Wikipedia:Lokakarya Wikipedia bahasa Indonesia-INAICTA 2008

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Wiki.png
Logo-inaicta-2008.png

Lokakarya Wikipedia bahasa Indonesia-INAICTA 2008 adalah sebuah seminar dan lokakarya mengenai Wikipedia bahasa Indonesia yang diadakan dalam rangkaian acara Indonesian Information and Technology Awards (INAICTA) 2008 yang diadakan oleh Depkominfo Republik Indonesia.

Konferensi INAICTA 2008 akan berlangsung pada 7-8 Agustus 2008 di Jakarta Convention Center (JCC), sedangkan lokakarya Wikipedia bahasa Indonesia akan berlangsung di salah satu ruangan konferensi pada 8 Agustus 2008 dalam dua sesi pagi (untuk Umum, 09:00-11:00 WIB) dan siang (untuk Organisasi, 14:00-16:00 WIB). Setiap sesi lokakarya kali ini difasilitasi dengan 50 komputer dan koneksi Internet sehingga bisa langsung mengakses Wikipedia.

Pendaftaran[sunting sumber]

Pendaftaran lokakarya dapat dilakukan melalui telepon atau surat-e berikut:

Contact Center APTEL (Aplikasi Telematika)
  • Telepon: +62 21 38997800
  • Surat-e: cc-aptel﹫depkominfo.go.id

Laporan dari BlackKnight[sunting sumber]

Kesan saya untuk presentasi ini:

  • Presentasi yang luar biasa dari mas Ivan, quadruple thumbs up!
  • Peserta kurang fokus pada sesi praktik langsung.

Saran saya untuk presentasi berikutnya

  • Tidak menampilkan situs Wikipedia secara langsung di layar presentasi, melainkan menggunakan gambar-gambar dan/atau software yang dirancang khusus untuk praktik langsung seperti ini (dulu ketika SMA saya pernah pakai, tapi lupa namanya)
  • Blokir Friendster, indowebster, youtube, facebook, wordpress dan situs-situs lain yang kurang relevan
  • 100% peserta berasal dari umum (alias bebas)

Prolog[sunting sumber]

Saya awalnya berniat datang dengan menumpang REX yang tinggal sekota dengan saya, namun REX bilang bahwa kondisi kesehatannya kurang baik sehingga batal hadir ke INAICTA 2008. Akhirnya saya nekat naik bis dengan petunjuk dari kerabat saya. Takut-takut nyasar dan datang telat, saya berangkat pagi-pagi. Ternyata saya tidak nyasar, dan akibatnya...saya datang kepagian. Saya datang sekitar jam 7, tapi dilarang masuk ke area JCC oleh satpamnya. Katanya masih belum ada orang. Saya pun jalan-jalan menikmati udara segar Jakarta (honestly, gak begitu segar sih hahaha). Sekitar jam 07.40 saya mencoba masuk lagi, tapi tetap dilarang satpam. Saya ngotot, soalnya setahu saya acaranya mulai jam 08.00, jadi saya harus masuk. Akhirnya satpam pun mengizinkan saya masuk

Di pintu gedungnya, saya kembali dapat masalah karena gak ada ID masuk. Awalnya saya dikasih ID peserta, tapi saya pikir pesertanya kan hanya dibatasi 50 orang, jadi kalau saya ambil satu, yang 1 orang lagi gak kebagian ID dong? Saya pun bilang bahwa saya bukan peserta, tapi asisten pembicara. Saya tanya, di dalam ada orang Wikipedia gak? Penjaganya bilang nggak. Saya bingung, kok 10 menit lagi acara dimulai, tapi belum ada satu pun wikipediawan yang datang?

Saya pun menelepon IvanLanin, meminta saran bagaimana caranya agar saya bisa masuk. Mas Ivan menyarankan saya mengatakan bahwa saya adalah penyelenggara. Saya pun bilang begitu ke penjaganya, ternyata berhasil, saya diberi ID Speaker.

Sampai di dalam gedung, ternyata masih banyak bagian yang gelap. Saya mulai curiga kalau saya salah melihat jadwal acaranya. Benar saja, tak lama kemudian mas Ivan menelpon saya dan menanyakan apakah saya sudah bisa masuk, dan memberitahukan pada saya bahwa acara bukan dimulai pukul 08.00, melainkan pukul 09.00. Yah...masih sejam lagi. Saya pun memutuskan tidur di kafe lantai bawah, yang masih gelap (adem lho..hehehe) Oh ya, mas Ivan juga memberitahu saya bahwa Geboy sudah datang. Tapi karena saya belum pernah bertemu dan hanya melihat dari foto, maka saya agak lupa wajahnya.

Saya terbangun ketika lampu kafe dinyalakan, saya lalu menuju ke ruang Nuri 1, tempat diadakannya lokakarya. Di sana, saya sempat menyapa orang-orang yang ada di sekitar sana, berniat mencari mas Geboy. Ternyata semuanya panitia. Saya lihat, beberapa orang sudah hadir di ruangan. Saya pun duduk di dekat pintu masuk ruangan. Belum lama saya duduk, mas Ivan datang. Bersama dia, saya pun masuk ke dalam. Di dalam, mas Ivan menyapa seseorang yang tak lain adalah...mas Geboy (ternyata dia nunggu di dalam :) ). Setelah itu, kami membahas materi presentasi di kafe.

Presentasi[sunting sumber]

Ketika acara dimulai, terdapat sedikit masalah. Masalah pertama, komputer dari panitia ternyata tidak bisa membuka file .ppt milik mas Ivan (saya kurang jelas dengan masalahnya, mungkin bisa dijelaskan oleh mas Ivan :) ). Masalah kedua, komputer mas Ivan tidak bisa terkoneksi ke internet yang disediakan panitia. Akhirnya selama presentasi sesi pertama ini mas Ivan menggunakan dua komputer: komputer milik dia untuk presentasi power point, dan komputer panitia untuk praktik menulis langsung.

Mas Ivan memberikan presentasi di sesi pertama ini dengan luar biasa, diselingi dengan humor-humor yang memancing tawa satu ruangan . Presentasinya sendiri dibagi menjadi dua bagian, yang pertama adalah pengenalan tentang Wikipedia & Wikimedia, yang kedua adalah praktik menulis langsung.

Peserta menyimak bagian pengenalan (sejarah wikipedia, apa itu wikipedia, wikipedia bukanlah... dll) dengan penuh konsentrasi, fokus. Tapi saya melihat pada bagian praktik langsung, peserta terutama yang duduk di belakang kurang fokus. Beberapa orang di pojok kanan belakang malah melakukan hal-hal lain seperti membuka email, friendster, mendengarkan musik, buka youtube dll, padahal peserta di bagian depan sangat bersemangat sekali mengikutinya. Menurut saya ini terjadi karena mereka tidak dapat melihat layar presentasi dengan baik.

lebih baik menayangkan gambar seperti ini.

Dalam lokakarya ini, kita melakukan apa yang biasa kita lakukan di presentasi Wikipedia lain, yaitu dengan membuka langsung situs Wikipedia dan menayangkannya di layar presentasi. Tapi menurut saya, yang kita lakukan ini kurang tepat. Tulisan-tulisan di situs Wikipedia sangat kecil, dan sulit terlihat dari belakang, pergerakan mouse juga sulit dilihat, apalagi tulisan di bagian atas (halaman pengguna & pembicaraan, preferensi, pantauan saya). Saran saya, sebaiknya kita menggunakan gambar-gambar seperti gambar ini di layar presentasi atau menggunakan software khusus (dulu ketika SMA saya pernah menggunakannya, tapi lupa namanya), atau menggunakan keduanya.

Saran yang kedua yaitu sebaiknya sebelum presentasi dimulai, kita memblokir situs-situs yang kurang relevan seperti Friendster, indowebster, youtube, facebook, wordpress dll agar peserta lebih fokus.

Pada pertengahan sesi pertama, Naval Scene yang baru menjadi bapak (selamat, mas! ) datang. Sebelum sesi kedua dimulai, NaidNdeso, kontributor Tintin kita, datang .

Pada sesi kedua, peserta yang datang lebih sedikit. Terhitung 14 komputer kosong. Tetapi peserta kali ini lebih serius dari peserta yang pertama, baik pada sesi pengenalan Wikipedia maupun sesi praktik langsung. Oh ya, sempat terjadi blackout aka mati lampu pada sesi ke-2. Ruangan kita sih tidak mati lampu, tapi koneksi internet putus sehingga presentasi terhenti sekitar 2-3 menit.

Ada satu hal yang ingin saya sampaikan. Saya tidak tahu mengapa lokakarya kali ini dibagi menjadi 2, yaitu untuk umum dan organisasi. Tetapi menurut hemat saya, sebaiknya lokakarya tahun depan tidak dipisah-pisah. Lebih baik 100 persen peserta umum (alias bebas) saja. Karena toh Wikipediawan tidak boleh menulis atas nama organisasi (melainkan atas nama pribadi), kecuali mungkin bung Pengguna:Kapan Lagi? yang mendapatkan privilage khusus karena banyak menyumbang gambar yang sulit kita dapatkan (terima kasih ). Dengan demikian, peserta yang datang akan lebih banyak.

Sekian saja. --BlackKnight(kirim pesan) 04:48, 9 Agustus 2008 (UTC)

Pranala luar[sunting sumber]