Wikipedia:Daftar pilihan/Januari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

1 Januari

Negara-negara di dunia meliputi negara-negara yang merupakan negara berdaulat dan negara dengan pengakuan internasional terbatas. Entitas yang merupakan bagian integral dari suatu negara, entitas khusus yang diakui melalui kesepakatan atau perjanjian internasional. Ini tak meliputi wilayah dependensi, dan negara mikro. Negara berdaulat yang diakui secara internasional terdiri dari 194 negara yang meliputi 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan 1 negara yang diakui secara internasional, di bawah pemerintahan Tahta Suci (pengamat di PBB): Vatikan. Berdasarkan benua 53 negara terletak di Afrika, 50 di Asia, 50 di Eropa, 23 di Amerika Utara, 12 di Amerika Selatan, dan 14 di Oseania (beberapa negara masuk dalam dua benua, seperti Rusia dan Turki) (Selengkapnya...)

Daftar pilihan sebelumnya: ? – Daftar pemimpin Uni SovietSutradara Terbaik (Academy Awards)


2 Januari

S. S. Rajamouli meraih beberapa penghargaan dan nominasi karena menyutradarai film tersebut.

The Beginning meraih beberapa penghargaan dan nominasi dengan pujian atas penyutradaraan Rajamouli, sinematografi, rancangan produksi, kostum, dan penampilan para anggota pemeran. Di Penghargaan Film Nasional ke-63, The Beginning memenangkan kategori Film Fitur Terbaik, menjadikannya film Telugu pertama yang memenangkan penghargaan tersebut dan Efek Khusus Terbaik. Di Penghargaan Filmfare Selatan ke-63, versi Telugu-nya memenangkan lima penghargaan dari sepuluh nominasi, yang meliputi Film Terbaik, Sutradara Terbaik untuk Rajamouli dan Aktris Pendukung Terbaik untuk Krishnan. Versi Tamil dan Telugu memenangkan beberapa penghargaan dalam kategori mereka masing-masing, termasuk Film Terbaik, Penyutradaraan Terbaik oleh Rajamouli, dan Penampilan Terbaik dalam sebuah Peran Pendukung (Perempuan) untuk Krishnan di IIFA Utsavam ke-1. The Beginning menjadi film India pertama yang dinominasikan untuk Penghargaan Saturn, meraih lima nominasi di acara ke-42, termasuk Film Fantasi Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik untuk Tamannaah. (Selengkapnya...)

Daftar pilihan sebelumnya: Daftar negara berdaulat – ? – Daftar pemimpin Uni Soviet


3 Januari

Michael Schumacher di GP Tiongkok 2012.

Selama berkarier di F1, Michael Schumacher berkompetisi dalam 308 lomba dan memenangi 91 lomba. Mayoritas dari kemenangannya diraih bersama tim Ferrari yaitu sebanyak 72 kali. Sirkuit yang paling sering ditaklukkan oleh Schumi adalah Magny-Cours yang menjadi tempat gelaran lomba GP Perancis dengan delapan kali kemenangan. Jarak selisih terjauh yang pernah dicatatkan Schumi dalam meraih kemenangan lomba adalah di GP Brasil 1994 dengan ia yang berhasil meng-overlap seluruh pembalap peserta lomba. Sementara jarak selisih terdekat yang Schumi raih adalah saat dirinya memenangi GP Kanada 2000 dengan selisih keunggulan 0,174 detik atas rekan setimnya Rubens Barrichello. (Selengkapnya...)


4 Januari

Penghargaan Moortidevi adalah sebuah penghargaan kesusastraan India yang setiap tahun dipersembahkan oleh Bharatiya Jnanpith, sebuah organisasi riset dan sastra, kepada seorang pengarang atas "karya kontemplatif dan perseptif" mereka. Penghargaan tersebut hanya diberikan kepada para penulis India yang menulis dalam bahasa-bahasa India yang masuk dalam Jadwal Kedelapan untuk Konstitusi India, dan dalam bahasa Inggris. Sejak 2003, penghargaan tersebut diberikan kepada para pengarang atas "karya kontemplatif dan perseptif" mereka dan terdiri dari penghargaan tunai 1 lakh (US$1,400), sebuah plakat kutipan, sebuah patung Saraswati, dewi pengetahuan dan kebijaksanaan Hindu, dan sebuah selempang. Penghargaan tunai ditingkatkan menjadi 2 lakh (US$2,800) pada tahun 2011 dan menjadi 4 lakh (US$5,600) pada tahun 2013. (Selengkapnya...)


5 Januari

Padukone di penayangan Goliyon Ki Raasleela Ram-Leela pada 2013

Deepika Padukone adalah seorang aktris India yang muncul dalam perfilman Hindi. Penampilan layar pertamanya ada dalam video musik Himesh Reshammiya "Naam Hai Tera" pada 2005. Padukone membuat debut filmnya dengan memainkan peran utama dalam film Kannada Aishwarya (2006). Film Hindi pertamanya dirilis pada tahun berikutnya dengan melodrama Farah Khan Om Shanti Om, dimana ia memainkan peran ganda bersama dengan Shah Rukh Khan. Untuk penampilannya, ia memenangkan Debut Perempuan Terbaik (Filmfare) dan juga meraih nominasi Aktris Terbaik (Filmfare) di acara tersebut. Pada 2008, ia berperan sebagai salah satu kekasih Ranbir Kapoor dalam film Bachna Ae Haseeno. (Selengkapnya...)


6 Januari

The Boys karya Girls' Generation adalah album berpenjualan terbaik Gaon Album Chart tahun 2011

Pada 2011, terdapat 44 album yang meraih peringkat satu pada tangga lagu mingguan Gaon Album Chart. Girls' Generation, Big Bang, dan JYJ memuncaki tangga lagu tersebut dengan masing-masing tiga album berbeda, melebihi aktris lainnya. CNBLUE, Kim Hyun-joong, dan Super Junior masing-masing memiliki dua album nomor satu di tangga lagu tersebut. Tangga lagu terpanjang yang dijalankan di tangga lagu mingguan di nomor satu adalah The Boys karya Girls' Generation dan Mr. Simple karya Super Junior; keduanya bertahan selama empat pekan di puncak tangga lagu tersebut. Di tangga lagu bulanan, TVXQ, dan Big Bang memiliki album nomor satu terbanyak, dengan masing-masing dua. The Boys karya Girls' Generation memuncaki tangga lagu bulanan untuk tiga bulan berturut-turut dari Oktober sampai Desember. (Selengkapnya...)


7 Januari

Logo Olimpiade Matematika Internasional

Olimpiade Matematika Internasional (International Mathematical Olympiad, IMO) diadakan setiap tahun, kecuali pada 1980. Pada tahun tersebut, kompetisi yang awalnya direncanakan diadakan di Mongolia ditunda karena invasi Afghanistan oleh Soviet. Karena kompetisi tersebut awalnya didirikan untuk negara-negara Eropa Timur yang ikut serta dalam Pakta Warsawa, di bawah pengaruh Blok Timur, IMO-IMO pada masa sebelumnya hanya dituanrumahi negara-negara Eropa Timur, secara bertahap menyebar ke negara lainnya. Sumber-sumber bersinggungan soal kota-kota yang menjadi tuan rumah dari beberapa IMO awal dan keberadaan tanggal saat acara-acara tersebut diadakan. IMO pertama diadakan di Rumania pada 1959. Tujuh negara masuk – Bulgaria, Cekoslowakia, Jerman Timur, Hongaria, Polandia, Rumania dan Uni Soviet – dengan tuan-tuan rumah mengakhirinya sebagai negara peringkat papan atas. Jumlah negara yang ikut serta sejak itu meningkat: 14 negara ikut serta pada 1969, 50 pada 1989, dan 104 pada 2009. (Selengkapnya...)


8 Januari

Elvis Presley

Selain meraih kesuksesan awal sebagai penyanyi, Elvis Presley juga menjadi aktor drama papan atas. Debut fiturnya adalah dalam Love Me Tender untuk 20th Century Fox, dengan kesuksesan komersial album mini soundtrack yang menjadi pijakan bagi tiga film Presley berikutnya. Loving You, Jailhouse Rock dan King Creole merupakan karya kisah drama yang bercerita tentang Presley dalam peran entertainer musikal. Ia kemudian menyatakan bahwa King Creole adalah karya favoritnya dari seluruh filmnya. Flaming Star dan Wild in the Country merupakan karya langka dalam kariernya, karya non-musikal yang berfokus pada cerita drama. Presley menjadi tersakiti atas harapan untuk peran dramanya yang tak membuahkan hasil, menyatakan bahwa Clambake adalah film terburuknya. Ia mulai mempermasalahkan soal penurunan kualitas film-film tersebut dan ia meyakini bahwa tujuan manajernya adalah lebih kepada uang ketimbang hal apapun yang lain. Saat seluruh kontrak studionya habis, ia kembali ke dunia hiburan. Dua dokumenter konser Elvis: That's the Way It Is pada 1970 dan Elvis on Tour pada 1972 merupakan perilisan teatrikal terakhir bagi Presley. (Selengkapnya...)


9 Januari

Damien Chazelle meraih beberapa penghargaan dan nominasi untuk penulisan dan penyutradaraan film tersebut

Film La La Land dinominasikan untuk 250 penghargaan, memenangkan 108; penyutradaraannya, permainan latarnya, musiknya dan penampiulan dari Gosling dan Stone meraih perhatian terbanyak dari kelompok-kelompok penghargaan. La La Land meraih 14 nominasi di Academy Awards ke-89, memegang rekor nominasi terbanyak dari sebuah film tunggal dengan All About Eve (1950) dan Titanic (1997). Film tersebut memenangkan enam penghargaan, Sutradara Terbaik (Chazelle), Aktris Terbaik (Stone), Sinematografi Terbaik (Sandgren), Musik Asli Terbaik (Hurwitz), Lagu Asli Terbaik ("City of Stars") dan Rancangan Produksi Terbaik (the Wascos). Film tersebut meraih tujuh nominasi utama Golden Globe AwardFilm Musikal atau Komedi Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Komedi atau Musikal Terbaik untuk Gosling, Aktris Komedi atau Musikal Terbaik, Permainan Latar Terbaik, Musik Asli Terbaik dan Lagu Asli Terbaik ("City of Stars"). Memenangkan semua nominasinya, film tersebut menjadi film dengan penghargaan Golden Globe terbanyak. (Selengkapnya...)


10 Januari

Hrithik Roshan adalah seorang pemeran asal India dikenal atas karyanya dalam perfilman Bollywood. Pada masa kecil, ia membuat penampilan tak disebutkan dalam tiga film garapan kakek pihak ibunya, J. Om Prakash, yang pertama adalah dalam film Aasha (1980). Pada 1986, Roshan memerankan putra angkat dari karakter Rajinikanth dalam film drama kejahatan garapan Prakash Bhagwaan Dada. Roshan kemudian berkarya sebagai asisten sutradara pada empat film, yang meliputi Khudgarz (1987) dan Karan Arjun (1995), semuanya disutradarai oleh ayahnya, Rakesh. Peran utama pertama Roshan tampil saat ia beradu peran dengan Ameesha Patel dalam film Kaho Naa... Pyaar Hai (2000), sebuah film drama romansa yang sangat sukses garapan ayahnya, dimana ia memenangkan dua Penghargaan Filmfare — Debut Laki-laki Terbaik dan Aktor Terbaik. (Selengkapnya...)


11 Januari

Logo Naruto

Serial manga Naruto Bagian II dimulai pada bab 245 dan ditetapkan dalam dua setengah tahun setelah akhir dari bab 238 di Bagian I. Bab 239 sampai 244 merupakan gaiden yang dikeluarkan sebelum manga Naruto dan detil bagian dari sejarah Kakashi Hatake. Semua bab-bab berikutnya dianggap sebagai bagian dari alur cerita Part II. Naruto diterbitkan dalam bab-bab individu dtersendiri dengan Shueisha di Shōnen Jump Mingguan dan kemudian dikumpulkan dalam format tankōbon dengan berbagai tambahan. Sementara seri mulai diserialkan dalam edisi 43 tahun 1999, Bagian II dimulai pada edisi 19 tahun 2005. Volume 28, volume pertama Bagian II, dirilis pada 3 Juni 2005, sementara volume 48 dirilis pada 4 November 2009. Adaptasi anime Bagian II, diproduksi oleh Studio Pierrot dan TV Tokyo, mulai disiarkan pada 15 Februari 2007, di TV Tokyo dengan nama Naruto Shippuden (NARUTO -ナルト- 疾風伝, Naruto Shippūden, literally, Naruto: Hurricane Chronicles). Episode ini mulai disiarkan setelah akhir dari anime asli Naruto, yang telah menunjukkan episode filler untuk memperluas kesenjangan alur cerita antara anime dan manga. (Selengkapnya...)


12 Januari

SNH48

Para anggota SNH48 direkrut lewat audisi yang diadakan hampir setiap setengah tahun. Pada awalnya, mereka diumumkan sebagai magang sebelum dipromosikan ke berbagai tim mereka. Namun, praktik tersebut tak dilanjutkan antara 2016 dan 2017 saat pengenalan anggota generasi keenam dan ketujuhnya. Saat mereka beranjak dewasa, mereka dinyatakan "lulus" dari grup tersebut. Mengikuti format AKB48, SNH48 mengadakan Pemilihan Umum setiap tahun untuk menentukan ketenaran para anggotanya. Untuk mengikuti pemungutan suara, para pemilih membeli "singel pemilihan" terbaru dari grup tersebut, atau menandatangani aplikasi resminya. Para anggota yang meraih suara yang besar menjadi bagian dari album berikutnya dari grup tersebut, dan sangat dipromosikan. Anggota berperingkat tertinggi tak akan hanya menjadi pementas utama saat pementasan langsung grup tersebut, namun juga meraih kesempatan untuk merilis album solo dan video musik, dan mengadakan sebuah konser solo. Selain itu, para anggota SNH48 juga ada yang ditransfer ke grup-grup saudarinya, yakni BEJ48, GNZ48, SHY48 dan CKG48. (Selengkapnya...)


13 Januari

Priyanka Chopra memenangkan sambutan kritis dan beberapa penghargaan atas peran sebagai Mary Kom dalam film tersebut.

Mary Kom meraih berbagai penghargaan dan nominasi, dengan pujian atas penyutradaraannya, penampilan Chopra, skenario, penyuntingan, musik latar, dan rancangan kostum. Pada Agustus 2015, film tersebut memenangkan 20 penghargaan. Di Penghargaan Film Nasional ke-62, film tersebut memenangkan kategori Film Populer Terbaik yang Menyediakan Hiburan Menyeluruh (Penghargaan Film Nasional). Film tersebut dinominasikan untuk Film Terbaik dan Aktris Terbaik untuk Chopra di Penghargaan Filmfare ke-60. Mary Kom meraih sepuluh nominasi di Star Guild Awards 2014, yang meliputi Film Terbaik dan Sutradara Terbaik, memenangkan lima penghargaan: Aktris Terbaik dalam sebuah Peran Utama untuk Chopra, Sutradara Debut Terbaik untuk Kumar, Rancangan Kostum Terbaik, Dialog Tahun Ini, dan Guild Presidents Award untuk Film Terbaik. Film tersebut meraih delapan nominasi di Screen Awards ke-21, memenangkan penghargaan Aktris Terbaik untuk Chopra. (Selengkapnya...)


14 Januari

Carol Ann Duffy

Poet Laureate of the United Kingdom adalah sebuah jabatan kehormatan yang diangkat oleh penguasa monarki Britania Raya atas nasehat Perdana Menteri. Peran tersebut tak mengikat tugas spesifik apapun, namun terdapat sebuah ekspektasi bahwa pemegangnya akan menulis bait untuk acara-acara nasional signifikan. Asal muasal jabatan tersebut bermula dari tahun 1616 saat sebuah pensiun diberikan kepada Ben Jonson, namun pemegang jabatan resmi pertamanya adalah John Dryden, yang diangkat pada 1668 oleh Charles II. Pada kematian Alfred, Lord Tennyson, yang menjabat dari November 1850 sampai Oktober 1892, terdapat penangguhan selama empat tahun sebagai tanda penghormatan; Puisi-puisi Tennyson "Ode on the Death of the Duke of Wellington" dan "The Charge of the Light Brigade" sangat disanjung oleh masyarakat Victorian. Lima penyair, Thomas Gray, Samuel Rogers, Walter Scott, Philip Larkin dan Seamus Heaney, menolak jabatan tersebut. Pemegang jabatan tersebut pada saat ini adalah Carol Ann Duffy (gambar), yang diangkat pada Mei 2009 untuk masa jabatan selama sepuluh tahun. (Selengkapnya...)


15 Januari

Jimmy Wales

Wikipediawan Tahun Ini (Inggris: Wikipedian of the Year) adalah sebuah penghargaan tahunan yang dibuat oleh pendiri Wikipedia Jimmy Wales (gambar) pada 2011, yang biasanya dipersembahkan di Wikimania untuk menghargai pengabdian-pengabdian besar bagi Wikipedia oleh seorang Wikipediawan. Para penerimanya meliputi Rauan Kenzhekhanuly, "Demmy", Rémi Mathis, Ihor Kostenko, Emily Temple-Wood, Rosie Stephenson-Goodknight, Felix Nartey, Farkhad Fatkullin, serta seorang penyunting anonim in pectore. Selain penghargaan utama, lima "Sambutan kehormatan" (Inggris: Honorable mention) diberikan. (Selengkapnya...)


16 Januari

Tijuana

Baja California terbagi dalam lima munisipalitas. Sekitar setengah penduduk (49.5%) dari negara bagian Baja California berada di Tijuana (gambar), munisipalitas terbesar menurut penduduk dengan 1.641.570 jiwa penduduk. Munisipalitas terkecil menurut penduduk adalah Playas de Rosarito dengan 96.734 jiwa penduduk. Munisipalitas terbesar menurut luas adalah Ensenada yang memiliki luas 53.199.786 km2 (20.540.552 sq mi), sementara Playas de Rosarito merupakan munisipalitas terkecil dengan luas 500.667 km2 (193.309 sq mi). (Selengkapnya...)


17 Januari

M. G. Ramachandran

M. G. Ramachandran adalah seorang pemeran, sutradara dan produser India yang memiliki karier menonjol terutama dalam film-film berbahasa Tamil. Setelah membintangi sejumlah film yang sukses secara komersial dari 1950an sampai awal 1970an, ia masih memegang status idola matinée di Tamil Nadu. Ramachandran membuat debut sinematiknya dalam film tahun 1936 Ellis R. Dungan Sathi Leelavathi, dimana ia memerankan seorang inspektur polisi. Ia menyusulnya dengan serangkaian penampilan kecil dan peran pendukung dalam beberapa film, terutama Ashok Kumar (1941), dimana ia memerankan jenderal tentara kaisar Asoka, dan sebagai seorang kapten dalam film Meera (1945) karya Dungan. (Selengkapnya...)


18 Januari

Produser dan bintang Ryan Reynolds menerima nominasi terbanyak untuk Deadpool dengan total enam belas.

Deadpool meraih sejumlah penghargaan dan nominasi, terutama atas penampilan para pemerannya, termasuk Reynolds sebagai Deadpool; beberapa area teknikal, termasuk tata rias, suara dan efek visual film tersebut; serta kampanye pemasaran ekstensif film tersebut. Deadpool dinominasikan untuk dua Penghargaan Golden Globe, serta empat Critics' Choice Movie Awards (memenangkan dua), sebuah Directors Guild of America Award, lima Empire Awards, tujuh Golden Trailer Awards (memenangkan dua), dua Penghargaan Seni Rupa Grand Clio untuk pemasaran (memenangkan keduanya), delapan MTV Movie Awards (memenangkan dua), sebuah Producers Guild of America Award, empat People's Choice Awards (memenangkan dua), enam Teen Choice Awards (memenangkan dua), sebuah Writers Guild of America Award, dan tiga Penghargaan Saturn (memenangkan satu). Film tersebut juga meraih satu nominasi Penghargaan Hugo, dan tampil pada beberapa daftar sepuluh besar buatan para kritikus untuk tahun 2016. (Selengkapnya...)


19 Januari

Produser dan bintang Ryan Reynolds menerima nominasi terbanyak untuk Deadpool dengan total enam belas.

Secara keseluruhan, album berpenjualan terbaik Gaon Album Chart tahun 2013 disematkan kepada album XOXO Repackage (korean ver) karya EXO, yang terjual 335,823 salinan. EXO juga menjual album berpenjualan terbaik Korea Selatan tahun 2013 dengan album standar XOXO (korean ver) dan album-album pengeluaran ulang XOXO (chinese ver), XOXO Repackage (korean ver) dan XOXO Repackage (chinese ver) terjual sebanyak 1,006,473 unit secara keseluruhan. Grup tersebut memenangkan penghargaan Album Tahun Ini di Mnet Asian Music Awards 2013, Album Tahun Ini (Juara Harapan ke-3) & (Juara Harapan ke-4) di Gaon Chart Music Awards ke-3, Disk Daesang dan Disk Bonsang di Golden Disc Awards ke-28. (Selengkapnya...)


20 Januari

Gong Yoo (difoto pada 2016) meraih beberapa nominasi atas penampilannya dalam film Train to Busan.

Train To Busan meraih sejumlah penghargaan dan nominasi. Film tersebut dinominasikan untuk sebelas kategori dan memenangkan dua penghargaan di acara ke-37 dari Penghargaan Film Blue Dragon—Penghargaan Film Audien untuk Film Paling Populer dan Penghargaan Teknikal untuk Kwak Tae-yong dan Hwang Hyo-gyoon. Sementara di Penghargaan Saturn ke-43, film tersebut dinominasikan untuk Film Horor Terbaik. Di Penghargaan Film Buil, film tersebut juga memenangkan kategori Aktor Pendukung Terbaik untuk Kim Eui-sung dan Penghargaan Seni Rupa Film Yu Hyun-mok untuk Yeon Sang-ho. Film tersebut juga meraih nominasi untuk lima kategori Penghargaan Film Asia (tanpa kemenangan), dua kategori Penghargaan Fangoria Chainsaw (memenangkan satu), sebuah Penghargaan Asosiasi Kritikus Film Korea, empat kategori Penghargaan Seni Rupa Baeksang (memenangkan dua) dan memenangkan dua penghargaan di Penghargaan Film Chunsa. (Selengkapnya...)


21 Januari

Logo Piala Super UEFA

Pertandingan sepak bola tahunan Piala Super UEFA mempertemukan pemenang Liga Champions UEFA dengan pemenang Liga Eropa UEFA. Dibentuk pada 1972, awalnya kompetisi ini mempertemukan pemenang Piala Champions (atau bernama Liga Champions UEFA sejak 1993) dengan pemenang Piala Winners UEFA. Edisi terakhir yang menggunakan format tersebut adalah Piala Super UEFA 1999, yang dimenangkan Lazio setelah mengalahkan Manchester United dengan skor 1–0. Kompetisi ini awalnya dimainkan dua kali yang dilaksanakan di stadion kandang kedua klub peserta pada bulan-bulan musim dingin. Namun, mulai edisi 1998, formatnya diubah menjadi satu pertandingan yang dilaksanakan di tempat netral pada bulan Agustus. Stade Louis II di Monako menjadi tempat pertandingan edisi 1998 hingga 2012, namun sejak 2013, kompetisi ini diselenggarakan setiap tahun di stadion berbeda di seluruh Eropa. (Selengkapnya...)


22 Januari

Rajinikanth (kiri) dengan Aishwarya Rai (kanan) pada peuncuran rekaman versi Hindi dari Enthiran, Robot. Penampilan Rajinikanth dalam film tersebut membuatnya meraih beberapa penghargaan dan nominasi

Enthiran meraih penghargaan dan nominasi dalam beberapa kategori, dengan pujian ditujukan kepada sinematografi, efek visual, pengarahan gambar, rancangan kostum, dan penampilan Rajinikanth. Film tersebut memenangkan 25 penghargaan dari 38 nominasi. Di acara Penghargaan Film Nasional ke-58, Enthiran memenangkan dua penghargaan untuk Efek Khusus Terbaik (Mohan) dan Rancangan Produksi Terbaik (Cyril). Film tersebut dinominasikan dalam sembilan kategori di Penghargaan Filmfare Selatan ke-58, memenangkan penghargaan Sinematografer Terbaik (Rathnavelu), Pengarah Gambar Terbaik (Cyril), dan Rancangan Kostum Terbaik (Manish Malhotra). Di Penghargaan Vijay ke-5, film tersebut dinominasikan dalam empat belas kategori dan memenangkan tujuh, yang meliputi Peran Jahat Terbaik dan Pemeran Utama Laki-laki Terfavorit (Rajinikanth), Film Terfavorit (Maran), dan Sutradara Terfavorit (Shankar). Enthiran memenangkan tiga penghargaan di IIFA Awards ke-12 untuk kategori Efek Khusus Terbaik, Pengarahan Gambar Terbaik, dan Tata Rias Terbaik. Pada kemenangan lainnya, film tersebut meraih tiga Penghargaan Festival Film Tamil Norwegia, dua Screen Awards dan Penghargaan Sinema Ananda Vikatan, satu Penghargaan Musik Mirchi dan Penghargaan Film Negara Bagian Tamil Nadu, dan sebuah penghargaan istimewa di Festival Film Internasional Tokyo ke-24. (Selengkapnya...)


23 Januari

OSIMO, robot yang masuk Robot Hall of Fame pada 2004

Robot Hall of Fame adalah sebuah hall of fame Amerika yang menghargai robot-robot terkenal dalam berbagai bidang saintifik dan masyarakat umum, serta pengabdian dalam teknologi robotik. Organisasi tersebut dirikan pada 2003 oleh School of Computer Science di Carnegie Mellon University, Pittsburgh, Pennsylvania sebagai sebuah pengetahuan dari pengabdian-pengabdian Pittsburgh dalam bidang robotik dan dengan tujuan membuat kesadaran yang lebih besar dari kontribusi-kontribusi robotik dalam masyarakat. Gagasan untuk Robot Hall of Fame dimajukan oleh kepala Carnegie Mellon School of Computer Science James H. Morris, yang menyebutnya sebagai alat dari "[peng]hormat robot-robot yang menyajikan fungsi berguna yang sebenarnya dan potensial dan mendemonstrasikan keterampilan nyata, bersama dengan robot-robot yang menghibur dan robot-robot yang meraih ketenaran di seluruh dunia dalam konteks fiksi." Acara penerimaan pertamanya diadakan di Carnegie Science Center pada 10 November 2003. Tiga puluh robot – baik nyata maupun fiksi – telah dicantumkan dalam Robot Hall of Fame sejak pembentukannya. Sebuah pameran bernama Roboworld kemudian diadakan di Carnegie Science Center pada Juni 2009, menampilkan sebuah perwujudan fisik dari hall of fame tersebut. (Selengkapnya...)


24 Januari

Ava DuVernay meraih beberapa penghargaan dan nominasi atas penyutradaraan film tersebut.

Selma meraih penghargaan dan nominasi dalam berbagai kategori dengan pujian utama untuk penyutradaraannya, peran Oyelowo sebagai King, dan lagu "Glory" karya John Legend, dan Common. Di Academy Awards ke-87, Selma memenangkan kategori Lagu Asli Terbaik untuk "Glory" dan juga meraih sebuah nominasi untuk Film Terbaik—film pertama garapan seorang sutradara perempuan kulit hitam yang meraih nasib tersebut. Film tersebut meraih empat nominasi di Penghargaan Golden Globe ke-72, memenangkan penghargaan Lagu Asli Terbaik untuk "Glory". Nominasi DuVernay untuk Sutradara Terbaik merupakan hal pertama untuk seorang sutradara perempuan kulit hitam. Film tersebut meraih nominasi terbanyak di NAACP Image Awards ke-46, memenangkan kategori Aktor Terbaik dalam sebuah Film untuk Oyelowo, Penyutradaraan Terbaik dalam sebuah Film untuk DuVernay, Aktor Pendukung Terbaik dalam sebuah Film untuk Common, dan Aktris Pendukung Terbaik dalam sebuah Film untuk Ejogo. Di Black Reel Awards 2015, Selma memimpin nominasi bersama dengan Dear White People, kedua film tersebut meraih sepuluh nominasi. Film tersebut memenangkan delapan penghargaan termasuk Film Terbaik, Aktor Terbaik untuk Oyelowo dan Sutradara Terbaik untuk DuVernay. American Film Institute memasukkan Selma dalam daftar film sepuluh besar mereka pada tahun tersebut. (Selengkapnya...)


25 Januari

Para penerima Padma Vibhushan meraih sebuah Sanad (sertifikat) yang ditandatangani oleh Presiden dan sebuah medali tanpa pemberian uang yang dikaitkan dengan penghargaan tersebut. Penghargaan tersebut merupakan penghargaan berperingkat keempat dalam ordo preseden yang dikenakan medali dan dekorasi. Para penerima Padma Vibhushan pertama adalah Satyendra Nath Bose, Nandalal Bose, Zakir Husain, Balasaheb Gangadhar Kher, V. K. Krishna Menon, dan Jigme Dorji Wangchuck, yang dianugerahi pada 1954. Beberapa penerima menolak atau mengembalikam penghargaan mereka; Vilayat Khan,{{efn|Vilayat Khan menolak Padma Shri (1964), Padma Bhushan (1968), dan Padma Vibhushan (2000) dan menyatakan bahwa "komite pemilihan tidak kompeten untuk menghakimi musiknya". Swami Ranganathananda, dan Manikonda Chalapathi Rau menolak penghargaan tersebut; para anggota keluarga Lakshmi Chand Jain menolak pemberian anumerta 2011, dan penerima 1986 Baba Amte mengembalikan penghormatannya 1991. (Selengkapnya...)


26 Januari

Ram Nath Kovind, Presiden India saat ini

Terdapat 14 presiden India sejak introduksi jabatan tersebut pada tahun 1950 (masa jabatan saat ini adalah 5 tahun dari masa jabatan Presiden India). Jabatan tersebut dibentuk saat India dideklarasikan menjadi sebuah republik dengan adopsi konstitusi India. Selain tiga belas orang tersebut, tiga pelaksana jabatan presiden juga menjabat pada jangka waktu pendek. Varahagiri Venkata Giri menjadi Pelaksana Jabatan Presiden India pada tahun 1969 setelah kematian Zakir Husain, yang meninggal saat menjabat. Giri terpilih menjadi Presiden beberapa bulan kemudian. Ia masih menjadi satu-satunya orang yang memegang jabatan presiden sekaligus pelaksana jabatan presiden. Giri adalah satu-satunya orang yang terpilih sebagai kandidat independen. Presiden masih menjabat untuk masa jabatan lima tahun, sesuai dengan artikel 56, bagian V, dari Konstitusi India. Dalam kasus dimana masa jabatan presiden ditangguhkan atau saat ketiadaan presiden, wakil presiden mengambil alih jabatan tersebut. Menurut artikel 70, bagian V, parlemen memutuskan bagaimana mengalihkan fungsi presiden saat ini tak memungkinkan, atau dalam keadaan tak diinginkan lainnya. Rajendra Prasad, Presiden India pertama, adalah satu-satunya orang yang memegang jabatan tersebut untuk dua masa jabatan. (Selengkapnya...)


27 Januari

Brie Larson meraih beberapa penghargaan dan nominasi atas pementasannya dalam film tersebut.

Room meraih penghargaan dan nominasi dalam berbagai kategori dengan pujian kepada penyutradaraan, skenario dan penampilan Larson dan Tremblay. Room meraih sebelas nominasi di Canadian Screen Awards ke-4, memenangkan sembilan penghargaan yang meliputi Film Terbaik, Prestasi Terbaik dalam Penyutradaraan untuk Abrahamson, Penampilan Terbaik oleh seorang Aktor dalam sebuah Peran Utama untuk Tremblay, dan Penampilan Terbaik oleh seorang Aktris dalam sebuah Peran Utama untuk Larson. Di Irish Film & Television Awards ke-13, Room memenangkan tujuh penghargaan termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik untuk Abrahamson, dan Aktris Internasional Terbaik untuk Larson. Di Academy Awards ke-88, Room meraih empat nominasi, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik untuk Abrahamson dan Skenario Adaptasi Terbaik untuk Donoghue. Larson memenangkan penghargaan untuk Aktris Terbaik. Ia juga meraih penghargaan dalam kategori Aktris Terbaik di Golden Globe Awards ke-73, British Academy Film Awards ke-69, dan Screen Actors Guild Awards ke-22. Donoghue dinominasikan di acara penghargaan Gloden Globe dan British Academy Film Awards, dan juga memenangkan Independent Spirit Award untuk Skenario Pertama Terbaik. National Board of Review dan American Film Institute mencantumkan film tersebut dalam daftar sepuluh besar tahun ini buatan mereka masing-masing. (Selengkapnya...)


28 Januari

Kaisar Guangwu dari Han

Para kaisar dinasti Han adalah kepala pemerintahan tertinggi pada dinasti kekaisaran Tiongkok kedua; dinasti Han (202 SM – 220 M) menyusul dinasti Qin (221–206 SM) dan mendahului Tiga Kerajaan (220–265 Masehi). Era tersebut secara konvensional terbagi antara periode Han Barat (202 SM – 9 M) dan Han Timur (25–220 M). Kaisar adalah kepala pemerintahan tertinggi. Ia melantik semua pejabat berpangkat tertinggi di pemerintahan pusat, provinsial, pengkomandanan, dan kabupaten. Ia juga berfungsi sebagai pemberi hukum, hakim pengadilan tinggi, kepala komandan angkatan bersenjata, dan pendeta tinggi dari penyembahan-penyembahan keagamaan yang didukung negara. (Selengkapnya...)


29 Januari

Amitabh Bachchan meraih beberapa penghargaan dan nominasi untuk Piku

Piku meraih penghargaan dan nominasi dalam beberapa kategori, dengan pujian untuk penulisan, musik dan pementasan Padukone dan Bachchan. Pada Juni 2016, film tersebut telah memenangkan minimum 35 penghargaan. Di Penghargaan Film Nasional ke-63, Piku memenangkan penghargaan untuk Aktor Terbaik (Bachchan), Skenario Asli Terbaik dan Dialog Terbaik. Di acara Penghargaan Filmfare ke-61, Piku memenangkan lima penghargaan, termasuk Film Terbaik – Kritikus, Aktris Terbaik (Padukone), dan Aktor Terbaik – Kritikus (Bachchan). Film tersebut juga meraih nominasi untuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik di acara tersebut. Selain itu, Piku memenangkan empat penghargaan, termasuk Aktor Terbaik dan Aktris Terbaik masing-masing untuk Bachchan dan Padukone di acara Screen Awards ke-22. Pada kemenangan lainnya, film tersebut meraih tiga Penghargaan Festival Film India Melbourne, tiga Penghargaan Akademi Film India Internasional, dua Penghargaan Stardust, dan setiap lima penghargaan dari acara-acara penghargaan BIG Star Entertainment dan Zee Cine. (Selengkapnya...)


30 Januari

Propithecus candidus, yang hanya ditemukan di Madagaskar, masuk dalam daftar 25 Primata Paling Terancam Punah di Dunia sejak pembentukannya di 2000. Antara 100 dan 1.000 ekor meninggalkan alam liar.

25 Primata Paling Terancam Punah di Dunia adalah daftar spesies primata paling terancam punah yang dipilih dan diterbitkan oleh International Union for Conservation of Nature Species Survival Commission Primate Specialist Group (IUCN/SSC PSG), International Primatological Society (IPS), dan Conservation International (CI). Daftar 2012–2014 ditambahkan Bristol Conservation and Science Foundation (BCSF) kepada daftar penerbit. IUCN/SSC PSG bekerja sama dengan CI untuk memulai daftar tersebut pada 2000, namun pada 2002, saat Kongres International Primatological Society ke-19, para primatologis meninjau dan memperdebatkan daftar tersebut, menghasilkan revisi 2002–2004 dan dorongan dari IPS. Publikasi tersebut sejak itu telah menjadi proyek bersama antara tiga organisasi konservasi dan telah direvisi setiap dua tahun setelah Kongres dwitahunan IPS. (Selengkapnya...)


31 Januari

Jake Gyllenhaal meraih beberapa penghargaan dan nominasi untuk pementasannya.

Nightcrawler meraih penghargaan dan nominasi dalam berbagai kategori, dengan pujian utama untuk skenario Gilroy dan penampilan Gyllenhaal. Di Academy Awards ke-87, Gilroy dinominasikan untuk sebuah Academy Award untuk Skenario Asli Terbaik. Film tersebut meraih empat nominasi tambahan di British Academy Film Awards ke-68, tiga nominasi di Critics' Choice Awards ke-20, satu nominasi di Golden Globe Awards ke-72, dan satu nominasi di Screen Actors Guild Awards ke-21, namun tidak memenangkan salah satu dari antara mereka. Nightcrawler bernasib lebih baik di acara-acara penghargaan yang diadakan oleh organisasi-organisasi kritikus, terutama San Diego Film Critics Society Awards ke-19, dimana film tersebut memenangkan tujuh dari sembilan nomoinasinya. Ini meliputi Aktor Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Film Terbaik. American Film Institute dan National Board of Review mencantumkan Nightcrawler dalam daftar film sepuluh besar mereka pada tahun tersebut. (Selengkapnya...)