Wikipedia:Isi/Masyarakat dan ilmu sosial

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Isi Wikipedia: Masyarakat dan ilmu sosial

Seorang anak perempuan mencium pipi bayi..

Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sistem semitertutup. Sederhananya, istilah masyarakat mengacu pada sekelompok besar orang yang memilki kesamaan budaya dan pranata. Masyarakat merupakan jaringan hubungan antarmanusia. Masyarakat terkadang juga didefinisikan sebagai komunitas yang saling bergantung, tetapi sosiolog Ferdinand Tönnies membedakan masyarakat dan komunitas. Ciri penting masyarakat adalah adanya struktur sosial, yang aspek-aspeknya mencakup peran dan peringkat sosial.

Ilmu sosial adalah sekelompok disiplin ilmiah yang mempelajari aspek manusia di dunia. Berbeda dengan seni dan humaniora, ilmu sosial cenderung menekankan penggunaan metode ilmiah dalam studi tentang manusia, termasuk metode kuantitatif dan kualitatif.

Selengkapnya tentang Masyarakat dan Ilmu sosial...

Masyarakat dan ilmu sosial: IkhtisarGaris besarDaftarPortalGlosariumKategori

Ilmu sosial: AntropologiArkeologiEkonomi (Persoalan yang belum terpecahkan dalam ekonomi) • GeografiHukumIlmu kognitifIlmu politikKajian budayaKajian komunikasiKajian pembangunanKebijakan sosialLinguistik (Persoalan yang belum terpecahkan dalam linguistik) • PendidikanPsikologiSejarahSosiologiTeori kritis

Masyarakat: Kepemilikan bersama globalInfrastrukturIsu globalKelompok etnikKelompok sosialKepemilikan bersamaRakyat

Komunitas: KomunitarianismeMasyarakat duniaMasyarakat internasionalMasyarakat lokalModal sosialPengembangan masyarakatRasa kebersamaanSosialisasiStruktur dan agen
Perubahan sosial: DekadensiEvolusi teknologiPerjuangan sosial
Evolusi sosial budaya: Gerombolan pemburu-pengumpul → Kelas sosial → Puak → Stratifikasi sosial → Chiefdom → Revolusi Neolitikum → Peradaban → Masyarakat agraris → Masyarakat pra-industri → Desa agraris → Kota praja → Kota → Negara kota → Negara kebangsaan → Revolusi Industri → Masyarakat industri (Modern) → Masyarakat pascaindustri (Pascamodern) → Revolusi informasi → Masyarakat informasi → Revolusi Digital → Jejaring global → Globalisasi → Pemerintahan dunia? → Kolonisasi angkasa? → Singularitas teknologi?
Organisasi sosial (Organisasi): AgamaBadan usahaKeluargaMasyarakat madaniOrganisasi nirlabaPemerintah
Jejaring sosial: JurnalismeKomunikasiModal sosial
Media massa: Internet (SiniarSitus web) • KoranPenerbitanPublikasiRadioTelevisi

P literature.svg Garis besar   (lihat semua area subjek)

Belum ada halaman garis besar untuk topik ini.

Ilmu sosial: EkonomiPsikologi

Masyarakat: MiliterPolitik

Organisasi: Pramuka

Purge cache to show recent changes