Wikipedia:Isi/Masyarakat dan ilmu sosial

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Isi Wikipedia: Masyarakat dan ilmu sosial

Seorang anak perempuan mencium pipi bayi..

Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sistem semitertutup. Sederhananya, istilah masyarakat mengacu pada sekelompok besar orang yang memilki kesamaan budaya dan pranata. Masyarakat merupakan jaringan hubungan antarmanusia. Masyarakat terkadang juga didefinisikan sebagai komunitas yang saling bergantung, tetapi sosiolog Ferdinand Tönnies membedakan masyarakat dan komunitas. Ciri penting masyarakat adalah adanya struktur sosial, yang aspek-aspeknya mencakup peran dan peringkat sosial.

Ilmu sosial adalah sekelompok disiplin ilmiah yang mempelajari aspek manusia di dunia. Berbeda dengan seni dan humaniora, ilmu sosial cenderung menekankan penggunaan metode ilmiah dalam studi tentang manusia, termasuk metode kuantitatif dan kualitatif.

Selengkapnya tentang Masyarakat dan Ilmu sosial...

Masyarakat dan ilmu sosial: IkhtisarGaris besarDaftarPortalGlosariumKategori

Gerombolan pemburu-pengumpul → Kelas sosial → Puak → Stratifikasi sosial → Chiefdom → Revolusi Neolitikum → Peradaban → Masyarakat agraris → Masyarakat pra-industri → Desa agraris → Kota praja → Kota → Negara kota → Negara kebangsaan → Revolusi Industri → Masyarakat industri (Modern) → Masyarakat pascaindustri (Pascamodern) → Revolusi informasi → Masyarakat informasi → Revolusi Digital → Jejaring global → Globalisasi → Pemerintahan dunia? → Kolonisasi angkasa? → Singularitas teknologi?

Purge cache to show recent changes