Wikipedia:Kopi darat/Wikimania 2007

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wikimania2007banner for news.gif

Wikimania 2007 diselenggarakan di Taipei, Taiwan pada 3 Agustus sampai 5 Agustus 2007.

Perwakilan dari Wikipedia bahasa Indonesia[sunting sumber]

Laporan Perjalanan[sunting sumber]

Wikimania 2007 secara resmi bermula pada tanggal 3 - 5 Agustus 2007. Namun beberapa orang tertentu diperbolehkan hadir pada hacking days pada tanggal 1 dan 2 Agustus 2007.

1 Agustus 2007[sunting sumber]

Pemandangan dari jendela bis (DAMRInya Taipei) saat perjalanan dari Bandara ke kota Taipei

Meursault2004 pada tanggal 1 Agustus 2007 berangkat dari Jakarta menuju Taipei via Hong Kong. Di Hong Kong setelah singgah selama dua jam lantas pada pukul 17:35 waktu Hong Kong bertolak ke Taipei menggunakan pesawat China Airlines. Penerbangan ini berlangsung sekitar 1:15 jam. Sekitar pukul 19:00 pesawat mendarat di Bandara Internasional Taoyuan. Setelah melewati pemeriksaan paspor dan pengambilan bagasi, Meursault keluar di ruang kedatangan pada sekitar pukul 19:45. Ternyata masih ada panitia penyambutan tamu Wikimania 2007. Tim penyambutan ini terdiri dari satu orang sukarelawan yang bernama Evelyn Huang. Evelyn Huang dengan tangkas menolong Meursault membeli tiket kendaraan umum (bus) seharga NT$ 90 ke tempat penginapan/konferensi sembari memberikan petunjuk-petunjuk untuk bisa sampai ke sana. Meursault disuruh menggunakan bis ke stasiun Yuanshan, Taipei. Di sana ia disarankan untuk naik kereta MRT ke stasiun Jiantan yang berada satu stasiun kemudian. Tiket MRT seharga NT$ 20.

Perjalanan dari bandara ke stasiun Yuanshan berlangsung selama kurang lebih 1 jam dan Meursault2004 tiba di stasiun Yuangshan pada sekitar pukul 21:15. Kemudian di sana ia mengambil kereta MRT jurusan stasiun Jiantan. Dari sini lantas bisa berjalan kaki menuju tempat konferensi/penginapan: Chien Tan Overseas Youth Activity Center. Meursault2004 tiba di sana sekitar pukul 22.00 dan disambut dengan sangat baik oleh para wikiwan yang telah hadir sebelumnya, antara lain anggota panitia; Theodoranian dan Andrew Liu.

Setelah menyimpan barang-barang di kamar, Meursault lantas berjumpa dengan banyak Wikiwan lainnya yang telah berkumpul-kumpul dari banyak negara. Kesan pertama Meursault ketika datang di Taipei ialah bahwa suhu cukup panas dan lembab sekitar 33o Celcius. Terasa lebih gerah daripada di Jakarta.

2 Agustus 2007[sunting sumber]

Nasi bungkus Wikimania 2007
Serenity bersama tim penyambut Wikimania 2007

Pada siang hari, Meursault2004 berjumpa dengan banyak wikiwan-wikiwan lama, antara lain Nic Hill dan John Murillo yang pernah meliput para Wikipediwan dari Indonesia. Ia lalu berbincang-bincang dan makan siang nasi kotak/nasi bungkus yang disediakan oleh panitia. Pada hari kedua ini pengguna Serenity tiba dari Indonesia pada pukul 15:05. Meursault datang menjemputnya. Di bandara seperti pada hari sebelumnya terdapat tim penyambut tamu Wikimania 2007. Namun berbeda dengan hari sebelumnya, tim penyambut terdiri dari tiga orang.

Makan bersama dengan Wikipediwan dari India dan Taiwan di Pasar Shihlin. Dari kiri ke kanan: Anirudh, Serenity, Soichi, Meursault2004, dan Akash
Foto bareng Jimbo sehari sebelum konferensi dimulai

Pada malam hari, Meursault dan Serenity bersama-sama dengan Wikipediwan lainnya mengunjungi pasar malam Shihlin yang berada tidak jauh dari tempat konferensi. Sebelumnya foto-foto dulu bareng Jimbo. Disini hirarki hilang sama sekali, tidak ada orang penting dan tidak penting, semua orang sama. Bahkan walaupun panitia ada dimana-mana mau tanya toilet ada disebelah mana sama Jimbo atau Anthere (a.k.a Florence ketua Wikimedia pusat) juga pasti dijawab. Suasana "mari saya bantu" terasa sekali. Orang yang satu dengan yang lain tidak saling mengenal tapi nekat bertegur sapa dan berbincang.

3 Agustus 2007[sunting sumber]

Diam-diam kelihatannya ada seorang peserta dari Indonesia juga ...

Tanggal 3 Agustus 2007 adalah pembukaan resmi konferensi Wikimania 2007. Konferensi dibuka pada pukul 9.00 oleh seorang anggota panitia dari Taiwan. Ia mengatakan bahwa tahun ini Wikimania dihadiri peserta dari 43 negara dan 47% dari semua peserta adalah Wikipediwan. Wikimania ini dihadiri oleh kurang lebih 500 peserta, termasuk para anggota panitia. Kurang lebih 57% dari peserta berasal dari Taiwan sendiri, sedangkan 43% berasal dari luar Taiwan.

Lantas setelah pembukaan, muncul giliran Jimmy Wales dan setelah itu Florence Devouard.

Menurut Florence sampai saat ini Wikimedia Foundation memiliki tiga tujuan utama:

  1. Konsisten dengan posisi mereka yang nirlaba (non-profit)
  2. Isi atau content proyek-proyek Wikimedia bukan milik mereka dan dengan ini tidak akan pernah bisa dijual ke pihak manapun
  3. Keinginan komunitas sangat diperhatikan dan menjadi pedoman Yayasan Wikimedia

Selain itu pada pukul 13.30, Meursault2004 dijadwalkan untuk menyajikan presentasinya tentang perbedaan bahasa Melayu Malaysia dan Indonesia serta dua versi Wikipedia yang ada berdasarkan dua dialek dari bahasa yang sama ini.

4 Agustus 2007[sunting sumber]

Roscoe x, Serenity dan Meursault2004 di ruangan Auditorium saat makan siang sebelum rapat yayasan wikimedia dengan Delphine

Pada hari ini Roscoe x bergabung dan langsung dengan rajin mengikuti presentasi. Meursault2004 dan Serenity setengah hari pertama madol (mbolos) karena mau lihat gedung tertinggi 101 di Taipei - kabarnya elevatornya yang tercepat didunia dan dapat mencapai tingkat 101 dalam hitungan detik.... Sebenarnya niatnya tidak madol tetapi on-time karena konferensi mulai jam 10:00 am, dan kebetulan malamnya bertemu dengan TKI bernama Suzy yang bersuamikan orang Taiwan, dan bilang bahwa gedung tersebut buka 24 jam. Jadi kita berniat datang pagi-pagi, lihat matahari terbit di gedung tertinggi di dunia dan balik pas jam 10:00 pas konferensi mulai.

Masalahnya dua: Suzy ternyata bo'ong dan kenapa kita tidak terpikir untuk bertanya dulu ke Rintojiang, hehe.

Gedung 101 tidak buka 24 jam, malahan bukannya jam 10 pagi. Untung Mac Donald di depannya buka 24 jam, jadilah kita bengong disana dari jam 06:15 am... yeah right.

Bayar masuknya agak mahal, standar gedung tinggi dunia: Empire State Building (USD 11) dan gedung 101 (NT 350) kira-kira sama lah.

5 Agustus 2007[sunting sumber]

Wikipediawan Indonesia bersama Wikiball 2007. Kiri ke kanan: Roscoe x, Meursault2004, Serenity, Rintojiang

Hari Minggu adalah hari resmi terakhir konferensi Wikimania 2007. Pada hari ini Rintojiang datang dan bergabung.

Hari ini seminar yang kita ikuti ada:

Seminar yang terakhir ada dikomentari Revo dengan mengambil contoh pemberian nama kota atau daerah yang dipersengketakan, yang biasanya memiliki 2 nama, semisal Kiev dan Kyiv. Ini dikarenakan Delphine sang pembicara mengambil contoh penamaan dan penggunaan istilah endive dan chicon.

Setelah seminar, kita break di ruangan istirahat dekat lobi pendaftaran. Di sana, kita sibuk berfoto ria.

Foto selengkapnya bisa dilihat di sini => Album foto Wikimania 2007 Taipei

Makan siang bersama dimanfaatkan oleh Mersault2004 dan Serenity untuk mendiskusikan serta bertukar pendapat tentang beberapa hal penting dengan Yayasan Wikimedia pusat. Menjelang akhir makan siang, kita berkesempatan berkenalan dengan kru dari Answers.com yang juga menghadiri Wikimania kali ini. Baru tahu kalau Answers.com walaupun berpusat di AS namun hampir seluruh operasional dijalankan dari Yerusalem, Israel.

Sore hari, kita mengikuti keseluruhan acara penutupan Wikimania kali ini, yang dimulai dengan tanya jawab dengan Dewan Kepercayaan Yayasan Wikimedia, lalu acara penutupan oleh Jimmy Wales (Jimbo), pendiri Wikipedia diikuti dengan foto-foto bersama di depan gedung konferensi.

Malam hari, kita berempat melanglang sampai ke Tamshui yang terkenal akan pasar malam dan makanan lautnya. Sambil berjalan di tepian Sungai Tamshui, Mersault2004 dengan asiknya mengunyah cumi-cumi panggang sedangkan Serenity sendiri asik dengan es krim rasa mangganya yang tingginya bisa menandingi 101 Tower itu.

Acara perpisahan dilakukan di dalam kereta MRT sewaktu berhenti di Stasiun Jiantan dengan sederhana disertai dengan janji kopi darat kembali bila ada kesempatan. Malam itu juga, Roscoe_x dan Rintojiang pulang ke rumahya masing-masing di utara dan selatan Taiwan.

6 Agustus 2007[sunting sumber]

Pada hari ini Meursault2004 dan Serenity masih menikmati sarapan pagi bersama dengan para Wikimaniak 2007. Setelah sarapan Serenity berjalan-jalan di kota sementara Meursault2004 membersihkan kamar dan bermain internet.

Kemudian pada pukul 11.00 keduanya berangkat menuju ke Bandara Internasional Taoyuan. Mereka meninggalkan Taipei pada sekitar pukul 13.50 menuju Hong Kong. Di Hong Kong, Meursault2004 singgah sebentar dan transit untuk bertolak ke Belanda, sementara Serenity langsung melanjutkan perjalanan ke Tanah Air.

Oleh-oleh[sunting sumber]

Oleh-oleh

Maaf belum bisa ngisi dulu, lagi sibuk.
Oleh-oleh dulu deh:
Oleh-oleh Wikimania 2007 Taipei untuk dibagikan gratis kepada penulis artikel yang paling banyak dalam 3 bulan terakhir. Empat orang pertama (perkecualian) akan dikirim melalui pos perangko ditanggung oleh serenity, tapi orang selanjutnya harus tanggung ongkos kirim sendiri atau kirim perangko ke serenity :p (Rp. 2,500 perak man sekarang ngirim antar kota atau dalam kota - ya emang gue pelit *LoL*)

Stiker:

  1. AFP (dikirim Agustus 28)
  2. Borgx (dikirim Agustus 28
  3. Alcatrank (sudah diterima)
  4. Ivan (sudah diterima)
  5. Wiendietry (dikirim Sept 3) + SOS Wikipedia for Children untuk OLPC
  6. (siapa lagi?) ...

Stiker Wikipedia sudah disisihkan 10 helai untuk para pengurus. Jumlah total yang bisa dibagikan adalah:

  • Google (5)
  • Wikimania 2007 (4)
  • Wikipedia (10)
  • Google code (5)
  • Wikipedia CD (khusus untuk yang susah online, punya komputer dirumah dan napsu abis pengen nerjemahin -- lebih disukai yang berdomisili di luar Jakarta)

Permintaan tolong dikirimkan melalui email ke:

(plis plis jangan nulis ke pesan di wikipedia id gue, nanti yang eligible akan ditentukan oleh pengurus -- whue he he) satu orang cuman boleh minta SATU! Biar rata.. Serenity 03:31, 8 Agustus 2007 (UTC)

Galeri[sunting sumber]

Pranala luar[sunting sumber]