sebutkan alias jika ada. Gunakan teks miring untuk nama non-Indonesia. Atribut lainnya apakah negeri/publik/swasta, gender tunggal/campuran, masa studi yang dipersyaratkan, afiliasi agama jika ada, dan jenis (akademi, universitas, sekolah tinggi, institut, politeknik). Sebutkan pula apakah lembaga itu hanya menggelar sarjana atau pascasarjana (atau mungkin pendidikan spesialis atau khusus seperti kedokteran, hukum, dan teologi harus disebutkan). Tempatkan gambar di bagian lainnya daripada ditempatkan di bagian ini. Alumni terkemuka hanya boleh disebutkan dalam kasus luar biasa; biasanya, seperti peraih Nobel X lebih disukai. Prospek tidak boleh menyertakan informasi yang tidak tercakup dalam tubuh artikel. Ringkaslah sisa artikel tanpa memberikan rasa berat sebelah pada bagian tertentu (seperti peringkat) dan sebutkan pula karakteristik akademis, sejarah, atau demografi yang membedakan. Prospek harus berupa ringkasan singkat dari keseluruhan artikel – bukan hanya sebuah pengantar.

Sejarah[sunting sumber]

Isilah dengan tanggal-tanggal penting seperti integrasi, perluasan kampus, merger, penggantian nama, pendirian, kontroversi penting seperti protes atau reformasi siswa, dan dampak peristiwa sejarah besar seperti perang. Sertakan foto-foto bangunan lama yang sudah tidak ada lagi atau foto-foto kegiatan yang pernah terjadi bertahun-tahun yang lalu. Anda dapat menemukan banyak gambar lama di mesin pencari gambar domain publik. Mohon tidak mengulang informasi ini menggunakan garis waktu.

Kampus[sunting sumber]

Jelaskan bangunan dan tata letak serta ukuran kampus serta konteks geografis atau kedekatannya dengan kota-kota besar. Perjelas bahasan tentang perluasan kampus dengan menggambarkan nama bangunan penting, desainnya, dan kegunaannya. Jika ada bangunan yang telah dimasukkan dalam daftar bersejarah atau memiliki kepentingan sejarah atau budaya di luar universitas itu sendiri, sebutkan ini dengan kutipan yang sesuai. Bagian ini dapat merangkum informasi tentang kampus satelit, situs belajar di luar negeri, perpustakaan, dan perencanaan kampus yang sedang berlangsung. Jika perguruan tinggi atau universitas telah membuat komitmen yang signifikan terhadap keberlanjutan atau inisiatif lingkungan lainnya, rangkum informasi ini sebagai subbagian di sini, tetapi jangan memberikan bobot yang tidak semestinya.

Organisasi[sunting sumber]

Bahas struktur kepengurusan, kepemimpinan sekarang, anggaran, hubungan dengan Majelis Wali Amanat, tata kelola mahasiswa, informasi pendanaan abadi, dan pembagian akademiknya. Jika perguruan tinggi ini memiliki struktur organisasi khusus, maka sebutkan di sini. Jika universitas adalah bagian dari sistem universitas yang lebih besar (seperti Universitas California) atau memiliki hubungan formal dengan perguruan tinggi lain, bahas hubungan ini dan berikan pranala wiki yang diperlukan. Jika perguruan tinggi atau universitas tersebut memiliki afiliasi formal dengan lembaga pendidikan lain atau merupakan anggota konsorsium besar atau organisasi antaruniversitas lainnya (Annapolis Group, Asosiasi Universitas Amerika, dll.), sebutkan juga di sini.

Profil akademik[sunting sumber]

Bab ini memuat informasi yang berhubungan dengan lingkungan akademik. Masukkan informasi tentang akreditasi institusi, biaya perkuliahan dan keuangan, jumlah prodi yang ditawarkan, jumlah gelar yang diberikan setiap tahun, penghargaan akademik, kalender akademik, dan statistik. Juga dapat membahas perpustakaan, museum, atau koleksi ilmiah lainnya di subbab jika ini sangat layak dari segi ukuran, ruang lingkup, atau kekhasannya dan belum dibahas di tempat lain. Jika ada perkuliahan khusus, skema penilaian, atau persyaratan pendaftaran, sebutkan di sini. Dapat juga membahas pembagian akademik (seperti fakultas/sekolah) secara singkat. Karena Wikipedia adalah bukan direktori, jangan mencoba mencantumkan semua penjurusan, gelar, atau program yang ditawarkan di bagian ini atau bagian mana pun.

  • Penelitian – Bagian ini dapat dimasukkan sebagai subbagian dari profil akademik, tetapi perlu ada informasi mengenai luaran penelitian, dukungan pemerintah, dan hibah yang signifikan (hibah tanah atau hibah ruang status, di Amerika Serikat misalnya), ukuran tempat penelitian, dan program penelitian terkenal.
  • Reputasi dan pemeringkatan – Banyak artikel membahas peringkat akademiknya di sini, dan dapat dicantumkan dalam templat atau dalam bentuk paragraf, tetapi tidak boleh berupa daftar tersemat. Peringkat harus disajikan secara netral, jujur, dan tidak berat sebelah – jangan memanipulasi dengan mengecualikan atau memfaktorkan ulang peringkat, berupaya memasukkan setiap peringkat atau semua peringkat historis, atau menekankan peringkat subdisiplin atas peringkat perguruan tinggi secara keseluruhan. Memberi judul subbab "Reputasi dan peringkat" alih-alih "Peringkat" dapat membantu mendorong cakupan yang lebih luas.

Penerimaan dan biaya[sunting sumber]

Jika proses penerimaan lembaga tersebut kompetitif, dapat dijelaskan di sini. Sertakan faktor-faktor yang dipertimbangkan atau tidak dipertimbangkan oleh penerimaan. Untuk perguruan tinggi Amerika Serikat, {{Infobox U.S. college acceptance}} dapat digunakan untuk meringkas statistik. Jika pemodelan pembiayaannya kompleks, seperti memiliki biaya kuliah dalam dan luar negeri yang terpisah atau menawarkan bantuan keuangan yang signifikan, jelaskan di sini.

Kehidupan mahasiswa[sunting sumber]

Bagian ini membahas kehidupan mahasiswa perguruan tinggi tersebut, seperti serikat mahasiswa, koran mahasiswa, persaudaraan, UKM, dll. Judul dapat diubah sesuai dengan kepentingannya: olahraga, klub, tradisi, serikat mahasiswa, dll. Anda dapat menyebutkan nama tim olahraga dari institusi tersebut dan apa yang menonjol tentang mereka; lembaga yang besar umumnya memerlukan artikel terpisah. Tradisi umumnya tidak menjamin bagian level-2, dan atletik hanya menjamin satu untuk institusi di mana mereka memiliki kehadiran yang signifikan.[a] Bagian ini juga mencakup kehidupan tempat tinggal, klub, dan kegiatan mahasiswa, dan kegiatan terkait. Sesuai dengan kebijakan kelayakan dan pranala luar Wikipedia, jangan menyertakan aktivitas kecil atau umum atau menyediakan pranala ke beranda. Mohon untuk tidak memasukkan daftar lengkap semua kegiatan siswa atau menyajikan daftar kegiatan sebagai daftar yang disematkan.

Demografi mahasiswa[sunting sumber]

Bagian ini merangkum demografi mahasiswa, termasuk jenis kelamin, usia, ras, asal geografis, kelas, nilai ujian rata-rata, dan kinerja rata-rata di sekolah menengah.

Materi lainnya[sunting sumber]

  • Tokoh penting – Bagian ini harus memberikan gambaran sejauh mana orang-orang dengan kontribusi atau capaian yang signifikan yang terkait dengan perguruan tinggi tersebut. Bagi banyak perguruan tinggi, ini mungkin berupa daftar orang yang memenuhi standar kelayakan Wikipedia (masing-masing mungkin dengan deskripsi yang singkat), sehingga daftar tidak akan terlalu panjang. Untuk perguruan tinggi yang sangat tua, sangat besar, atau sangat bergengsi mungkin dapat menggunakan kategori ("Alumni", "Fakultas", dll.perhatikan bahwa kategori "Alumni" hanya untuk mahasiswa yang sudah lulus; mahasiswa aktif tidak dianggap alumni) sebagai gantinya, membatasi daftar eksplisit untuk orang yang sangat terkenal (kepala negara, tokoh sejarah, dll.) serta menambahkan ringkasan naratif pada hal-hal seperti Hadiah Nobel, penghargaan bergengsi, dan sebagainya.
  • Pada budaya populer – Jika ada banyak sumber tepercaya yang membahas pengaruh institusi terhadap budaya populer, maka mungkin tepat untuk memasukkan pengaruh tersebut dan menawarkan contoh-contoh yang terkenal dan relevan. Bagian seperti itu tidak harus menjadi daftar khusus dari contoh ketika perguruan tinggi atau universitas ditampilkan (dalam film, buku, acara televisi, dll.) Bagian tersebut juga tidak boleh menampilkan contoh dan pembahasan yang dibuat sendiri oleh penulis Wikipedia.
  • Catatan kaki/Referensi – Jika Anda menggunakan kutipan sebaris yang sesuai di seluruh artikel (sebagaimana seharusnya), cukup ketikkan <references /> atau {{Reflist}} Jika sumber yang sama dikutip beberapa kali, ciutkan ke dalam satu referensi dengan menggunakan <ref name="XYZ">templat kutipan</ref> setelah contoh pertama dan <ref name="XYZfmt> untuk setiap contoh berikutnya.
  • Pranala luar – Berikan pranala luar ke situs web resmi perguruan tinggi/universitas. Jika ada koran pelajar yang andal dan independen, pranalakan. Pranala ke informasi akreditasi yang diselenggarakan oleh akreditor dapat berguna. Jumlah pranala di sini harus dijaga seminimal mungkin: jangan sekali-kali menautkan halaman lain (misalnya, penerimaan, Fakultas Hukum, Departemen Psikologi), grup terkait (misalnya, serikat, klub), atau halaman yang sudah dipranalakan dari kutipan sebelumnya.
  • Templat navigasi – Beberapa universitas besar memiliki cukup banyak artikel terkait yang sudah dibuat templat navigasi untuk memungkinkan pengguna menavigasinya. Universitas juga dapat menjadi anggota konferensi atletik, konsorsium penelitian, atau jenis organisasi lain yang juga memiliki templat navigasi. Semua templat navigasi harus ditempatkan di bagian paling akhir artikel.

Subartikel[sunting sumber]

Ketika halaman universitas menjadi terlalu besar atau terlalu komprehensif, terkadang sangat perlu memecah bagian-bagian tertentu menjadi subartikel. Ketika ini terjadi, rangkuman harus digunakan dalam artikel institusi. Kadang-kadang subartikel ini juga bisa menjadi besar. Artikel yang layak tetap harus mematuhi kriteria kelayakan serta kriteria berikut:

Memisahkan artikel[sunting sumber]

Artikel yang membahas sejarah perguruan tinggi (Sejarah Universitas Harvard), dan alumni (Daftar alumni Universitas Indonesia – lihat daftar di atas) harus memenuhi kebijakan kelayakan artikel yang mengharuskan cakupan signifikan dalam sumber tepercaya yang independen dari universitas. Artikel ini secara umum layak pada lembaga yang sangat besar yang aspeknya penting atau signifikan. Institusi yang lebih sedikit signifikansi sejarahnya (seperti Universitas Harvard) adalah contoh pengecualiannya.

Olahraga[sunting sumber]

Artikel terpisah untuk tim olahraga suatu institusi kemungkinan diterima selama menerima cakupan yang signifikan dan independen. Bahkan cabang-cabang olahraga dalam sebuah institusi besar atau yang signifikan mungkin juga memiliki subartikelnya sendiri.

Fakultas dan sekolah[sunting sumber]

Jika fakultas, sekolah, atau departemen dari perguruan tinggi layak secara signifikan, mereka dapat memiliki artikel khusus mereka sendiri. Secara umum organisasi ini tidak layak (lihat WP:ORG) dan tidak boleh memisah dari artikel utama jika tidak ada cakupan signifikan oleh sumber independen. Jika beberapa fakultas atau sekolah memiliki signifikansi dan yang lain tidak, mungkin program akademik institusi secara keseluruhan penting.

Kehidupan mahasiswa[sunting sumber]

Artikel tentang kehidupan mahasiswa tidak layak kecuali jika artikel tersebut menggunakan sumber tepercaya dalam cakupan signifikan dan independen. Berdasarkan Wikipedia:Kelayakan artikel/Organisasi dan perusahaan, artikel mengenai organisasi mahasiswa hanya dapat memiliki artikel jika subjeknya layak. Maksudnya:

Telah banyak diliput di sumber sekunder yang harus tepercaya dan independen terhadap subjeknya. Kedalaman cakupannya harus diperhatikan. Jika tidak substansial, banyak sumber independen harus dikutip untuk membangun kelayakannya. Liputan yang insidental dari suatu subjek oleh sumber-sumber sekunder belum cukup untuk membangun kelayakan. Setelah kelayakannya terpenuhi, sumber primer dapat digunakan untuk menambahkan konten. Pada akhirnya, dan yang paling penting, semua konten harus diatribusikan.

  • "Sumber sekunder" dalam kriteria ini mencakup karya seperti artikel surat kabar, buku, dokumenter televisi, dan laporan – tidak ada yang ditulis oleh universitas itu sendiri, atau organ-organnya. Sumber-sumber ini dapat berasal dari perguruan tinggi lain atau dari badan penerbit universitas tetapi tidak pernah dari universitas tempat kelompok atau organisasi tersebut menjadi bagiannya.
  • Siaran pers; iklan yang dibuat oleh organisasi mahasiswa; dan karya-karya yang membicarakan kelompoknya sendiri – baik diterbitkan oleh universitas, kelompok itu sendiri, atau dicetak ulang oleh orang lain – adalah sumber yang dilarang digunakan untuk membangun kelayakan.
  • Karya yang hanya sekilas saja tidak dapat diterima untuk membangun kelayakan. Misalnya: artikel surat kabar yang hanya melaporkan waktu atau hasil pemungutan suaranya, serta publikasi nomor telepon, alamat, dan petunjuk arah dalam direktori bisnis.
  • Setiap cabang organisasi nasional dan internasional hampir selalu tidak cukup layak untuk menjamin pembuatan artikel berbeda (bahkan jika induknya terkenal). Cabang-cabang lokal dapat layak dalam kasus langka yang kelayakannya hanya dapat dicapai dengan sumber tepercaya. Namun, informasi cabang-cabang tersebut dapat dimasukkan dalam daftar artikel selama hanya informasi yang dapat diverifikasi yang disertakan.
  • Organisasi lokal tidak layak kecuali informasi yang dapat diverifikasi dari sumber independen yang dapat dipercaya dapat ditemukan.
  • Umur organisasi, jumlah keanggotaan, atau capaiannya, atau faktor lain yang spesifik untuk organisasi dapat dipertimbangkan. Daftar ini tidak lengkap dan tidak konklusif.

Radio kampus, atau surat kabar mahasiswa, dapat disebutkan dalam artikel utama perguruan tinggi, tetapi memerlukan pernyataan signifikan dari sumber sekunder yang tepercaya agar memenuhi syarat untuk artikel independen.

Hampir tidak pernah layak untuk mencantumkan pejabat dari organisasi mahasiswa.

Pada budaya populer[sunting sumber]

Artikel "Universitas X dalam budaya populer" umumnya tidak memenuhi syarat layak dan harus diintegrasikan pada artikel lainnya. Mayoritas artikel daftar memuat sembarang daftar. Dalam banyak kasus konten dari artikel semacam ini harus digabungkan ke dalam artikel utama bila perlu dan kemungkinan diusulkan untuk ditiadakan jika tidak dikutip menggunakan sumber tepercaya. Dalam kasus ini, info budaya pop dapat dimasukkan ke dalam artikel perguruan tinggi daripada membuat artikel terpisah untuk budaya populer. Jika ini dilakukan, jangan menggunakan daftar kumpulan trivia, melainkan kumpulan analisis mengenai peranan universitas dalam budaya populer menggunakan sumber terpercaya.

Catatan kaki[sunting sumber]

  1. ^ Di Amerika Serikat, banyak institusi NCAA Division I memenuhi ambang batas ini; kebanyakan lembaga Divisi III tidak.