Wikipedia:Kopi darat/Jakarta (10 Januari 2008)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Para Wikipediawan

Kopi darat tanggal 10 Januari 2008 adalah pertemuan para wikipediawan di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Indonesia. Para Wikipediawan berkumpul di restoran 2nd Kitchen.

Daftar hadir[sunting sumber]

Pertemuan ini dihadiri oleh (menurut abjad):

  1. Meursault2004 (bicara
  2. Pras68 (bicara)
  3. Serenity (bicara)
  4. TracySurya (bicara)

Beberapa pengguna merencanakan ingin datang tetapi berhalangan: BlackKnight karena mendadak sakit, Ciko yang kehujanan dan REX yang sebenarnya merencanakan ingin datang. Andri.h juga merencanakan ingin datang tetapi ada tugas keluarga. Selain itu Zakiakhmad (bicara) dan Mikhailov Kusserow sebenarnya juga ingin datang.

Selain keempat Wikipediawan ini, TracySurya diantar suaminya, mas Edi yang ingin menyumbang foto-foto dan artikel di beberapa proyek Wikimedia.

Resume Pertemuan[sunting sumber]

Para Wikipediawan bersama mas Edi

Pertemuan ini terutama membicarakan situasi Wikipedia bahasa daerah dan terutama bahasa Jawa. Selain itu Serenity juga membicarakan masalah keanggotaan Yayasan Wikimedia Indonesia yang sedang dibentuk. Namun hal ini akan dibicarakan lagi pada kesempatan lain di mana diharapkan kedatangan lebih banyak Wikipediawan lain.

Selain itu para Wikipediawan juga membicarakan motif masing-masing mengapa menulis di Wikipedia Jawa misalnya dan bukan Indonesia. Pak Pras68 menyatakan bahwa untuk menulis baik dalam bahasa Indonesia dan Jawa sama saja susahnya sehingga lebih baik menulis dalam bahasa Jawa karena masih kekurangan artikel. Ibaratnya jika seseorang memiliki uang Rp. 1000,- sebaiknya diberikan kepada seorang pengemis yang lebih membutuhkan daripada misalnya ke seorang Wikipediawan yang telah memiliki akses internet. Selain itu dengan menulis artikel dan tentu saja menyebarkan ilmu kita bisa mendapatkan pahala. Kemudian pak Pras juga menceritakan sedikit latar belakangnya lebih lanjut dan pengalamannya sehingga kita bisa tahu mengapa beliau suka menulis tentang konflik Timur Tengah. Kemudian pak Pras ini memiliki ambisi ingin mengembangkan Wikipedia bahasa Jawa sehingga mempunyai banyak artikel sebelum akhir tahun.

TracySurya juga menyatakan alasan mengapa lebih suka menulis di Wikipedia Jawa. Hal ini karena di sana masih lebih sepi daripada di Wikipedia Indonesia dan paling tidak dengan menuliskan apa yang dibaca, di bisa mengingat pula. Selain itu sekalian bisa turut serta melestarikan bahasa Jawa.