Wikipedia:Mohon buatkan akun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Kebanyakan orang bisa membuat akun tanpa bantuan. Meski begitu, ketika terjadi masalah (misalnya pada gambar CAPTCHA-nya atau nama penggunanya), anda bisa mengajukan permohonan pembuatan akun.[1] Silakan ikuti instruksi di bawah ini. Pastikan nama pengguna yang Anda inginkan sesuai dengan kebijakan nama pengguna Wikipedia. Ingat bahwa Anda harus memakai satu akun Wikipedia saja. Jika Anda sudah punya akun, Anda dapat meminta kata sandi yang terlupakan atau mengubah nama pengguna Anda.

Nama pengguna di Wikipedia bersifat sensitif terhadap kapitalisasi (huruf besar dan kecil berbeda; NAMASAYA, NamaSaya, namasaya, ketiga-tiganya berbeda). Huruf pertama otomatis selalu terkapitalisasi, jangan menggunakan huruf besar semua. Nama tidak harus nama asli Anda. Jangan mengakhiri dengan spasi atau garis bawah. Nama pengguna tidak boleh hanya angka, mengandung karakter: # / | [ ] { } < > @ % : atau lebih panjang dari 85 karakter.

Sewaktu memilih nama akun, hindari:

  • nama yang bersifat promosi, iklan, spam, nama merek/produk, dsb.
  • nama yang bersifat menyerang, menyinggung, atau menghasut,
  • nama yang berpotensi membingungkan, termasuk nama domain dan alamat surel,
  • nama yang menyerupai nama pengguna yang sudah ada, termasuk pengguna yang diblokir (vandal),
  • nama yang menyerupai nama tokoh (politikus, tokoh militer, artis, figur publik lainnya),
  • nama yang menyerupai organisasi (perusahaan, sekolah/universitas, yayasan, situs, radio, dsb.)
  • nama yang menyerupai nama daerah administratif (desa, kota, kecamatan, kelurahan, dsb.),
  • nama yang terkait peristiwa religius.

Hanya gunakan satu nama akun kecuali benar-benar dibutuhkan.

Instruksi:

  1. Isi kedua kotak di halaman yang tertaut di bawah ini.
    • Catatan: Ingat bahwa kami tidak dapat menghapus atau mengembalikan akun. Jika Anda lupa kata sandinya dan tidak menautkan akun Anda dengan alamat surel, akun tersebut tidak bisa dikembalikan. Satu-satunya pilihan yang Anda punya adalah membuat akun baru dan memohon perubahan nama pengguna yang lama.
  2. Periksa kotak masuk surat elektronik (surel) Anda seandainya ada pemberitahuan seputar kemajuan atau masalah apapun terkait permintaan Anda. Kadang permintaan bisa dipenuhi dalam hitungan menit, namun bisa juga tertunda karena beberapa faktor, jadi mohon bersabar. Pastikan Anda memeriksa folder "spam" jika belum menerima surel dalam sekian jam, walaupun proses ini tidak mustahil memakan waktu lama.
    • Setelah akun Anda berhasil dibuat, Anda akan menerima surel otomatis dari wiki@wikimedia.org yang berisi informasi akun tersebut. Anda dapat memakainya untuk masuk log, kemudian membuat kata sandi baru.



Informasi lain

Catatan kaki

  1. ^ Karena pengguna bisa membuat akun secara otomatis untuk melakukan vandalisme, Wikipedia terpaksa mencegah pembuatan nama pengguna yang terlalu mirip dengan nama yang sudah ada dan menambahkan gambar (CAPTCHA) ke proses masuk log untuk mengonfirmasi bahwa pengguna tidak memakai proses otomatis. Jika Anda hendak membuat akun, tetapi memilih nama pengguna yang terlalu mirip dengan nama yang sudah ada, atau tidak mampu membaca CAPTCHA karena memakai pembaca layar atau peramban yang tidak mendukung gambar, di sini tempatnya.