Wikipedia:Klausul bola salju

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Terkadang, nasib bola salju mungkin tidak segera terlihat dan dapat diprediksi sampai ia benar-benar ditempatkan dalam kondisi neraka. Ini membutuhkan eksperimen untuk dilakukan secara penuh.
Neraka. Di sana tidak ada bola salju.

"Klausul bola salju" adalah perumusan supaya Wikipediawan menggunakan akal sehat mereka dan menghindari tindakan-tindakan birokratis. Klausul ini menyatakan:

Klausul ini dirancang untuk mencegah Wikipediawan terjebak dalam diskusi panjang yang melelahkan dan birokratis untuk masalah-masalah yang keputusannya sudah jelas sejak dari awal. Contohnya, jika sebuah artikel dihapus karena alasan yang salah, tapi tidak punya kesempatan sekecil "bola salju di neraka" untuk tidak dihapus apabila diulang melalui mekanisme usulan penghapusan, tidak ada alasan untuk mengembalikan penghapusan yang salah tersebut dan memaksa semua orang untuk melalui proses yang baku untuk menghapusnya lagi.

Klausul ini bukanlah suatu kebijakan, dan kadang-kadang ada alasan yang baik untuk menerobos neraka; bola salju yang dilemparkan dengan jitu, dalam kesempatan yang sangat langka, dapat melewati neraka untuk mencapai sasaran mereka.[1] Klausul ini perlu dilihat sebagai permintaan sopan untuk tidak membuang-buang waktu semua orang.

Klausa bola salju bukanlah[sunting sumber]

Sebuah pertarungan berat memang sangat sulit tetapi masih berpotensi untuk dimenangkan. Dalam kasus pertengkaran yang autentik di komunitas Wikipedia, yang terbaik untuk dilakukan adalah menyelesaikan perselisihan melalui diskusi dan debat. Hal ini tidak boleh dilakukan hanya untuk meredakan keluhan bahwa proses tidak diikuti, tetapi untuk menghasilkan hasil yang benar, yang seringkali mengharuskan mengikuti seluruh proses. Membiarkan suatu proses untuk berlangsung sampai akhir memungkinkan terbentuknya komunikasi yang lebih beralasan, memastikan bahwa semua argumen diperiksa sepenuhnya, dan mempertahankan rasa keadilan. Namun, proses itu sendiri bukanlah bagian dari kebijakan Wikipedia.

Referensi[sunting sumber]

  1. ^ A Lucky Snowman (Dilbert comic strip 2003-07-05)