Wikipedia:Gambar Pilihan/35 2008

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hopetoun falls.jpg

Air terjun adalah suatu formasi geologi yang terbentuk dari aliran air, biasanya dalam rupa sungai, yang mengalir menuju sebuah permukaan yang landai, biasanya dalam rupa formasi tebing batu yang anti erosi. Beberapa air terjun alami berasal dari pegunungan yang memiliki tekanan erosif yang lebih besar dan beberapa lainnya terbentuk dari fenomena alam seperti tanah longsor, keretakan bumi, dan letusan gunung berapi. Air terjun buatan biasanya digunakan untuk memperindah taman atau lanskap.

Air terjun-air terjun tekenal di dunia dibagi menjadi 10 kelas berdasarkan volume airnya. Air terjun tingkat 10 misalnya Air terjun Niagara; tingkat 9: Air terjun Victoria; tingkat 8: Air terjun Rhine; tingkat 7: Air terjun Angel (tertinggi di dunia); tingkat 6: Air terjun Yosemite. Untuk daftar air terjun di Indonesia dan negara-negara lainnya, lihat pula Daftar air terjun menurut negara.


Gambar di atas adalah hasil yang akan ditampilkan di Halaman Utama. Gambar di samping adalah hasil yang akan ditampilkan di templat {{POTD}}.

Gambar pilihan ke-35_2008
300px