Wikipedia:Daftar pilihan/Oktober

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

1 Oktober

Para penerima Nobel 2012 Alvin E. Roth, Brian Kobilka, Robert J. Lefkowitz, David J. Wineland, dan Serge Haroche pada acara tersebut

Penghargaan Nobel telah diberikan kepada sejumlah individu dan organisasi yang membuat jasa-jasa menakjubkan dalam bidang kimia, fisika, sastra, perdamaian, dan fisiologi atau kedokteran. Penghargaan-penghargaan tersebut didirikan pada 1895 atas kehendak Alfred Nobel, yang memerintahkan agar penghargaan tersebut diurus oleh Yayasan Nobel. Nobel Ekonomi didirikan pada 1968 oleh Sveriges Riksbank, bank sentral Swedia, terhadap jasa-jasa pada bidang ekonomi. Setiap penerima meraih sebuah medali emas, sebuah diploma, dan sejumlah uang, yang diberikan oleh Yayasan Nobel, secara tahunan. Enam penerima meraih lebih dari satu penghargaan; dari keenamnya, Komite Palang Merah Internasional telah meraih Nobel Perdamaian sebanyak tiga kali, lebih banyak ketimbang yang lainnya. Dua penerima mendapatkan penghargaan sebanyak dua kali namun tidak pada bidang yang sama: Marie Curie (Fisika dan Kimia) dan Linus Pauling (Kimia dan Perdamaian). Diantara 870 penerima Nobel, 48 adalah wanita; wanita pertama yang meraih Penghargaan Nobel adalah Marie Curie, yang meraih Penghargaan Fisika pada 1903. Ia juga menjadi orang pertama (laki-laki atau perempuan) yang meraih dua Penghargaan Nobel, penghargaan yang kedua adalah Nobel Kimia, yang diberikan pada 1911.(Selengkapnya...)


2 Oktober

Universitas Harvard

Para penerima Nobel memiliki afiliasi universitas (baik sebagai mahasiswa, alumni, peneliti, atau pengajar). Setiap universitas mempraktikkan metode berbeda untuk menghitung afiliasinya yang menerima Nobel, mulai dari penghitungan sederhana hingga penghitungan konservatif. Penghitungan tidak resmi di bawah ini memuat jumlah nama berbeda dari setiap universitas. Kebanyakan universitas menggunakan penghitungan sendiri dengan metodologi yang beragam. Penghitungan resmi adalah penghitungan yang dilakukan oleh universitas itu sendiri. Karena setiap universitas memiliki daftar sendiri dengan standar berbeda, daftar ini menggunakan definisi luas untuk menghitung penerima Nobel menurut afiliasi universitas, termasuk tokoh-tokoh yang terkait dengan universitas tersebut selama satu tahun terakhir. Daftar afiliasi universitas para penerima Nobel juga disusun oleh Nobel Foundation, yang menentukan afiliasi universitas penerima Nobel pada saat penganugerahan. Hingga tahun 2013, tiga universitas dengan afiliasi penerima Nobel terbanyak adalah Universitas Harvard (gambar) sebanyak 151 orang, Universitas Columbia 101 orang, dan Universitas Cambridge 90 orang. (Selengkapnya...)


3 Oktober

Volker Schlöndorff

Jerman telah mewakilkan film-film pada Penghargaan Akademi untuk Film Berbahasa Asing Terbaik sejak pembentukan penghargaan tersebut pada 1956. Karena status Jerman sebagai sebuah negara yang terpecah sepanjang setengah kedua abad ke-20, Jerman Barat dan Jerman Timur berkompetisi secara terpisah dalam kategori Film Berbahasa Asing Terbaik sampai 1990. Dengan delapan nominasi dan satu kemenangan, Jerman Barat jauh lebih sukses ketimbang Jerman Timur, yang satu-satunya nominasi diraih pada 1976 untuk Jacob the Liar. Jerman Barat meraih empat nominasi berturut-turut pada tahun-tahun pertama keberadaan penghargaan tersebut. Negara tersebut mengalami nasib kurang baik pada 1960an, saat seluruh perwakilannya gagal meraih nominasi. Kebangkitan Sinema Jerman Baru mempengaruhi reputasi sinema Jerman pada masa berikutnya. Hasilnya, Jerman Barat meraih beberapa nominasi pada 1970an, serta kemenangan The Tin Drum (gambar, sutradaranya Volker Schlöndorff) pada 1979. Jerman Barat dan Jerman Timur secara resmi kembali bersatu pada 3 Oktober 1990. Beberapa film Jerman lainnya meraih Penghargaan Akademi dalam kategori lainnya selain Film Berbahasa Asing Terbaik. (Selengkapnya...)


4 Oktober

Emil Adolf von Behring

Nobel Fisiologi atau Kedokteran dianugerahi secara tahunan oleh Institut Karolinska Swedia kepada ilmuwan dan dokter dalam berbagai bidang fisiologi atau kedokteran. Meskipun umumnya disebut sebagai Nobel Kedokteran, Nobel secara spesifik menyatakan bahwa penghargaan tersebut dianugerahi untuk "fisiologi atau kedokteran" atas kehendaknya. Karena itu, penghargaan tersebut dapat diberikan dalam bidang yang lebih luas.Nobel Fisiologi dan Pengobatan dianugerahi pada 1901 kepada Emil Adolf von Behring (gambar), dari Jerman. Setiap penerima meraih sebuah medali, sebuah diploma dan sebuah penghargaan berupa uang yang jumlahnya beragam setiap tahunnya. Pada 1901, von Behring meraih 150,782 SEK, yang setara dengan 7,731,004 SEK pada Desember 2008. (Selengkapnya...)


5 Oktober

Wilhelm Röntgen, penerima Nobel Fisika pertama.

Penghargaan Nobel Fisika dianugerahi secara tahunan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia kepada ilmuwan dalam berbagai bidang fisika. Penghargaan tersebut adalah salah satu dari lima Penghargaan Nobel yang didirikan pada 1895 atas kehendak Alfred Nobel (yang meninggal pada 1896), yang dianugerahi untuk jasa-jasa menakjubkan dalam bidang fisika. Sesuai dengan kehendak Nobel, penghargaan tersebut diurus oleh Yayasan Nobel dan dianugerahi oleh sebuah komite yang terdiri dari lima anggota dan seorang sekretaris eksekutif yang dipilih oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia Penghargaan tersebut dipersembahkan di Stockholm di sebuah acara tahunan pada 10 Desember, hari peringatan kematian Nobel. Setiap penerima meraih sebuah medali, sebuah diploma dan sebuah penghargaan berupa uang yang jumlahnya beragam setiap tahunnya. (Selengkapnya...)


6 Oktober

Alfred Nobel

Nobel Kimia dianugerahi secara tahunan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia kepada ilmuwan dalam berbagai bidang kimia. Nobel Kimia pertama dianugerahi pada 1901 kepada Jacobus Henricus van 't Hoff, dari Belanda. Setiap penerima diberi sebuah medali, sebuah diploma dan penghargaan dalam bentuk uang yang bervariasi sepanjang tahun. Pada 1901, van 't Hoff meraih 150,782 SEK, yang setara dengan 7,731,004 SEK pada December 2007. Dua pemenang Nobel Kimia, Richard Kuhn (1938) dan Adolf Butenandt (1939) dari Jerman, tidak diperbolehkan oleh pemerintah mereka untuk mengambil penghargaan tersebut. Mereka kemudian meraih sebuah medali dan diploma, namun tidak dengan uangnya. Frederick Sanger adalah salah satu dari dua penerima yang meraih penghargaan Nobel sebanyak dua kali dalam subyek yang sama, pada 1958 dan 1980. John Bardeen adalah yang lainnya dan meraih Penghargaan Novel dalam bidang fisika pada 1956 dan 1972. Dua orang lainnya memenangkan Penghargaan Nobel sebanyak dua kali, yang satu dalam bidang kimia dan yang satunya dalam subyek lainnya: Maria Skłodowska-Curie (fisika pada 1903, kimia pada 1911) dan Linus Carl Pauling (kimia pada 1954, perdamaian pada 1962). (Selengkapnya...)


7 Oktober

Aleksey Kosygin

Ada dua belas orang yang pernah menjabat sebagai kepala pemerintahan Uni Soviet (bahasa Rusia: Глава Правительства СССР, Glava Pravitel'stva SSSR); dua di antara mereka wafat secara alami saat bertugas (Vladimir Lenin dan Josef Stalin), tiga mengundurkan diri (Aleksey Kosygin, Nikolay Tikhonov, dan Ivan Silayev), dan tiga orang menjabat sebagai kepala pemerintahan sekaligus pemimpin partai secara bersamaan (Vladimir Lenin, Josef Stalin, dan Nikita Khrushchev). Kepala Pemerintahan Uni Soviet yang pertama adalah Vladimir Lenin yang dilantik sebagai Ketua Dewan Komisar Rakyat pada tahun 1922 setelah penandatanganan Traktat Pembentukan Uni Soviet. Ivan Silayev adalah pejabat tersingkat yang hanya menjabat selama 126 hari pada tahun 1991. Sementara itu, pejabat terlama adalah Aleksey Kosygin (gambar) yang menjabat selama lebih dari 14 tahun dan menjadi satu-satunya pemimpin lebih dari dua kabinet pemerintahan di Uni Soviet. (Selengkapnya...)


8 Oktober

Laurel dan Hardy

Filmografi Laurel dan Hardy, sebuah tim komedi film, terdiri dari 106 film yang dirilis dari 1921 dan 1951. Bersama-sama, mereka tampil dalam 34 film pendek bisu, 45 film pendek bersuara, dan 27 film fitur bersuara berjangka penuh. Selain itu, Laurel dan Hardy tampil dalam sekitar 20 versi bahasa asing dari film mereka dan sebuah film promosional, Galaxy of Stars (1936), yang dibuat untuk para distributor Eropa. Stan Laurel (1890–1965) dan Oliver Hardy (1892–1957) naik daun sebagai komedian film sebelum mereka menjadi tim, dengan Laurel tampil dalam lebih dari 50 film bisu dan Hardy dalam lebih dari 250. Meskipun mereka mula-mula berkarya bersama dalam film The Lucky Dog (1921), ini adalah sebuah pemasangan yang ditentukan dan tak sampai tahun 1926 saat keduanya secara terpisah menandatangani kontrak dengan studio film Hal Roach dimana mereka tampil dalam film-film pendek bersama. Laurel dan Hardy resmi menjadi tim pada tahun berikutnya, dalam film pendek bisu kesebelas mereka The Second Hundred Years (1927). Keduanya masih dengan studio Roach sampai 1940. Antara 1941 dan 1945, mereka tampil dalam delapan film fitur dan satu film pendek untuk 20th Century Fox dan Metro-Goldwyn-Mayer. (Selengkapnya...)


9 Oktober

Horace Engdahl, mantan sekretaris permanen dari Akademi Swedia, mengumumkan bahwa Jean-Marie Gustave Le Clézio memenangkan Penghargaan Nobel Kesusastraan tahun 2008.

Penghargaan Nobel Kesusastraan diberikan setiap tahun oleh Akademi Swedia untuk penulis dengan kontribusi luar biasa di bidang kesusastraan. Nobel Kesusastraan pertama dianugerahkan pada tahun 1901 untuk Sully Prudhomme dari Perancis. Setiap penerima menerima medali, diploma dan penghargaan dalam bentuk uang yang bervariasi sepanjang tahun. Pada tahun 1901, Prudhomme menerima 150.782 SEK, yang setara dengan 7.731.004 SEK pada bulan Desember 2007. Ketika ia menerima penghargaan pada tahun 1958, Boris Pasternak kelahiran Rusia terpaksa menolaknya di bawah tekanan dari pemerintah Uni Soviet. Pada tahun 1964, Jean-Paul Sartre menolak untuk menerima Nobel Kesusastraan, seperti dia telah secara konsisten menolak semua penghargaan resmi di masa lalu. Meskipun demikian komite Nobel tidak mempedulikan penolakan, dan memasukkan Pasternak dan Sartre di daftar penerima Nobelnya. Empat belas wanita telah memenangkan Nobel Kesusastraan, lebih dari Penghargaan Nobel lain dengan pengecualian Nobel Perdamaian. Di antara semua tahun Penghargaan Nobel Kesusastraan telah diberikan, hanya ada empat kasus di mana penghargaan diberikan kepada dua orang (1904, 1917, 1966, 1974). Ada tujuh tahun di mana Penghargaan Nobel Kesusastraan tidak diberikan (1914, 1918, 1935, 1940-1943). (Selengkapnya...)


10 Oktober

Pusat Sejarah Camagüey

Sembilan tempat dari negara-pulau Kuba di Karibia diangkat menjadi Situs Warisan Dunia Organisasi Pendidikan, Saintifik dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-bangsa. Mereka tempat penting bagi warisan kebudayaan atau warisan alam dalam Konvensi Warisan Dunia UNESCO, yang didirikan pada 1972. Kuba menerima konvensi tersebut pada 24 Maret 1981. Dua situs terpilih atas signifikansi alam mereka: Taman Nasional Alejandro de Humboldt di provinsi-provinsi timur Holguín dan Guantánamo, dan Taman Nasional Desembarco del Granma. Lanskap-lanskap kota meliputi Havana Lama, Trinidad, dan Camagüey. (gambar) Situs-situs tersebut juga meliputi kawasan-kawasan pertanian bersejarah, yang meliputi penanaman kopi di tenggara Kuba, dan kawasan tembakau di Lembah Viñales. (Selengkapnya...)


11 Oktober

Amitabh Bachchan

Amitabh Bachchan adalah seorang aktor film, penyanyi playback dan produser India, yang memiliki karier yang produktif. Ia membuat debutnya sebagai seorang narator pada film Bhuvan Shome (1969) karya Mrinal Sen, dan berakting dalam Saat Hindustani (1969). Ia kemudian tampil dalam Anand (1971) karya Hrishikesh Mukherjee, bersama dengan Rajesh Khanna. Untuk Anand, ia memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Aktor Pendukung Terbaik. Pada 1973, Bachchan memainkan peran Inspektur Vijay Khanna dalam sebuah film drama aksi karya Prakash Mehra yang berjudul Zanjeer. Sejak itu, ia tampil dalam dua puluh film dengan nama karakter Vijay. Pada tahun yang sama, Bachchan tampil dalam film Abhimaan dan Namak Haraam. Untuk film Namak Haraam, ia meraih Penghargaan Filmfare untuk Aktor Pendukung Terbaik. Dua tahun kemudian, ia tampil dalam Deewar (1975) karya Yash Chopra, yang membuatnya meraih nominasi Penghargaan Filmfare untuk Aktor Terbaik. Bachchan kemudian berakting dalam Sholay (1975) karya Ramesh Sippy, yang dianggap menjadi salah satu film India terbesar sepanjang masa. Film-film tersebut membangun image-nya sebagai "pria muda pemarah". Setelah tampil dalam drama percintaan Kabhie Kabhie (1976), Bachchan membintangi film komedi aksi karya Manmohan Desai yang berjudul Amar Akbar Anthony (1977). Ia memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Aktor Terbaik untuk penampilannya dalam film Amar Akbar Anthony. Ia kemudian memainkan peran ganda dalam Kasme Vaade (1978) dan Don (1978). (Selengkapnya...)


12 Oktober

Pedro Almodóvar

Pada Academy Awards ke-72, Akademi mengundang 75 negara untuk mengajukan film-filmnya pada Penghargaan Akademi untuk Film Berbahasa Asing Terbaik. Batas waktu penyerahan film ditetapkan pada tanggal 1 November 1999. Empat puluh tujuh negara mengajukan filmnya kepada Akademi, melampaui rekor yang tercipta pada 1994. Negara Asia Bhutan, Nepal dan Tajikistan mengajukan film-filmnya untuk pertama kalinya. Nominasinya diumumkan pada 15 Februari 2000, dan pemenangnya dinyatakan pada saat presentasi penghargaan tersebut yang diadakan pada 26 Maret 2000. Perwakilan Belgia Rosetta tidak masuk nominasi, meskipun film tersebut meraih Palme d'Or yang prestisius di Festival Film Cannes pada tahun sebelumnya. Nepal meraih nominasi pertamanya, dan sampai saat ini satu-satunya, untuk film Caravan, sebuah film yang dibuat dalam bahasa Tibet, yang digunakan di sebagian Nepal, tentang sistem perdagangan garam yang sekarang mulai hilang di negara tersebut. Empat film nominasi lainnya berasal dari Perancis, Spanyol, Swedia dan Britania Raya. Britania Raya meraih nominasinya untuk film Solomon and Gaenor, film pertama yang sepenuhnya dibuat dalam bahasa Wales dan Yiddish. Spanyol kemudian memenangkan Penghargaan Akademi untuk Film Berbahasa Asing Terbaik untuk All About My Mother karya Pedro Almodóvar (gambar). Film tersebut menjadi film ketiga dari negara tersebut yang memenangkan penghargaan tersebut setelah Volver a Empezar (To Begin Again) pada 1982 dan Belle Époque pada 1993. (Selengkapnya...)


13 Oktober

Institut Nobel Norwegia membantu Komite Nobel Norwegia dalam memilih penerima Penghargaan Nobel Perdamaian dan menyelenggarakan penghargaan tahunan tersebut di Oslo.

Komite Nobel Norwegia setiap tahun memberikan Penghargaan Nobel Perdamaian "untuk orang-orang memberikan upaya terbesar atau terbaik bagi persaudaraan antar bangsa, bagi penghapusan atau pengurangan angkatan bersenjata, dan bagi pelaksanaan atau promosi kongres perdamaian." Penghargaan Nobel Perdamaian pertama dianugerahkan pada 1901 kepada Frédéric Passy dan Henry Dunant; penghargaan tersebut paling terkini diberikan kepada Kuartet Dialog Nasional Tunisia pada 2015. Setiap penerima meraih sebuah medali, sebuah diploma, dan penghargaan berupa uang yang nilainya beragam sepanjang tahun. Pada 1901, Passy dan Dunant berbagi Penghargaan yang seharga 150,782 kronor Swedia, yang setara dengan 7,731,004 kronor pada 2008. Penghargaan Perdamaian tersebut dipersembahkan secara tahunan di Oslo, dengan kehadiran Raja Norwegia, pada 10 Desember, hari peringatan kematian Nobel, dan merupakan satu-satunya Penghargaan Nobel yang tidak dipersembahkan di Stockholm. Tidak seperti penghargaan lainnya, Penghargaan Perdamaian tersebut terkadang diberikan kepada sebuah organisasi (seperti Komite Palang Merah Internasional, penerima penghargaan tersebut sebanyak tiga kali) selain kepada seorang individual. (Selengkapnya...)


14 Oktober

Penerima Penghargaan Nobel Jepang (2010) Akira Suzuki dan Ei-ichi Negishi.

Sejak 1949, terdapat dua puluh enam pemenang Jepang dari Penghargaan Nobel. Penghargaan Nobel adalah sebuah penghargaan moneter internasional yang berbasis di Swedia. Dari para pemenang Jepang, sebelas adalah fisikawan, tujuh kimiawan, tiga untuk kesusastraan, empat untuk fisiologi atau kedokteran dan satu untuk upaya terhadap perdamaian. Pada abad ke-21, dalam bidang ilmu alam, jumlah pemenang Jepang dari Penghargaan Nobel menduduki peringkat kedua setelah AS. (Selengkapnya...)


15 Oktober

Pengumuman Nobel Ekonomi 2008 di Stockholm.

Nobel Ekonomi diberikan secara tahunan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia kepada para peneliti dalam bidang ekonomi. Penghargaan pertama diberikan pada 1969 kepada Ragnar Frisch dan Jan Tinbergen. Setiap penerima meraih sebuah medali, sebuah diploma dan sebuah penghargaan berupa sejumlah uang yang jumlahnya beragam sepanjang tahun. Pada 1969, Frisch dan Tinbergen diberikan uang sejumlah 375,000 SEK, yang setara dengan 2,871,041 SEK pada Desember 2007. Penghargaan tersebut dipersembahkan di Stockholm di sebuah acara tahunan pada 10 Desember, hari peringatan kematian Nobel. Sampai pada tahun 2007, sembilan penghargaan diberikan untuk jasa-jasa pada bidang makroekonomi, lebih banyak ketimbang kategori lainnya. Sebagian besar penerima Nobel Ekonomi berafilisasi dengan Universitas Chicago, yang memiliki 28 penerima yang berafiliasi. (Selengkapnya...)


16 Oktober

Yasser Arafat

12 atau 1.4% penerima Nobel adalah Muslim. Muslim meliputi lebih dari 23% dari populasi dunia. Lebih dari setengah dari dua belas penerima Nobel Muslim dianugerahi penghargaan tersebut pada abad ke-21. Tujuh dari dua belas penerima dianugerahi Nobel Perdamaian, termasuk Yasser Arafat (gambar). Penerima Nobel Fisika tahun 1979, Abdus Salam, adalah seorang anggota dari komunitas Ahmadiyyah dari Pakistan. Penghargaan Nobel adalah serangkaian penghargaan internasional tahunan yang diberikan dalam sejumlah kategori oleh komite-komite Skandinavia dalam pengakuan pengembangan kebudayaan dan saintifik. Kehendak kimiawan Swedia Alfred Nobel mendirikan penghargaan-penghargaan tersebut pada 1895. Sebuah penghargaan terasosiasi dalam bidang Ekonomi telah dianugerahi sejak 1969. Penghargaan Perdamaian dianugerahi di Oslo, Norwegia, sementara penghargaan lainnya dianugerahi di Stockholm, Swedia. Penghargaan Nobel banyak dianggap sebagai penghargaan paling prestisius yang tersedia dalam bidang kesusastraan, kedokteran, fisika, kimia, perdamaian dan ekonomi. (Selengkapnya...)


17 Oktober

Nikita Khruchchev

Presidium Partai Komunis Uni Soviet XXII berlangsung dari 1961 sampai 1966. Nikita Khrushchev (gambar) mengetuai Presidium tersebut dari 1955 sampai 1964; Leonid Brezhnev menggantikannya pada tahun tersebut dan mengetuainya sampai 1982. Meskipun demikian, para anggota penuh dan kandidat dari Presidium tersebut tak dapat memberikan suara pada sesi-sesi Presidium. Biasanya, anggota penuh Presidium sebelumnya menjabat sebagai anggota kandidat, namun tidak selalu demikian. Sepanjang masa jabatan, 23 orang menduduki kursi di Presidium" 14 anggota penuh dan 9 anggota kandidat. Satu anggota kandidat dipromosikan ke keanggotaan penuh di Presidium pada masa jabatan tersebut. Tidak ada seorang anggota Presidium tunggal yang meninggal pada periode ini saat masih menjabat. (Selengkapnya...)


18 Oktober

Peran Shahid Kapoor sebagai karakter utama dalam film Haider meraih beberapa penghargaan

Haider meraih penghargaan dan nominasi dalam beberapa kategori, dengan pujian khusus untuk penyutradaraannya, penampilan Shahid Kapoor dan Tabu, musik dan rancangan produksi. Sampai Juni 2015, film tersebut memenangkan 36 penghargaan. Di Penghargaan Film Nasional ke-62, Haider meraih lima penghargaan, melebihi film lainnya di perhelatan tersebut, yang meliputi Pengarahan Musik Terbaik dan Skenario Terbaik (keduanya Bhardwaj). Haider juga memenangkan lima penghargaan di perhelatan Penghargaan Filmfare ke-60, yang meliputi Aktor Terbaik (Shahid Kapoor), Aktor Pendukung Terbaik (Menon), dan Aktris Pendukung Terbaik (Tabu). Film tersebut juga meraih nominasi untuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik di ajang tersebut. Di Screen Awards 2015, Haider meraih nominasi untuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik, dan memenangkan lima penghargaan, termasuk Aktor Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik. Haider juga memenangkan sembilan penghargaan di perhelatan ke-16 dari International Indian Film Academy Awards, yang meliputi Aktor Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik. (Selengkapnya...)


19 Oktober

Arrancar: The Arrival arc (破面・出現篇, Arankaru Shutsugen Hen) adalah musim keenam dari serial anime Bleach. Dalam adaptasi berbahasa Inggris dari anime tersebut yang dirilis oleh Viz Media, judul dari musim tersebut diterjemahkan menjadi The Arrancar. Episode-episode tersebut disutradarai oleh Noriyuki Abe, dan diproduksi oleh TV Tokyo, Dentsu dan Studio Pierrot. Dua puluh dua episode dari musim tersebut berdasarkan pada serial manga Bleach karya Tite Kubo. Alur dari episode-episode tersebut berkisah tentang perang antara para shinigami dan arrancar pimpinan mantan kapten shinigami Sōsuke Aizen. Musim tersebut mulai disiarkan pada 10 Januari 2007 di Jepang pada saluran TV Tokyo dan berakhir pada 27 Juni 2007. Adaptasi berbahasa Inggris dari anime Bleach dilisensikan oleh Viz Media, dan mulai disiarkan pada Adult Swim di Amerika Serikat pada 18 April 2009 dan berakhir pada 11 Juli 2009. (Selengkapnya...)


20 Oktober

Twice pentas pada Mei 2016

Grup vokal perempuan berbasis Korea Selatan Twice merilis satu album studio, satu album kompilasi, dua album pengemasan ulang, lima album mini dan sembilan singel. Dibentuk oleh JYP Entertainment pada 2015 melalui acara survival Sixteen, Twice melakukan debut pada Oktober 2015 dengan perilisan album mini pertama mereka, The Story Begins, dan singelnya "Like Ooh-Ahh". Album mini dan singel tersebut masing-masing memuncaki No. 3 dan No. 10 di Gaon Music Chart. The Story Begins kemudian terjual lebih dari 120,000 salinan, menjadikannya album mini berpenjualan terbaik karya grup vokal perempuan K-pop sepanjang masa, mengalahkan rekor yang dicetak oleh album mini pertama Girls' Generation Gee (2009), yang terjual hampir 100,000 salinan. (Selengkapnya...)


21 Oktober

Jean Dujardin meraih beberapa penghargaan dan nominasi atas penampilannya dalam film tersebut

The Artist meraih beberapa penghargaan dan nominasi dengan pujian untuk penyutradaraannya, para pemerannya, skenarionya, musiknya, sinematografinya, penyuntingannya dan kostum-kostumnya. Film tersebut meraih sepuluh nominasi di Academy Awards ke-84, dan memenangkan lima penghargaan, yang meliputi Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Hazanavicius), dan Aktor Terbaik (Dujardin). Film tersebut adalah film bisu pertama yang memenangkan penghargaan Film Terbaik sejak film Wings di acara pertama pada tahun 1929 dan film hitam-putih pertama yang memenangkan penghargaan tersebut sejak film tahun 1993 Schindler's List. Dujardin menjadi pemeran Perancis pertama yang memenangkan sebuah Oscar. Film tersebut meraih penghargaan Film Terbaik di Independent Spirit Awards ke-27. Film tersebut meraih dua belas nominasi di British Academy Film Awards ke-65, memenangkan tujuh penghargaan, yang meliputi Film Terbaik, Sutradara Terbaik dan Aktor Terbaik. Di acara Penghargaan César ke-37, film tersebut meraih enam penghargaan, yang meliputi Film Terbaik dan Aktris Terbaik (Bejo). (Selengkapnya...)


22 Oktober

Logo Heroes

Episode-episode Heroes mengisahkan kehidupan orang di seluruh dunia yang memiliki berbagai kekuatan manusia super saat mereka berjuang untuk menjalani kehidupan sehari-hari mereka dan menghindari bencana yang terjadi. Serial tersebut tayang perdana di televisi Amerika dan Kanada pada 25 September 2006. Musim pertamanya, yang meraih peringkat ke-21 dari 142 program televisi waktu perdana Amerika di rating Nielsen, dirilis dalam bentuk DVD dan HD DVD pada 28 Agustus 2007. Musim kedua meraih peringkat ke-21 dari 220 dalam rating tersebut, dan dirilis dalam bentuk DVD dan Cakram Blu-ray pada 26 Agustus 2008, dengan perilisan Blu-ray dari musim pertama. Musim ketiga disiarkan dalam dua blok umumnya tanpa penayangan ulang; acara tersebut tayang perdana pada 22 September 2008, dalam saluran NBC di Amerika Serikat dan dalam saluran Global di Kanada, dengan sebuah clip-show sejam dan dua episode reguler. Musim keempat disiarkan dari 21 September 2009, sampai 8 Februari 2010. Meskipun para anggota pemerannya menyatakan dan berspekulasi bahwa akan ada musim kelima, NBC mengumumkan pada 14 Mei 2010, bahwa acara tersebut resmi dihentikan, namun jaringan tersebut merencanakan pengakhiran serial tersebut dalam bentuk miniseri atau film TV. (Selengkapnya...)


23 Oktober

Ang Lee

Taiwan telah mewakilkan film-film pada Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik sejak 1957, dan secara reguler sejak 1980. Untuk keperluan perwakilan Oscar, AMPAS memandang China daratan, Taiwan dan Hong Kong sebagai entitas terpisah, dan setiap entitas mewakilkan sebuah film pada kompetisi tersebut. Taiwan menjadi entitas etnis Tiongkok pertama dari tiga entitas tersebut yang masuk kompetisi tersebut pada 1957. Sepanjang tahun, Taiwan telah mewakilkan empat puluh film untuk acara Oscar. Tiga film Taiwan dinominasikan pada Penghargaan Akademi untuk Film Berbahasa Asing Terbaik, dan ketiga film yang dinominasikan tersebut disutradarai oleh Ang Lee (gambar): The Wedding Banquet, Eat Drink Man Woman, dan Crouching Tiger, Hidden Dragon, yang merupakan satu-satunya film Taiwan yang memenangkan Penghargaan Akademi untuk Film Berbahasa Asing Terbaik. Taiwan awalnya memilih Lust, Caution karya Ang Lee pada 2007, namun AMPAS menolak film tersebut dengan alasan sebagian besar tidak diproduksi di Taiwan. Sutradara Chen Kunhou juga memiliki tiga film yang terpilih untuk mewakili Taiwan, namun tidak ada yang meraih penghargaan Oscar. (Selengkapnya...)


24 Oktober

Bendera-bendera dari negara-negara anggota PBB, di depan Istana Bangsa-Bangsa (Jenewa, Swiss).

Negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah 193 negara berdaulat yang menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan memiliki perwakilan setara dalam Majelis Umum PBB. PBB adalah organisasi antar-pemerintahan terbesar di dunia, di atas Organisasi Kerja Sama Islam. Sebuah rekomendasi untuk pemasukan dari Dewan Keamanan mensyaratkan suara afirmatif dari setidaknya sembilan dari lima belas anggota dewan tersebut, dengan tak ada lima anggota tetap yang memakai hak veto. Rekomendasi Dewan Keamanan harus kemudian disepakati dalam Majelis Umum oleh dua per tiga suara mayoritas. Selain negara anggota, PBB juga mengundang negara-negara non-anggota untuk menjadi pengamat di Majelis Umum PBB (sekarang dua: Tahta Suci dan Palestina), yang membolehkan mereka ikut serta dan berpendapat di pertemuan-pertemuan Majelis Umum, namun tidak memberikan suara. Para pengamat umumnya adalah organisasi antar pemerintahan dan entitas yang kenegaraan dan kedaulatannya tak terdefinisi. (Selengkapnya...)


25 Oktober

Wayne Rooney

Wayne Rooney 53 gol dalam 119 penampilan internasional, menjadikannya pencetak skor papan atas sepanjang masa asal Inggris, melampaui rekor Bobby Charlton dengan sebuah penalti melawan Swiss di Stadion Wembley pada kualifikasi UEFA Euro 2016. Ia mencetak gol internasional pertamanya setahun kemudian, dalam penampilan keenamnya untuk negara tersebut, melawan Makedonia. Gol Rooney melawan Makedonia membuatnya menjadi pencetak skor putra termuda untuk Inggris, pada usia 17 tahun 317 hari, melampaui rekor yang dicetak oleh Michael Owen yang mencetak skor saat melawan Maroko pada 1998 pada Turnamen Piala Internasional Raja Hassan II. Ini juga membaut Rooney menjadi pencetak skor termuda dalam kualifikasi untuk Kejuaraan Eropa, sebuah rekor yang ia pegang sampai Ben Sahar dari Israel mencetak skor saat melawan Estonia pada Maret 2007. Pada Juni 2004, Rooney mencetak tiga gol Inggris pertamanya dalam kemenangan atas Swiss pada Euro 2004, dan menjadi pemain termuda yang mencetak skor dalam sebuah pertandingan Kejuaraan Eropa. Ini adalah rekor singkat: Johan Vonlanthen asal Swiss, yang tiga bulan lebih muda ketimbang Rooney, mencetak skor pada empat hari kemudian. (Selengkapnya...)


26 Oktober

Sutradara Stefan Ruzowitzky memenangkan Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik dengan film buatannya The Counterfeiters.

Austria telah mengirimkan sejumlah film untuk Penghargaan Akademi untuk Film Berbahasa Asing Terbaik sejak 1961. Penghargaan tersebut diberikan secara tahunan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences Amerika Serikat kepada sebuah film durasi cerita yang dibuat di luar Amerika Serikat yang utamanya berisi dialog non-Inggris. Penghargaan tersebut baru diperkenalkan pada Academy Awards 1956, di mana sebuah Penghargaan Akademi Merit kompetitif, yang dikenal sebagai Penghargaan Film Berbahasa Asing Terbaik, dibuat untuk film-film berbahasa non-Inggris, dan sejak itu diberikan secara tahunan. Empat film Austria dinominasikan pada Penghargaan Akademi untuk Film Berbahasa Asing Terbaik: '38 - Vienna Before the Fall karya Wolfgang Glück di Academy Awards ke-59, The Counterfeiters karya Stefan Ruzowitzky (gambar) di Academy Awards ke-80, Revanche karya Gotz Spielmann di Academy Awards ke-81, dan Amour karya Michael Haneke di Academy Awards ke-85. The Counterfeiters karya Ruzowitzky dan Amour karya Haneke memenangkan penghargaan tersebut. (Selengkapnya...)


27 Oktober

Album dengan penjualan terbaik pada Gaon Album Chart tahun 2014 disematkan kepada album Overdose (versi Korea) karya EXO-K, yang terjual 385,047 salinan. EXO (gambar) menjual album berpenjualan terbaik Korea Selatan tahun 2014 dengan versi standar Overdose (versi Korea) dan peluncuran ulangnya Overdose (versi Tionghoa) terjual sebanyak 657,765 unit secara keseluruhan. Grup tersebut memenangkan penghargaan Artis Tahun Ini dan Album Tahun Ini di Penghargaan Musik Asia Mnet 2014, Album Tahun Ini (Juara Harapan 2) di Penghargaan Musik Gaon Chart ke-4, Disk Daesang dan Disk Bonsang di Golden Disc Awards ke-29. (Selengkapnya...)


28 Oktober

Jan Svěrák

Republik Ceko telah mewakilkan film-film untuk Film Berbahasa Asing Terbaik (Oscar) sejak 1994 (setelah pemisahan Cekoslowakia pada Januari 1993). Namun, terdapat juga film-film Ceko yang diwakilkan oleh Cekoslowakia sebelum negara tersebut ada pada 1992. Pada 2008, tiga film Ceko dinominasikan pada Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik, salah satu diantaranya, Kolya karya Jan Svěrák, memenangkan penghargaan tersebut. Film Svěrák lainnya, Dark Blue World, diwakilkan ke Academy pada Academy Awards ke-74, namun tidak masuk nominasi. Dua sutradara Ceko lainnya yang meraih nominasi adalah Jan Hřebejk dan Ondřej Trojan. Divided We Fall karya Hřebejk karya masuk nominasi pada Academy Awards ke-73, namun perwakilannya untuk Academy Awards ke-77, Up and Down, tidak masuk nominasi. Želary karya Trojan masuk nominasi pada Academy Awards ke-76. (Selengkapnya...)


29 Oktober

Trofi Piala Champions Eropa dan Liga Champions UEFA

Final Piala Champions Eropa dan Liga Champions UEFA dimenangkan oleh 22 klub. Real Madrid memegang rekor juara terbanyak, setelah memenangkan kompetisi sebanyak 13 kali, termasuk edisi perdana. Mereka juga telah memenangkan kompetisi secara berturut-turut paling banyak, juara lima kali dari tahun 1956 hingga 1960. Juventus menjadi tim tersering yang menjadi peringkat dua setelah kalah dalam tujuh final. Atletico Madrid adalah satu-satunya tim yang telah mencapai tiga final tanpa memenangkan kompetisi, sementara Stade de Reims dan Valencia telah menjadi peringkat dua sebanyak dua kali tanpa memenangkan kompetisi. Spanyol menjadi negara yang paling banyak menghasilkan juara, dengan 18 gelar dari dua klub. Italia menghasilkan 12 juara dari tiga klub dan Inggris menghasilkan 12 juara dari lima klub. Tim Inggris dilarang mengikuti kompetisi selama lima tahun setelah Tragedi Heysel di tahun 1985. (Selengkapnya...)


30 Oktober

Hailee Steinfeld meraih sejumlah nominasi atas penampilan debut layar lebarnya dalam film True Grit.

True Grit meraih penghargaan dalam kategori berbeda, dari pengakuan atas film itu sendiri, sampai penyutradaraan, pengarahan gambar, sinematografi, musi dan penulisannya, serta penampilan para pemerannya, terutama Bridges untuk Aktor Terbaik dan Steinfeld untuk Aktris Pendukung Terbaik. Karya Coen pada skenario True Grit meraih sebuah nominasi dari Writers Guild of America, namun kalah dengan Aaron Sorkin untuk The Social Network. Karya Deakins pada sinematografi True Grit membuatnya meraih lebih dari sepuluh nominasi, termasuk sebuah penghargaan dari Boston Society of Film Critics. Cinema Audio Society Awards mempersembahkan penghargaan Pengabdian Terbaik dalam Tata Suara untuk Film kepada Peter F. Kurland, Skip Lievsay, Craig Berkey dan Greg Orloff pada tahun 2011. Academy Awards ke-83 menominasikan film tersebut untuk sepuluh penghargaannya, namun True Grit gagal memenangkan penghargaan apapun. Beberapa nominasinya adalah Film Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik, AKtor Terbaik (memberikan nominasi keenam kepada Bridges), Aktris Pendukung Terbaik dan Pengarahan Gambar Terbaik. Steinfeld yang berusia empat belas tahun adalah pemeran ke-73 yang dinominasikan untuk sebuah Oscar untuk penampilan debut layar lebar mereka dalam sejarah 83 tahun acara penghargaan tersebut. (Selengkapnya...)


31 Oktober

Donald Trump, Presiden Amerika Serikat saat ini

Para Presiden Amerika Serikat mencakup orang-orang yang disumpah sebagai presiden setelah ratifikasi Konstitusi Amerika Serikat, yang mulai berlaku pada tanggal 4 Maret 1789. Di bawah Konstitusi Amerika Serikat, Presiden Amerika Serikat adalah kepala negara dan kepala pemerintahan dari negara Amerika Serikat. Sebagai kepala cabang eksekutif dan kepala pemerintah federal secara keseluruhan, presiden adalah jabatan politik tertinggi di Amerika Serikat berdasarkan pengaruh dan pengakuan. Presiden juga merupakan Panglima Tertinggi dari Angkatan Bersenjata Amerika Serikat. Presiden dipilih secara tidak langsung untuk masa jabatan empat tahun oleh KPU (yang disebut dengan Inggris: Electoral College) atau oleh DPR (Inggris: House of Representatives) apabila Electoral College gagal menentukan suara mayoritas mutlak dari suara untuk setiap calon. Sejak ratifikasi Amendemen Ke-22 Konstitusi Amerika Serikat pada tahun 1951. Presiden harus berumur minimal 35 tahun dan "terlahir" sebagai warga negara Amerika Serikat. (Selengkapnya...)