Wikipedia:Mengidentifikasi iklan terang-terangan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman ini adalah sebuah esai tentang [promosi], [spam], dan [penghapusan cepat U11] di Wikipedia bahasa Indonesia.
Esai ini berisi nasihat atau pendapat dari seorang atau beberapa kontributor di Wikipedia. Halaman ini bukan merupakan kebijakan atau pedoman Wikipedia, karena belum benar-benar disepakati oleh komunitas. Beberapa esai dapat menunjukkan norma yang berlaku secara luas; sedangkan yang lainnya mewakili sudut pandang minoritas.

Wikipedia adalah situs web yang populer dan unik karena tujuan utamanya yakni menjadi ensiklopedia online yang sepenuhnya bebas bagi siapa saja untuk melihatnya dan membacanya, sekaligus juga karena prinsip utamanya yang memungkinkan siapa saja, di mana saja, untuk menyunting artikel dan kontennya. Selain itu, Wikipedia mengizinkan siapa pun yang telah membuat akun dan terkonfirmasi untuk membuat dan memulai artikel Wikipedia baru, serta membuat dan menyunting halaman pengguna dan ruang bicara pengguna mereka sendiri. Meskipun forum yang sepenuhnya terbuka ini adalah tujuan utama di balik popularitas dan beragamnya artikel dan kontennya, prinsip-prinsip ini juga membuat Wikipedia menjadi sasaran empuk bagi pembuatan artikel dan halaman untuk tujuan iklan, spam, dan promosi. Pembuatan-pembuatan artikel dan halaman seperti ini tidak hanya menurunkan kualitas ensiklopedia, tetapi pada dasarnya bertentangan dengan kebijakan Wikipedia serta prinsip pendiriannya untuk menyediakan konten berkualitas yang netral dan dapat diverifikasi oleh semua orang.

Agar dapat dengan mudah memerangi pembuatan iklan terang-terangan, setiap penyunting dapat menandai halaman untuk penghapusan cepat dengan menambahkan {{db-1=U11}} ke bagian atasnya. Hanya halaman yang jelas-jelas merupakan iklan terang-terangan yang dapat dihapus dalam proses ini. Tergantung pada konten, situasi, dan berbagai keadaan yang dapat terjadi, terkadang sulit untuk mengidentifikasi dan membedakan artikel atau halaman yang merupakan iklan terang-terangan dan memenuhi kriteria untuk penghapusan cepat - dari artikel atau halaman yang merupakan upaya dengan itikad baik untuk menulis konten yang perlu diperbaiki, ditulis ulang, atau disusun ulang kata-katanya.

Kemampuan untuk mengidentifikasi halaman yang merupakan iklan terang-terangan dengan benar dan konsisten memerlukan pengalaman dan pengetahuan tentang jenis perilaku, konten artikel, dan tanda-tanda lain yang harus diwaspadai sebagai "petunjuk". Bagi yang berpatroli terhadap perubahan terbaru, ini adalah keterampilan yang sangat penting untuk dipahami dan dikuasai. Secara tidak tepat memberian tag pada artikel yang sebenarnya bukan tergolong kriteria ini untuk dihapus dengan cepat sebagai iklan terang-terangan tidak hanya menghabiskan waktu dari pengurus yang harus meninjau dan menolak penghapusan, tetapi juga dapat menjauhkan penyunting baru dari Wikipedia jika mereka yakin bahwa waktu dan kerja keras mereka yang dihabiskan untuk menulis artikel hanya berujung pada ditandainya artikel mereka sebagai "iklan" dengan pemberitahuan yang ditinggalkan di halaman pembicaraan mereka, dan tanpa tawaran bantuan atau umpan balik apa pun yang diberikan kepada mereka untuk membantu mereka mempelajari aturan dan meningkatkan tulisan mereka. Mengetahui perbedaan antara iklan terang-terangan dan tulisan dengan itikad baik yang perlu diperbaiki, begitu pula ketepatan dalam memberikan tag penghapusan cepat pada artikel dan halaman untuk dihapus secara konsisten – akan menjauhkan iklan terang-terangan dari Wikipedia, dan memberikan kesempatan bagi penyunting baru untuk mengembangkan keterampilan mereka untuk menjadi kontributor jangka panjang bagi proyek ini.

Mengidentifikasi iklan terang-terangan[sunting sumber]

Bagian penting dari pengidentifikasian halaman atau artikel yang merupakan iklan terang-terangan adalah memahami apa itu iklan terang-terangan. Iklan terang-terangan adalah artikel atau halaman yang dibuat, disusun dengan kata-kata, dan dirancang untuk tujuan tunggal yang disengaja demi menjual atau mempromosikan suatu gagasan, produk, atau jasa. Iklan paling umum yang akan Anda temukan saat berpatroli pada halaman-halaman baru, adalah halaman yang dibuat demi organisasi atau perusahaan dan dengan tujuan menjual produk, barang, atau layanan yang disediakannya. Meskipun iklan terang-terangan biasanya dibuat demi perusahaan dan organisasi, hal ini juga dapat berlaku untuk halaman tentang orang, situs web, atau juga layanan atau produk. Contohnya termasuk pembuatan artikel atau halaman yang mengiklankan domain atau situs web seseorang, atau pembuatan halaman tentang seseorang yang mempromosikan keterampilan atau pengalaman kerja mereka.

Iklan tidak hanya terbatas terdapat pada ruang artikel. Iklan juga sering dibuat pada halaman pengguna dan halaman pembicaraan pengguna pembuatnya sendiri, dan ( terkadang ) juga di ruang nama lain. Ketika berpatroli di halaman baru atau perubahan terbaru, Anda tidak hanya harus mengingat sifat dan konten pada halaman itu sendiri, tetapi juga nama pengguna akun yang membuatnya. Indikasi kuat bahwa tujuan halaman tersebut adalah untuk pengiklanan adalah nama pengguna akun yang merupakan nama orang atau perusahaan yang ingin mereka iklankan.

Tanda-tanda khas dari iklan terang-terangan[sunting sumber]

Daftar di bawah ini memaparkan berbagai nama pengguna, lokasi, konten halaman atau artikel, dan penggunaan kata-kata - yang biasanya berhubungan dengan pembuatan iklan yang terang-terangan. Memenuhi hanya salah satu tanda yang tercantum di bawah ini bukan berarti otomatis halaman tersebut merupakan iklan. Namun, halaman atau artikel yang secara jelas mengandung konten atau perilaku yang tercantum pada beberapa butir di bawah ini akan memandu anda dengan menggunakan akal sehat anda untuk menentukan kemungkinan bahwa halaman tersebut memenuhi syarat untuk ditandai agar dihapus dengan cepat sebagai iklan terang-terangan.

Demi perusahaan atau organisasi[sunting sumber]

Iklan terang-terangan demi perusahaan atau organisasi biasanya akan mengandung beberapa atau semua ciri-ciri berikut ini:

  • Artikelnya dibuat oleh akun dengan nama pengguna yang sesuai dengan judul artikel atau perusahaan yang hendak diiklankannya, dan melanggar kebijakan nama pengguna Wikipedia sebagai nama pengguna promosi, atau nama pengguna yang menyiratkan pemakaian bersama, atau posisi di perusahaan atau organisasi. (misalnya "Marketing NamaPerusahaan", "Public Relation NamaPerusahaan", atau hanya "NamaPerusahaan"). Namun, fakta kalau sebuah halaman dibuat oleh akun dengan penamaan demikian, bukan berarti dengan sendirinya cukup untuk melabeli sebuah halaman sebagai iklan terang-terangan; iklan terang-terangan hampir selalu akan menunjukkan setidaknya satu (biasanya beberapa) tanda yang tercantum di bawah ini. Jika halaman tersebut bukan iklan terang-terangan, pertimbangkan untuk memberikan tag pada halaman tersebut dengan {{COI}} dan memperingatkan pembuatnya dengan {{uw-coi}}.
  • Artikelnya dibuat sebagai artikel lengkap yang diformat dengan sempurna sesuai dengan pedoman gaya Wikipedia oleh pengguna yang tidak berpengalaman dalam satu kali penyuntingan, atau diformat secara konsisten di seluruh bagian tetapi dengan cara yang berbeda atau menggunakan gaya, bahasa, atau kode yang berbeda - nyaris seolah-olah si pengguna menyalin seluruh teks dari tempat lain dan menempelkannya ke dalam jendela penyuntingan.
  • Artikelnya menyebut perusahaan atau organisasinya dengan kata ganti orang pertama ("Kami adalah perusahaan yang berbasis di Surabaya", "Produk kami adalah barang dan perlengkapan medis")
  • Artikelnya menyebut pembaca, pelanggan potensial atau klien, atau audiens yang dituju atau yang diinginkan dengan kata ganti orang kedua ("Gletin Kosmetik memberikan solusi pada permasalahan kulit anda")
  • Artikelnya menjabarkan prinsip-prinsip, kultur, atau nilai-nilai perusahaannya dengan cara yang positif atau tidak netral. ("NamaPerusahaan percaya bahwa kepuasan pelanggan adalah yang nomor satu", "NamaPerusahaan adalah perusahaan lokal yang ramah, besutan Wong Xin Ting selama lebih dari 10 tahun, pernah viral, dll")
  • Artikelnya menyebutkan atau menjelaskan misi perusahaan mengenai kualitas atau keandalan produk, atau tingkat standar layanan pelanggan yang dapat diterima ("Nama Perusahaan menggunakan kayu terkuat dan terbaik, yang ramah lingkungan untuk produk jam tangannya", "Perusahaan ini menduduki peringkat pertama dalam layanan pelanggan selama lebih dari 10 tahun")
  • Artikelnya membahas penghargaan, prestasi, dan ciri-ciri unik perusahaan dengan cara yang tidak netral dan disusun secara persuasif sehingga menonjol dari pesaing-pesaing mereka.
  • Artikelnya secara jelas dan gamblang berupaya untuk menjual atau mempromosikan barang atau layanan istimewa, baru, unggulan, atau spesifik yang ditawarkan oleh perusahaan.
  • Artikelnya mencantumkan atau menyebutkan semua negara atau lokasi tempat mereka menyediakan atau mengirimkan produk atau layanan mereka.
  • Amerika Serikat dan lokasi sejenis disajikan dengan singkatan pos negara bagian dua huruf ("San Diego, CA", "Chicago, IL") yang menyiratkan bahwa kata-katanya disalin-tempelkan dari situs web bisnis/pers mereka.
  • Artikelnya menyediakan informasi kontak perusahaan atau departemen penjualan langsung sehingga pembaca dapat menanyakan tentang produk atau layanan yang diiklankan ("Hubungi kami di +62-***-****** untuk informasi lebih lanjut")
  • Artikelnya menyediakan link eksternal ke toko online perusahaan, halaman beranda produk, halaman rincian atau info pemasaran, halaman pengorderan, halaman kustomisasi layanan atau pemesanan fitur, halaman kontak sales perusahaan, atau halaman yang berisi daftar pengecer dan vendor resmi perusahaan.
  • Sebuah sitasi ditambahkan, atau sitasi yang sudah ada dimodifikasi, sehingga menghasilkan referensi yang mengandung judul berisi iklan, atau URL yang mengarahkan ke situs web yang tidak ada hubungannya dengan teks tersebut.
  • Simbol merek dagang atau merek dagang terdaftar secara berulang-ulang disertai pada nama perusahaan dan/atau nama produk atau layanan mereka. ("Nama Perusahaan™", "Nama Perusahaan®", atau "Acme CleanMaster 5000X™")
  • Nama perusahaan berulang kali disebutkan bersamaan dengan jenis badan usahanya ("P.T. NamaPerusahaan", "C.V. NamaPerusahaan", "NamaPerusahaan, Inc.", dll)
  • Nama perusahaan, tokoh kunci dan/atau produk berulang kali ditekankan dengan menggunakan gaya tulisan, termasuk penggunaan huruf tebal atau miring, tautan eksternal, atau penggunaan huruf kapital yang tidak tepat.
  • Terdapat judul bagian dan subbagian yang khas dari situs web perusahaan seperti "Tanggung jawab sosial perusahaan", " Visi dan Misi", "Temui para pimpinan kami", "Mitra kami", "Menjadi anggota", "Stories and News", "Hubungan Investor", "Kisah Sukses", "Jangkauan Komunitas", "Ayo berpartisipasi", "Informasi kontak".
  • Konten disalin, ditulis ulang atau dirubah tata bahasanya secara dangkal, di beberapa bagian atau keseluruhan, dari situs web atau profil media sosial perusahaan.
  • Berisi ajakan untuk melakukan sesuatu seperti ("Like and share Mahogani Watch di Instagram")

Demi suatu produk, barang, barang, atau jasa[sunting sumber]

Iklan terang-terangan untuk suatu produk, barang atau jasa yang ditawarkan biasanya akan mengandung beberapa atau semua ciri-ciri berikut ini:

  • Artikelnya dibuat oleh akun dengan nama pengguna yang mirip dengan judul artikel dari produknya, atau nama pengguna yang mewakili perusahaan yang produknya berusaha diiklankannya, dan melanggar kebijakan nama pengguna Wikipedia sebagai nama pengguna promosi, atau nama pengguna yang menyiratkan pemakaian bersama, atau posisi dalam perusahaan atau organisasi. Namun, seperti yang telah disebutkan di atas, pemberian tag iklan terang-terangan tidaklah cukup dengan patokan ini saja.
  • Artikelnya dibuat dalam bentuk tulisan lengkap yang diformat secara sempurna sesuai dengan gaya manual Wikipedia oleh pengguna yang tidak berpengalaman dalam satu kali penyuntingan, atau diformat secara konsisten di seluruh bagian tetapi dengan pola yang berbeda atau menggunakan gaya, bahasa, atau kode yang berbeda - seolah-olah pengguna tersebut menyalin seluruh teks dari tempat lain dan menempelkannya ke dalam jendela penyuntingan.
  • Artikelnya menyebut perusahaan atau organisasinya dengan kata ganti orang pertama ("Kami adalah perusahaan yang berbasis di Surabaya", "Produk kami adalah barang dan perlengkapan medis")
  • Artikelnya menyebut konsumer dari produk atau jasanya dengan kata ganti orang kedua ("Gletin Kosmetik memberikan solusi pada permasalahan kulit anda")
  • Artikelnya secara positif menguraikan produknya atau layanannya dan mengapa penting bagi orang untuk mengetahui atau membeli, mendaftarkan diri, bergabung, atau mendapatkannya.
  • Artikelnya membahas tentang reputasi produk sehubungan dengan orisinalitas, ketahanan, kehandalan, dan kepuasan pelanggan ("Yang asli", "Penjualan nomor satu", "Rating tertinggi")
  • Artikelnya membandingkan produk atau layanannya dengan yang ditawarkan oleh pihak lain dan memaparkan keunggulan produknya atau kelemahan produk pesaingnya.
  • Artikelnya menyebutkan sejumlah orang terkenal dan mengklaim bahwa mereka membeli atau menggunakan produk tersebut secara rutin.
  • Artikelnya menyediakan URL eksternal ke beranda produk tersebut atau situs web yang mempromosikan dan menjual produk tersebut, atau tautan ke tempat untuk membeli atau mendapatkannya.
  • Artikelnya mencantumkan daftar atau menyebutkan semua negara atau lokasi di mana produk atau layanan tersebut tersedia atau dikirimkan.
  • Simbol merek dagang atau merek dagang terdaftar menyertai nama perusahaan dan/atau produk mereka.
  • Nama perusahaan, tokoh kunci dan/atau produk berulang kali ditekankan dengan menggunakan gaya tulisan, termasuk penggunaan huruf tebal atau miring, tautan eksternal, atau penggunaan huruf kapital yang tidak tepat.
  • Bagian penerimaan pada artikelnya berisi daftar tagline dan kutipan yang memuji produk, disertai dengan nama orang yang memberikannya.
  • Melakukan dompleng nama dengan mencantumkan endorsement dari sejumlah tokoh, perusahaan media, perusahaan terasosiasi, mitra, dlsb.
  • Artikelnya memiliki judul bagian yang khas seperti halnya tanya-jawab pada brosur sebuah produk "Apa itu (NamaProduk)?" atau "Mengapa menggunakan (NamaProduk)?". Dan juga terdapat bagian "Pemberitaan" yang menyoroti pemberitaan positif dan populer yang telah diperolehnya.
  • Konten disalin, ditulis ulang atau dirubah tata bahasanya secara dangkal, di beberapa bagian atau keseluruhan, dari situs web atau profil media sosial perusahaan.
  • Berisi ajakan untuk melakukan sesuatu seperti "download sekarang", "daftar untuk trial" atau "like Mahoni Watch di Instagram".

Demi perorangan[sunting sumber]

Iklan terang-terangan untuk kepentingan seseorang (biasanya si pembuat iklan menulis tentang dirinya sendiri) biasanya akan mengandung beberapa atau semua ciri-ciri berikut ini:

  • Artikelnya dibuat oleh akun dengan nama pengguna yang sesuai dengan judul artikelnya (nama orang tersebut). Namun, fakta bahwa sebuah halaman adalah autobiografi, tidak dengan sendirinya cukup untuk melabelinya sebagai iklan terang-terangan; iklan terang-terangan hampir selalu menunjukkan setidaknya satu (biasanya beberapa) dari tanda-tanda yang tercantum di bawah ini. Pertimbangkan untuk menandai sebuah halaman dengan {{autobiografi}} dan peringatkan pembuatnya dengan {{Uw-autobiografi}} jika sebuah autobiografi bukanlah iklan yang terang-terangan.
  • Artikelnya (terutama bagian pembukanya) penuh dengan frasa WP:PEACOCK yang membesar-besarkan seperti "pemenang penghargaan", "diakui", "inovatif", "terbaik", atau "ter(lainnya)".
  • Artikelnya menguraikan secara positif tentang riwayat hidup dan masa lalu orang tersebut - masa muda dan tumbuh kembang orang tersebut, bakat unik yang mereka miliki saat anak-anak atau remaja, "kemampuan alami" dan bagaimana keterampilan mereka berkembang dengan cepat, atau kecerdasan dan pendidikan mereka.
  • Artikelnya menjabarkan karier pendidikan orang tersebut secara mendalam - biasanya dengan mencantumkan setiap sekolah atau universitas yang dihadiri orang tersebut dan kualifikasi, sertifikat, piagam, penghargaan, dll. yang diperolehnya.
  • Artikelnya memaparkan karier profesional atau pengalaman yang relevan dari orang tersebut secara mendalam - biasanya dengan mencantumkan setiap peran, posisi, jabatan, titel, dll., beserta tugas, pencapaian, dan keahlian yang dibutuhkan, serta periode orang tersebut menduduki posisi tersebut.
  • Artikelnya meliputi tujuan atau pencapaian yang ingin orang tersebut raih dalam waktu dekat yang mana penulisannya mirip seperti resume/CV seseorang.
  • Artikelnya membahas secara positif tentang kehidupan pribadi, keluarga, kerja sukarela, keyakinan, pandangan, citra publik, sumbangan untuk kegiatan amal, dll. dari orang tersebut.
  • Konten artikelnya diformat, ditata, diatur, atau disampaikan dengan kata-kata seperti resume/CV pekerjaan.
  • Artikelnya mempromosikan keahlian dan pengalaman seseorang dan karya, proyek, servis, atau kepemimpinan yang akan mereka terapkan pada suatu kelompok atau tim - biasanya ditujukan untuk calon pemberi kerja, manajer, atau calon pelanggan atau klien.
  • Karier dirangkum dengan periode yang tidak terbatas seperti "pengalaman lebih dari 30 tahun".
  • Dompleng nama dari media, kelompok atau orang yang lebih terkenal
  • Konten disalin, ditulis ulang atau dirubah tata bahasanya secara dangkal, di beberapa bagian atau keseluruhan, dari situs web orang tersebut, situs web pemberi kerja mereka, profil media sosial dari salah satu biografi promosional atau yang sejenisnya.
  • Artikelnya berisi ajakan untuk bertindak, misalnya "like Braskusik di Facebook, Twitter atau Instagram."

Teks promosi dan hak cipta[sunting sumber]

Adalah hal yang umum bagi karyawan untuk menggunakan kembali materi pemasaran yang telah diterbitkan sebelumnya saat membuat artikel tentang perusahaan mereka di Wikipedia. Ketentuan penggunaan Wikipedia tidak mengizinkan hal ini kecuali jika secara eksplisit diterbitkan di bawah lisensi yang kompatibel. Jika sebuah artikel bernada promosi, artikel tersebut juga harus diperiksa untuk pelanggaran hak cipta. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah menggunakan Pendeteksi Earwigs Copyvio (namun, pendeteksi ini dapat melewatkan beberapa hal, jadi memeriksa secara manual masih merupakan praktik yang lebih tepat). Teks yang mendapat skor serendah 15% sering kali merupakan pelanggaran hak cipta dan mungkin perlu dihapus dan dimintakan penghapusan revisi. Jika untuk menghapus pelanggaran hak cipta dan teks promosi yang ada pada sebuah artikel memerlukan penulisan ulang yang mendasar, artikel tersebut harus ditandai untuk penghapusan cepat di bawah KPC U12 dan KPC U11. Jika konten ensiklopedis tetap ada (bahkan jika itu hanya rintisan pendek) setelah menghapus semua konten promosi, hal ini sebaiknya dilakukan alih-alih menggunakan U11. Jika sebuah halaman bukan iklan terang-terangan, tetapi Anda masih meyakini atau mencurigainya telah dibuat untuk tujuan promosi, maka anda dapat menggunakan proses penghapusan lain. Jika hanya sedikit bagian pada halaman yang tampaknya bersifat promosi, perbaiki sendiri atau gunakan tag seperti {{Advert}}, {{Cleanup-PR}}, {{Peacock}}, atau {{Like resume}} untuk mengingatkan pengguna lain.

Apa yang bukan iklan terang-terangan[sunting sumber]

Hal-hal berikut ini tidak dengan sendirinya cukup untuk melabeli suatu artikel sebagai iklan terang-terangan:

  • Non-notabilitas. Notabilitas adalah masalah tersendiri yang tidak ada kaitannya dengan apakah suatu halaman bersifat promosi.
  • Sumber-sumber yang buruk. Sumber digunakan untuk memverifikasi informasi-informasi yang ada pada suatu halaman. Permasalahan sumber yang buruk tidaklah berhubungan dengan nada atau gaya teks.
  • Nada yang tidak ensiklopedis. U11 membutuhkan nada promosi, bukan nada yang hanya agak tidak ensiklopedis. Gunakan {{tone}} untuk artikel yang tidak ensiklopedis tetapi tidak bersifat promosi.
  • Untuk artikel yang permasalahannya hanya WP:PEACOCK atau pranala eksternal yang ganjil, maka mestilah artikel tersebut di dalamnya berisi banyak kedua atau salah satu hal tersebut, ketimbang hanya sedikit di salah satu bagian.
  • Autobiografi/konflik kepentingan. Meskipun hal ini berhubungan dengan masalah yang lebih luas tentang apakah suatu artikel biografi kemungkinan dimaksudkan untuk tujuan promosi atau tidak, faktor ini tidak berhubungan dengan apakah konten dari suatu halaman biografi tersebut otomatis bersifat promosi atau tidak (seperti disebutkan di atas).