Wikipedia:Daftar pilihan/Juli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

1 Juli

Maggie Cheung

Penghargaan Film Hong Kong untuk Aktris Terbaik adalah sebuah penghargaan tahunan yang dipersembahkan di Penghargaan Film Hong Kong. Penghargaan tersebut diberikan dalam menghargai seorang aktris yang membawakan sebuah penampilan menakjubkan dalam sebuah film Hong Kong. Acara Penghargaan Film Hong Kong ke-1 diadakan pada 1982 dengan Kara Hui meraih penghargaan tersebut untuk perannya dalam My Young Auntie. Acara Penghargaan Film Hong Kong ke-1 diadakan pada 1982 dengan Kara Hui meraih penghargaan tersebut untuk perannya dalam My Young Auntie. Setelah acara penghargaan pertama, seluruh penghargaan berikutnya mulai menggunakan sistem nominasi dimana aktris-aktris dinilai oleh para juru profesional, para anggota komite HKFA dan para anggota Perhimpunan Komposer dan Pengarang Hong Kong. Maggie Cheung (gambar) menerima penghargaan terbanyak pada lima acara terpisah. Sylvia Chang memegang rekor aktris dengan nominasi terbanyak dengan sepuluh nominasi. (Selengkapnya...)


2 Juli

Zlatan Ibrahimović

Zlatan Ibrahimović mencetak 62 gol dalam 116 penampilan internasional, menjadikannya pencetak skor papan atas sepanjang masa asal Swedia, melampaui rekor Sven Rydell dengan dua gol melawan Estonia di Friends Arena dalam pertandingan persahabatan pada September 2014. Pada 21 Juni 2016, Ibrahimović mengumumkan bahwa ia pensiun dari sepak bola internasional setelah UEFA Euro 2016, memainkan pertandingan terakhirnya untuk Swedia melawan Belgia pada keesokan harinya.Ibrahimović mencetak hat-trick pertamanya pada 4 September 2004, saat ia mencetak empat gol melawan Malta, tim lawan dimana ia mencetak skor terbanyak, dengan jumlah enam. Ia mencetak empat hat-trick internasional; selain satu melawan Malta; ia mencetak tiga gol dalam sebuah pertandingan melawan Finlandia pada kompetisi kualifikasi UEFA Euro 2012, empat dalam sebuah pertandingan persahabatan melawan Inggris pada 2012, dan tiga dalam sebuah pertandingan persahabatan melawan Norwegia pada 2013. Lebih dari setengah gol Ibrahimović berasal dari pertandingan kandang, mencetak skor dua puluh di Friends Arena, sebelas di Stadion Råsunda, lima di Ullevi, dua di Swedbank Stadion dan satu di Gamla Ullevi. (Selengkapnya...)


3 Juli

Foto Cruise saat menghadiri penayangan perdana film Edge of Tomorrow di Paris pada 2014

Tom Cruise adalah seorang aktor dan produser yang tampil dalam film dan televisi. Ia membuat debut filmnya dengan sebuah peran minor dalam film drama percintaan 1981 Endless Love. Dua tahun kemudian, ia mencapai puncak karier-nya dengan membintangi film komedi romantis Risky Business (1983), yang membuat Cruise mendapatkan nominasi pertamanya untuk Golden Globe Award untuk Aktor Terbaik – Film Musikal atau Komedi. Ia beradu peran dengan Dustin Hoffman dalam film drama pemanang Academy Award untuk Film Terbaik Rain Man (1988), dan juga tampil dalam film drama percintaan pemenang Golden Raspberry Award untuk Film Terburuk Cocktail (1988). Karena itu, Cruise menjadi orang pertama dan satu-satunya yang pada tahun 2014 membintangi film pemenang Oscar Film Terbaik dan pemenang Razzie Film Terburuk pada tahun yang sama. Peran berikutnya adalah sebagai aktivis anti-perang Ron Kovic dalam adaptasi film drama dari memoir Kovic dengan nama yang sama, Born on the Fourth of July (1989). Untuk penampilannya, Cruise meraih Golden Globe Award untuk Aktor Terbaik – Film Drama dan nominasi pertamanya untuk Academy Award untuk Aktor Terbaik. (Selengkapnya...)


4 Juli

Logo Bleach

Arrancar: The Hueco Mundo Sneak Entry arc (破面・虚圏 潜入篇, Arankaru Weko Mundo Sennyū Hen) adalah musim ketujuh dari serial anime Bleach. Dalam adaptasi Inggris dari anime tersebut yang dirilis oleh Viz Media, judul dari musim tersebut diterjemahkan menjadi The Hueco Mundo. Episode-episodenya disutradarai oleh Noriyuki Abe, dan diproduksi oleh TV Tokyo, Dentsu dan Studio Pierrot. Dua puluh episode yang tampil dalam musim tersebut berdasarkan pada serial manga Bleach karya Tite Kubo. Musim tersebut mengisahkan perjalanan Ichigo Kurosaki ke Hueco Mundo untuk menyelamatkan Orihime Inoue, yang diculik oleh arrancar di bawah komando bekas kapten shinigami Sōsuke Aizen. Meskipun episode-episode yang berfokus pada karakter Ashido Kanō tak tampil dalam manga tersebut karena masalah waktu, Kubo masih membantu staf anime untuk menampilkannya dalam anime tersebut. (Selengkapnya...)


5 Juli

Dram Nagorno-Karabakh

180 mata uang diakui sebagai alat bayar sah di negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), negara-negara pengamat PBB, negara yang tak diakui atau berpengakuan terbatas, dan dependensi-dependensi mereka. Mata uang meliputi uang kertas, kapas, atau polimer dan koin metal. Negara-negara umumnya memiliki monopoli atas pengeluaran mata uang, meskipun beberapa negara berbagi mata uang dengan negara lainnya. Saat ini, mata uang adalah adalah alat tukar dominan. Di beberapa negara, mata yang dipakai beragam secara regional. Contohnya, Empat mata uang beredar di negara terakui sebagian dari Republik Demokratik Arab Sahrawi, yang mengklaim kawasan Sahara Barat. Beberapa mata uang, seperti dram Artsakh (gambar), tidak dipakai dalam perdagangan sehari-hari, namun menjadi alat bayar sah.(Selengkapnya...)


6 Juli

Ang Lee

75 negara untuk mewakilkan film-film pada Academy Award ke-73 untuk Film Berbahasa Asing Terbaik. Empat puluh enam negara mewakilkan film pada Academy, termasuk Ekuador yang mewakilkan sebuah film untuk pertama kalinya. Academy mengumumkan daftar lima nominasi untuk penghargaan tersebut pada 13 Februari 2001. Pemenang Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik tersebut adalah Crouching Tiger, Hidden Dragon dari Taiwan, yang disutradarai oleh Ang Lee (gambar).(Selengkapnya...)


7 Juli

The Bellflower Bunnies memiliki lima puluh dua episode: empat dalam musim pertama, dua puluh dua dalam musim kedua, dan dua puluh tiga dalam musim ketiga. Dalam seluruh serial tersebut, tiga belas secara langsung berdasarkan pada instalmen dalam Beechwood Bunny Tales, terbitan Milan Presse asal Perancis dan Gareth Stevens di Amerika Serikat; sisanya berdasarkan pada naskah-naskah karya Valérie Baranski. Distributor-distributor di Eropa, Amerika Utara, dan Korea Selatan merilis DVD-DVD dari dua musim pertama. Cerita tersebut berkisah tentang petualangan dan cerita dari keluarga Bellflower, sebuah klan dari tujuh kelinci yang tinggal di Beechwood Grove. Dua kelinci dewasa dalam keluarga tersebut, Papa Bramble dan Bibi Zinnia, merawat lima anak mereka: Periwinkle, Poppy, Mistletoe, Dandelion dan Violette. (Selengkapnya...)


8 Juli

Robbie Keane

Robbie Keane mencetak 68 gol dalam 146 penampilan. Keane membuat debut internasionalnya dalam kekalahan 2–1 melawan Republik Ceko pada Maret 1998, dan mencetak gol internasional pertamanya pada penampilan kelimanya, sebuah kemenangan kualifikasi UEFA Euro 2000 5–0 atas Malta. Ia menjadi pencetak skor utama sepanjang masa asal Irlandia pada Oktober 2004, saat ia dua kali mencetak skor melawan Kepulauan Faroe pada kualifikasi Piala Dunia FIFA 2006, melampaui rekor Niall Quinn yang berjumlah sebanyak 21 gol dalam 91 permainan. Pada Juni 2013, Keane juga menjadi pemain yang paling banyak tampil asal Irlandia pada penampilan ke-123nya, dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2014 melawan Kepulauan Faroe. Ia adalah salah satu dari enam pemain Republik Irlandia dengan lebih dari 100 penampilan (empat orang diantaranya masih aktif), dan juga menjadi kapten tim nasionalnya sebanyak 50 kali. (Selengkapnya...)


9 Juli

Tom Hanks

Tom Hanks adalah seorang aktor dan produser Amerika yang telah memiliki karier ekstensif dalam film, televisi dan panggung. Hanks membuat debut aktingnya pada permainan panggung Grumio, dalam produksi Great Lakes Theater The Taming of the Shrew (1977). Ia membuat debut filmnya dengan sebuah peran kecil dalam film horor He Knows You're Alone (1980). Pada tahun yang sama, Hanks tampil dalam serial televisi Bosom Buddies. Perannya dalam acara tersebut berujung pada penampilan tamu pada berbagai acara televisi yang berjangka penuh yang meliputi Happy Days. Penampilan Hanks pada acara tersebut membuat sutradara Ron Howard memerankannya dalam peran utama pertamanya dalam film fantasi komedi percintaan Splash (1984). Ia menjadi pembawa acara Saturday Night Live untuk pertama kalinya pada 1985 (sebuah acara yang sejak itu ia bawakan sembilan kali pada 2016), membintangi film-film seperti Nothing in Common (1986) dan Dragnet (1987) sebelum meraih puncak kariernya dalam film komedi perubahan usia Big (1988). Untuk penampilannya dalam film tersebut, Hanks meraih nominasi pertamanya pada Academy Award untuk Aktor Terbaik. (Selengkapnya...)


10 Juli

Dua puluh dua negara tak memiliki angkatan bersenjata. Negara-negara tersebut biasanya memiliki sebuah perjanjian jangka panjang dengan bekas negara yang menduduki; contohnya adalah perjanjian antara Monaco dan Perancis, yang berdiri selama sekitar 300 tahun. Negara-negara Asosiasi Kerja Sama Bebas Kepulauan Marshall, Negara Federasi Mikronesia (NFM), dan Palau tidak memegang hak dalam materi-materi pertahanan mereka masing-masing, dan sedikit memiliki hak dalam hubungan internasional. Contohnya, saat NFM menegosiasikan perjanjian pertahanan dengan Amerika Serikat, negara tersebut berada pada posisi terbangun karena negara tersebut menumbuhkan ketergantungan yang kuat terhadap bantuan Amerika. Andorra memiliki sebuah angkatan kecil, dan dapat meminta bantuan pertahanan jika dibutuhkan, sementara Islandia memiliki sebuah perjanjian unik dengan Amerika Serikat yang berlangsung sampai 2006, yang mensyaratkannya untuk menyediakan pertahanan kepada Islandia saat dibutuhkan. (Selengkapnya...)


11 Juli

Denzel Washington meraih beberapa penghargaan dan nominasi untuk penampilan mereka dalam film tersebut

Fences meraih penghargaan dan nominasi dalam beberapa kategori. Fences memenangkan Academy Award untuk Aktris Pendukung Terbaik dan British Academy Film Award untuk Aktris Terbaik dalam sebuah Peran Pendukung untuk Davis. Film tersebut memenangkan Aktris Pendukung Terbaik untuk Davis dan di Critics' Choice Awards. Film tersebut memenangkan Aktris Pendukung Terbaik – Film untuk Davis dan dinominasikan untuk Aktor Terbaik – Film Drama untuk Washington di Penghargaan Golden Globe. Film tersebut meraih empat nominasi di Penghargaan Satellite, yang meliputi Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik untuk Washington dan Aktris Pendukung Terbaik untuk Davis. (Selengkapnya...)


12 Juli

Peta Amerika Serikat yang menunjukkan 50 negara bagiannya dan Distrik Columbia

Amerika Serikat terdiri dari 50 negara bagian, sebuah distrik federal, lima teritorial besar, dan berbagai kepulauan kecil. 48 negara bagian di daratan utama dan Washington, D.C., berada di tengah Amerika Utara antara Kanada dan Meksiko; dua negara bagian lainnya, Alaska dan Hawaii, masing-masing berada di bagian barat laut Amerika Utara dan sebuah kepulauan di tengah Samudera Pasifik, sementara teritorial-teritorial tersebar di sepanjang Samudera Pasifik dan Laut Karibia. Selain 50 negara bagian dan distrik federal, Amerika Serikat memiliki kedaulatan atas 14 teritorial. Lima diantaranya (Samoa Amerika, Guam, Kepulauan Mariana Utara, Puerto Rico, dan dan Kepulauan Virgin AS) memiliki populasi non-militer permanen, sementara sembilan diantaranya tidak demikian. Dengan pengecualian Pulau Navassa, Puerto Rico, dan Kepulauan Virgin AS, yang terletak di Karibia, semua teritorial berada di Samudera Pasifik. Satu teritorial, Atol Palmyra, dianggap terinkorporasi, yang artinya badan Konstitusi penuh telah diterapkan kepadanya; teritorial lainnya tak terinkorporasi. (Selengkapnya...)


13 Juli

Kawasan Alam dan Budaya-Sejarah Kotor

Empat situs di Montenegro berada pada daftar Situs Warisan Dunia UNESCO dan empat lainnya di daftar tentatif (daftar resmi situs yang layak untuk pengajuan mendatang). Situs pertama di Montenegro yang ditambahkan pada daftar tersebut adalah Kawasan Alam dan Budaya-Sejarah Kotor (gambar), yang diinskripsikan di sesi UNESCO ke-3 pada 1979. Taman Nasional Durmitor diinskripsikan pada 1980 dan diperluas pada 2005. Dua situs tersebut pertama kali ditambahkan ke daftar tersebut saat Montenegro masih menjadi bagian dari Yugoslavia. Selain itu, terdapat dua situs lintas negara di daftar tersebut. Situs Pemakaman Nisan Batu Abad Pertengahan Stećci, yang diinskripsikan pada 2016, berbagi dengan Bosnia dan Herzegovina, Kroasia, dan Serbia, sementara situs Pengerjaan Pertahanan Venesia antara abad ke-16 dan ke-17 berbagi dengan Kroasia dan Italia. Taman Nasional Durmitor didaftarkan sebagai situs alam sementara tiga lainnya adalah situs kebudayaan, sesuai yang ditentukan oleh kriteria seleksi organisasi tersebut. (Selengkapnya...)


14 Juli

Film Patrice Leconte, Ridicule, dinominasikan pada 1996.

Perancis telah mewakilkan film-film untuk Film Berbahasa Asing Terbaik (Oscar) sejak pembentukan penghargaan tersebut pada 1956. Perancis telah menjadi salah satu negara tersukses di dunia dalam kategori ini, dan lebih dari setengah perwakilan Oscar mereka meraih nominasi Oscar. Perwakilan Perancis diputuskan setiap tahun oleh Centre national de la cinématographie, yang berafiliasi dengan Kementerian Budaya Perancis. Perancis adalah satu-satunya negara yang telah mewakilkan sebuah film setiap tahun sejak pembuatan penghargaan tersebut pada 1956 dan juga satu-satunya negara yang tekah dinominasikan lebih dari setengah kali dimana penghargaan tersebut diberikan. Seluruh perwakilan biasanya berbahasa Perancis, dengan pengecualian Black Orpheus berbahasa Portugis pada 1959, yang merupakan sebuah kerjasama produksi dengan Brasil dan Mustang pada 2015, yang berbahasa Turki. (Selengkapnya...)


15 Juli

Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia dari Swedia

Para penguasa monarki saat ini dibedakan menurut gelar dan pangkat, yang dalam sebagian besar kasus didefinisikan oleh tradisi, dan dipandu di bawah konstitusi negara tersebut. Penguasa monarki adalah kepala monarki, suatu bentuk pemerintahan berupa negara atau pemerintahan diperintah oleh seseorang yang biasanya memerintah seumur hidup atau sampai turun takhta. Dalam pembelajaran politik dan sosio-budaya, penguasa-penguasa monarki biasanya dikaitkan dengan penguasa warisan; sebagian besar penguasa monarki; sebagian besar penguasa monarki lahir dan dibesarkan dalam sebuah keluarga kerajaan. Namun, beberapa penguasa monarki tidaklah warisan, dan sebagai gantinya penguasa tersebut ditentukan melalui proses elektif. Pada umumnya, negara hanya memiliki satu penguasa monarki, tetapi dalam keadaan khusus, yaitu apabila penguasa monarki masih di bawah umur (secara hukum), tidak ada, atau tidak mampu secara hukum melaksanakan kekuasaan, seorang regen dapat melaksanakan kekuasaan tersebut. (Selengkapnya...)


16 Juli

Katrina Kaif

Katrina Kaif adalah seorang aktris Inggris yang biasanya tampil dalam perfilman Bollywood. Ia membuat debutnya dalam film heist erotis tahun 2003 Boom, sebuah bom box office. Ia kemudian memerankan putri kerajaan dalam film Telugu Malliswari (2004). Kaif meraih kesuksesan pertamanya di Bollywood saat ia beradu peran dengan Salman Khan dalam film komedi romansa David Dhawan Maine Pyaar Kyun Kiya?. Film romansa musikal tahun 2006 Humko Deewana Kar Gaye membuat Kaif beradu peran dengan Akshay Kumar untuk pertama kalinya dari beberapa film, meskipun film tersebut mengalami kegagalan kritis dan finansial. Bermula dengan Namastey London, tahun 2007 menandai titik balik dalam kariernya saat seluruh empat perilisan meraih kesuksesan di box-office. Beberapa diantaranya menjadi dua produksi dengan keuntungan tertinggi pada tahun tersebut  — film-film komedi Partner dan Welcome. (Selengkapnya...)


17 Juli

Agni Pratistha, Puteri Indonesia tahun 2006

Pemenang Puteri Indonesia telah ada sejak tahun 1992. Indira Paramarini Sudiro merupakan pemegang gelar Puteri Indonesia pertama tahun itu. Namun sebelumnya, dia merupakan pemenang Miss ASEAN yang diselenggarakan pada tahun 1991. Yayasan Puteri Indonesia yang memegang hak atas kontes kecantikan, mulai menyelenggarakan sejak tahun 1993. Semula, pemenang Putri Indonesia berhak mengikuti Miss Universe dan Miss World sebagai wakil dari Indonesia. Namun sejak acara tahun 2005, lisensi pengiriman wakil dari Indonesia untuk Miss World dipegang oleh Yayasan Miss Indonesia. Sejak kali pertama diselenggarakan pada tahun 1992, kontes kecantikan ini pernah absen mengadakan perhelatan, yaitu pada tahun 1993, 1997, 1998, dan 1999, sehingga Alya Rohali menjadi Puteri Indonesia pertama yang menyandang gelarnya selama empat tahun. DKI Jakarta adalah provinsi yang paling banyak meraih kemenangan sembilan kali gelar, disusul oleh Jawa Tengah (gambar, perwakilan Jawa Tengah Agni Pratistha) dengan tiga gelar, Sumatra Barat, Sulawesi Utara, dan Jawa Timur yang masing-masing meraih gelar sebanyak dua kali. Sedangkan Maluku, Bangka Belitung, dan Aceh masing-masing satu gelar. (Selengkapnya...)


18 Juli

Edappadi K. Palaniswami, Ketua Menteri Tamil Nadu petahana

Para Ketua Menteri Tamil Nadu terdiri dari kepala pemerintahan dalam sejarah negara bagian Tamil Nadu di India sejak 1920. Wilayah tersebut berada di negara bagian Tamil Nadu pada masa sejarah yang memiliki bagian konfigurasi teritorial yang berbeda di bawah Kepresidenan Madras dan Negara bagian Madras dalam sejarahnya. Terlepas dari campur tangan pemerintahan Presiden dari 17 Februari 1980 sampai 9 Juni 1980, Ketua Menteri dengan masa jabatan terpanjang (dalam hal suksesif) dalam jabatan adalah M. G. Ramachandran, yang berlangsung selama 10 tahun, 5 bulan, dan 25 hari dari 30 Juni 1977 sampai ia meninggal pada 24 Desember 1987. K. Kamaraj adalah Ketua Menteri dengan lama jabatan terpanjang tanpa terintervensi pemerintahan presiden. Masa jabatannya berlangsung dari 13 April 1954 sampai 2 Oktober 1963, i.e. 9 tahun, 5 bulan dan 19 hari. Periode terpendek adalah 24 hari yang dipegang oleh Janaki Ramachandran yang menjabat dari 7 Januari 1988 sampai 30 Januari 1988. Orang yang dilantik menjadi Ketua Menteri dengan jumlah masa jabatan terbanyak adalah M. Karunanidhi untuk sekitar 6863 hari (sekitar 18 tahun). Ia adalah satu-satunya Ketua Menteri dengan 5 masa jabatan (10 Februari 1969 – 4 Januari 1971, 15 Maret 1971 – 31 Januari 1976, 27 Januari 1989 – 30 Januari 1991, 13 Mei 1996 – 13 Mei 2001, 13 Mei 2006 – 15 Mei 2011). (Selengkapnya...)


19 Juli

Logo Avatar: The Legend of Aang

Musim ke-3 (Buku ke-3: Api) dari Avatar: The Legend of Aang adalah sebuah serial televisi animasi Amerika dari Nickelodeon, menayangkan 21 episode dari 21 September 2007 sampai 19 Juli 2008. Musim ini dibuat oleh Michael Dante DiMartino dan Bryan Konietzko serta dibintangi Zach Tyler Eisen, Mae Whitman, Jack DeSena, Jessie Flower, Dante Basco, Dee Bradley Baker, Grey DeLisle, dan Mark Hamill sebagai pengisi suara karakter. Musim ketiga dan terakhir tersebut berfokus pada pertanyaan Aang untuk mengalahkan Raja Api. Dalam permulaan musim, protagonis Aang dan para temannya Sokka, Katara, dan Toph berjalan melewati Negara Api, menghimpun rencana untuk menginvasi Negara Api dan mencari guru untuk mengajari pengendalian api kepada Aang. Di tengah musim, Aang mengumpulkan para temannya yang ia temui pada episode-episode sebelumnya dan memimpin invasi gagal terhadap Negara Api. Mantan antagonis Zuko berubah halauan dan bergabu dengan Aang, bertugas sebagai guru Pengendalian Api-nya sampai empat bagian akhir serial saat Aang akhirnya mengalahkan Raja Api dan mengakhiri perang seratus tahun dalam cara yang mengejutkan: ia memakai kemampuan barunya untuk menghilangkan kemampuan pengendalian api Ozai untuk menghindari pelanggaran ajaran-ajaran Pengembara Udara. (Selengkapnya...)


20 Juli

Sutradara Joe Wright di penayangan perdana Britania Raya dari film Atonement

Atonement meraih beberapa penghargaan dan nominasi dalam kategori-kategori yang terbentang dari pengakuan film itu sendiri sampai skenario Hampton dan penampilan akting para pemeran, terutama Keira Knightley, James McAvoy dan Saoirse Ronan. Film tersebut meraih tujuh nominasi Academy Award dan meraih satu penghargaan untuk kategori Musik Asli Terbaik. Alliance of Women Film Journalists menganugerahi Atonement dengan dua penghargaan dari enam nominasi, sementara American Society of Cinematographers dan Art Directors Guild memberikan satu nominasi kepada film tersebut. Atonement meraih empat belas nominasi di British Academy Film Awards ke-61, jumlah penghargaan terbanyak dari suatu film pada tahun tersebut, namun hanya meraih dua penghargaan. Sinematografer Seamus McGarvey meraih sebuah nominasi atas karyanya dari British Society of Cinematographers dan perancang kostum, Jacqueline Durran, meraih sebuah nominasi dari Costume Designers Guild. Atonement memenangkan tiga penghargaan dari lima nominasi di Empire Awards ke-13. (Selengkapnya...)


21 Juli

Logo Key

Permainan-permainan video yang dikembangkan oleh Key, sebuah merek dan studio pengembangan permainan video novel visual Jepang di bawah penerbit VisualArt's, awalnya diterbitkan oleh VisualArt's dan dirilis untuk komputer-komputer pribadi Microsoft Windows; port-port ke perangkat lain diterbitkan oleh Interchannel dan Prototype. Key merilis produk debut mereka, Kanon, pada 1999, disusul oleh produk kedua mereka, Air, pada 2000. Baik Kanon maupun Air awalnya dirilis sebagai permainan dewasa, namun Key merilis permainan ketiganya, Clannad, pada 2004 dengan rating persetujuan untuk semua umur. Permainan keempat Key, Planetarian: The Reverie of a Little Planet, juga dirilis pada 2004 dengan rating untuk semua umur, dan disebut sebagai "novel kinetik" oleh tim pengembang karena jalan cerita yang secara keseluruhan linear. (Selengkapnya...)


22 Juli

Clint Dempsey

Clint Dempsey tampil 141 kali untuk tim nasional dan mencetak 57 gol. Ia adalah pencetak skor papan atas putra sepanjang masa bersama untuk Amerika Serikat, berpasangan dengan Landon Donovan dan 57 gol-nya. Per November 2017, ia menjadi pencetak gol putra internasional paling aktif ketiga di seluruh dunia, setelah Cristiano Ronaldo (79) dari Portugal dan Lionel Messi (61) dari Argentina.Dempsey membuat debut tim nasionalnya pada 17 November 2004, pada kualifikasi Piala Dunia melawan Jamaika di Columbus, Ohio; panggilan datang setelah musim rookie-nya dalam Major League Soccer dengan New England Revolution, dimana ia mencetak tujuh gol dan satu assist sehingga ia diangkat menjadi MLS Rookie of the Year. Dempsey mencetak gol tim nasional pertamanya pada 28 Mei 2005, saat sebuah pertandingan persahabatan melawan Inggris di Chicago. Gol tim nasional kompetitif pertamanya terjadi sebulan kemudian melawan Kuba di Seattle pada Piala Emas CONCACAF 2005, sebuah turnamen dimana Amerika Serikat menjadi pemenangnya. (Selengkapnya...)


23 Juli

Kevin Costner meraih beberapa penghargaan dan nominasi untuk penyutradaraan dan aktingnya, termasuk Academy Award untuk Sutradara Terbaik.

Dances with Wolves meraih penghargaan dan nominasi dalam berbagai kategori, dengan pujian utamanya ditujukan kepada penyutradaraan Costner, penampilan akting utama dan pendukung, dan skenario karya Michael Blake serta sinematografi, musik dan penyuntingan film tersebut. Film tersebut dinominasikan untuk dua belas penghargaan di Academy Awards ke-63, memenangkan tujuh penghargaan, yang meliputi Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Skenario Adaptasi Terbaik, selain berbagai penghargaan teknikal. Di Penghargaan Golden Globe ke-48, Dances with Wolves meraih enam nominasi, memenangkan tiga untuk Film Terbaik – Drama, Sutradara Terbaik, dan Skenario Terbaik. Film tersebut meraih sembilan nominasi untuk British Academy Film Awards ke-45, termasuk Film Terbaik; Namun, film tersebut tak memenangkan kategori apapun. Film tersebut juga dianugerahi oleh organisasi lainnya: Costner meraih sebuah Silver Bear di Festival Film Internasional Berlin, sementara film tersebut meraih National Board of Review Award untuk Film Terbaik, Film Teatrikal Terbaik dari Producers Guild of America, dan Skenario Adaptasi Terbaik dari Writers Guild of America. (Selengkapnya...)


24 Juli

Logo Naruto

Serial mangaNaruto mulai diserialkan dalam 43 edisi sejak tahun 1999. Shueisha kemudian mengumpulkan bab-bab ini dalam volume terikat tankōbon. 244 bab pertama dikenal sebagai Bagian I, dan merupakan bagian pertama dari alur cerita Naruto. Semua bab-bab berikutnya termasuk dalam Bagian II, berlanjut pada alur cerita dari Bagian I setelah timeskip dua setengah tahun. Viz Media melisensi manga Naruto untuk adaptasi bahasa Inggris di Amerika Utara, dimana manga ini diserialkan di Shonen Jump Amerika dan dirilis dalam format Volume. Beberapa adaptasi berdasarkan Naruto telah dibuat, termasuk dua seri anime dan tujuh film. Serial anime pertama, juga berjudul Naruto, meliputi keseluruhan Bagian I dan lebih dari 220 bab. Yang kedua, berjudul Naruto Shippuden (ナルト 疾風伝, Naruto Shippūden, literally, Naruto: Hurricane Chronicles), berdasarkan pada Bagian II. Kedua seri ini diproduksi oleh Studio Pierrot dan TV Tokyo, dan ditayangkan pada TV Tokyo. (Selengkapnya...)


25 Juli

Foto Sandra Bullock di San Diego Comic-Con tahun 2013

Sandra Bullock adalah seorang aktris yang tampil dalam film dan televisi. Ia mengawali debutnya sebagai pemeran pendukung dalam film bergenre thriller Hangmen tahun 1987. Dia mulai terjun di layar kaca dengan bermain di film television berjudul Bionic Showdown: The Six Million Dollar Man and the Bionic Woman (1989) dan bermain mendapatkan peran utama dalam sitkom Working Girl (1990) sebelum akhirnya menggebrak di dunia perfilman dengan membintangi film aksi, Speed (1994). Bullock mendirikan perusahaan rumah produksi Fortis Films dan membintangi film romantik komedi While You Were Sleeping tahun 1995. Penampilannya di film mengantarkan namanya meraih nominasi Golden Globe Award untuk kategori pemeran terbaik. Tahun berikutnya, dia menjadi lawan main Matthew McConaughey dalam film yang diadaptasi dari novel karya John Grisham berjudul A Time to Kill (1996). Tahun 1997, dia tampil kembali dalam sequel ke-dua Speed, Speed 2: Cruise Control. Tahun berikutnya, Bullock membintangi film romantik komedi Practical Magic, mengisi suara Miriam di film animasi The Prince of Egypt dan juga menjadi eksekutif produser untuk film Hope Floats. (Selengkapnya...)


26 Juli

Chairil Anwar

Penulis Indonesia Chairil Anwar (1922–1949) menulis 75 puisi, 7 prosa, dan 3 koleksi puisi. Ia juga menerjemahkan 10 puisi dan 4 prosa. Kebanyakan puisi-puisi asli Anwar dimasukkan dalam versi koleksinya: Deru Campur Debu, Kerikil-Kerikil Tajam dan yang Terampas dan yang Putus (keduanya 1949), dan Tiga Menguak Takdir (1950). Pada tahun 1956, HB Jassin mengumpulkan dan mendokumentasikan sebagian besar karya-karya Anwar yang masih tersisa dalam buku berjudul Chairil Anwar: Pelopor Angkatan 45, dan pada tahun 1970 Burton Raffel menerbitkan terjemahan bahasa Inggris dari karya-karya asli Anwar dalam buku berjudul The Complete Poetry and Prose of Chairil Anwar. Setelah kematiannya, Anwar dikritik atas tuduhan plagiarisme pada beberapa karya yang dikeluarkan namun tidak ditulis sebagai hasil terjemahan puisi asing. Karya-karya aslinya, tidak seperti puisi yang dibuat oleh penulis-penulis pada masa yang sama, penggunaan bahasa sehari-hari tidak digunakan dalam puisinya, mencampur kata-kata dari bahasa-bahasa asing. Puisi-puisi Anwar dianggap multi-tafsir. Dengan demikian, tuduhan plagiarisme tersebut – meskipun disebarluaskan pada waktu penemuannya – tidak mempengaruhi warisannya. (Selengkapnya...)


27 Juli

Lee Chang-dong

Korea Selatan telah mewakilkan film-film untuk berkompetisi pada Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik sejak 1962. Penghargaan tersebut diberikan secara tahunan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences di Amerika Serikat kepada film durasi cerita yang dibuat di luar Amerika Serikat yang utamanya berisi dialog non-Inggris. Nominee Korea dipilih tahunan oleh sebuah komite khusus yang dibentuk oleh Dewan Film Korea. Korea Selatan telah mewakilkan dua puluh delapan film untuk acara tersebut, namun, tidak ada yang meraih nominasi Oscar. Korea Utara tak pernah ikut dalam kompetisi tersebut, dan tidak pernah mengirimkan film manapun. Tiga perwakilan Korea pertama disutradarai oleh Shin Sang-ok, demikian pula dengan perwakilan 1990. Shin kemudian meraih ketenaran internasional setelah ia mengklaim disandera di Korea Utara antara 1978–1986, dan dipaksa membuat film-film untuk Kim Jong-Il. Tiga sutradara lainnya, Lee Chang-dong (gambar), Lee Doo-yong dan Lee Joon-ik, memiliki film-film yang dipilih untuk mewakili Korea Selatan sebanyak dua kali. (Selengkapnya...)


28 Juli

Machu Picchu

Situs-situs sejarah Peru masuk daftar Situs Warisan Dunia UNESCO sejak Peru meratifikasi Konvensi Warisan Dunia UNESCO pada 24 Februari 1982. Situs pertama dari Peru masuk daftar tersebut di sesi ke-7 Komite Warisan Dunia, yang diadakan di Firenze, Italia pada 1983: "Kota Cuzco" dan "Kawasan Sejarah Machu Picchu" (gambar). Pada 2010, Peru memiliki 11 situs pada Daftar Warisan Dunia. Tujuh didaftarkan sebagai situs kebudayaan, dua sebagai alam, dan dua sebagai campuran, pertemuan kriteria seleksi budaya dan alam, yang ditentukan oleh kriteria seleksi organisasi tersebut. Hanya enam dari dua puluh lima kawasan di Peru yang terwakili, dengan kawasan-kawasan Ancash, Cuzco, dan Lima masing-masing terdiri dari situs berganda. Pada 1997, sebuah kebakaran hutan di perbukitan dekat Machu Picchu mengancam situs tersebut sampai para pemadam kebakaran dapat memotong alur pohon untuk mengindari kebakaran merebak sampai reruntuhan tersebut. Pada awal 2010, hujan besar berdampak pada Machu Picchu dan Cuzco. Pada 25 Januari 2010, 2,000 wisatawan berada di dekat Machu Picchu saat tanah longsor memblok jalur kereta api yang menghubungkan situs tersebut dengan Cuzco. Para wisatawan tersebut dievakuasi oleh sepuluh helikopter, termasuk empat dari militer Amerika Serikat yang diterjunkan dari kedubes di Lima.(Selengkapnya...)


29 Juli

Hat trick dalam Piala Dunia FIFA secara resmi hanya dicatat ketika FIFA menyatakan saat setidaknya tiga gol yang dicetak oleh satu pemain dalam satu pertandingan. at trick pertama dicetak oleh Bert Patenaude dari Amerika Serikat, yang bermain melawan Paraguay pada Piala Dunia FIFA 1930; yang paling terbaru (pada 2018) adalah oleh Cristiano Ronaldo dari Portugal, yang bermain melawan Spanyol pada Piala Dunia FIFA 2018. Satu-satunya Piala Dunia yang tidak ada satupun pencetakan hat trick adalah Piala Dunia FIFA 2006 di Jerman. Rekor jumlah hat trick dalam turnamen Piala Dunia tunggal adalah delapan, yang terjadi saat Piala Dunia FIFA 1954 di Swiss. Hat trick terbanyak menurut negara adalah Jerman (termasuk Jerman Barat) yang berjumlah 6, diikuti dengan Argentina dan Hungaria yang masing-masing berjumlah 4. (Selengkapnya...)


30 Juli

Michael Fassbender meraih beberapa penghargaan dan nominasi atas penampilan mereka dalam film tersebut.

Steve Jobs meraih pujian kritis atas penampilannya, skenarionya, penyuntingannya dan musik aslinya. Fassbender, Winslet dan Sorkin meraih sambutan kuat atas karya mereka dalam film tersebut yang meliputi nominasi-nominasi dari Academy Awards, Penghargaan Golden Globe, BAFTA, Screen Actors Guild Awards, Critic's Choice Awards, Penghargaan Satellite, London Film Critics' Circle, Online Film Critics Society dan lain-lain. Winslet memenangan Golden Globe, BAFTA dan London Film Critics' Circle Award untuk Aktris Pendukung Terbaik, sementara Fassbender memenangkan penghargaan Aktor Terbaik dari Online Film Critics Society, Los Angeles Film Critics Association, Austin Film Critics Association, Houston Film Critics Society dan dianugerahi dengan Penghargaan Bintang Internasional oleh Festival Film Internasional Palm Springs. (Selengkapnya...)


31 Juli

Kwee Tek Hoay telah menulis 62 buku atau seri, 3 esai, dan 11 lakon panggung. Selain karya-karya tersebut, ia pernah menulis sejumlah laporan, obituari, artikel, dan ulasan film saat menjadi editor majalah. Banyak buku agama (dan beberapa novel) Kwee dicetak ulang oleh Swastika asal Surakarta pada awal 1960-an. Beberapa buku lainnya dicetak ulang dalam peringatan 100 tahun kelahiran Kwee. Pada tahun 2000-an, 10 karyanya dicetak ulang sebagai bagian dari seri Kesastraan Melayu Tionghoa dan Kebangsaan Indonesia. Dua karyanya, novel Boenga Roos dari Tjikembang (gambar) dan penelitian Atsal Moelanja Timboel Pergerakan Tionghoa di Indonesia, telah diterjemahkan ke bahasa Inggris. Ajaran dan budaya Cina sering diangkat dalam karya-karya Kwee. Tema reinkarnasi dan mistisisme lazim ditemukan. Kritik terhadap warga Tionghoa di Hindia Belanda juga diangkat. Misalnya, Allah jang Palsoe mengkritik pengejaran kemakmuran yang mengabaikan nilai-nilai budaya dan masyarakat, sementara lakon panggung Korbannja Kong Ek mengkritik manajemen Tiong Hoa Hwee Koan dan sekolah-sekolahnya. (Selengkapnya...)