Wikipedia:Daftar pilihan/November

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

1 November

H. D. Kumaraswamy, Ketua Menteri Karnataka saat ini

Ketua Menteri Karnataka adalah kepala pemerintahan negara bagian Karnataka, India Selatan. Sejak 1947, dua puluh dua orang telah menjadi Ketua Menteri Mysore (sebagaimana negara bagian ini dikenal sebelum 1 November 1973) dan Karnataka. Sebagian besar dari mereka berasal dari partai Kongres Nasional India, termasuk pejabat perdana K. Chengalaraya Reddy. Ketua menteri yang menjabat terlama, D. Devaraj Urs, memegang jabatan tersebut selama lebih dari tujuh tahun pada 1970-an. Sebagai anggota Partai Janata, Ramakrishna Hegde menjabat dengan masa jabatan paling banyak secara tidak beruntun (tiga kali), sementara Veerendra Patil dari Kongres memiliki selang waktu terbesar antara dua masa jabatan (lebih dari delapan belas tahun). Seorang ketua menteri, H. D. Deve Gowda, kemudian menjadi Perdana Menteri India kesebelas, sementara yang lainnya, B. D. Jatti, menjabat sebagai Wakil Presiden kelima negara tersebut. Terdapat enam peristiwa pemerintahan presiden di Karnataka, yang paling terbaru pada 2007–2008. (Selengkapnya...)


2 November

Shahrukh Khan

Karier akting Shah Rukh Khan telah berjalan sepanjang dua dekade. Khan Khan memulai karier aktingnya pada televisi dengan memerankan seorang prajurit dalam serial Doordarshan Fauji (1988). Ia mulai meraih ketenaran untuk peran-peran film dan perilisan pertamanya dengan film drama percintaan Deewana (1992) dan kemudian memerankan peran antagonis dalam film thriller 1993 Baazigar dan Darr, hit box office yang meninggikan kariernya di Bollywood. Ia melanjutkan untuk meninggikan reputasinya dalam peran-peran percintaan dengan beradu peran dengan Madhuri Dixit dalam Dil To Pagal Hai (1997), dan Kajol dalam blockbuster sutradaraan Karan Johar Kuch Kuch Hota Hai (1998) dan Kabhi Khushi Kabhie Gham... (2001). Ia juga bermain peran melawan jenis sebagai seorang ilmuwan NASA dalam drama Swades (2004), seorang pelatih hoki dalam film olahraga Chak De! India (2007), dan seorang pria autis dalam drama My Name Is Khan (2010). Tujuh belas film Khan memiliki keuntungan lebih dari 1 milyar (US$14 juta) dalam penjualan tiket global. Dengan delapan Penghargaan Filmfare untuk Aktor Terbaik, ia berbagi rekor untuk kemenangan terbanyak dalam kategori tersebut dengan Dilip Kumar. (Selengkapnya...)


3 November

Istana Himeji

Sembilan entri dari Pusaka Nasional dari lima istana dibangun pada akhir zaman Momoyama sampai awal zaman Edo; namun, jumlah struktur yang sebenarnya berjumlah lebih karena dalam beberapa kasus, struktur-struktur berganda dikombinasikan untuk membentuk sebuah entri tunggal. Struktur-struktur yang didaftarkan meliputi donjon, menara pemantau dan galeri penghubung. Konstruksi istana Jepang khas merupakan produk dari zaman Momoyama dan awal zaman Edo. Sebuah era baru dari pembangunan istana dimulai saat daimyo Nobunaga membangun Istana Azuchi dari 1576 sampai 1579. Benteng-benteng pada masa sebelumnya dari zaman Kamakura dan zaman Muromachi menjadi struktur berskala besar; namun, Azuchi dengan ornamentasi yang kaya dan setinggi tujuh lantai, menjadi prototipe untuk pembangunan istana pada masa itu. Gaya Istana Azuchi menandai peralihan fungsi istana dari tempat yang dijadikan benteng dan garisun militer menjadi pusat politik, kebudayaan dan ekonomi. Istana-istana bergaya terbaru digunakan sebagai tempat tinggal daimyo, keluarganya, dan sebagian besar bawahan setianya. Karena bangunan tersebut berstruktur mewah, istana-istana bergaya Azuchi juga dikenal dijadikan kekuatan dan prestise dari daimyo. Istana-istana baru tersebut dibangun dengan kayu dan perekat di atas fondasi batu. Umumnya bagian utama atau tenshu berada di bagian tertinggi, dikelilingi oleh serangkaian benteng yang saling terhubung dengan tembok, menara kecil dan jalan. Bangunan-bangunan kediaman terletak di salah satu lingkar luarnya. Daimyo menjalankan usahanya di istana tersebut. (Selengkapnya...)


4 November

Tabu

Aktris India Tabu, yang juga disebut sebagai Tabbu, telah tampil dalam film-film Hindi, Telugu, Inggris, Tamil, Malayalam dan Bengali. Tabu mula-mula tampil sebagai seorang remaja dalam Hum Naujawan (1985) karya Dev Anand, dan peran besar pertamanya adalah dalam film Telugu Coolie No. 1 (1991). Pada 1994, ia membintangi dua film Hindi — film percintaan Pehla Pehla Pyar dan film drama aksi Vijaypath — dan meraih Penghargaan Filmfare untuk Debut Perempuan Terbaik untuk film Vijaypath. Setelah muncul dalam serangkaian film yang mendapat sambutan buruk, yang meliputi Prem dan Saajan Ki Baahon Mein (kedua 1995), tahun 1996 merupakan puncak karier bagi Tabu. Penampilannya sebagai seorang wanita muda yang terkena dampak pemberontakan Punjab dalam film Maachis (1996) karya Gulzar dianggap sebagai puncak kariernya, dan ia memenangkan Penghargaan Film Nasional untuk Aktris Terbaik. Selain itu pada tahun tersebut, Tabu memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Aktris Terbaik – Telugu untuk film percintaan Ninne Pelladata, dan beradu peran bersama dengan Govinda dan Karisma Kapoor dalam film yang sukses secara komersial Saajan Chale Sasural. (Selengkapnya...)


5 November

Marion Cotillard

33 aktor dan aktris telah dinominasikan pada Academy Awards untuk penampilan berbahasa asing. Tujuh aktor dan aktris diantaranya meraih Academy Awards untuk penampilan mereka. Enam orang diantaranya mendapatkan nominasi Academy Award berganda: Marcello Mastroianni (tiga nominasi Aktor Terbaik), Sophia Loren (satu Academy Award untuk Aktris Terbaik untuk Two Women dan nominasi Aktris Terbaik lainnya), Liv Ullmann (dua nominasi Aktris Terbaik), Isabelle Adjani (dua nominasi Aktris Terbaik), Javier Bardem (dua nominasi Aktor Terbaik) dan Marion Cotillard (gambar) (satu Academy Award untuk Aktris Terbaik untuk La Vie en Rose dan nominasi Aktris Terbaik lainnya untuk Two Days, One Night). Sophia Loren dan Marion Cotillard adalah satu-satunya aktris yang memenangkan sebuah Academy Award untuk Aktris Terbaik untuk penampilan berbahasa asing, masing-masing berbahasa Italia dan Perancis. Cotillard adalah satu-satunya aktor yang meraih dua nominasi Oscar untuk film asing yang film-filmnya tidak dinominaskan pada Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik. Ia juga merupakan satu-satunya aktor yang dinominasikan untuk sebuah film Belgia ("Two Days, One Night"). (Selengkapnya...)


6 November

Ang Lee meraih beberapa penghargaan atas karyanya pada film tersebut, yang meliputi Golden Lion dan Academy Award untuk Sutradara Terbaik.

Brokeback Mountain meraih penghargaan dan nominasi dalam berbagai kategori, yang meliputi untuk penyutradaraannya, skenarionya, aktingnya, musik aslinya, dan sinematografinya. Di Academy Awards ke-78, Brokeback Mountain dinominasikan untuk Academy Award untuk Film Terbaik dan memenangkan tiga penghargaan untuk Sutradara Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik, dan Musik Asli Terbaik. Film tersebut meraih tujuh nominasi di Penghargaan Golden Globe ke-63, memenangkan empat untuk Film Drama Terbaik, Sutradara Terbaik, Lagu Terbaik, dan Skenario Terbaik. Di British Academy Film Awards ke-59, Brokeback Mountain dinominasikan untuk sembilan penghargaan, memenangkan kategori-kategori Film Terbaik, Penyutradaraan Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik dan Aktor Pendukung Terbaik untuk Jake Gyllenhaal. Film tersebut juga meraih penghargaan untuk berbagai pihak: film tersebut memenangkan Producers Guild of America Award untuk Film Teatrikal Terbaik, Directors Guild of America Award untuk Penyutradaraan Terbaik – Film Fitur, dan Writers Guild of America Award untuk Skenario Adaptasi Terbaik. Selain itu, film tersebut meraih empat nominasi Screen Actors Guild untuk Aktor Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, Aktris Pendukung Terbaik dan Pemeranan Terbaik, melebihi film lainnya; namun, film tersebut tak memenangkan penghargaan apapun. (Selengkapnya...)


7 November

Vyacheslav Molotov

Deputi Perdana Menteri Pertama Uni Soviet adalah wakil kepala pemerintahan Uni Republik Sosialis Soviet (URSS); Deputi Perdana Menteri pertama tak selalu menjabat dalam jabatannya sendirian. Sebanyak 26 orang telah memegang jabatan tersebut; 18 diantaranya memegang jabatan lainnya bersamaan dengan jabatan Deputi Perdana Menteri Pertama. Pemegang jabatan pertamanya adalah Valerian Kuibyshev, yang dilantik pada 1934 sebagai Ketua Deputi Pertama Dewan Komisar Rakyat (bahasa Rusia: Первый заместитель Председателя Совета Народных Комиссаров, disingkat Sovnarkom). Lavrentiy Beria menjalani masa jabatan terpendek dan menjabat selama 113 hari. Sepanjang tujuh belas tahun, Vyacheslav Molotov (gambar) menjalani masa jabatan terpanjang, dan memegang jabatannya sepanjang sebagian besar masa kepemimpinan Joseph Stalin sebagai Perdana Menteri, serta sepanjang masa kepemimpinan Georgy Malenkov dan Nikolai Bulganin. (Selengkapnya...)


8 November

Sebuah poster teatrikal untuk Gate of Hell dari Jepang, sebuah film yang menerima Academy Award untuk Rancangan Kostum Terbaik serta Penghargaan Kehormatan Akademi

24 film berbahasa asing memenangkan Academy Awards di luar kategori Film Berbahasa Asing Terbaik. Film berbahasa asing yang paling banyak mendapatkan penghargaan adalah Fanny and Alexander dari Swedia dan Crouching Tiger, Hidden Dragon karya Taiwan, yang keduanya memenangkan empat penghargaan, termasuk Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik. Crouching Tiger, Hidden Dragon meraih sepuluh nominasi Academy Award, jumlah nominasi tertinggi yang pernah diraih untuk sebuah film berbahasa asing. Tidak ada film berbahasa asing yang menjadi penerima Academy Award untuk Film Terbaik, meskipun delapan film berbahasa asing pernah menjadi nominasi pada penghargaan tersebut. Academy mendefinisikan film berbahasa asing sebagai sebuah film durasi cerita yang diproduksi di luar Amerika Serikat yang utamanya mengandung dialog non-bahasa Inggris. (Selengkapnya...)


9 November

Priyanka Chopra dan Ranveer Singh meraih beberapa penghargaan dan nominasi atas penampilan mereka dalam film Bajirao Mastani

Bajirao Mastani meraih penghargaan dan nominasi dalam berbagai kategori dengan pujian untuk penyutradaraan dan musik Bhansali, penampilan Chopra dan Singh, sinematografinya, pengarahan gambarnya dan rancangan kostumnya. Di Penghargaan Film Nasional ke-63, Bajirao Mastani meraih tujuh penghargaan yang meliputi Sutradara Terbaik untuk Bhansali, Aktris Pendukung Terbaik untuk Azmi, Sinematografi Terbaik untuk Chatterjee, dan Pengarahan Gambar Terbaik. Film tersebut meraih nominasi terbanyak di Penghargaan Filmfare ke-61 dengan jumlah empat belas. Bajirao Mastani memenangkan penghargaan melebihi film lainnya di acara tersebut dengan jumlah sembilan yang meliputi Film Terbaik, Sutradara Terbaik untuk Bhansali, Aktor Terbaik untuk Singh, dan Aktris Pendukung Terbaik untuk Chopra. Film tersebut meraih tiga belas nominasi di Producers Guild Film Awards 2015 yang meliputi Film Terbaik, dan Aktris Terbaik dalam sebuah Peran Utama untuk Chopra, dan Padukone. Film tersebut memenangkan sembilan penghargaan, terbanyak di acara tersebut, yang meliputi Sutradara Terbaik untuk Bhansali, Aktor Terbaik untuk Singh, dan Aktris Pendukung Terbaik untuk Azmi. Bajirao Mastani meraih tiga belas nominasi di Screen Awards ke-22 yang meliputi Film Terbaik, dan Sutradara Terbaik untuk Bhansali, dan memenangkan tujuh yang meliputi Aktor Terbaik untuk Singh, dan Aktris Pendukung Terbaik untuk Chopra. Film tersebut juga memenangkan tiga belas penghargaan utama (dari tujuh belas nominasi) di IIFA Awards ke-17 yang meliputi Sutradara Terbaik untuk Bhansali, Aktor Terbaik untuk Singh, dan Aktris Pendukung Terbaik untuk Chopra. (Selengkapnya...)


10 November

Sutomo, salah satu Pahlawan Nasional Indonesia

Pahlawan Nasional adalah gelar penghargaan tingkat tertinggi di Indonesia. Gelar anumerta ini diberikan oleh Pemerintahan Indonesia atas tindakan yang dianggap heroik – didefinisikan sebagai "perbuatan nyata yang dapat dikenang dan diteladani sepanjang masa bagi warga masyarakat lainnya." – atau "berjasa sangat luar biasa bagi kepentingan bangsa dan negara." Kerangka undang-undang untuk gelar tersebut awalnya menggunakan nama Pahlawan Kemerdekaan Nasional yang dibuat pada saat dikeluarkannya Dekret Presiden No. 241 Tahun 1958. Gelar khusus pada tingkat Pahlawan Nasional juga dianugerahkan. Pahlawan Revolusi diberikan pada tahun 1965 kepada sepuluh korban kudeta Gerakan 30 September yang gagal, sementara Sukarno dan mantan wakil presiden Mohammad Hatta diberikan gelar Pahlawan Proklamator pada 1988 karena peran mereka dalam membacakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Pahlawan-pahlawan tersebut berasal dari seluruh wilayah di kepulauan Indonesia, dari Aceh di bagian barat sampai Papua di bagian timur. Mereka berasal dari berbagai etnis, meliputi pribumi Indonesia, etnis Tionghoa, dan Eurasia. Mereka meliputi perdana menteri, gerilyawan, menteri-menteri pemerintahan, prajurit, bangsawan, jurnalis, Ulama, dan seorang uskup. (Selengkapnya...)


11 November

Foto Leonardo DiCaprio di penayangan perdana London The Wolf of Wall Street pada 2014

Leonardo DiCaprio adalah seorang aktor yang tampil dalam film dan televisi. Ia memulai kariernya dengan tampil sebagai anak-anak di televisi. Ia tampil pada acara The New Lassie (1989) dan Santa Barbara (1990) dan juga berperan jangka panjang dalam komedi-drama Parenthood (1990) dan sitkom Growing Pains (1991), sebelum membuiat debut filmnya dalam perilisan direct-to-video 1991 Critters 3. Dua tahun kemudian, ia memerankan Tobias Wolff dan beradu peran dengan Robert De Niro dalam This Boy's Life (1993). Ia menyusulnya dengan peran pendukung dalam What's Eating Gilbert Grape (1993), yang membuatnya meraih nominasi pada Academy Award untuk Aktor Pendukung Terbaik. Pada 1995, DiCaprio memerankan pengarang Amerika Jim Carroll dalam The Basketball Diaries dan penyair Perancis Arthur Rimbaud dalam Total Eclipse. Pada tahun berikutnya, ia memerankan Romeo Montague dalam film penyutradaraan Baz Luhrmann Romeo + Juliet (1996). DiCaprio beradu peran dengan Kate Winslet dalam film penyutradaraan James Cameron Titanic (1997). Film tersebut menjadi film dengan keuntungan tertinggi di box-office seluruh dunia, dan membuatnya terkenal di seluruh dunia. Untuk penampilannya, ia meraih MTV Movie Award untuk Penampilan Laki-Laki Terbaik dan nominasi pertamanya untuk Golden Globe Award untuk Aktor Terbaik – Film Drama. (Selengkapnya...)


12 November

Benni McCarthy

Benni McCarthy tampil sebanyak 79 kali dan mencetak 31 gol antara 1997 dan 2012. Ia bermain sebagai pemain depan sepanjang kariernya dan merupakan pencetak skor papan atas dalam riwayat tim nasional, mematahkan rekor sebelumnya dari Shaun Bartlett dengan 29 gol internasional dalam sebuah kemenangan pertandingan persahabatan atas Paraguay pada Maret 2008. Sebelumnya mewakili Afrika Selatan di tingkat under-23, McCarthy membuat debut seniornya pada 4 Juni 1997 melawan Belanda. Ia mencetak gol internasional pertamanya pada 16 Februari 1998, empat kali mencetak skor dalam 13 menit melawan Namibia di Kejuaraan Sepak Bola Afrika 1998. Ia menambahkan gol lain melawan Maroko dan dua kali mencetak skor lainnya melawan Republik Demokratik Kongo yang membuat Afrika Selatan masuk babak akhir. Meskipun negara tersebut kalah mutlak dari Mesir, McCarthy diangkat menjadi Pemain Turnamen Ini, dan meraih penghargaan Pencetak Skor Papan Atas untuk tujuh golnya. Pada tahun berikutnya, dalam Piala Dunia FIFA 1998 di Perancis, ia mencetak gol pertama Afrika Selatan di babak akhir Piala Dunia, menyeimbangkan skor 1–1 terhadap Denmark yang membuat negara tersebut meraih sebuah poin di kompetisi tersebut untuk pertama kalinya. Menembahkan tiga gol pertandingan persahabatan melawan Islandia dan Mesir, McCarthy mengakhirinya dengan 11 gol atas namanya pada tahun tersebut. (Selengkapnya...)


13 November

Koda Kumi

Diskografi Koda Kumi meliputi 12 album studio, 2 album cover, 10 album kompilasi, 8 album remix, 8 album live dan 57 singel. Seluruh musikal Jepang-nya dirilis dengan Rhythm Zone, sebuah sub-label dari Avex Group. Koda aslinya melakukan debut di Amerika Serikat pada Orpheus Records di bawah nama Koda, dengan singel "Take Back" (2000) dan kemudian "Trust Your Love" (2001), yang dinyanyikan dalam bahasa Inggris. Versi-versi Jepang dari lagu-lagu tersebut dipakai untuk debutnya di Jepang, dan dirilis pada Desember 2000 dan Mei 2001. Album pertamanya, Affection, dirilis pada Maret 2002. Pada 12 pekan antara Desember 2005 dan Februari 2006, Koda merilis sebuah singel setiap pekan secara berturut-turut, yang menghasilkan singel-singel nomor satu pertamanya di Jepang, "You" dan "Feel". Album kompilasinya tahun 2005 dan 2006 Best: First Things dan Best: Second Session sama-sama disertifikasi untuk dua juta salinan yang diluncurkan oleh Recording Industry Association of Japan. (Selengkapnya...)


14 November

Para anggota pemeran di penayangan perdana Australia dari film tersebut pada April 2013 (kiri ke kanan: Karl Urban, Zachary Quinto, sutradara J. J. Abrams dan Chris Pine)

Star Trek Into Darkness meraih 9 kemenangan di acara-acara seperti Penghargaan Musik Film dan Televisi ASCAP, Golden Trailer Awards, dan California on Location Awards. Ini berasal dari 44 nominasi, dengan karya efek visual pada film tersebut meraih sejumlah nominasi penghargaan dalam kategori tersebut. Selain itu, para anggota pemeran seperti Cumberbatch, Quinto, dan Pine dinominasikan untuk beberapa penghargaan, dengan Cumberbatch meraih Britannia Award untuk Artis Britania Raya Tahun Ini. Ini adalah untuk ke sekian kalinya ia tampil dalam film pada tahun 2013, yang meliputi 12 Years a Slave, August: Osage County dan The Fifth Estate serta Star Trek Into Darkness. Nominasi terbanyak yang diraih adalah lima, dari Penghargaan Saturn, sementara kemenangan terbanyak datang dari Key Art Awards di mana film tersebut dianugerahi penghargaan Perunggu dan Perak. (Selengkapnya...)


15 November

Logo Bleach

Soul Society: The Sneak Entry arc (尸魂界・潜入篇, Sōru Sosaeti Sennyū Hen) adalah musim kedua dari serial anime Bleach, yang terdiri dari 21 episode. Episode-episode tersebut disutradarai oleh Noriyuki Abe, dan diproduksi oleh TV Tokyo, Dentsu dan Studio Pierrot. Dalam perilisan berbahasa Inggris oleh Viz Media, judulnya diterjemahkan menjadi The Entry. Episode-episode tersebut berdasarkan pada serial manga Bleach karya Tite Kubo. Alur episode-episode tersebut mengisahkan perjalanan Ichigo Kurosaki dan para temannya ke Soul Society dalam rangka menyelamatkan shinigami Rukia Kuchiki dari eksekusinya yang tertunda. Musim tersebut awalnya disiarkan dari Maret sampai Juli 2005 di Jepang dalam saluran TV Tokyo. Penayangan berbahasa Inggris pertama dari musim tersebut disiarkan dari 3 Februari sampai 14 Juli 2007. Musim tersebut disiarkan di blok pemprograman Bionix dalam saluran TV YTV di Kanada dan di Adult Swim di Amerika Serikat. (Selengkapnya...)


16 November

Leonardo DiCaprio meraih beberapa nominasi untuk memproduksi dan membintangi film tersebut.

The Wolf of Wall Street meraih penghargaan dan nominasi dalam berbagai kategori dengan pujian untuk penyutradaraan Scorsese, penampilan DiCaprio sebagai Belfort, dan skenario adaptasi Winter. Di Academy Awards ke-86, film tersebut dinominasikan untuk lima Academy Awards: Film Terbaik, Sutradara Terbaik untuk Scorsese, Skenario Adaptasi Terbaik untuk Winter, Aktor Terbaik untuk DiCaprio, dan Aktor Pendukung Terbaik untuk Hill, tetapi gagal memenangkan penghargaan apapun. The Wolf of Wall Street meraih empat nominasi di British Academy Film Awards ke-67 (BAFTA), yang meliputi Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, dan Skenario Adaptasi Terbaik, tetapi tak memenangkan kategori apapun. Film tersebut meraih dua nominasi di Penghargaan Golden Globe ke-71, yang meliputi Film Terbaik – Musikal atau Komedi dengan DiCaprio memenangkan Penghargaan Golden Globe untuk Aktor Terbaik – Film Musikal atau Komedi. Film tersebut juga dinominasikan di Directors Guild of America Awards ke-66, Producers Guild of America Awards ke-25, dan Writers Guild of America Awards ke-66. National Board of Review dan American Film Institute memasukkan The Wolf of Wall Street dalam daftar film sepuluh besar mereka masing-masing pada tahun 2013. (Selengkapnya...)


17 November

11 aktor dan aktris dinominasikan untuk dua Oscar berbeda pada tahun yang sama. Aktor dan aktris pertama yang mengalaminya adalah Fay Bainter, yang meraih nominasi atas penampilannya dalam White Banners dan Jezebel di Academy Awards ke-11. Kejadian paling terkini terjadi saat Academy Awards ke-80, dimana Cate Blanchett meraih nominasi untuk Elizabeth: The Golden Age dan I'm Not There. Tujuh aktor dan aktris meraih sebuah Oscar dalam salah satu kategori dimana mereka dinominasikan, dan belum ada yang memenangkan dua Oscar pada tahun yang sama. Empat orang tak meraih sebuah Oscar dalam kategori apapun: Sigourney Weaver (nominasi untuk Gorillas in the Mist dan Working Girl), Emma Thompson (nominasi untuk The Remains of the Day dan In the Name of the Father), Julianne Moore (nominasi untuk Far from Heaven dan The Hours), dan Cate Blanchett (nominasi untuk Elizabeth: The Golden Age dan I'm Not There). (Selengkapnya...)


18 November

Daniel Day-Lewis

Academy Award untuk Aktor Terbaik adalah salah satu penghargaan yang diberikan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences untuk mengenai seorang aktor yang telah memberikan penampilan luar biasa selama bekerja dalam industri film. Acara Academy Awards ke-1 diadakan pada 1929 dengan Emil Jannings meraih penghargaan tersebut untuk perannya dalam The Last Command dan The Way of All Flesh. Saat ini, nominasi-nominasinya ditentukan oleh pemungutan suara dipindahtangankan tunggal terhadap cabang aktor-aktor dari AMPAS; para pemenang dipilih oleh sebuah pemungutan suara pluralitas dari anggota-anggota pemungutan suara yang dianggap layak dari Academy. Daniel Day-Lewis (gambar) telah meraih penghargaan terbanyak dalam kategori tersebut dengan tiga Oscar. Spencer Tracy dan Laurence Olivier dinominasikan sembilan kali, melebihi aktor lainnya. (Selengkapnya...)


19 November

Dari kiri: sutradara Chris Buck, sutradara dan penulis skenario Jennifer Lee, dan produser Peter Del Vecho di Annie Awards ke-41, dimana film tersebut memenangkan lima penghargaan, termasuk Film Animasi Terbaik

Frozen meraih berbagai penghargaan dan nominasi, beberapa diantaranya adalah kategori Lagu Asli Terbaik (untuk "Let It Go") dan Film Animasi Terbaik. Di Golden Globe Awards ke-71, film tersebut meraih dua nominasi, menang untuk Film Fitur Animasi Terbaik. Di Annie Awards ke-41, Frozen memimpin nominasi bersama dengan Monsters University, keduanya meraih sepuluh nominasi. Film tersebut memenangkan lima Annie Award, termasuk Film Animasi Terbaik. Di Academy Awards ke-86, Frozen menjadi film pertama karya Walt Disney Animation Studios yang memenangkan Academy Award untuk Film Animasi Terbaik, dan memenangkan penghargaan Lagu Asli Terbaik untuk "Let It Go". Frozen juga memenangkan BAFTA Award untuk Film Animasi Terbaik dan Critics' Choice Movie Award untuk Film Animasi Terbaik dan Lagu Terbaik. Di Annual Grammy Awards ke-57, soundtrack Frozen memenangkan penghargaan untuk Soundtrack Kompilasi Terbaik untuk Media Visual dan "Let It Go" memenangkan penghargaan untuk Lagu Terbaik yang Ditulis untuk Media Visual. Efek visual dari film tersebut diakui oleh Visual Effects Society, yang memberikan penghargaan dalam seluruh empat kategori film animasinya kepada film tersebut. (Selengkapnya...)


20 November

Negara asal pemenang dan nominasi Penghargaan Akademi untuk Film Berbahasa Asing Terbaik

Penghargaan Akademi untuk Film Berbahasa Asing Terbaik diberikan secara tahunan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences yang berbasis di Amerika Serikat kepada sebuah film durasi cerita yang dibuat di luar Amerika Serikat yang utamanya berisi dialog non-Inggris. Ketika acara Academy Awards pertama diadakan pada 16 Mei 1929 untuk memberikan penghargaan kepada film-film yang dirilis pada 1927–28, tidak ada kategori yang terpisah untuk film-film berbahasa asing. Antara 1947 dan 1955, Academy mempersembahkan Penghargaan Khusus/Kehormatan untuk film-film berbahasa asing terbaik yang dirilis di Amerika Serikat. Namun, penghargaan tersebut tidak diberikan atas dasar reguler (penghargaan tidak diberikan pada 1953), dan tidak kompetitif karena tidak ada nominasi namun dimenangkan satu film per tahun. Pada Academy Awards 1956, sebuah Penghargaan Akademi Merit kompetitif, yang dikenal sebagai Penghargaan Film Berbahasa Asing Terbaik, dibuat untuk film-film yang tidak menggunakan bahasa Inggris, dan sejak itu diberikan secara tahunan. (Selengkapnya...)


21 November

Jennifer Lawrence meraih sejumlah nominasi atas penampilannya dalam film American Hustle.

American Hustle meraih penghargaan dan nominasi dalam berbagai kategori. Di Academy Awards ke-86, American Hustle memimpin nominasi bersama dengan Gravity, yang sama-sama meraih sepuluh nominasi. Film tersebut juga merupakan film kelima belas dalam sejarah Oscar yang dinominasikan dalam seluruh empat kategori akting. Namun, film tersebut tak memenangkan penghargaan apapun di acara tersebut. Di Penghargaan Golden Globe ke-71, film terebut meraih tujuh nominasi, memenangkan Film Terbaik – Musikal atau Komedi, Aktris Terbaik – Musikal atau Komedi untuk Adams, dan Aktris Pendukung Terbaik untuk Lawrence. American Hustle dinominasikan untuk sepuluh British Academy Film Awards dan memenangkan penghargaan Aktris Terbaik dalam sebuah Peran Pendukung untuk Lawrence, Skenario Asli Terbaik, dan Tata Rias dan Gaya Rambut Terbaik. Di Screen Actors Guild Awards ke-20, film tersebut memenangkan penghargaan Penampilan Terbaik oleh sebuah Pemeranan dalam sebuah Film. Film tersebut juga dinominasikan di Directors Guild Awards, Producers Guild Awards, dan Writers Guild Awards. American Film Institute mencantumkan film tersebut dalam daftar Film Sepuluh Besar tahun 2013 buatan mereka. (Selengkapnya...)


22 November

Logo Naruto

Bab 28 sampai 28 dari manga Naruto dianggap sebagai bagian dari alur cerita Part II. Naruto diterbitkan dalam bab-bab individu dtersendiri dengan Shueisha di Shōnen Jump Mingguan dan kemudian dikumpulkan dalam format tankōbon dengan berbagai tambahan. Sementara seri mulai diserialkan dalam edisi 43 tahun 1999, Bagian II dimulai pada edisi 19 tahun 2005. Volume 28, volume pertama Bagian II, dirilis pada 3 Juni 2005, sementara volume 48 dirilis pada 4 November 2009. Adaptasi anime Bagian II, diproduksi oleh Studio Pierrot dan TV Tokyo, mulai disiarkan pada 15 Februari 2007, di TV Tokyo dengan nama Naruto Shippuden. Episode ini mulai disiarkan setelah akhir dari anime asli Naruto, yang telah menunjukkan episode filler untuk memperluas kesenjangan alur cerita antara anime dan manga. Serialisasi bahasa Inggris dari manga Naruto ini dilisensi oleh Viz Media dan saat ini diterbitkan secara bersamaan di Amerika Utara pada majalah digital Shonen Jump Mingguan. pada awalnya serial di majalah cetak bulanan Shonen Jump sekarang sudah tidak berfungsi. Volume bahasa Inggris diterbitkan baik di media cetak dan digital melalui situs web Viz Media VIZ MANGA. Guna untuk mengkompensasi kesenjangan antara manga Jepang dan Inggris, Viz Media secara berkala mengumumkan kampanye khusus di mana mereka merilis beberapa volume dalam waktu yang relatif singkat. Volume 28 dirilis dalam bahasa Inggris oleh Viz Media pada 4 Maret 2008, dan volume 48 dirilis pada 1 Juni 2010. Set kotak kedua berisi volume-volume dari paruh pertama Bagian II dirilis di Amerika Serikat oleh Viz Media pada 7 Juli 2015. (Selengkapnya...)


23 November

Paweł Pawlikowski

Film-film yang diwakilkan dalam Penghargaan Akademi ke-87 untuk Film Berbahasa Asing Terbaik pertama kali dirilis di bioskop di negara mereka masing-masing antara 1 Oktober 2013 dan 30 September 2014. Delapan puluh tiga negara mewakilkan sebuah film sebelum batas akhir, dengan empat negara mewakilkan filmnya untuk pertama kalinya, dengan Mauritania mewakilkan Timbuktu yang disutradarai oleh Abderrahmane Sissako; Panama mewakilkan dokumenter Invasion yang disutradarai oleh Abner Benaim; Kosovo mewakilkan Three Windows and a Hanging yang disutradarai oleh Isa Qosja; dan Malta mewakilkan Simshar yang disutradarai oleh Rebecca Cremona. Nigeria mengumumkan pada Mei 2014 bahwa AMPAS melantik komite pemilihan Oscar Nigeria pertamanya dan negara tersebut akan membuat perwakilan Oscar pertamanya namun tidak mewakilkan sebuah film karena batas akhir. Pemenang dari Penghargaan Akademi ke-87 untuk Film Berbahasa Asing Terbaik adalah Ida dari Polandia, yang disutradarai oleh Paweł Pawlikowski (gambar). (Selengkapnya...)


24 November

Saoirse Ronan meraih sambutan kritis atas penampilannya dalam film tersebut.

Lady Bird meraih pujian untuk penampilan Ronan dan Metcalf, serta skenario dan penyutradaraan Gerwig. Film tersebut dipilih oleh American Film Institute sebagai salah satu dari sepuluh Film Tahun Ini-nya. National Board of Review mencantumkan film tersebut dalam daftar Film Sepuluh Besar tahun 2017-nya, dengan Gerwig dan Metcalf masing-masing memenangkan penghargaan Sutradara Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik. Film tersebut meraih empat nominasi di Penghargaan Golden Globe ke-75, memenangkan Film Terbaik – Musikal atau Komedi dan Aktris Terbaik – Film Musikal atau Komedi untuk Ronan. Film tersebut meraih delapan nominasi di Critics' Choice Awards ke-23, yang meliputi Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktris Terbaik, Aktris Pendukung Terbaik, Skenario Asli Terbaik dan Ensembel Akting Terbaik. Lady Bird meraih empat nominasi di Independent Spirit Awards ke-33: Film Terbaik, Pemeran Utama Perempuan Terbaik, Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik, dan Skenario Terbaik. Di Screen Actors Guild Awards ke-24, film tersebut dinominasikan untuk Penampilan Terbaik oleh seorang Pemeran Perempuan dalam sebuah Peran Utama untuk Ronan, Penampilan Terbaik oleh seorang Pemeran Perempuan dalam sebuah Peran Pendukung untuk Metcalf, dan Penampilan Terbaik oleh sebuah Pemeranan dalam sebuah Film. (Selengkapnya...)


25 November

Paus Yohanes XXIII

Paus Yohanes XXIII (gambar) mengeluarkan delapan Ensiklik Kepausan pada masa jabatannya selama lima tahun sebagai Sri Paus Gereja Katolik Roma, dari pemilihannya pada 28 Oktober 1958 sampai kematiannya pada 3 Juni 1963. Dua ensikliknya, Mater et magistra dan Pacem in terris, secara khusus memiliki pengaruh. Sebuah ensiklik Kepausan adalah sebuah surat yang dikirim oleh Sri Paus yang dialamatkan kepada para uskup Katolik Roma di sebuah kawasan tertentu atau seluruh dunia. Ensiklik dapat berisi pengecaman terhadap kesalahan, penenakan terhadap kepercayaan dan moral, pendorongan praktik keyakinan, atau menyediakan penebusan untuk bahaya terkini dan mendatang pada gereja. Otoritas ensiklik beragam tergantung pada maksud isi dan tak harus dianggap wajib. Gelar Ensiklik Kepausan biasanya diambil dari beberapa kata pertamanya. Ensiklik pertama Paus Yohanes XXIII, Ad Petri cathedram, dikeluarkan delapan bulan pada masa kepausannya dan merupakan dokumen sosial penting sekaligus eksposisi doktrinal. Selain itu, ensiklik tersebut menyoroti kebenaran, persatuan dan perdamaian dengan familiaritas dan perhatian khas. Ensiklik kedua, Sacerdotii nostri primordia, memperingati peringatan ke-100 dari kematian Santo Yohanes Vianney, sementara Grata recordatio berisi tentang pemakaian Rosario. Princeps pastorum, ensiklik keempatnya, memakai 1 Petrus 5:4 sebagai teks biblikalnya dan menselebrasikan misi-misi Katolik Roma. (Selengkapnya...)


26 November

Chris Carter, pembuat The X-Files.

Episode-episode The X-Files disiarkan pada hari Jumat pukul 21:00 waktu setempat untuk tiga musim pertama serial tersebut; enam musim lainnya disiarkan pada har Minggu pukul 21:00 waktu setempat. Episode-episode tersebut berjangka waktu sekitar 45 menit (tak termasuk iklan) dan disiarkan dalam definisi standar. Dua film fitur yang berdasarkan pada serial televisi tersebut dirilis sebagai bagian dari waralaba The X-Files: yang pertama tayang perdana pada musim panas 1998, antara musim lima dan enam dari serial tersebut, dan sebuah film pasca-serial, The X-Files: I Want to Believe, yang dirilis pada 2008. Pada 24 Maret 2015, Fox secara resmi mengumumkan bahwa serial tersebut akan kembali untuk sebuah musim enam episode, yang disiarkan pada 2016. Pada 20 April 2017, Fox resmi mengumumkan bahwa The X-Files akan kembali untuk musim kesebelas dari sepuluh episode, yang tayang perdana pada 3 Januari 2018. Per Maret 21, 2018, 218 episode The X-Files telah ditayangkan, mengakhiri kesebelas musim. (Selengkapnya...)


27 November

Penyutradaraan Zoya Akhtarmeraih beberapa nominasi.

Dil Dhadakne Do meraih penghargaan dan nominasi dalam berbagai kategori dengan pujian atas penyutradaraan Akhtar, penampilan, rancangan musik, dan kostum. Dil Dhadakne Do meraih lima nominasi Filmfare, memenangkan Aktor Pendukung Terbaik untuk Kapoor. Film tersebut meraih sembilan nominasi di Screen Awards 2016 yang meliputi Film Terbaik, Sutradara Terbaik untuk Akhtar, dan Aktris Terbaik untuk Chopra. Film tersebut memenangkan dua penghargaan: Aktor Pendukung Terbaik untuk Kapoor dan Pemeranan Ensembel Terbaik. Di Penghargaan Stardust 2015, film tersebut meraih lima nominasi, yang meliputi Pemeran Tahun Ini – Perempuan untuk Chopra dan Pemeran Tahun Ini – Laki-laki untuk Singh, memenangkan tiga penghargaan: Aktor Pendukung Terbaik untuk Kapoor, Aktris Pendukung Terbaik untuk Shah, dan Rancangan Kostum Terbaik. (Selengkapnya...)


28 November

Wings dianggap oleh media sebagai film pertama yang memenangkan Academy Award untuk Film Terbaik. Film tersebut juga memenangkan sebuah penghargaan untuk Efek Teknis Terbaik

Acara Academy Awards ke-1, yang dipersembahkan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), memberikan penghargaan kepada film-film yang dianggap terbaik pada 1927 dan 1928 dan diadakan pada 16 Mei 1929, di sebuah makan malam pribadi yang diadakan di Hotel Hollywood Roosevelt di Los Angeles, California. Presiden AMPAS Douglas Fairbanks membawakan acara tersebut. Penghargaan tersebut dibuat oleh Louis B. Mayer, pendiri Louis B. Mayer Pictures Corporation. Pada acara tersebut, AMPAS mempersembahkan Academy Award (sekarang paling umum disebut sebagai Oscar) dalam dua belas kategori. Beberapa nominasi diumumkan tanpa rujukan sebuah film spesifik, seperti Ralph Hammeras dan Nugent Slaughter, yang meraih nominasi pada kategori Efek Teknis yang sekarang telah ditiadakan. Charlie Chaplin dan Warner Brothers masing-masing meraih sebuah Penghargaan Kehormatan. Para pemenang di acara tersebut meliputi Seventh Heaven dan Sunrise: A Song of Two Humans, yang masing-masing meraih tiga penghargaan, dan Wings (gambar poster), yang meraih dua penghargaan. (Selengkapnya...)


29 November

Jayam Ravi meraih beberapa penghargaan dan nominasi atas penampilan mereka dalam film Thani Oruvan

Thani Oruvan memenangkan 15 penghargaan dari 37 nominasi; penyutradaraannya, ceritanya, skenarionya, penampilan para anggota pemerannya dan musiknya meraih perhatian besar dari kelompok-kelompok penghargaan. Di Penghargaan Filmfare Selatan ke-63, Thani Oruvan dinominasikan dalam enam kategori, yang meliputi Film Terbaik (Aghoram, Ganesh dan Suresh), Sutradara Terbaik (Raja) dan Aktor Terbaik (Ravi); film tersebut memenangkan Sutradara Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik (Swami) dan Penghargaan Kritikus untuk Aktor Terbaik (Ravi). Film tersebut juga meraih enam nominasi di IIFA Utsavam ke-1 yang meliputi Penampilan Terbaik dalam sebuah Peran Utama (Perempuan) (Nayanthara) dan Penampilan Terbaik dalam sebuah Peran Komika (Ramaiah). Film tersebut memenangkan tiga penghargaan, Penyutradaraan Terbaik, Penampilan Terbaik dalam sebuah Peran Utama (Laki-laki), dan Penampilan Terbaik dalam sebuah Peran Negatif masing-masing untuk Raja, Ravi, dan Swami. Film tersebut meraih tiga belas nominasi di Penghargaan Edison ke-9, dan memenangkan kategori Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, Aktor Karakter Terbaik (Ramaiah) dan Peran Jahat Terbaik. Film tersebut meraih tujuh nominasi di acara Penghargaan Film Internasional India Selatan ke-4, memenangkan dua penghargaan, yang meliputi Film Terbaik dan Aktor Terbaik (Kritikus). Pada kemenangan lainnya, Thani Oruvan meraih satu Penghargaan Sinema Ananda Vikatan, Penghargaan Musik Mirchi Selatan dan Penghargaan Festival Film Tamil Norwegia. (Selengkapnya...)


30 November

Winston Churchill

Di samping kariernya sebagai prajurit dan politikus, Winston Churchill merupakan seorang penulis produktif dengan nama pena "Winston S. Churchill". Karya-karya fiksi Churchill meliputi satu novel dan sebuah cerita pendek, namun karya-karya utamanya terdiri dari non-fiksi. Setelah ia terpilih menjadi anggota parlemen, lebih dari 130 pidato atau jawaban parlementernya juga diterbitkan dalam pamflet-pamflet atau buklet-buklet; beberapa di antaranya kemudian diterbitkan dalam edisi bundel. Churchill meraih penghargaan Nobel Kesusastraan pada tahun 1953 "atas keandalan deskripsi sejarah dan biografi buatannya serta atas pidatonya yang brilian dalam mempertahankan nilai-nilai kemanusiaan". (Selengkapnya...)