Wikipedia:Obituarium

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kepada para Wikipediawan yang telah wafat, beristirahatlah dalam damai. Kami akan selalu mengenang Anda dan kontribusi Anda di Wikipedia.

Halaman obitarium[1] memuat daftar Wikipediawan yang telah meninggal dunia. Tujuan halaman ini adalah untuk mengenang jasa dan kontribusi mereka bagi Wikipedia bahasa Indonesia dan proyek Wikimedia lain dalam bahasa yang dipertuturkan di Indonesia.

Orang-orang dalam daftar ini telah mengubah Wikipedia bahasa Indonesia menjadi lebih baik dalam berbagai cara. Tidak ada batasan pasti mengenai jumlah suntingan supaya seorang pengguna yang wafat dapat dicantumkan disini. Yang terpenting adalah bagaimana upaya mereka membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik melalui kontribusinya di proyek ini, dan bagaimana kenangan tentang mereka disini bisa menggerakkan banyak orang.

Mohon jangan menambahkan pengguna kecuali Anda dapat menyediakan informasi yang dapat diverifikasi tentang kematian mereka. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar, jangan ragu untuk berdiskusi di pembicaraan halaman ini.

Sandjaja Kosasih[sunting sumber]

Sandjaja Kosasih (Sanko (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth) lahir di Mojokerto, Jawa Timur, dan lulus dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Ia berasal dari Samarinda, Kalimantan Timur. Ia wafat dalam usia 47 tahun pada tanggal 12 Juli 2012.

Sanko mulai menyunting di Wikipedia bahasa Indonesia pada bulan April 2010, namun sebelumnya telah memiliki akun dan menyunting di Wikipedia bahasa Inggris sejak tahun 2007. Ia memiliki lebih dari 4.000 suntingan di WBI, sebagian besar dalam topik Kekristenan. Salah satu sumbangan utamanya adalah ProyekWiki Sejarah Gereja Katolik di Indonesia. Sanko menulis lebih dari 100 artikel pada kegiatan Derby Multilingual Challenge 2011. Pada bulan September 2011, Wali Kota Derby menganugerahkan hadiah pemenang berupa buku yang ditandantangani oleh dewan pengurus Wikimedia UK dan lukisan melalui konferensi video, serta undangan untuk ikut menyertai para penyunting dari Derby pada peluncuran kontes Gibraltarpedia.

Suntingan terakhir Sanko di Wikipedia bahasa Indonesia adalah pada tanggal 14 Maret 2012. Pada bulan Agustus 2012, komunitas WBI menganugerahkan Status Kehormatan kepadanya.

Wikan Satriati[sunting sumber]

Wikan Satriati (WL8 Wikan (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth) adalah seorang penulis buku anak dan manajer publikasi pada Yayasan Lontar, sebuah organisasi nirlaba Indonesia yang mempromosikan karya sastra dalam bahasa Indonesia dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris. Ia wafat di Magelang pada bulan April 2021.[2]

Wikan mulai berkontribusi pada Wikipedia bahasa Indonesia melalui proyek Wikimedia Lontar untuk Penulis Indonesia yang diselenggarakan dengan bekerja sama dengan Wikimedia Indonesia pada tahun 2011. Terakhir, ia ikut menyelenggarakan WikiLatih bersama WMID, Freeport Indonesia, dan Universitas Cenderawasih di Jayapura, Papua pada bulan Februari 2020.[3]

Stephen Suleeman[sunting sumber]

Stephen Suleeman (Stephensuleeman (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth) adalah seorang pendeta dan pengajar di Sekolah Tinggi Teologi Jakarta. Ia wafat di Jakarta pada 8 November 2021.[4]

Stephen mulai berkontribusi di Wikipedia bahasa Indonesia pada bulan Oktober 2005. Ia banyak menyunting pada topik teologi dan Kekristenan. Di luar jaringan, Stephen merupakan salah satu pendiri Wikimedia Indonesia dan pernah bertugas sebagai anggota Dewan Pengawas untuk masa jabatan 2011 hingga 2012. Pada bulan Agustus 2012, komunitas menganugerahkannya Status Kehormatan.

I Gedé Gita Purnama Arsa Putra[sunting sumber]

I Gede Gita Purnama Arsa Putra (Bayu Gita (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth) adalah seorang pegiat budaya dan pengajar di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana.[5] Ia wafat di Denpasar pada 25 Februari 2023.[6][7]

Bayu merupakan seorang sukarelawan Wikipedia bahasa Bali dan anggota aktif komunitas Wikimedia di Denpasar.[8] Ia juga aktif dalam upaya meluncurkan proyek Wikisource bahasa Bali dan prakarsa proyek WikiLontar Bali.[9]

Referensi[sunting sumber]