Wikipedia:Daftar pilihan/Februari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

1 Februari

Peru

Kawasan-kawasan di Peru adalah subdivisi administratif tingkat satu di Peru. Sejak kemerdekaannya tahun 1821, Peru terbagi dalam departemen (Spanyol: departamentos) namun menghadapi peningkatan sentralisasi kekuasaan politik dan ekonomi di ibu kotanya, Lima. Setelah beberapa upaya desentraliasi gagal, figur legal dari kawasan menjadi pemerintahan regional dan resmi yang dipilih untuk mengurusi departemen-departemen tersebut pada 20 November 2002, sampai mereka merencanakan perpaduan mereka dengan kawasan-kawasan nyata. (Selengkapnya...)


2 Februari

Penampilan Vidya Balan dalam film Kahaani memberikannya beberapa penghargaan dan nominasi

Kahaani meraih penghargaan dan nominasi dalam beberapa kategori, dengan pujian untuk penyutradaraan dan penampilan aktris utamanya. Pada 2014, film tersebut memenangkan 28 penghargaan. Di acara Penghargaan Filmfare ke-58, Kahaani memenangkan lima penghargaan, termasuk Sutradara Terbaik untuk Ghosh dan Aktris Terbaik untuk Vidya; film tersebut juga dinominasikan untuk Film Terbaik. Film tersebut dinominasikan dalam tiga belas kategori di acara Screen Awards, termasuk Film Terbaik, dengan Vidya memenangkan kategori Aktris Terbaik. Di acara ke-14 dari Penghargaan Zee Cine, film tersebut memenangkan penghargaan dalam lima kategori, termasuk Film Terbaik – Kritikus dan Aktris Terbaik – Kritikus. Di Star Guild Awards ke-8, Kahaani memenangkan empat penghargaan, termasuk Sutradara Terbaik dan Aktris Terbaik, dari delapan nominasi. Di acara ke-14 dari Penghargaan Akademi Film India Internasional, film tersebut meraih lima nominasi, memenangkan penghargaan Aktris Terbaik dan Penyuntingan Terbaik untuk Rao. Film tersebut memenangkan tiga penghargaan—Skenario Terbaik (Asli) untuk Ghosh, Penyuntingan Terbaik dan penghargaan Penghargaan Istimewa untuk Siddiqui—di acara ke-60 dari Penghargaan Film Nasional India. (Selengkapnya...)


3 Februari

Nguyen Phu Trong, Sekretaris Jenderal Partai Komunis Vietnam saat ini

Sekretaris Jenderal Partai Komunis Vietnam adalah jabatan tertinggi pada Partai Komunis Vietnam. Jabatan Sekretaris Jenderal adalah jabatan tertinggi kedua di partai tersebut ketika Hô Chí Minh menjadi Ketua, sebuah jabatan yang ada dari 1951 sampai 1969. Sekretaris jenderal juga merupakan Sekretaris Komisi Militer Pusat, organ Partai utama pada urusan militer. Untuk suatu periode dalam sejarahnya, jabatan sekretaris jenderal menjadi sinonim dengan pemimpin Vietnam. Sekretaris jenderal saat ini adalah Nguyễn Phú Trọng, dan ia merupakan orang berperingkat kedelapan dalam peringkat Biro Politik (Politburo). Trần Phú, salah satu anggota pendiri Partai Komunis Indochina, menjadi sekretaris jenderal pertama dari partai tersebut. Pengganti de facto Trần adalah Lê Hồng Phong. Hà Huy Tập, sekretaris jenderal ketiga, dihapus dari jabatannya pada Maret 1938, dan ditangkap oleh otoritas pada bulan Mei. Nguyễn Văn Cừ, sekrektaris jenderal keempat, ditangkap oleh otoritas pada Juni 1940, dan dihukum mati dengan cara ditembak pada 25 Mei 1941. Ia digantikan oleh Trường Chinh pada Mei 1941. Hô memegang jabatan Sekretaris Pertama, namun dengan cepat memilih Lê Duẩn sebagai pelaksana jabatan Sekretaris Pertama. Lê terpilih menjadi sekretaris jenderal pada 1960, dan Hô menjadi yang kedua sampai kematiannya pada 2 September 1969. Dari 2 September 1969 sampai kematiannya pada 10 Juli 1986, Lê menjadi pemimpin Vietnam yang tak dipersengketakan. Sekretaris Jenderal memimpin kerja Komite Pusat, Biro Politik, Sekretariat, dan pertemuan-pertemuan utama dengan para pemimpin penting. (Selengkapnya...)


4 Februari

Ranil Wickremesinghe, Perdana Menteri Sri Lanka saat ini

Terdapat empat belas Perdana Menteri Sri Lanka sejak pembentukan jabatan tersebut pada 1947, sebelum pembentukan Dominion Ceylon. Dibawah konstitusi Sri Lanka saat ini, Perdana Menteri merupakan pemimpin Kabinet bisnis dan juga berfungsi sebagai deputi Presiden. Bila presiden meninggal saat menjabat, Perdana Menteri menjadi pelaksana jabatan presiden sampai Parlemen memilih seorang pengganti atau pemilihan baru dapat diselenggarakan untuk memilih presiden baru. Kasus tersebut pernah terjadi pada 1993, ketika Presiden Ranasinghe Premadasa dibunuh dan Perdana Menteri Dingiri Banda Wijetunge mengambil jabatan sebagai Presiden. Dari empat belas Perdana Menteri yang menjabat sejak pembentukan jabatan tersebut pada 1947, tiga orang diantaranya menjabat sebanyak tiga kali, dan satu orang menjabat sebanyak dua kali. Lima Perdana Menteri kemudian menjadi Presiden negara tersebut. (Selengkapnya...)


5 Februari

Ronaldo bersukacita setelah mencetak skor pinalti melawan Selandia Baru di Piala Konfederasi FIFA 2017 di Saint Petersburg, Rusia.

Cristiano Ronaldo memiliki gol internasional terbanyak di kalangan pemain aktif saat ini. Pada 5 Maret 2014, ia mencetak dua gol dalam kemenangan persahabatan 5–1 antara Portugal dengan Kamerun yang menandai gol-nya yang ke-49, menjadikannya pencetak gol utama sepanjang masa dari negaranya, melampai jumlah 47 yang dicetak oleh Pauleta. Pada 14 November 2014, ia mencetak satu-satunya gol dalam sebuah pertandingan kualifikasi UEFA Euro 2016 melawan Armenia, penampilan ke-23nya dalam pertandingan-pertandingan Kejuaraan Eropa. Ini melampaui rekor sebelumnya yang dipegang oleh Hakan Şükür asal Turki dan Jon Dahl Tomasson asal Denmark. Ia mencetak lima hat-trick internasional dan pada satu kesempatan, empat gol internasional dalam sebuah pertandingan tunggal. (Selengkapnya...)


6 Februari

The Dirty Picture meraih penghargaan dan nominasi dalam beberapa kategori, dengan pujian untuk penampilan Vidya, dialog, dan rancangan kostum karya Niharika Khan. Pada 2012, film tersebut memenangkan 51 penghargaan. The Dirty Picture memenangkan tiga Penghargaan Film Nasional, termasuk Aktris Terbaik (Vidya) dan Rancangan Kostum Terbaik (Khan). Di acara Penghargaan Filmfare ke-57, film tersebut memenangkan tiga penghargaan, termasuk Aktris Terbaik dan Rancangan Kostum Terbaik. Film tersebut juga meraih nominasi untuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik (Luthria) di acara tersebut. Film tersebut juga memenangkan enam Screen Awards, melebihi film manapun pada tahun tersebut, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik dan Aktris Terbaik. Pada kemenangan lainnya, film tersebut meraih dua Penghargaan Apsara, dan setiap lima penghargaan dari acara-acara Zee Cine dan Penghargaan Akademi Film India Internasional, semuanya meliputi penghargaan Aktris Terbaik untuk Vidya. (Selengkapnya...)


7 Februari

Chris Rock

Academy Awards ke-88, dipersembahkan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), mengakui film-film terbaik tahun 2015 dan diselenggarakan pada tanggal 28 Februari 2016 di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, pukul 17:30 PST / 20:30 EST. Tahun ini, AMPAS mempersembahkan Academy Awards (biasa disebut Oscar) dalam 24 kategori. Acara penganugerahan ini disiarkan di Amerika Serikat oleh ABC, diproduseri David Hill dan Reginald Hudlin, dan disutradarai Glenn Weiss. Aktor Chris Rock (gambar) membawakan acara ini untuk kedua kalinya setelah Academy Awards ke-77 tahun 2005. Siaran tersebut ditonton oleh 34.42 juta pemirsa di Amerika Serikat. (Selengkapnya...)


8 Februari

Pete Docter memenangkan Academy Award untuk Film Animasi Terbaik

Up meraih berbagai penghargaan dan nominasi, kebanyakan dalam kategori Film Animasi Terbaik dan untuk musik film tersebut. Up dinominasikan untuk lima Academy Award di acara 2010, memenangkan dua kategori, untuk Film Animasi Terbaik dan untuk Musik Asli Terbaik. Film tersebut adalah film animasi penuh kedua yang dinominasikan untuk Academy Award untuk Film Terbaik; film lainnya adalah Beauty and the Beast (1991). Up menjadi film Pixar ketiga berturut-turut yang memenangkan Oscar untuk Film Animasi, setelah Ratatouille dan WALL-E. Film tersebut juga memenangkan Golden Globe untuk Musik Asli Terbaik dan Film Animasi Terbaik di Penghargaan Golden Globe ke-67. Film tersebut meraih Golden Tomato, dari situs web Rotten Tomatoes, untuk film berrating tertinggi pada 2009, dengan persetujuan 98 persen dari para kritikus film, berdasarkan pada 259 ulasan. Film tersebut meraih sembilan nominasi untuk Annie Award dalam delapan kategori, memenangkan dua penghargaan untuk Film Animasi Terbaik dan Penyutradaraan Terbaik dalam sebuah Produksi Fitur. Film tersebut terpilih sebagai Film Komedi Musim Panas di Teen Choice Awards 2009, dan juga dinominasikan untuk tiga Grammy di Grammy Awards ke-52, memenangkan dua diantaranya. Rivera meraih Motion Pictures Motion Picture Producer of the Year Award, untuk Film Teatrikal Animasi, yang diberikan oleh Producers Guild of America, sementara Docter, Peterson dan Giacchino dianugerahi dengan penghargaan British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) atas karya mereka pada film tersebut. Selain itu, film tersebut dinominasikan di Satellite Awards 2009 dalam kategori-kategori untuk Film Animasi atau Media Campuran Terbaik, Skenario Asli Terbaik dan Musik Asli Terbaik. (Selengkapnya...)


9 Februari

Kaisar Taizu dari Song

Para Kaisar Dinasti Song adalah kepala negara tertinggi pada era kekaisaran Tiongkok (221 SM – 1912), termasuk dinasti Song. Ia adalah penguasa warisan yang berbagi kekuasaan eksekutif dengan para pejabat sipil yang diangkat pada berbagai tingkat jabatan menurut penampilan mereka dalam eksaminasi birokratik. Perimbuhan pengaruh pada birokrasi sipil dan kelas priyayi nasional pada masa dinasti Song berujung pada banyaknya peran yang makin terbatas untuk kaisar dalam membentuk kebijakan publik, meskipun ia masih memegang otirtas otokratnya. Ia memiliki hak tunggal untuk menghimpun hukum-hukum baru, meskipun ia kurang dihargai dalam hal hukum ketimbang para kaisar sebelumnya dari dinastinya. (Selengkapnya...)


10 Februari

Soul Society: The Rescue arc (尸魂界 救出篇, Sōru Sosaeti Kyūshutsu Hen) adalah musim ketiga dari serial anime Bleach. Dalam adaptasi berbahasa Inggris dari anime tersebut yang dirilis oleh Viz Media, judul dari musim tersebut diterjemahkan menjadi The Rescue. Episode-episode tersebut disutradarai oleh Noriyuki Abe, dan diproduksi oleh TV Tokyo, Dentsu dan Studio Pierrot. Episode-episode yang berdasarkan pada serial manga Bleach karya Tite Kubo tersebut terdiri dari dua puluh dua episode. Alur episode-episode tersebut berkisah tentang upaya Ichigo Kurosaki dan para temannya untuk menyelamatkan shinigami Rukia Kuchiki dari eksekusi oleh para petingginya di Soul Society. Musim tersebut awalnya disiarkan dari 26 Juli 2005 sampai 10 Januari 2006, di Jepang pada saluran TV Tokyo. Adaptasi berbahasa Inggris dari musim tersebut mulai disiarkan pada 21 Juli 2007 dalam Adult Swim di Amerika Serikat. Pada 14 Oktober 2007, anime Bleach menjalani hiatus; episode-episode kembali tayang pada 2 Maret 2008 dan mengakhiri penayangan pada 11 Mei 2008. (Selengkapnya...)


11 Februari

Poster film Rashomon

Jepang telah mewakilkan film-film pada Penghargaan Akademi untuk Film Berbahasa Asing Terbaik sejak pembuatan penghargaan tersebut. Penghargaan Akademi untuk Film Berbahasa Asing Terbaik tidak dibuat sampai 1956; namun, antara 1947 dan 1955, Akademi mempersembahkan Penghargaan Kehormatan untuk film-film berbahasa asing terbaik yang dirilis di Amerika Serikat. Tiga film Jepang menjadi penerima Penghargaan Kehormatan pada masa tersebut. Pada 2009, dua belas film Jepang menjadi nominasi pada Penghargaan Akademi untuk Film Berbahasa Asing Terbaik, dan satu film, Departures, memenangkan penghargaan tersebut. Sutradara Jepang yang filmnya meraih nominasi lebih dari satu untuk penghargaan tersebut adalah Akira Kurosawa dan Noboru Nakamura. Kurosawa meraih Penghargaan Kehormatan sebelum pembentukan penghargaan tersebut secara resmi untuk karyanya Rashomon (gambar poster) dan Penghargaan Akademi yang sebenarnya untuk Dersu Uzala (diwakilkan untuk bekas Uni Soviet), dan empat film lainnya yang diwakilkan, yang dua di antaranya masuk nominasi. Dari seluruh negara yang mewakilkan film-filmnya untuk penghargaan tersebut, Jepang meraih peringkat kelima dalam hal jumlah nominasi. (Selengkapnya...)


12 Februari

Shah Rukh Khan (difoto pada 2017) meraih beberapa penghargaan dan nominasi atas penampilannya dalam film My Name Is Khan.

My Name Is Khan memenangkan 25 penghargaan dari 72 nominasi; penyutradaraannya, ceritanya, skenarionya, pementasan para anggota pemerannya dan musiknya meraih perhatian besar dari kelompok-kelompok penghargaan. My Name Is Khan memimpin Penghargaan Filmfare ke-56 dengan sepuluh nominasi termasuk Film Terbaik (Hiroo Yash Johar, Gauri Khan) dan Pengarah Musik Terbaik (Shankar–Ehsaan–Loy). Film tersebut memenangkan empat penghargaan yang meliputi Sutradara Terbaik (Johar), Aktor Terbaik (Khan) and Aktris Terbaik (Kajol). Film tersebut memenangkan lima penghargaan dari delapan nominasi di IIFA Awards ke-12, termasuk Sutradara Terbaik (Johar), Aktor Terbaik (Khan) dan Pembuat Lirik Terbaik (Iyengar untuk "Sajda"). Film tersebut meraih empat belas nominasi di edisi ke-6 dari Producers Guild Film Awards, dengan Johar memenangkan kategori Sutradara Terbaik. Di Zee Cine Awards 2011, film tersebut meraih enam kemenangan dari delapan nominasi, termasuk penghargaan-penghargaan untuk Sutradara Terbaik (Johar) dan Pemeran Laki-laki Terbaik (Khan). Selain itu, My Name Is Khan meraih empat Penghargaan Stardust, tiga Screen Awards, dua Penghargaan Musik Mirchi dan sebuah BIG Star Entertainment Award. (Selengkapnya...)


13 Februari

Kaisar Song Qinzong

Perang Jin–Song adalah serangkaian konflik bersenjata yang dilakukan oleh Dinasti Jin yang bersuku Jurchen dan Dinasti Song pada abad ke-12 dan ke-13. Suku Jurchen adalah sebuah konfederasi suku pemakai rumpun bahasa Tungusik yang berasal dari Manchuria. Mereka menggulingkan Dinasti Liao yang bersuku Khitan pada 1122 dan mendeklarasikan pendirian dinasti baru, Jin. Hubungan diplomatik antara Jin dan Song merenggang, dan pasukan Jurchen mula-mula mendeklarasikan perang terhadap Dinasti Song pada November 1125. Dua armada dikerahkan melawan Song. Satu armada merebut ibu kota provinsial Taiyuan, sementara armada lainnya menyerbu ibu kota Song Kaifeng. Jurchen mundur saat Song berjanji untuk membayar upeti tahunan. Saat Dinasti Song melemah, pasukan Jin melakukan pengepungan kedua terhadap Kaifeng. Kota tersebut direbut dan dijarah, dan kaisar Dinasti Song, Kaisar Qinzong, ditahan dan dibawa ke utara Manchuria sebagai sandera. Sisa pejabat Song mundur ke selatan Tiongkok, memulai periode Song Selatan dari sejarah Tiongkok. Dua pemerintahan boneka, pertama Dinasti Da Chu dan kemudian negara Qi, didirikan oleh Jin sebagai negara penyangga antara Song dan Manchuria. (Selengkapnya...)


14 Februari

Bahadur Shah II

Kaisar Mughal, dari awal abad ke-16 sampai awal abad ke-18, membangun dan memerintah Kekaisaran Mughal di anak benua India, utamanya meliputi negara-negara modern Bangladesh, India dan Pakistan. Mughal adalah cabang dari dinasti Timuriyah. Kekuasaan mereka makin meredup pada abad ke-18 dan kaisar terakhir dilengserkan pada 1857, dengan pendirian Kemaharajaan Britania. Dinasti tersebut memiliki darah Turko-Mongol dari kawasan Asia Tengah yang sekarang bagian dari negara modern Uzbekistan, dan para kaisar diklaim keturunan langsung dari Timur Lenk (umumnya dikenal di dunia Barat dengan sebutan Tamerlane Agung) dan Genghis Khan, melalui putranya Chagatai Khan. Mughal memiliki darah Persia dan Rajput India melalui aliansi pernikahan, karena para kaisar lahir dari putri-putri raja Persia dan Rajput. Hanya dua kaisar Mughal pertama, Babur dan Humayun, yang sepenuhnya merupakan orang Asia Tengah, sementara Akbar adalah orang setengah Persia, Jahangir adalah orang setengah Rajput dan seperempat Persia, dan Shah Jahan adalah orang tiga per empat Rajput. (Selengkapnya...)


15 Februari

Episode-episode dari Naruto: Shippuden mengisahkan ninja remaja Naruto Uzumaki dan teman-temannya dalam bertarung melawan organisasi kriminal Akatsuki yang berharap mendapatkan sembilan makhluk yang dikenal sebagai Raksasa-raksasa Berekor. Serial tersebut disutradarai oleh Hayato Date, dan diproduksi oleh Studio Pierrot dan TV Tokyo. Serial tersebut mulai disiarkan di TV Tokyo pada 15 Februari 2007. Pada 2 Januari 2009, Viz Media dan Crunchyroll menyediakan delapan subjudul Inggris tanpa potongan pada episode-episode Naruto: Shippuden di situs web resmi Naruto. Kemudian pada 15 Januari, Viz mulai menyediakan versi bersubjudul dari episode-episode Naruto: Shippuden terbaru seminggu setelah penayangan pertama mereka di Jepang, dengan sebuah episode baru yang ditambahkan pada situs web Naruto setiap Kamis berikutnya. Pengalihan bahasa aInggris Naruto: Shippuden dibuat pada penayangan perdana AS-nya di Disney XD pada 28 Oktober 2009. Pada 24 Juli 2009, Viz Media mengumumkan bahwa serial tersebut akan dirilis di iTunes Store. Perilisan DVD pertama dari serial tersebut di Amerika Utara dirilis pada 29 September 2009. (Selengkapnya...)


16 Februari

Dua puluh penandatangan

Para penanda tangan Undang-Undang Kemerdekaan Lituania adalah dua puluh pria Lituania yang menandatangani Undang-Undang Kemerdekaan Lituania pada 16 Februari 1918. Para penandatangan tersebut terpilih pada Dewan Lituania oleh Konferensi Vilnius pada September 1917 dan dipercayakan dengan misi mendirikan sebuah negara merdeka Lituania. Kemerdekaan yang diproklamasikan baru benar-benar terwujud pada akhir 1918, setelah Jerman kalah dalam Perang Dunia I dan pasukannya menarik diri dari kawasan Lituania. Yang terjadi sesudahnya adalah sebuah proses panjang pembangunan negara tersebut, penentuan batasnya, dan upaya untuk memperoleh pengakuan diplomatik internasional. Para penandatangan berhasil mewujudkan angan-angan mereka dan kemerdekaan Lituania bertahan sampai Uni Soviet menduduki negara tersebut pada 15 Juni 1940. (Selengkapnya...)


17 Februari

Michelle Williams meraih tiga puluh dua nominasi atas perannya sebagai Marilyn Monroe, memenangkan Penghargaan Golden Globe untuk Aktris Terbaik – Film Komedi atau Musikal

My Week with Marilyn meraih berbagai penghargaan dan nominasi setelah perilisannya, dengan nominasi terbanyak diberikan kepada film itu sendiri dan penampilan akting para pemerannya, terutama Michelle Williams dan Kenneth Branagh (yang memerankan Laurence Olivier). Kedua pemeran tersebut meraih nominasi di Academy Awards ke-84 masing-masing untuk Aktris Terbaik dan Aktor Pendukung Terbaik. Para pemeran tersebut juga meraih nominasi dari Alliance of Women Film Journalists, sementara film tersebut dinominasikan untuk Film Terbaik di African-American Film Critics Association. My Week with Marilyn meraih empat nominasi dari Broadcast Film Critics Association, dengan dua nominasi berasal dari kategori Rancangan Kostum Terbaik dan Tata Rias Terbaik. British Academy Film Awards memberikan tujuh nominasi kepada film tersebut, yang meliputi Film Britania Raya Terbaik, Aktris Terbaik untuk Williams, Aktris Pendukung Terbaik untuk Judi Dench, Rancangan Kostum Terbaik dan Tata Rias dan Rambut Terbaik. Para pemerannya meraih Penghargaan Pemeranan Ensembel Capri dari Festival Film Internasional Capri, Hollywood pada Januari 2012. (Selengkapnya...)


18 Februari

Krishna Sobti adalah penerima paling terkini dari penghargaan tersebut.

Penghargaan Jnanpith adalah sebuah penghargaan sastra India yang dipersembahkan setiap tahun oleh Bharatiya Jnanpith kepada seorang pengarang untuk "kontribusi menakjubkan terhadap sastra". Dilembagakan pada 1961, penghargaan tersebut hanya ditujukan kepada para penulis India yang menulis dalam bahasa-bahasa India yang tercantum dalam Jadwal Kedelapan Konstitusi India dan Inggris. Dari 1965 sampai 1981, penghargaan diberikan kepada para pengarang untuk "karya paling menakjubkan" mereka dan terdiri dari sebuah plat kutipan, hadiah uang 1 lakh (US$1,400), dan replika perunggu Saraswati, dewi pengetahuan dan kebijaksanaan Hindu. Penerima pertama dari penghargaan tersebut adalah sastrawan Malayalam G. Sankara Kurup yang dianugerahi pada 1965 untuk kumpulan puisinya, Odakkuzhal (Suling Bambu), yang diterbitkan pada 1950. Peraturan direvisi untuk tahun-tahun mendatang agar karya-karya pada periode dua puluh tahun terakhir dapat dianugerahi, kecuali tahun dimana penghargaan tersebut diberikan dan hadiah uangnya ditingkatkan menjadi 1,5 lakh (US$2,100) dari 1981. (Selengkapnya...)


19 Februari

Peran Sonam Kapoor sebagai karakter utama dalam film Neerja membuatnya meraih beberapa penghargaan.

Neerja memenangkan 37 penghargaan dari 57 nominasi; penyutradaraannya dan pementasan dari para anggota pemerannya meraih perhatian besar dari kelompok-kelompok penghargaan. Film tersebut memenangkan dua penghargaan di acara ke-64 dari Penghargaan Film Nasional India—Film Fitur Terbaik dalam bahasa Hindi dan Penghargaan Juri Khusus untuk Kapoor. Di Penghargaan Filmfare ke-62, Neerja memenangkan lima penghargaan, termasuk Film Terbaik (Kritikus) dan Aktris Terbaik (Kritikus); film tersebut juga dinominasikan untuk Sutradara Terbaik dan Film Terbaik. Di Screen Awards tahun 2016, film tersebut meraih nominasi untuk Aktris Terbaik, dan memenangkan empat penghargaan, termasuk Sutradara Terbaik. Neerja memenangkan empat penghargaan di acara ke-18 dari Penghargaan Akademi Film India Internasional, yang meliputi Film Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik; film tersebut juga meraih tiga nominasi, yang meliputi Sutradara Terbaik dan Aktris Terbaik. Di Zee Cine Awards tahun 2017, film tersebut memenangkan penghargaan dalam tujuh kategori, yang meliputi Sutradara Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik. (Selengkapnya...)


20 Februari

Brad W. Foster meraih jumlah penghargaan terbesar, dengan 8 kemenangan dari 27 nominasi.

Penghargaan Hugo untuk Artis Penggemar Terbaik diberikan setiap tahun untuk para artis dari karya-karya terkait fiksi ilmiah atau fantasi yang tampil dalam penerbitan nirlaba atau berlaba rendah seperti semiprozine atau fanzine. Sebuah Penghargaan Hugo untuk Artis Profesional Terbaik juga diberikan. Penghargaan penggemar pertama kali dipersembahkan pada 1967 dan dianugerahi setiap tahun. Bermula pada 1996, Penghargaan Hugo Retrospektif, atau "Retro Hugo", tersedia untuk dianugerahi untuk 50, 75, atau 100 tahun sebelumnya dimana tak ada penghargaan yang diberikan. Sampai saat ini, penghargaan Retro Hugo telah dianugerahi untuk tahun 1939, 1941, 1946, 1951, dan 1954, meskipun Retro Hugo tahun 1939, 1941, dan 1954 Retro Hugo meraih nominasi tak layak untuk Hugo Artis Penggemar untuk masuk jajak pendapat.(Selengkapnya...)


21 Februari

Logo Avatar: The Legend of Aang

Avatar: The Legend of Aang memiliki 61 episode, serial televisi animasi Amerika pemenang Penghargaan Emmy yang ditulis dan dibuat oleh Michael Dante DiMartino dan Bryan Konietzko. Serial ini pertama kali mengudara pada tanggal 21 Februari 2005 di Nickelodeon dengan serial perdana selama satu jam dan ditayangkan dalam bentuk film TV selama dua jam pada tanggal 19 Juli 2008. Waralaba Avatar: The Legend of Aang menyebut setiap musim sebagai "Buku" dan episode disebut sebagai sebuah "bab". Setiap "Buku" mengambil nama dari salah satu elemen yang harus Aang, seorang tokoh protagonis, kuasai: Air, Bumi, dan Api. Penampilan dua episode pertama masing-masing terdiri dari 20 episode, sementara musim ketiga terdiri dari 21 episode. Di antaratiga musim, terdapat dua episode siaran ulang dan tiga episode "pendek". Episode siaran ulang pertama menampilkan delapan belas episode pertama sementara yang kedua menampilkan dua musim. Parodi tunggal pertama diluncurkan melalui sebuah game flash di internet. Musim kedua dan ketika dirilis dalam Set Kotak DVD Musim Kedua Lengkap. Seluruh serial tersebut telah diluncurkan dalam bentuk DVD di wilayah ke-1, wilayah ke-2 dan wilayah ke-4.(Selengkapnya...)


22 Februari

Preity Zinta meraih beberapa penghargaan dan nominasi atas penampilannya dalam film Kal Ho Naa Ho.

Kal Ho Naa Ho memenangkan 35 penghargaan dari 78 nominasi; penyutradaraan, cerita, skenario, penampilan para anggota pemeran, musik dan sinematografi meraih perhatian besar dari kelompok-kelompok penghargaan. Di Penghargaan Film Nasional ke-51, Shankar–Ehsaan–Loy dan Sonu Nigam masing-masing memenangkan penghargaan Pengarahan Musik Terbaik dan Penyanyi Playback Laki-laki Terbaik. Kal Ho Naa Ho memimpin Penghargaan Filmfare ke-49 dengan sebelas nominasi termasuk Film Terbaik (Karan Johar, Yash Johar), Sutradara Terbaik (Nikkhil Advani) dan Aktor Terbaik (Shah Rukh Khan). Film tersebut meraih kemenangan dalam delapan kategori, yang meliputi Aktris Terbaik (Zinta), Aktor Pendukung Terbaik (Saif Ali Khan) dan Aktris Pendukung Terbaik (Bachchan). Film tersebut memenangkan tiga belas penghargaan dari tujuh belas nominasi di IIFA Awards ke-5, yang meliputi Film Terbaik (Karan Johar, Yash Johar), Aktris Terbaik (Zinta), Aktor Pendukung Terbaik (Saif Ali Khan) dan Aktris Pendukung Terbaik (Bachchan). Film tersebut meraih delapan belas nominasi di acara pembukaan Producers Guild Film Awards dan memenangkan enam, Aktris Terbaik dalam sebuah Peran Pendukung (Bachchan), Pengarah Musik Terbaik (Shankar–Ehsaan–Loy), Pembuat Lirik Terbaik (Akhtar), Penyanyi Playback Laki-laki Terbaik (Sonu Nigam), Sutradara Debut Terbaik (Advani) dan Sinematografi Terbaik (Mehta). Pada kemenangan lainnya, Kal Ho Naa Ho meraih tiga Screen Awards, dua Penghargaan Zee Cine dan satu Penghargaan Stardust. (Selengkapnya...)


23 Februari

Mikhail Gorbachev, Sekjen terakhir

Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet adalah sebuah jabatan dari Partai Komunis Uni Soviet yang pada akhir 1920an berubah menjadi jabatan paling berkuasa dari berbagai sekretaris Komite Pusat. Dengan beberapa pengecualian, dari 1929 sampai pembubaran Uni Soviet, pemegang jabatan tersebut adalah pemimpin Uni Soviet de facto, karena jabatan tersebut mengatur Partai Komunis Uni Soviet dan pemerintahan Uni Soviet. Joseph Stalin memegang jabatan tersebut untuk mengkomandani Partai Komunis dan seluruh Uni Soviet secara lebih luas. Nikita Khrushchev mengubah nama jabatan tersebut menjadi Sekretaris Tingkat Satu pada 1953; perubahan tersebut dikembalikan pada 1966. Jabatan tersebut kian menjadi posisi sekretarial kurang berkuasa dalam partai tersebut: Sekretaris Teknikal (1917–1918), Ketua Sekretariat (1918–1919), Sekretaris Tanggung Jawab (1919–1922) (saat Lenin menjadi pemimpin partai Bolshevik). (Selengkapnya...)


24 Februari

Nani di peluncuran audio Aaha Kalyanam pada Januari 2014

Nani adalah seorang pemeran dan produser film India yang umumnya berkarya dalam sinema Telugu disamping tampil dalam beberapa film berbahasa Tamil. Ia membuat debut aktingnya dengan film komedi 2008 Mohan Krishna Indraganti Ashta Chamma, sebuah adaptasi India dari drama Oscar Wilde The Importance of Being Earnest. Setelah kesuksesan komersial Ashta Chamma, Nani memainkan peran utama dalam tiga film Telugu pada dua tahun berikutnya: Ride (2009), Snehituda... (2009) dan Bheemili Kabaddi Jattu (2010). Pada 2011, Nani berkolaborasi dengan B. V. Nandini Reddy pada film komedi percintaan Ala Modalaindi yang meraih laba. Pada tahun yang sama, ia membuat debut sinema Tamil-nya dengan Veppam karya Anjana Ali Khan, sebuah film drama kejahatan yang berlatar belakang kejatuhan Chennai Utara. Pada tahun berikutnya, Nani berkolaborasi dengan S. S. Rajamouli dan Gautham Menon masing-masing pada film dwibahasa Telugu-Tamil Eega dan film percintaan Yeto Vellipoyindhi Manasu. Eega, yang berkisah tentang seorang pria yang dibunuh yang bereinkarnasi menjadi nyamuk dan membalas kematiannya, membuat Nani meraih sebuah penghargaan dalam kategori Pemeran Utama Terbaik di Festival Film After Dark Toronto 2013. Ia meraih Penghargaan Nandi untuk Aktor Terbaik atas penampilannya dalam Yeto Vellipoyindhi Manasu. (Selengkapnya...)


25 Februari

Eddie Redmayne meraih beberapa penghargaan dan nominasi atas perannya sebagai Stephen Hawking.

The Theory of Everything meraih berbagai penghargaan dan nominasi setelah perilisannya, dari pengakuan terhadap film itu sendiri rsampai penampilan akting Redmayne dan Jones, skenario McCarten dan musik Jóhann Jóhannsson. The Theory of Everything meraih sepuluh nominasi dari British Academy Film Awards ke-68, dan memenangkan tiga. Redmayne diangkat menjadi Aktor Terbaik di Academy Awards ke-87, dimana film tersebut meraih lima nominasi. Ia dan Jones meraih nominasi untuk Aktor dan Aktris Terbaik di AACTA Awards. Redmayne juga dinominasikan untuk Aktor Terbaik oleh Alliance of Women Film Journalists. Perancang produksi film tersebut John Paul Kelly dinominasikan untuk sebuah Art Directors Guild Award, sementara sutradara pemeranan Nina Gold meraih sebuah nominasi untuk Pemeranan Terbaik dalam sebuah Drama Independen atau Studio dari Casting Society of America dan perancang kostum Steven Noble dinominasikan untuk Kesempurnaan dalam Film Periode oleh Costume Designers Guild. Film tersebut meraih lima nominasi dari Critics' Choice Movie Awards, termasuk Film Terbaik dan Skenario Terbaik. (Selengkapnya...)


26 Februari

Penghargaan J. C. Daniel adalah penghargaan tertinggi Kerala dalam sinema Malayalam. Penghargaan tersebut dipersembahkan setiap tahun oleh Akademi Chalachitra Negara Bagian Kerala, sebuah lembaga non-profit di bawah Departemen Urusan Kebudayaan Pemerintah Kerala, India. Dilembagakan pada 1992, penghargaan tersebut diberikan untuk menghormati para penerimanya atas "kontribusi menakjubkan terhadap sinema Malayalam" mereka. Penerima dipilih oleh seorang juri independen yang dimajukan oleh Akademi dan Departemen Urusan Kebudayaan. Hingga 2017, penerimanya meraih sebuah piala, kutipan, dan hadiah uang sejumlah ₹100,000 (US$1,500). Pemberian tersebut dianugerahi di acara Penghargaan Film Negara Bagian Kerala. Pemerintah Kerala membuat penghargaan tersebut untuk memperingati kontribusi pembuat film India J. C. Daniel, yang seringkali disebut sebagai "bapak sinema Malayalam". (Selengkapnya...)


27 Februari

Daftar Pokémon

807 spesies fiksi dari monster-monster kolektibel dalam waralaba Pokémon masing-masing memiliki rancangan dan keterampilan yang unik. Dicetuskan oleh Satoshi Tajiri pada awal 1989, Pokémon adalah makhluk-makhluk yang mendiami Dunia Pokémon fiksi. Rancangan-rancangan untuk berbagai spesies dapat menggambarkan inspirasi dari hal apapun, seperti obyek-obyek inanimasi, hewan dunia nyata, atau mitologi. Beberapa Pokémon dapat berevolusi menjadi spesies yang lebih kuat, sementara yang lainnya dapat berubah bentuk dan meraih hasil serupa. Awalnya, hanya para artis yang dipimpin oleh Ken Sugimori yang merancang Pokémon. Namun, pada 2013, sebuah tim dari 20 artis berkarya bersama untuk membuat rancangan-rancangan spesies baru. Sugimori dan Hironobu Yoshida memimpin tim tersebut dan menentukan rancangan-rancangan akhir. Setiap iterasi dari serial tersebut meraih pujian dan kritikan atas sejumlah makhluk. (Selengkapnya...)


28 Februari

Amir Hamzah

Amir Hamzah telah menulis 50 puisi, 18 prosa lirik, 12 artikel, 4 cerita pendek, 3 koleksi puisi, dan 1 buku. Ia juga telah menerjemahkan 44 puisi, 1 prosa lirik, dan 1 buku. Mayoritas puisi asli buatan Hamzah disertakan dalam antologinya, Njanji Soenji (1937) dan Boeah Rindoe (1941), keduanya pertama kali diterbitkan di Poedjangga Baroe. Puisi-puisi terjemahannya diantologikan di Setanggi Timoer (1939). Pada tahun 1962, pembuat dokumenter HB Jassin menyatukan semua karya Hamzah yang tersisa – termasuk Sastera Melajoe Lama dan Radja-Radja'nja – menjadi buku Amir Hamzah: Radja Penjair Pudjangga Baru. Beberapa puisi pertamanya mengikuti aturan pantun tradisional, termasuk struktur empat baris dan kuplet berimanya. Karya-karya terakhirnya beralih dari struktur tradisional, tetapi Jassin menganggap Hamzah mempertahankan gaya penulisan Melayu yang tidak ada duanya. Tema karyanya bervariasi: Boeah Rindoe, antologi pertama yang ditulis secara kronologis, dipenuhi rasa rindu dan kehilangan, sementara karya di Njanji Soenji lebih bersifat religius. Hamzah mendapat pengakuan luas atas puisi-puisinya. Jassin menjulukinya "Raja Penyair Zaman Poedjangga Baroe", sedangkan ahli sastra Indonesia asal Belanda A. Teeuw mendeskripsikan Hamzah sebagai satu-satunya penyair Indonesia berkelas dunia dari masa Revolusi Nasional Indonesia. (Selengkapnya...)


29 Februari (hanya muncul di tahun kabisat)

Wikipedia:Daftar Pilihan/29 Februari