Wikipedia:Daftar pilihan/Maret

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

1 Maret

Kawasan Jembatan Lama Kota Lama Mostar

Tiga situs di Bosnia dan Herzegovina pada daftar Situs Warisan Dunia UNESCO dan sembilan situs lainnya pada daftar tentatif (daftar resmi dari situs-situs yang layak untuk pengajuan mendatang). Situs pertama, Kawasan Jembatan Lama Kota Lama Mostar (gambar), dimasukkan dalam daftar tersebut di sesi UNESCO ke-29 pada tahun 2005. Pada 1993, saat Perang Bosnia, tempat tersebut dihancurkan oleh Dewan Pertahanan Kroasia dalam sebuah serangan artileri. Tempat tersebut direkonstruksi setelah konflik dan dibuka kembali pada 2004. Pada 2007, Jembatan Mehmed Paša Sokolović di Višegrad dimasukkan dalam daftar tersebut. Ini disusul oleh pengukuhan Pemakaman Nisan Batu Abad Pertengahan Stećci pada tahun 2016. Situs tersebut adalah sebuah situs trans-nasional, berbagi dengan Kroasia, Serbia, dan Montenegro. Dari 28 situs Stećci terdaftar, 20 diantaranya terletak di Bosnia dan Herzegovina, dengan sebagian besar berada di Radimlja. (Selengkapnya...)


2 Maret

Dari kiri: produser David Heyman, aktris Sandra Bullock, dan sutradara Alfonso Cuarón di San Diego Comic-Con pada tahun 2013

Gravity meraih penghargaan dan nominasi dalam berbagai kategori dengan pujian untuk penyutradaraan, sinematografi, musik dan efek visualnya. Film tersebut meraih sepuluh nominasi di Academy Awards ke-86, nominasi terbanyak pada acara 2014 bersama dengan American Hustle. Film tersebut meraih penghargaan terbanyak di acara tersebut, memenangkan tujuh yang meliputi Sutradara Terbaik untuk Cuarón, Sinematografi Terbaik untuk Lubezki, Musik Asli Terbaik untuk Price, dan Efek Visual Terbaik. Film tersebut meraih empat nominasi di Penghargaan Golden Globe ke-71, dengan Cuarón menang untuk Sutradara Terbaik. Gravity memimpin nominasi di British Academy Film Awards ke-67 dengan sebelas nominasi. Film tersebut memenangkan enam penghargaan, jumlah terbanyak di acara tersebut, yang meliputi Film Britania Raya Terbaik, Sutradara Terbaik untuk Cuarón, Sinematografi Terbaik untuk Lubezki, Musik Asli Terbaik untuk Price, dan Efek Visual Terbaik. (Selengkapnya...)


3 Maret

Lance Henriksen

Millennium disiarkan untuk tiga musim dengan total enam puluh tujuh episode. Millennium dibintangi oleh Lance Henriksen (gambar), Megan Gallagher, Klea Scott, dan Brittany Tiplady. Permulaan Millennium bermula dari "Irresistible", sebuah episode musim kedua dari The X-Files yang ditulis oleh Carter. Pengaruhnya juga timbul dari karya-karya Nostradamus, dan peningkatan peminatan masyarakat dalam hal eskatologi menjelang milenium mendatang. Serial tersebut mulai disiarkan pada slot waktu hari Jumat yang dulunya ditempati oleh The X-Files. "Pilot", episode debutnya, sangat dipromosikan oleh Fox, dan ditonton lebih dari seperempat dari total penonton pada siaran tersebut. (Selengkapnya...)


4 Maret

Landon Donovan

Landon Donovan mencetak 57 gol dalam 157 penampilannya untuk Amerika Serikat, menjadikannya pencetak skor papan atas putra sepanjang masa. Hingga Juli 22, 2017, Donovan berpasangan dengan Clint Dempsey sebagai pencetak skor papan atas putra sepanjang masa. Donovan mencetak skor dalam debutnya untuk Amerika Serikat, sebuah kemenangan 2–0 atas Meksiko dalam sebuah pertandingan persahabatan yang diadakan pada 25 Oktober 2000. Gol kompetitif pertamanya terjadi pada 19 Januari 2002, melawan Korea Selatan dalam CONCACAF Gold Cup 2002. Beberapa bulan kemudian, ia bermain dalam Piala Dunia FIFA pertamanya, mencetak skor saat melawan Polandia pada 14 Juni 2002, dan Meksiko pada 17 Juni 2002. Pada kampanye kualifikasi Piala Dunia FIFA 2006, Donovan mencetak enam gol untuk membantu Amerika Serikat terkualifikasi untuk Piala Dunia FIFA 2006, dimana ia tak mencetak skor. (Selengkapnya...)


5 Maret

Shaun the Sheep disiarkan untuk lima musim dengan total 150 episode. Shaun the Sheep telah memiliki 80 episode dari 2 musim, dan musim ketiganya yang sedang ditayangkan mulai 25 Februari 2013 di Inggris (11 Maret di MNCTV). Shaun the Sheep telah disiarkan di 180 negara di seluruh dunia. Sebuah film panjang yang berdasarkan pada serial Shaun the Sheep telah dirilis pada tanggal 6 Februari 2015 di Britania Raya (18 Februari di Indonesia). Inti dari seri animasi ini tentang Shaun yang memiliki kecerdasan seperti manusia, kreativitas, dan tingkah laku dalam lingkungan peternakan. Di dalam episode Shaun the Sheep, selalu saja ada masalah baik dari kawanan domba sendiri ataupun dari peternak yang membuat Shaun "turun tangan" menyelesaikan masalah tersebut. Berbagai adegan lucu juga dihadirkan dalam seri animasi ini. Berulang kali kawanan domba menghindar dari Bitzer (meskipun kadang-kadang Bitzer sendiri ikut dalam petualangan), dan juga menghindari penemuan oleh peternak, karena kawanan domba tidak ingin peternak ikut campur dalam petualangan mereka (meskipun kadang-kadang akhirnya peternak ikut dalam petualangan). Animasi Shaun the Sheep tak ubahnya seperti komedi diam klasik, karena tidak ada dialog atau percakapan dengan bahasa yang ditampilkan dalam animasi ini, sekalipun manusia. Tetapi, beberapa ekspresi ditambahkan seperti geraman sederhana, embikan, atau beberapa ekspresi lain yang seperti manusia yang melambangkan suasana hati masing-masing (Selengkapnya...)


6 Maret

Aamir Khan meraih beberapa penghargaan dan nominsi atas produksi dan akting dalam film tersebut.

Lagaan meraih nominasi dan penghargaan dalam beberapa kategori di India dan mancanegara, dengan pujian untuk penyutradaraan, akting dan lanskapnya. Lagaan dinominasikan untuk Film Berbahasa Asing Terbaik di Academy Awards ke-74, menjadikannya film India ketiga yang dinominasikan dalam kategori tersebut setelah Mother India (1957), dan Salaam Bombay! (1988). Di Penghargaan Film Nasional ke-49, film tersebut memenangkan delapan penghargaan, termasuk untuk Film Populer Terbaik yang Menyediakan Hiburan Menyeluruh. Film tersebut juga memenangkan dekapan penghargaan di Penghargaan Filmfare ke-47Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Cerita Terbaik untuk Gowariker dan Aktor Terbaik untuk Khan. Di Screen Awards ke-8, Lagaan meraih nominasi untuk Cerita Terbaik dan Aktor Terbaik serta memenangkan Film Terbaik dan Sutradara Terbaik. Film tersebut juga memenangkan sembilan penghargaan di IIFA Awards ke-3, termasuk Aktor Terbaik, dan Film Terbaik. (Selengkapnya...)


7 Maret

Peta Situs Warisan Dunia di Amerika

Situs-Situs Warisan Dunia UNESCO di Amerika terbentang di wilayah Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Kepulauan Karibia. Hawaii dan Pulau Paskah meliputi wilayah tersebut berdasarkan hubungan politik mereka dengan Amerika meskipun secara geografis terletak di Oseania. Di sisi lain, Greenland telah disertakan sebagai bagian dari Amerika Utara meskipun budaya dan politik mereka bergabung dengan Eropa. Meksiko memimpin dengan 31 situs dan merupakan peringkat keenam di dunia. (Selengkapnya...)


8 Maret

Penghargaan Ruth Lyttle Satter dalam Matematika adalah salah satu dari 21 penghargaan yang diberikan oleh American Mathematical Society (AMS). Penghargaan tersebut dipersembahkan setiap dua tahun dalam mengakui kontribusi menonjol kepada riset matematika oleh seorang wanita pada enam tahun sebelumnya. Penghargaan tersebut didirikan pada 1990 memakai sebuah sumbangan dari Joan Birman, dalam mengenang saudarinya, Ruth Lyttle Satter. Pertama kali dianugerahi pada 1991, penghargaan tersebut ditujukan untuk "menghormati komitmen [Satter] untuk riset dan mendorong wanita dalam ilmu pengetahuan". Pemenangnya dipilih oleh dewan AMS, berdasarkan pada rekomendasi komite seleksi. Penghargaan tersebut dianugerahi di Pertemuan Matematika Bersama pada tahun-tahun yang disepakati, dan selalu diberikan pemberian tunai yang sedikit. Sejak 2003, penghargaan tersebut senilai $5,000, sementara 1997 sampai 2001, penghargaan tersebut senilai $1,200, dan sebelumnya senilai $4,000. Jika penghargaan bersama dibuat, penghargaan uang dipecah antara para penerimanya. (Selengkapnya...)


9 Maret

Colin Firth (kiri) dan Helena Bonham Carter dalam sebuah adegan dari film The King's Speech

The King's Speech meraih nominasi dan penghargaan dalam beberapa kategori. Di Academy Awards ke-83, film tersebut meraih sebanyak dua belas nominasi penghargaan, melebihi film lainnya, dan memenangkan empat penghargaan: Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Hooper), Skenario Asli Terbaik (Seidler), dan Aktor Terbaik (Firth). Di Penghargaan Golden Globe ke-68, film tersebut meraih tujuh nominasi, melebihi nominee lainnya, namun hanya Firth yang memenangkan sebuah penghargaan, untuk Aktor Terbaik. Hooper juga memenangkan penghargaan Sutradara Terbaik di Directors Guild of America Awards ke-63. Di Screen Actors Guild Awards ke-17, Firth memenangkan penghargaan Aktor Terbaik dan para pemerannya memenangkan Ensembel Terbaik. Di British Academy Film Awards ke-64, film tersebut memenangkan tujuh penghargaan dari empat belas nominasi, melebihi film lainnya, yang terdiri dari Film Terbaik, Film Britania Raya Terbaik, Aktor Terbaik (Firth), Aktor Pendukung Terbaik (Rush), Aktris Pendukung Terbaik (Bonham Carter), Skenario Asli Terbaik (Seidler), dan Musik Terbaik (Alexandre Desplat). (Selengkapnya...)


10 Maret

Michael Jackson

Terdapat enam album nomor satu di tangga rekaman Billboard 200 pada 1983, termasuk album debut grup musik Australia Men at Work, Business as Usual, yang menjalani tujuh pekan terakhir tahun 1982 dan delapan pekan pertama tahun 1983 di peringkat satu, dan disertifikasi quadruple platinum oleh Recording Industry Association of America (RIAA) pada 1984. Thriller, album studio keenam karya artis rekaman Michael Jackson (gambar), dirilis pada November 1982. Album tersebut memuncaki nomor satu untuk dua puluh dua pekan tak berturut-turut pada 1983 dengan memuncaki lima belas pekan berturut-turut lainnya pada tahun berikutnya, dan tujuh lagu dari album tersebut menjadi singel-singel sepuluh besar antara akhir 1982 dan awal 1984. Dua diantaranya: "Billie Jean" dan "Beat It", meraih posisi papan atas dari Billboard Hot 100. Thriller memenangkan delapan Grammy Award, termasuk Album Tahun Ini di Grammy Awards ke-26, dan menjadi album berpenjualan terbaik tahun 1983 dengan lebih dari lima belas juta salinan terjual. Pada 2008, dua puluh lima tahun setelah dirilis, rekaman tersebut masuk Grammy Hall of Fame, dan beberapa pekan kemudian, ini menjadi salah satu dari dua puluh lima rekaman yang disajikan oleh Perpustakaan Kongres untuk Pendaftaran Rekaman Nasional karena "signifikan secara kebudayaan". (Selengkapnya...)


11 Maret

Didier Drogba

Didier Drogba telah mencetak 65 gol dalam 105 penampilan. Ia mencetak gol internasional pertamanya pada penampilan berikutnya untuk Pantai Gading, dalam kemenangan 3–0 melawan Kamerun dalam pertandingan persahabatan di Châteauroux, Perancis. Drogba mencetak satu hat-trick pada karier internasionalnya, mencetak tiga gol pembuka dalam kemenangan 6–1 untuk Pantai Gading melawan Burundi dalam pertandingan kualifikasi Kejuaraan Sepak Bola Afrika 2004. Ia juga dua kali mencetak gol dalam sebuah pertandingan pada dua belas penampilan, termasuk satu melawan Senegal pada Oktober 2012; pertandingan tersebut dibubarkan tak lama setelah gol kedua Drogba saat para penonton merusuh, melempar makanan dan minuman ke pit, meskipun Konfederasi Sepak Bola Afrika mendeklarasikan kemenangan 2–0. Ia mencetak gol terbanyak melawan Benin (tujuh) ketimbang negara lainnya. Sembilan belas golnya dicetak di stadion kandangnya Stade Félix Houphouët-Boigny di Abidjan. Empat belas gol Drogba dicetak dari tendangan penalti. (Selengkapnya...)


12 Maret

Anggota-anggota Persemakmuran

53 negara independen dan berdaulat ikut dalam perhimpunan sukarela Persemakmuran Bangsa-Bangsa. Kebanyakan adalah bekas koloni Inggris atau dependensi dari koloni-koloni tersebut. Tidak ada pemerintahan dalam Persemakmuran yang memiliki kekuasaan melebihi yang lainnya seperti halnya kasus dalam uni politik. Selain itu, hubungannya adalah sebuah organisasi internasional yang negara-negaranya memiliki keragaman latar belakang sosial, politik, dan ekonomi dianggap setara dalam hal status dan bekerja sama dalam wadah nilai-nilai dan tujuan-tujuan umum seperti yang tertua dalam Deklarasi Singapura yang dikeluarkan pada 1971. Nilai-nilai dan tujuan-tujuan umum tersebut meliputi demokrasi, hak asasi manusia, pemerintahan yang baik, aturan hukum, kebebasan individual, egalitarianisme, perdagangan bebas, multilateralisme, dan perdamaian dunia yang dibawa pada proyek-proyek dan pertemuan-pertemuan multilateral yang meliputi Commonwealth Games yang diadakan setiap empat tahun sekali. Simbol perhimpunan bebas tersebut adalah Ratu Elizabeth II yang menjabat sebagai Kepala Persemakmuran. Namun, jabatan tersebut tidak memberikannya kekuasaan eksekutif atau politik apapun terhadap negara-negara anggota Persemakmuran manapun; jabatan tersebut murni simbolik, dan Sekretaris-Jenderal Persemakmuran yang menjadi ketua ekskutif Persemakmuran. (Selengkapnya...)


13 Maret

Paus Fransiskus

117 Kardinal terkualifikasi untuk menjadi kardinal pemilih dalam Konklaf Kepausan 2013 yang diadakan untuk memilih Paus baru setelah pengunduran diri Paus Benediktus XVI pada 28 Februari 2013. Dua orang kardinal pemilih, Julius Riyadi Darmaatmadja dan Keith Michael Patrick O'Brien, memilih untuk tak berpartisipasi, masing-masing untuk alasan kesehatan dan pribadi, menurunkan jumlah kardinal pemilih yang hadir menjadi 115. Jumlah suara yang diwajibkan untuk menjadi Paus terpilih dengan supermayoritas dua per tiga adalah 77. Empat kardinal pemilih berasal dari Gereja Katolik Timur, yakni Antonios Naguib (Koptik), Béchara Boutros Raï (Maronit), George Alencherry (Siro-Malabar) dan Baselios Cleemis Thottunkal (Siro-Malankara). Pada 13 Maret 2013, mereka memilih Kardinal Jorge Mario Bergoglio (gambar), Uskup Agung Buenos Aires, sebagai Paus, yang mengambil nama kepausan Fransiskus. (Selengkapnya...)


14 Maret

Paus Leo XI

Dari enam puluh sembilan anggota Dewan Kardinal pada waktu kematian Paus Klemens VII, Enam puluh kardinal elektor hadir pada Konklaf Kepausan Maret 1605, yang berakhir dengan pemilihan Alessandro Ottaviano de' Medici sebagai Paus Leo XI (gambar). Para pemilih yang hadir diangkat oleh enam Sri Paus berbeda: Pius IV, Gregorius XIII, Sixtus V, Gregorius XIV, Innosensius IX, dan Klemens VIII. Diantara para Sri Paus tersebut, para kardinal yang dilantik oleh Klemes memiliki jumlah terbanyak, yakni tiga puluh delapan kardinal elektor. Innosensius IX mengangkat satu elektor dari konklaf tersebut, Gregorius XIV mengangkat lima, Sixtus V mengangkat sebelas, Gregorius XIII mengangkat empat, dan Pius IV mengangkat satu. Pietro Aldobrandini, kardinal-keponakan Klemens VIII, adalah elektor yang mengkontrol jumlah suara terbesar dengan dua puluh dua dari tiga pulu lima orang yang dilantik Klemens mengikuti instruksinya. Alessandro Peretti di Montalto, keponakan Sixtus V, mengkontrol delapan suara. Tiga belas kardinal elektor berpihak kepada monarki Spanyol, dan para elektor dan faksi yang berpihak kepada Montalto ikut serta. Selain kelompok-kelompok tersebut, delapan elektor membentuk faksi yang setia kepada takhta Perancis. (Selengkapnya...)


15 Maret

László Nemes

Film-film yang diwakilkan di Penghargaan Akademi ke-88 untuk Film Berbahasa Asing Terbaik pertama kali dirilis di bioskop-bioskop negara mereka masing-masing antara 1 Oktober 2014, dan 30 September 2015. Batas akhir pengiriman untuk para perwakilan adalah 1 Oktober 2015, dengan Academy mengumumkan daftar film yang layak sebulan kemudian. Sebanyak 81 negara mewakilkan sebuah film sebelum batas akhir pengiriman, dengan Paraguay mewakilkan sebuah film untuk pertama kalinya dengan dokumenter Cloudy Times, yang disutradarai oleh Arami Ullon. Academy mengumumkan perwakilan yang dianggap layak pada Oktober 2015. Sembilan finalis yang disaring dari entri-entri dimasukkan ke daftar pendek pada 17 Desember. Lima nominasi akhir diumunkan pada 14 Januari 2016. Pemenangnya adalah Son of Saul dari Hongaria, yang disutradarai oleh László Nemes (gambar). (Selengkapnya...)


16 Maret

Penampilan Matthew McConaughey dipuji dan meraih beberapa penghargaan dan nominasi

Dallas Buyers Club meraih penghargaan dan nominasi dalam berbagai kategori dengan pujian untuk penampilan McConaughey dan Leto. Di Academy Awards ke-86, film tersebut meraih enam nominasi, termasuk Film Terbaik, Skenario Asli Terbaik, Aktor Terbaik untuk McConaughey, dan Aktor Pendukung Terbaik untuk Leto. McConaughey dan Leto memenangkan kategori mereka masing-masing—menjadikannya film kelima dalam sejarah Oscar yang memenangkan kedua penghargaan tersebut. Penata rambut Adruitha Lee, dan penata rias Robin Mathews menang untuk Tata Rias dan Gaya Rambut Terbaik. Biaya tata tias Mathews untuk film tersebut hanya $250. Di Penghargaan Golden Globe ke-71, McConaughey memenangkan penghargaan untuk Aktor Terbaik – Film Drama, dan Leto menang untuk Aktor Pendukung Terbaik – Film. (Selengkapnya...)


17 Maret

Logo Avatar: The Legend of Aang

Musim ke-2 (Buku ke-2: Bumi) dari Avatar: The Legend of Aang adalah sebuah serial televisi animasi Amerika Serikat dari Nickelodeon, yang menayangkan 20 episode dari tanggal 17 Maret 2006 sampai 1 Desember 2006. Musim ini dibuat dan diproduksi oleh Michael Dante DiMartino dan Bryan Konietzko serta dibintangi Zach Tyler Eisen, Mae Whitman, Jack DeSena, Jessie Flower, Dante Basco, Dee Bradley Baker, Mako dan Grey DeLisle sebagai pengisi suara karakter utama. Pada musim ini, Aang bersama rekannya Katara dan Sokka sedang dalam perjalanan untuk mencari seorang guru pengendali Bumi, dan berakhir saat mereka merekrut Toph Beifong. Setelah menemukan beberapa informasi penting mengenai perang melawan Negara Api, Appa diculik. Perjalanan mereka mengarah ke Ba Sing Se, ibu kota Kerajaan Bumi, dimana mereka menemukan masalah internal besar dari pemerintah yang korup. (Selengkapnya...)


18 Maret

Penghargaan Hugo untuk Majalah Profesional Terbaik diberikan setiap tahun untuk majalah yang disunting secara profesional berkaitan dengan fiksi ilmiah atau fantasi, diterbitkan dalam bahasa Inggris, dan diterbitkan dalam empat keluaran atau lebih dengan setidaknya satu keluaran tampil dalam tahun kalender sebelumnya. Penghargaan tersebut juga diberikan untuk majalah non-profesional dalam kategori fanzine, dan untuk majalah semi-profesional dalam kategori semiprozine. Pada sembilan belas tahun nominasi, dua belas majalah yang dijalankan oleh lima belas penyunting dinominasikan. Diantaranya, hanya lima majalah yang dijalankan delapan penyunting yang menang. Astounding Science-Fiction/Analog Science Fact & Fiction dan The Magazine of Fantasy & Science Fiction masing-masing menang delapan kali, masing-masing dari delapan belas dan lima belas nominasi . If menang tiga dari lima nominasi, New Worlds memenangkan salah satu dari enam nominasinya—meskipun kemenangannya berada dalam kategori "Majalah Profesional Inggris" tahun 1957—dan Galaxy Science Fiction hanya menang satu dari lima belas nominasinya, untuk penghargaan pertama pada 1953. (Selengkapnya...)


19 Maret

Byron Howard meraih beberapa penghargaan dan nominasi untuk kerjasama penyutradaraan film tersebut.

Zootopia meraih berbagai penghargaan dan nominasi, beberapa diantaranya berada pada kategori Film Animasi Terbaik. Di Academy Awards ke-89, film tersebut memenangkan Film Animasi Terbaik. Film tersebut juga memenangkan Penghargaan Golden Globe untuk Film Fitur Animasi Terbaik dan dinominasikan untuk Penghargaan BAFTA untuk Film Animasi Terbaik. Di Annie Awards ke-44, Zootopia meraih sebelas nominasi dan memenangkan enam penghargaan termasuk Film Animasi Terbaik dan Pengabdian Pengisian Suara Terbaik dalam sebuah Produksi Film Animasi untuk Bateman. Film tersebut memenangkan Film Animasi Terbaik di Producers Guild of America Awards ke-28. Goodwin meraih penghargaan Perempuan Animasi Terbaik dari Alliance of Women Film Journalists dan meraih nominasi dari People's Choice Awards, dan Washington D.C. Area Film Critics Association. Musisi Sia dan produser musik Stargate meraih nominasi untuk Grammy Award untuk Lagu Terbaik yang Ditulis untuk Media Visual untuk "Try Everything". American Film Institute mencantumkan Zootopia dalam daftar sepuluh besar tahun 2016 buatan mereka. (Selengkapnya...)


20 Maret

Fernando Torres

Fernando Torres mencetak 38 gol dalam 110 penampilan sejak membuat debutnya pada 2003. Pada Februari 2017, ia menjadi pencetak skor papan atas ketiga dalam sejarah tim nasional, dengan hanya David Villa (59) dan Raúl (44) yang mencetak gol lebih banyak untuk negara tersebut. Spanyol tak pernah kalah dalam pertandingan dimana ia mencetak skor. Mewakili Spanyol di berbagai tingkat pemuda, Torres membuat debut seniornya pada 6 September 2003 melawan Portugal dan mencetak gol pertamanya dalam sebuah pertandingan persahabatan melawan Italia pada 28 April 2004. Pada kualifikasi untuk Piala Dunia FIFA 2006, Torres mencetak tujuh gol dalam 11 penampilan untuk membantu Spanyol masuk kualifikasi untuk turnamen tersebut. Di turnamen sebenarnya, ia mencetak tiga gol, termasuk sebuah brace melawan Tunisia, saat Spanyol tereliminasi oleh Perancis di Putaran 16. Dua tahun kemudian, di UEFA Euro 2008, Torres mencetak gol kemenangan di menit ke-33 dari babak akhir melawan Jerman, mengakhiri perjuangan Spanyol selama 44 tahun tanpa sebuah trofi. (Selengkapnya...)


21 Maret

Majid Bin Said

Sultan Zanzibar adalah penguasa Kesultanan Zanzibar, yang dibentuk pada 19 Oktober 1856 setelah kematian Said bin Sultan, yang memerintah Oman dan Zanzibar sebagai Sultan Oman sejak 1804. Sultan Zanzibar adalah cabang kadet Dinasti Al Said dari Oman. Pada 1698, Zanzibar menjadi bagian dari wilayah kekuasaan seberang laut dari Oman, yang jatuh di bawah kekuasaan Sultan Oman. Pada 1832, atau 1840 (tanggal beragam menurut beberapa sumber), Said bin Sultan memindahkan ibu kotanya dari Muscat di Oman ke Stone Town. Ia mendirikan pemerintahan elit Arab dan mendorong pengembangan penanaman cengkih, memakai buruh budak dari pulau tersebut. Perdagangan Zanzibar makin jatuh ke tangan kaum pedagang dari anak benua India, yang mendorong Said untuk bermukim di pulau tersebut. Setelah ia wafat pada 1856, dua putranya, Majid bin Said (gambar) dan Thuwaini bin Said, sama-sama ingin menjadi penggantinya, sehingga Zanzibar dan Oman terbagi menjadi dua kepangeranan terpisah; Thuwaini menjadi Sultan Oman sementara Majid menjadi Sultan Zanzibar pertama. Selama 14 tahun masa pemerintahannya sebagai Sultan, Majid mengkonsolidasikan kekuasaannya atas perdagangan budak Afrika Timur. Penerusnya, Barghash bin Said, membantu meniadakan perdagangan budak di Zanzibar dan banyak mengembangkan infrastruktur negara tersebut. Sultan ketiganya, Khalifa bin Said, juga melanjutkan perjuangan negara tersebut menuju peniadaan perbudakan. (Selengkapnya...)


22 Maret

Stefan Ruzowitzky

95 negara mewakilkan film-film pada Penghargaan Akademi ke-80 untuk Film Berbahasa Asing Terbaik. Enam puluh tiga negara mewakilkan film ke Academy, jumlah perwakilan tertinggi dalam sejarah penghargaan tersebut, termasuk Azerbaijan dan Irlandia, yang mewakilkan film untuk pertama kalinya. Beberapa perwakilan menuai kontroversi. Academy menyatakan bahwa perwakilan awal dari Israel dan Taiwan tidak memenuhi persyaratan Academy, dan kedua negara tersebut mewakilkan film baru sebagai penggantinya. British Academy of Film and Television Arts menjadi bahan kritikan karena tidak mewakilkan Seachd: The Inaccessible Pinnacle yang berbahasa Gaelik Skotlandia dan Calon Gaeth yang berbahasa Wales. Perwakilan resmi Bolivia, Los Andes no creen en Dios, tidak muncul pada daftar perwakilan yang diterima Academy. Pemenang Penghargaan Akademi untuk Film Berbahasa Asing Terbaik adalah The Counterfeiters dari Austria, yang disutradarai oleh Stefan Ruzowitzky (gambar). (Selengkapnya...)


23 Maret

Shahid Khaqan Abbasi, Perdana Menteri Pakistan saat ini

Terdapat 24 Perdana Menteri Pakistan sejak negara tersebut didirikan pada 1947. Perdana Menteri Pakistan adalah pemimpin politik dan kepala pemerintahan negara tersebut, dan bertanggung jawab untuk penominasian sebagian besar pemerintahan, mengetuai pertemuan-pertemuan Kabinet dan membuat keputusan saat menyerukan pemilihan-pemilihan umum untuk Majelis Nasional. Liaquat Ali Khan, menjadi perdana menteri pertama, dibunuh pada 1951. Enam perdana menteri berikutnya menjabat antara 1951 dan 1958, saat jabatan tersebut ditiadakan oleh Iskander Mirza, Presiden Pakistan. Seorang presiden pada masa selanjutnya, Yahya Khan, mengangkat Nurul Amin menjadi perdana menteri pada 1971, meskipun Amin hanya memegang jabatan tersebut selama tiga belas hari. Di bawah Konstitusi Pakistan tahun 1973, jabatan tersebut dibuat kembali dan Zulfikar Ali Bhutto menjadi perdana menteri. Bhutto dilengserkan oleh Muhammad Zia-ul-Haq saat Operasi Permainan Adil pada 1977, jabatan tersebut ditiadakan dan Zia menjadi Kepala Pengurus Darurat Militer. Muhammad Khan Junejo diangkat menjadi perdana menteri oleh Zia pada 1985, dan kemudian dilengserkan di bawah Amandemen Kedelapan Konstitusi Pakistan pada 1988. (Selengkapnya...)


24 Maret

Jessica Chastain

Jessica Chastain adalah seorang aktris Amerika yang tampil dalam film, televisi, dan panggung. Saat masih menjadi murid tahun akhir di Juilliard School, ia menandatangani kontrak dengan perusahaan pencarian bakat yang dimiliki oleh produser televisi John Wells. Dari 2004 sampai 2010, ia mendapatkan peran tamu dalam beberapa acara televisi, yang meliputi ER, Veronica Mars, dan Law & Order: Trial by Jury. Ia juga tampil dalam produksi panggung The Cherry Orchard pada 2004, beradu peran dengan Michelle Williams, dan Salome pada 2006, beradu peran dengan Al Pacino. Pada 2008, Chastain membuat debut filmnya sebagai karakter utama dalam Jolene, sebuah adaptasi dari cerita pendek E. L. Doctorow Jolene: A Life. Ia mendapatkan peran kecil dalam Stolen (2009), sebuah film cerita seru misteri, yang diikuti dengan perannya dalam versi muda dari karakter Helen Mirren dalam film The Debt (2010). (Selengkapnya...)


25 Maret

Penampilan Prakash Raj dalam film Dookudu membuatnya meraih beberapa penghargaan dan nominasi.

Dookudu meraih penghargaan dan nominasi dalam beberapa kategori dengan pujian untuk penyutradaraannya, penampilan para pemeran film tersebut, sinematografi, dan musik. Pada April 2013, film tersebut memenangkan 38 penghargaan dari 50 nominasi. Di acara Penghargaan Nandi tahun 2012, Dookudu memenangkan tujuh penghargaan, termasuk penghargaan untuk Film Fitur Populer Terbaik dan Aktor Terbaik. Film tersebut memenangkan enam penghargaan di acara Penghargaan Filmfare Selatan ke-59, termasuk penghargaan untuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Aktor Terbaik, dari sepuluh nominasi. Samantha dan Prakash Raj juga meraih nominasi masing-masing untuk Aktris Terbaik dan Aktor Pendukung Terbaik. Dookudu meraih sebelas nominasi di acara Penghargaan Film Internasional India Selatan ke-1 dan memenangkan delapan penghargaan, termasuk penghargaan untuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik dan Aktor Terbaik. Samantha dan M. S. Narayana masing-masing dinominasikan untuk Aktris Terbaik dan Komedian Terbaik. Film tersebut memenangkan delapan penghargaan di acara CineMAA Awards tahun 2012, yang meliputi penghargaan untuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik, dan Sinematografi Terbaik. (Selengkapnya...)


26 Maret

Fadli Zon

Fadli Zon mengarang 21 puisi, dengan rincian 8 puisi dibuat selama kampanye pemilihan umum presiden Indonesia 2014, 4 puisi dibuat pada 2016, 7 puisi dibuat pada 2017, dan 2 puisi dibuat pada 2018; Fadli tidak menulis satu puisi pun pada 2015. Ini didukung oleh riwayat pendidikannya yang lulus dari Jurusan Sastra Rusia Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Fadli juga membuat 2 perlombaan membaca puisi di YouTube, yang pertama lomba membaca puisi "Tukang Gusur" pada 2016 dan yang terakhir lomba membaca puisi "Sajak Sang Penista" pada 2017. Fadli Zon juga menerbitkan Memeluk Waktu yang berisi delapan puisi pilihan yang diterjemahkan ke dalam delapan bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Jawa, Sunda, Inggris, Mandarin, Arab, Rusia, dan Prancis. (Selengkapnya...)


27 Maret

Emily Blunt meraih berbagai nominasi atas perannya sebagai Ratu Victoria.

The Young Victoria meraih berbagai penghargaan dan nominasi setelah perilisannya, dengan kebanyakan nominasi menghargai rancangan kostumnya dan penampilan akting Blunt. The Young Victoria meraih tiga nominasi Academy Awards; acara tersebut memberikan kemenangan terhadap perancang kostum Sandy Powell untuk Academy Award untuk Rancangan Kostum Terbaik ketiganya. Di British Academy Film Awards ke-63, The Young Victoria memenangkan dua kategori penghargaannya, memberikan BAFTA kedua kepada Powell dan penata rias Jenny Shircore. Powell memenangkan hampir setiap kategori dimana ia dinominasikan. Setelah Academy Awards dan BAFTA, ia dinominasikan di empat acara penghargaan besar lainnya, memenangkan Broadcast Film Critics Association Award untuk Rancangan Kostum Terbaik dan Costume Designers Guild Award untuk Kesempurnaan dalam Film Periode. (Selengkapnya...)


28 Maret

Logo Game of Thrones

Episode-episode dari serial Game of Thrones dibuat oleh David Benioff dan D. B. Weiss. Seri ini diangkat dari rangkaian novel A Song of Ice and Fire karya George R. R. Martin. Seri ini berlatar di benua fiktif Westeros dan Essos dan mengisahkan perseteruan beberapa keluarga bangsawan yang ingin menguasai Takhta Besi Tujuh Kerajaan. Seri ini dimulai ketika Bangsa Stark di bawah pimpinan Lord Eddard "Ned" Stark (Sean Bean) terjerumus ke dalam persekongkolan melawan Raja Robert Baratheon (Mark Addy) setelah Penasihat Raja Jon Arryn mendadak meninggal. Seri ini tayang perdana pada tanggal 17 April 2011 di HBO. David Benioff dan D. B. Weiss menjabat sebagai produser eksekutif bersama Carolyn Strauss, Frank Doelger, Bernadette Caulfield, dan George R. R. Martin. Syuting dilakukan di sejumlah negara, termasuk Kroasia, Irlandia Utara, Islandia, dan Spanyol. Episode disiarkan setiap hari Minggu pukul 21:00 Waktu Amerika Serikat Timur (Senin pukul 08:00 WIB), dan episode musim pertama sampai keenam berdurasi antara 50 sampai 69 menit. (Selengkapnya...)


29 Maret

Mo'Nique menyapu musim penghargaan atas karyanya dalam Precious. Disini, ia memegang piala Screen Actors Guild Award-nya.

Precious meraih berbagai penghargaan dan nominasi, dengan kategori nominasi biasanya meliputi pengakuan terhadap film itu sendiri (Film Terbaik) sampai penyutradaraan, penyuntingan dan penulisannya (Penyutradaraan Terbaik, Penyuntingan Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik) sampai penampilan akting para pemeran, terutama Mo'Nique dan Gabourey Sidibe masing-masing untuk Aktris Pendukung Terbaik dan Aktris Terbaik. Precious meraih tiga nominasi di acara Penghargaan Golden Globe ke-67, dan meraih satu penghargaan untuk Penampilan Terbaik oleh seorang Aktris dalam sebuah Peran Pendukung dalam sebuah Film. Precious meraih enam nominasi dari acara Academy Awards ke-82, memenangkan dua untuk Aktris Pendukung Terbaik dan Penulisan Terbaik untuk sebuah skenario adaptasi. Film tersebut juga meraih empat nominasi di British Academy Film Awards ke-63, memenangkan Aktris Pendukung Terbaik. Film tersebut memenangkan seluruh lima nominasinya di Independent Spirit Awards ke-25, untuk Film Terbaik, Skenario Pertama Terbaik, Sutradara, Pemeran Utama Perempuan Terbaik dan Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik. (Selengkapnya...)


30 Maret

Tanda tangan Chrisye

Chrisye meluncurkan 20 album studio, 2 tribute atau album cover, 2 album soundtrack, 10 album kompilasi, sebuah album indie, dan 56 singel. Ia juga merekam soundtrack untuk tiga film cerita, berakting dalam dua film, dan meluncurkan 26 video musik. Pada 2008, Rolling Stone Indonesia memasukkan lima album yang dibuat oleh Chrisye (Badai Pasti Berlalu [1977] pada nomor 1, Guruh Gipsy [1976] pada nomor 2, Sabda Alam [1978] pada nomor 51, Puspa Indah [1980] pada nomor 57, dan Resesi [1983] pada nomor 82) sebagai album Indonesia terbaik sepanjang masa. Setelah memulai karier musik profesional-nya sebagai seorang pemain gitar bass bersama band Sabda Nada (kemudian berganti nama menjadi Gipsy) pada akhir 1960an, Chrisye meluncurkan album pertama-nya, Guruh Gipsy, pada 1976; album indie yang merupakan kolaborasi antara Gipsy dan Guruh Sukarnoputra. dan yang dianggap sebagai singel pertama Chrisye sebagai seorang penyanyi, "Chopin Larung". Pada tahun-tahun berikutnya, ia merekam "Lilin-Lilin Kecil" untuk Lomba Cipta Lagu Remaja; sebuah singel, yang ditulis oleh James F. Sundah, menjadi lagu signaturenya. Pada 1977, ia merekam soundtrack untuk film sukses karya Teguh Karya yang berjudul Badai Pasti Berlalu bersama Berlian Hutauruk; album soundtrack pada film tersebut, diluncurkan beberapa bulan kemudian, dengan penjualan sebanyak sembilan juta salinan, membuatnya menjadi salah satu album Indonesia paling sukses sepanjang masa. (Selengkapnya...)


31 Maret

Javier Bardem meraih beberapa penghargaan dan nominasi atas peran pendukungnya dalam film tersebut.

No Country for Old Men meraih penghargaan dan nominasi dalam berbagai kategori, utamanya pujian untuk penyutradaraannya, skenarionya, dan penampilan Bardem. Di Academy Awards ke-80, film tersebut meraih delapan nominasi, nominasi terbanyak di acara tersebut bersama dengan There Will Be Blood. Film tersebut memenangkan empat penghargaan yang meliputi Film Terbaik, Sutradara Terbaik, (Joel dan Ethan Coen), Aktor Pendukung Terbaik (Bardem), dan Skenario Adaptasi Terbaik (Ethan dan Joel Coen). Coen bersaudara menjadi pasangan individual kedua yang memenangkan Penyutradaraan Terbaik atas pengerjaan dari film yang sama. No Country for Old Men meraih empat nominasi di Penghargaan Golden Globe ke-65, memenangkan penghargaan Skenario Terbaik untuk Coen bersaudara dan Golden Globe untuk Aktor Pendukung Terbaik untuk Bardem. Di British Academy Film Awards ke-61, film tersebut meraih sembilan nominasi dan memenangkan penghargaan-penghargaan untuk Penyutradaraan Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, dan Sinematografi Terbaik. (Selengkapnya...)