Wikipedia:Investigasi pengguna siluman/Aldo samulo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pemeriksa telah menyelesaikan pemeriksaan terhadap pengguna yang terkait dalam kasus ini dan kasus ini telah ditutup.

26 Maret 2013[sunting sumber]
Tersangka pengguna siluman


Komentar pengguna lain[sunting sumber]

Pihak tertuduh juga dapat berkomentar/berdiskusi pada bagian ini.


Komentar Pemeriksa dan/atau pengurus[sunting sumber]

Tidak terkait Anton_Su baru menyunting dari satu IP, dan tidak sama dengan IP Aldo_samulo, walaupun, sekadar catatan, masih dalam range yang sama (hanya dua digit terakhir yang berbeda, Anton 24, Aldo 79) ‑Bennylin bicara 12.38, 26 Maret 2013 (WIB)

Tentang kesamaan minat menyumbangkan artikel maskapai penerbangan Uni Emirat Arab? Sangat mencurigakan, apalagi dia menyunting halaman pembicaraan Aldo. SpartacksCompatriot lapak stensil 26 Maret 2013 05.41 (UTC)[balas]
OK, karena pemeriksaan tanggal 26 Maret tidak menunjukkan bukti kuat, maka investigasi ini ditutup. Investigasi dapat dibuka lagi apabila terdapat kecurigaan penggunaan akun kedua untuk hal-hal seperti memberikan suara ganda, menghindari blokir, dsb. ‑Bennylin rapat 00.28, 16 Mei 2013 (WIB)
13 Juni[sunting sumber]

Melihat komentar di atas, saya ingin membuka kembali investigasi ini. Aldo saya duga dua kali berturutan menggunakan akun Anton Su untuk memberikan suara ganda.

  1. AfD Pol PP Balikpapan: Aldo memberi suara tidak setuju pada pukul 13.37, diikuti Anton pada pukul 13.43, juga tidak setuju dan mengatakan "setuju dengan pendapat Aldo".
  2. AfD Azwar Wahid: Aldo memberi suara setuju pada pukul 15.14, diikuti Miswandi Santoso (yang juga diduga kuat sebagai akun siluman Aldo, lihat investigasi yang sedang berlangsung) pada 15.20, dan Anton memberi suara pada 15.34. Ketiganya sama-sama tidak setuju.

Oleh karena itu, saya mohon kebijaksaanan pemeriksa untuk tidak hanya memeriksa keduanya dari sisi teknis saja, yaitu alamat IP, tetapi juga kesamaan perilaku di Wikipedia. Oh ya, argumen saya mengenai rintisan artikel maskapai penerbangan UAE yang dirintis Anton dan Aldo juga tampaknya harus diikutsertakan kembali. Salam, SpartacksCompatriot lapak stensil 13 Juni 2013 09.15 (UTC)[balas]

Sehubungan Wikipedia:Investigasi_pengguna_siluman/Miswandi_Santoso yang menemukan satu alamat IP yang digunakan oleh ketiga pengguna tersebut, dan atas permintaan pemeriksaan ulang, maka dilakukan pemeriksaan untuk kedua kalinya. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bicara 15.05, 22 Juni 2013 (WIB)
Pemeriksaan kedua (23 Juni)[sunting sumber]

Dikonfirmasi Terkonfirmasi Berdasarkan pemeriksaan IP, 3 dari 13 alamat IP terakhir yang digunakan Anton_Su juga dipakai oleh Aldo_samulo. Oleh karena itu berdasarkan hasil pemeriksaan dan bukti-bukti lain yang disampaikan, serta melihat kemiripan pola suntingan yang sama antara Aldo_samulo, Anton_Su, dan Miswandi_Santoso, maka Anton_Su terkonfirmasi adalah penyalahgunaan akun oleh Aldo_samulo. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin debat 15.09, 22 Juni 2013 (WIB)