Wikipedia:Laporan Wikimania 2007

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Yayasan Wikimedia Indonesia[sunting sumber]

Jumat, 3 Agustus 2007[sunting sumber]

Florence Devouard[sunting sumber]

Florence: Apakah Wikipediawan bahasa Indonesia sudah mengontak Delphine Menard?

Jawab: Mungkin sudah atau belum, saya pribadi belum terlalu jelas, namun POC Wikipedia Indonesia untuk Yayasan Wikimedia Indonesia, Ivan Lanin sudah mengontak orang-orang yang bisa dikontak dan setahu saya statusnya saat ini belum ada jawaban.

F: Oh ya, kalau begitu lebih baik bicara dulu dengan dia. Delphine itu salah satu dari 12 pegawai Wikimedia yang dibayar -- dan Delphine jadi ketiban pulung "nyemplung" jadi ngurusin chapters. Delphine sendiri sedang hamil jadi akan malah jadi susah nanti...

(catatan: 3/4 dari pegawai ini ngurusin server (technical) dan 1/4nya yang lainnya, dalam hal ini Florence dan Dephine bagian dari yang seperempat ini)

J: Maksudnya akan susah?

F: Ya, soalnya kalau antara wikimedia dan chapter itu sudah mencapai persetujuan biasanya Delphine itu pergi langsung ke negara yang bersangkutan dan ketemu (muka) langsung sama pendiri-pendirinya (catatan: untuk meyakinkan bahwa kalau kita bilang pendirinya 10 orang -- bener ada 10 orang -- bukan satu orang ngaku sepuluh <-- kayaknya karena hal ini). Lalu baru dia laporan atau menentukan kelayakannya.

Delphine Menard[sunting sumber]

Delphine: Oh iya, wikimedia Indonesia... kenapa kamu ingin punya chapter?

Jawab: Yah, pada dasarnya sih untuk lebih sah saja dan biar lebih gampang melakukan sesuatu. Lagipula kita sudah banyak menerima permintaan wawancara dari pers, dan bila kejadian, kita agak bingung mo bilang kita tuh siapa karena hitungannya kita bukan siapa-siapa.

Delphine: Ya, ya, saya mengerti itu...

(catatan pribadi: waktu ngomong sama Delphine rasanya kayak jadi newbie mau ngedit artikel penting. Dia ada aura "duh capee dee" gitu pas menjelaskan segala sesuatunya - dan aku sendiri berada disekitarnya rasanya kayak negara-negara di dunia sedang ada perlombaan bikin chapter... karena ngga lama kemudia kita dikerubutin sama wikipediawan argentina yang ingin bikin chapter. Terus terang, Delphine sendiri kelihatannya malah jadi seperti defensif untuk chapter, karena dia bener-bener persistent kita bisa justify perlunya apa. Dia cerita banyak proposal chapter tidak alami alias jatuh dari langit. Hanya karena orang punya duit trus mau bikin chapter, dan dia udah nolakin banyak. )

Jawab: Delphine, saya akan mulai saja dari yang saya tahu. Untuk mendirikan Wikimedia Indonesia, kita (10 org wikipediawan) telah sepakat untuk menjadikannya berbentuk non-profit.

Delphine : Apakah bentuk non-profit diperbolehkan di Indonesia?

Jawab: Ya, bentuknya cuman tiga sih di Indo: profit, not for profit dan yang terakhir adalah non profit. Dan kita pakai yang ekstrim yaitu non profit biar sesuai sama misi wikimedia.

Delphine : Apakah benar kamu ada 10 orang?

Jawab: Ya, mungkin 15 untuk persisnya yah. Lima lagi di luar negeri. Yang jelas kita sudah sampai tahap bikin bylaws (AD/ART) dan menghubungi legal untuk melakukan hal itu. Yang kita sudah tahu adalah biaya untuk melegalkan bylaw itu total Rp. 5,000,000,- atau USD 650 dan kita sudah sepakat untuk patungan untuk itu.

Delphine: Ok itu sih teknis, saya serahkan sama kalian.

Tanya: Delphine, saya ingin tahu sebenarnya apa sih hubungan wikimedia pusat dan chapternya? Apa yang do's and don'ts nya kita?

(tertawa) Dephine: Sebenarnya kita sendiri juga masih agak pusing kalau menjawab hubungannya apa, yang jelas kita tahu sekarang adalah hubungannya sendiri masih berkembang. Hal ini mengakibatkan kita tidak punya jawaban standar tentang hubungan antara wikimedia pusat dengan chapternya. Jadi setiap chapter mendefinisikan sendiri hubungan mereka dengan pusatnya itu apa.

Tanya: Apakah benar pengurus wikipedia tidak bisa menjadi pengurus wikimedia juga nanti (anggap saja) kalau sudah berdiri?

Delphine : Yang jelas kita tidak mau pengurus wikipedia dan wikimedia terlalu dekat sehingga saling mempengaruhi...

Wikipediawan Argentina: Maksudnya kamu tidak mau pengurus wikipedia jadi ngurusin wikimedia, namun wikimedia chapter malah justru harus dekat untuk bisa ngurusin wikipedia kan?

Delphine: Bukan saya maksud ya keduanya. Wikipedia tidak menentukan wikimedia dan wikimedia tidak menentukan wikipedia

(catatan pribadi: Ingat! Tidak boleh saling mempengaruhi, yang ngga ngerti tanya)

Masih nerusin Delphine: Wikimedia secara hukum harus independen. Dalam AD/ART harus jelas dikatakan bahwa Wikimedia (chapter Indonesia) tidak bertanggung jawab atas segala isi dan tuntutan hukum yang diarahkan kepada Wikipedia bahasa Indonesia dan bahasa-bahasa daerah lainnya yang berada di bawahnya. Hubungan antara Wikimedia Indonesia dan dengan Wikipedia Indonesia, jadi antara chapter dan Wikipedia yang bersangkutan, Wikimedia bisa memberi nasehat untuk Wikipedia dalam bahasanya, namun bukan instruksi yang diberikan.

Tanya: Delphine, kita sudah pada tahap mendiskusikan alternatif apakah kantor kita itu ndomplèng kantor atau mendirikan kantor di rumah ketuanya atau sewa kantor servis yang dibayar setiap bulan untuk merefer ke orang-orang yang bersangkutan.

Delphine: Memangnya nggak mungkin ya tanpa alamat?

Jawab: Nggak mungkin karena itu sudah peraturan untuk pendirian yayasan, harus punya alamat.

Delphine: Kalau begitu kenapa bukan alamat rumah ketuanya saja, karena hal ini yang terjadi dengan Wikimedia lainnya.

Jawab: Karena ketua yang mungkin kita pilih, yaitu Revo ada di luar negeri. Jadi alternatif kedua adalah ikut alamatnya Ivan.

Delphine: Ya udah itu sih tekhnis, saya sih tidak mau tahu. Yang penting bylaws (AD/ART).

Jawab: AD/ART, karena kita sudah menghubungi notaris, kita sudah mendapatkan format AD/ART (bylaws) sebesar 52 halaman. Dan itu sudah format standar yayasan. Kita tidak menambah-nambah halamannya. Kita tinggal mengisi yang kosong. (Catatan pribadi: pada saat ngomong ini yang duduk di meja ada tambahan dua orang lagi; komite penilai kelayakan sebuah chapter, yaitu cowok berambut gondrong yang membawa laptop cengar-cengir nggak ingin membaca 52 halaman bylaws. According to Delphine, komite penilai kelayakan chapter, terdiri dari empat orang. Satu-satunya yang dibayar cuma Delphine. Tiga orang lagi sukarelawan.)

Delphine: Kalau begitu, begini saja. Dari 52 halaman itu tolong berikan sama kita, judul-judulnya yang penting dulu di setiap halaman. Dan masukan ke komite, biar kita lihat. Karena pada saat penerjemahan biasanya, makna hukumnya jadi berbeda (lost in translation). (Catatan pribadi: Jadi si Delphine mau kira-kira, yang pasal-pasal yang bisa disalahartikan kelihatan, biar mereka bisa tanya lebih lanjut).

Tanya: Delphine, sebenarnya sih Wikimedia chapter yang sudah ada itu gunanya apa sih?

Delphine: Yang sudah ada itu melayani prerequest (permintaan pendahuluan). Jadi sebelum dibentuk sudah ada orang yang ditunjuk untuk melayani:
  • Press person (Media)
  • Government (melayani permintaan pemerintah)
  • Dewan Kepercayaan
  • General Assembly berkala (rapat pleno berkala)
Bahkan waktu keanggotaan pada waktu pendirian harus diberi bebas dan tidak pernah eksklusif. Ini adalah pengalaman dari Wikimedia Prancis, contohnya yang sudah berdiri.

Sabtu, 4 Agustus 2007[sunting sumber]

Austin Hair[sunting sumber]

Chapter approval committee

Pada saat sarapan pagi

Tanya: Lalu apa hubungannya Wikimedia Foundation dengan chaptersnya (cabang-cabang)?

Austin: Yang jelas Cabang Wikimedia diseluruh dunia tidak merepresentasikan - tidak mewakili wikimedia pusat. Cabang tidak bisa berkata, " Sebagai wakil dari wikimedia pusat..." - karena kita tidak mempunyai hubungan hukum.
Tambahan dari Delphine pada pertemuan selanjutnya saat makan siang
Delphine: Hubungan antara Wikimedia pusat dan cabang-cabangnya adalah Wikimedia memperbolehkan lambangnya (wikimedia, wikipedia, dan seluruh proyek dibawah wikimedia) digunakan untuk kepentingan menyebarluaskan isi bebas dan terbuka.

Bila logo ini di gunakan oleh yayasan non-profit untuk profit (contoh dicetak di kaos dan dijual) - WE'LL SUE THEM (yayasan cabangnya).

(internal conversation dengan Revo)

Revo: Loh bagaimana bisa dituntut, yang di Jerman barang-barang dijualin tuh
Serenity: Mungkin beda Rev, sebelumnya Delphine itu pernah menjelaskan bahwa disetiap negara ijin pendirian cabang wikimedia itu berbeda-beda. Ada negara kesulitan membuat wadah non-profit karena tidak ada pilihannya. Untuk negara seperti itu, Delphine menyebutnya: "Towards non-profit". Jadi siapa tau memang Wikimedia Jerman dalam ijinnya boleh untuk menjual suvenir.
Sebagai catatan Wikimedia Taipei - tidak menjual suvenir. Semua dibagikan gratis, dan untuk kaos hanya dijual saat penutupan ada yang lebih.


Delphine:
  1. Chapters are not made to solve problems but it is there to meet the needs. (Jadi cabang itu berdiri bila dirasakan ada kebutuhannya, bukan untuk menyelesaikan persoalan)
  2. Regenerations! Chapters can't be hold by the same person more than two years in a row, other places have tried that dan hasilnya ketuanya capek sendiri dan hubungannya dengan yang lain menjadi jelek.
  3. Chapters activity are mostly for Wikipedia offline activity and Coordinations.

Frankfurt[sunting sumber]

Wikimedia Foundation akan menyelenggarakan pertemuan cabang seluruh dunia untuk pertama kalinya di Frankfurt awal November. Yang diundang adalah semua cabang yang telah berdiri (saat ini ada sepuluh) atau yang hampir (90% on going) berdiri (salah satunya HK yang udah announce duluan sebelum dapat approval dari pusat *LoL*)

Biaya untuk wakil chapter kalo ndak punya duit akan diusahakan dari wikimedia pusat untuk satu atau dua orang wakil ke Frankfurt.

Gue pribadi dan Revo pikir kalaupun ada yang pergi seharusnya Ivan, entar ketemu Revo disana. Serenity 13:58, 9 Agustus 2007 (WIT)


Proyek-proyek non Wikipedia untuk Indonesia[sunting sumber]

Pintu-pintu yang terbuka untuk Indonesia

OLPC (One Laptop Per Child) dengan isi dalam Bahasa Indonesia[sunting sumber]

Contact: Mel Chua Content Minion

Jams and Summer of Content

http://wiki.laptop.org/go/user:Mchua
http://wiki.laptor.org/go/summer_of_content

Adalah pengembang untuk OLPC dan berharap ada dari komunitas Indonesia bisa menggalang translator untuk memberikan "isi" untuk OLPC yang diperuntukan bagi anak Indonesia.

Percakapan[sunting sumber]

Tanya: What exactly do you need Mel?

Mel: Content, in your language. We're looking for projectrs that are not in English - work done by local people, for local children, in a local languages.

Tanya: Any funding for that?

Mel: Currently USD 500 for a-6-week pilot projects. We can't pay the coordinator, but we can fund the translator. Join us, the first batch is starting on August 17 - September 30

Jawab: I can't, I have a lot to do - but I'll try to spread the word. What is the time frame for the second wave?

Mel: Mid December.

Tanya: Where's the funding come from?

Mel: Well Google provide funding and infrastructure, OLPC had the planning and matchmaking and Commonwealth of learning (Wayne Makintosh) did the content and reach out in the world.

Wikia Indonesia[sunting sumber]

Contact: Catherine Munro bila ada yang tertarik dan ingin bertanya apapun juga.

Creative commons Indonesia[sunting sumber]

Sudah di teruskan ke Ivan. Serenity bertemu Jon Phillips yang menawarkan apakah ada yang tertarik untuk mendirikan Creative Commons Indonesia.

Dan kini Jon dan Ivan sedang email-emailan.

Semapedia[sunting sumber]

Situs: http://id.semapedia.org

Contact: Stan and Alexis

Mereka butuh tag ditempelkan secara fisik pada bangunan-bangunan menarik di Indonesia agar bisa dihubungkan langsung dengan keterangan bangunan tersebut. I think it is interesting untuk pariwisata Indonesia walaupun Revo berpikir nempel stiker itu rada vandal...